Wisata Kuliner Terenak di Jakarta Selatan

By Dewi Sulistiawaty - Mei 28, 2021

wisata kuliner terenak di jakarta selatan

Jika ngomongin tentang wisata kuliner enak yang ada di Jakarta Selatan, pasti list-nya bakalan banyak banget. Soalnya sebagai bagian dari ibu kota dan juga kota metropolitan, sepertinya jenis makanan apapun tersedia di sini. Mulai dari makanan tradisional khas Betawi, makanan khas dari daerah lain di Indonesia, hingga makanan luar, seperti Chinese Food, Japanesse Food, Italian Food, Indian Food, Korean Food, dan banyak lagi yang lainnya, ada di sini.

Dari satu jenis makanan saja, misalnya makanan khas Padang, itu bisa beragam lagi makanan Padang yang ada di Jakarta. Ada nasi Padang, sate Padang, soto Padang, lontong sayur Padang, kripik singkong balado, dan lain-lain. Duh, jadi laper kaan, hehe. Jadi, selama saya tinggal di Jakarta ini, dan kebetulan saya lagi kepengen makan apa gitu, biasanya selalu ada yang jual.

Dulu, sebelum pandemi, dan bahkan sebelum ada layanan pesan antar makanan secara online, saya biasanya bakal browsing dulu di internet untuk mencari rekomendasi makanan enak yang ada di Jakarta Selatan. Lalu jika saya menemukan tempat makanan enak yang lokasinya lumayan dekat dari tempat tinggal, maka di saat ada waktu luang, saya akan meluncur ke sana bersama keluarga.

Biasanya saya dan keluarga akan berulang ke tempat tersebut jika makanannya benar-benar sesuai dengan selera kami, tempatnya nyaman, dan layanannya secara menyeluruh benar-benar memuaskan. Namun jika saya nggak ada waktu buat makan di sana, namun kangen dengan makanannya, maka saya biasanya akan order take away.

Nah, kalau sekarang semuanya sudah serba praktis ya, karena sudah ada layanan pesan antar makanan secara online. Cukup bermodalkan smartphone dan kuota internet, tinggal klik, dan taraa… makanan yang diinginkan pun sudah sampai di rumah.

Sebelum pandemi, untuk beli atau order makanan secara online, saya bukan termasuk yang terlalu rutin melakukannya. Selain karena saya sendiri suka memasak makanan di rumah, juga karena menurut saya, makan di tempat atau restonya langsung, itu memiliki kenikmatan tersendiri.

Namun sejak pandemi, kebiasaan makan langsung di resto harus saya hilangkan atau ditunda dulu hingga kondisi benar-benar aman. Makanya beli makanan secara online pun jadi meningkat. Kebiasaan hunting makanan di internet kembali saya lakukan.

Beberapa makanan yang rating-nya di internet atau di aplikasi layanan pesan antar makanan secara online dinyatakan bagus, ternyata ada juga yang tidak sesuai dengan selera saya sehingga saya memutuskan tidak akan memesan makanan di sana lagi.

Saya suka hunting makanan dan minuman, mulai dari makanan“berat”hingga yang“ringan”, dari appetizer hingga dessert. Dan itu terjadi sejak dulu hingga masa pandemi ini. Tak jarang saya menemukan makanan yang bikin saya kemudian mencandu. Beberapa dari seller atau merchant-nya ternyata bisa saya temukan di aplikasi layanan pesan antar online. Namun ada juga yang nggak, jadi mau tak mau saya harus ke lokasi untuk order take away.

Salah satu makanan atau yang lebih tepat disebut dessert, yang sejak awal berdirinya paling saya suka hingga detik ini adalah Bittersweet by Najla. Jika kamu penyuka makanan atau cake manis, pasti kamu tahu dengan brand satu ini. Kebetulan lokasi kafenya lumayan dekat dari tempat tinggal.

Awal kenal Bittersweet by Najla ini adalah ketika saya yang waktu itu rutin melewati jalanan di Kemang sepulang kerja, dan selalu melewati kafenya. Sebenarnya sudah lama kepengen berhenti dan mencoba cake yang dijual di sana, penasaran dengan rasanya. Namun niat tersebut baru terlaksana ketika keponakan ulang tahun, dan saya berniat untuk membelikan cake untuknya.

Setelah berada di kafe Bittersweet by Najla tersebut, saya malah bingung karena ada beberapa cake yang dari tampilannya terlihat sangat menggugah selera. Akhirnya saya menanyakan ke pelayan kafe tersebut, cake mana yang sangat direkomendasikan dan banyak diminati pelanggan. Berdasarkan rekomendasi tersebut, akhirnya saya membawa pulang cake Turkish Dessert Box dan Cinnamon Roll pulang.

