Gerakan Berbagi Kebersamaan di Bulan Ramadan

By Dewi Sulistiawaty - Mei 08, 2021

 FOI berbagi kebersamaan

Sepertinya Allah SWT sedang memberi ujian pada umat-Nya. Belum selesai permasalahan wabah Covid-19 yang melanda seluruh dunia, ujian lain datang lagi dengan terjadinya bencana alam di beberapa wilayah di dunia, termasuk Indonesia. Sebut saja bencana banjir, tanah longsor, gunung meletus, dan bencana alam lainnya yang terjadi di sepanjang tahun 2021 ini.

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPT) sendiri mencatat, bahwa di Indonesia sudah terjadi lebih dari 800 bencana alam sejak bulan Januari hingga Maret 2021. Bayangkan berapa banyak orang yang terdampak, bahkan tak sedikit nyawa yang melayang akibat bencana tersebut. Tak hanya kehilangan, namun kerugian yang tak terhitung pun harus dialami oleh para korban bencana.

Mungkin masih pada ingat dengan bencana gempa bumi berkekuatan 6,7 skala richter yang terjadi di Kabupaten Malang, Jawa Timur pada tgl 10 April 2021 kemarin. Atau banjir yang melanda Kabupaten Probolinggo pada awal bulan Maret lalu. Curah hujan yang tinggi disertai jebolnya tanggul pembatas antara jembatan dan lahan pemukiman, membuat aliran air Sungai Dringu meluap dan menghantam pemukiman di Desa Dringu, Kabupaten Probolinggo.   

Walau Desa Dringu sudah menjadi langganan banjir tiap tahunnya, namun kondisi banjir tahun ini yang paling parah, karena disertai lumpur akibat jebolnya tanggul. Penduduk Desa Dringu harus merelakan perabotannya rusak. Begitupun dengan penduduk di Kabupaten Malang yang merasakan dampak dari gempa yang terjadi, seperti penduduk di Desa Majangtengah, Kecamatan Dampit, Kabupaten Malang, yang rumahnya mengalami kerusakan, bahkan ada yang harus dirobohkan karena sudah rusak berat.

Alhamdulillah, banyak relawan yang turun untuk membantu saudara-saudara kita yang sedang mengalami musibah ini. Selain dari TNI, sejumlah relawan, seperti Relawan Foodbank of Indonesia (FOI) juga turut membantu, dengan terjun langsung ke lokasi terjadinya bencana. Mereka memberikan bantuan donasi kepada masyarakat yang tertimpa musibah gempa di Desa Majangtengah, Kabupaten Malang, dan juga korban banjir di Kabupaten Probolinggo.

Bantuan di lokasi bencana diberikan FOI dengan cara door to door, untuk memastikan bahwa bantuan diterima oleh setiap mereka yang benar-benar berhak untuk mendapatkan bantuan. Tentu saja donasi paket bantuan pangan yang diberikan FOI disambut dengan antusias dan rasa syukur oleh masyarakat. Karena selain tempat berteduh, bahan pangan merupakan kebutuhan pokok yang sangat mereka butuhkan saat ini. 

Foodbank of Indonesia berbagi kebersamaan

Fyi, bagi kamu yang belum mengenal FOI, FOI merupakan salah satu organisasi sosial yang membantu mengatasi kesenjangan pangan di masyarakat. Salah satu caranya adalah dengan menjembatani antara masyarakat yang berlebihan makanan dengan masyarakat yang membutuhkan.

Bapak Hendro Utomo, selaku Founder Foodbank of Indonesia mengatakan bahwa dengan adanya gotong royong antara lembaga masyarakat, pemerintah, dunia usaha, masyarakat, dan pergerakan ribuan relawan dalam membantu korban yang terdampak bencana alam, menjadi modal sosial yang dapat membangkitkan kembali dan membangun harapan dari para korban.

Dalam gerakan ini FOI berkolaborasi dengan berbagai pihak, seperti PT. Heinz ABC Indonesia dan PT. Tiki Jalur Nugraha Ekakurir (JNE). Bentuk kolaborasi ketiganya sesuai dengan kompetensi dan bidangnya masing-masing untuk saling bahu membahu membantu meringankan beban mereka yang terdampak bencana. FOI hadir dengan Gerakan Mereka Butuh Kita (GMBK) untuk membantu korban bencana alam, khususnya di bulan Ramadan ini, dan PT. Heinz ABC Indonesia dengan merek ABC ikut mendukung gerakan tersebut dengan Gerakan ABC Berbagi Kebersamaan Ramadan dengan Korban Bencana Alam.

FOI ABC berbagi kebersamaan
FOI JNE berbagi kebersamaan
FOI bersama dengan ABC, JNE, dan para relawan berbagi kebersamaan
berupa paket bantuan pangan untuk korban bencana alam

Sekitar 110.000 paket bantuan pangan telah disiapkan, dan bantuan donasi ini akan disalurkan kepada mereka mereka yang terdampak bencana di 15 wilayah di Pulau Jawa. JNE bersama dengan para relawan di daerah memberikan dukungan hingga paket bantuan pangan dapat tersalurkan ke berbagai wilayah di Jakarta dan Jawa Timur. Sedangkan PT. Heinz ABC Indonesia dengan Gerakan ABC Berbagi Kebersamaan Ramadan dengan Korban Bencana Alam membantu dalam memastikan ketersediaan paket bantuan pangan.

Kita juga dapat berpartisipasi dalam membantu saudara-saudara kita yang tertimpa musibah bencana alam ini. Caranya adalah dengan membeli produk ABC di Alfamart dan Alfamidi selama periode 1 April – 15 mei 2021. Untuk setiap pembelian produk ABC, maka kita sudah turut menyumbangkan senilai Rp1000,-. Donasi ini nanti akan dikumpulkan untuk dibagikan kepada para korban bencana alam di Pulau Jawa.

Tak terbayangkan bagaimana kondisi saudara kita yang tertimpa musibah bencana alam ini. Di saat pandemi belum berakhir, perekonomian keluarga belum begitu pulih, sekarang diuji pula dengan musibah bencana alam. Itu pun terjadi beberapa saat menjelang Ramadan. Semoga mereka diberi kekuatan dan kesabaran dalam menghadapi ujian ini. Amin.

Mari kita jadikan bulan Ramadan ini sebagai momentum untuk membangun ladang pahala, dengan cara memperbanyak ibadah dan amal sholeh, membantu mereka yang membutuhkan, salah satunya saudara kita yang sedang tertimpa musibah dan mengalami kesulitan. Seberapapun bantuan yang bisa kita berikan, tentu akan sangat berarti bagi mereka yang membutuhkan.

 

“Ketika engkau bersedekah, engkau bukan sedang menghabiskan uang, tapi engkau sedang mentransfernya untuk dirimu sendiri di waktu yang akan datang."

- Dr. Muhammad Abdullah al-Wuhaibi -

  • Share:

You Might Also Like

0 comments