Wisata Kuliner Terenak di Jakarta Selatan
Turkish Dessert Box

Sesampai di rumah, cake pun saya simpan di kulkas, untuk dibawa besok ke rumah ponakan. Dan tau nggak sih, ternyata ponakan saya suka banget cake nya. Katanya rasanya enak banget, cake nya lembut, dan manisnya nggak bikin eneg. Saya pun akhirnya ikut nyicipin, karena cuma beli satu. Ternyata rasanya memang seenak itu, Jadi nyesel deh cuma beli satu box doang. Ponakan saya malah minta nambah dong, hehe…. Ntar kita beli lagi ya cake nya :’)

Waktu berlalu, dan karena kesibukan, saya pun untuk sesaat lupa akan yummy-nya dessert di Bittersweet by Najla tadi. Hingga suatu hari, teman kantor ngajak hangout ke kafe yang letaknya nggak begitu jauh dari kantor. Dan ternyata, kafe yang kita kunjungi itu adalah Bittersweet by Najla, cabang Kalibata. Tempatnya nampak cozy, instagramable, dan sedikit lebih besar dari kafe yang di Kemang.

Bittersweet by Najla
Kafe Bittersweet by Najla di Kalibata

Teman saya ternyata sudah beberapa kali makan di kafe ini, dan dia bilang keluarganya juga suka dengan menu dessert nya yang endolita. Dari teman ini juga saya tahu, kalau Bittersweet by Najla ini ternyata lagi populer belakangan ini, dan beberapa menu dessert nya jadi favorit banyak orang. Jadi, selain makan langsung di kafe tersebut, dan ngobrol ngalor ngidul bareng teman, saya juga memesan beberapa dessert box untuk dibawa pulang.

Wisata Kuliner Terenak di Jakarta Selatan
Dessert Box Menu di Bittersweet by Najla

Wisata Kuliner Terenak di Jakarta Selatan
Tak lupa bawa pulang "si manis" dari Bittersweet by Najla

Saat lagi santai di kantor, saya pun penasaran dan mulai browsing mengenai Bittersweet by Najla. Dari hasil browsing saya jadi tahu, kalau nama Najla ternyata diambil dari nama sang founder, yaitu Najla Bisyir. Bittersweet by Najla ini juga digadang-gadangkan sebagai pelopor pertama bisnis dessert box di Indonesia. Si Mbak Najlanya juga bilang kalau kekuatannya adalah dengan selalu menjaga kualitas makanannya, plus mesti berinovasi juga agar pelanggan nggak bosan dengan menu yang itu itu saja.

Keren ya! Makanya nggak heran kalau sekarang kafenya sudah buka cabang. Dari hasil browsing juga saya dapat info bahwa kafe Bittersweet by Najla ini sudah buka di 7 lokasi, yaitu Kalibata, Kemang, Bogor, Rawamangun, Depok, Sunter, dan Bali. Bagi kamu yang ingin mencicipi nikmatnya dessert buatan Mbak Najla, bisa order langsung di lokasi-lokasi tersebut.

Ngomong-ngomong soal browsing, saya mengandalkan jaringan internet dari Smartfren. Alhamdulillah selama menggunakan Smartfren, semua aktivitas saya yang berhubungan dengan penggunaan internet, termasuk browsing info tempat wisata kuliner enak di Jakarta Selatan, selalu berjalan dengan lancar. Begitupun jika ingin order makanan via aplikasi penyedia layanan pesan antar makanan online.

Apalagi sekarang ini Smartfren punya yang namanya Gokil Max. Fyi buat kamu yang belum tahu, Gokil Max merupakan kartu perdana prabayar keluaran Smartfren, yang memberikan penawaran Kuota Tergokil yang bisa digunakan di kotamu. Jadi, saat kamu membeli Kartu Perdana Gokil Max, maka di dalamnya ada Kuota Lokal, yang hanya bisa kamu gunakan di lokasi, sesuai area atau kota yang sudah ditentukan.

Smartfren Kuota Gokil Max

Selain Kuota Lokal, di dalamnya juga terdapat Kuota Nasional yang bisa digunakan di luar area lokal, dan Kuota Ekstra yang bisa dimanfaatkan bagi kamu yang harus bekerja di malam hari. Tersedia 3 pilihan paket Gokil Max yang bisa disesuaikan dengan kebutuhanmu, yaitu 9GB, 21GB, dan 36GB.

Oiya, selama masa pandemi, saya lebih sering memanfaatkan jasa layanan pesan antar makanan secara online untuk order dessert box di Bittersweet by Najla. Serius deh, cake nya benar-benar membuat saya candu. Makanya saya berani menobatkan Bittersweet by Najla ini sebagai salah satu wisata kuliner terenak di Jakarta Selatan. Jika nggak percaya, cobain aja! Yakin deh bakal bikin kamu nagih 😊     

  • Share:

You Might Also Like

1 comments