Beragam Manfaat Temulawak yang Membuatnya Banyak Digunakan Sebagai Obat Herbal

By Dewi Sulistiawaty - April 23, 2021

 

manfaat temulawak

Temulawak merupakan salah satu jenis rimpang yang bisa dengan mudah dijumpai di Indonesia. Karena pada dasarnya jenis herbal yang satu ini dapat tumbuh dengan sangat subur di dataran Indonesia. Ada begitu banyak kandungan senyawa bermanfaat yang terdapat di dalam rempah yang satu ini. Makanya tak heran jika kemudian temulawak banyak dikombinasikan dengan bahan-bahan lain untuk dijadikan sebagai bahan untuk membuat obat. Berbagai macam manfaat temulawak tersebut pada dasarnya sangat baik bagi kesehatan tubuh.

 

Beberapa diantaranya temulawak mengandung senyawa kurkunim dan germakron yang dikenal sebagai senyawa antiradang, sampai dengan senyawa tumeron. Bahan-bahan yang terkandung di dalam temulawak ini sendiri dapat dimanfaatkan untuk mengobati beragam jenis penyakit, diantaranya adalah:

 

  1. Mengatasi masalah yang terjadi pada sistem pencernaan

Temulawak dapat digunakan untuk merangsang produksi cairan empedu, dimana empedu sendiri sangat bermanfaat bagi tubuh, yakni dapat membantu proses pencernaan atau metabolisme makanan yang ada di dalam tubuh. Bahkan banyak para ahli yang sudah melakukan riset, dan menemukan bahwa temulawak ini sangat efektif untuk meredakan perut kembung, hingga dapat meningkatkan nafsu makan. Tak heran jika kemudian temulawak banyak dicampurkan pada obat-obatan atau vitamin untuk anak-anak.

 

  1. Mengobati osteoarthritis

Penderita yang mengalami masalah persendian karena pengaruh usia, misalnya sendi yang menjadi kaku dan juga sakit, maka tidak perlu khawatir, karena permasalahan ini dapat diatasi dengan memanfaatkan senyawa yang ada di dalam temulawak. Tentunya penelitian mengenai hal ini sudah dilakukan, dan itu bisa ditemukan dalam berbagai jurnal, dimana efek temulawak memiliki kesamaan dengan ibuprofen.

 

  1. Membantu pengobatan pasien kanker

Sebuah penelitian juga menemukan bahwa temulawak ini juga dapat mencegah berkembangnya sel-sel kanker pada pasien dengan kanker prostat, kanker payudara, hingga kanker jenis lain, seperti kanker usus. Kandungan antioksidan yang banyak terkandung di dalam temulawak bermanfaat untuk menghentikan pertumbuhan sel kanker.

 

  1. Sebagai obat antiradang

Temulawak juga mengandung senyawa antiradang. Senyawa ini bekerja untuk menghambat produksi senyawa prostagladin E2, penyebab terjadinya peradangan. Makanya temulawak sangat baik dalam membantu mengatasi berbagai penyakit yang terjadi akibat peradangan, yang terjadi di dalam tubuh.

 

  1. Bersifat antibakteri dan juga antijamur

Beragam senyawa antibakteri dan juga antijamur terdapat di dalam temulawak. Sehingga temulawak sangat baik untuk membunuh beberapa jenis bakteri yang terdapat di dalam tubuh. Begitu pun dengan jamur, yang diduga juga dapat diatasi dengan temulawak.

 

  1. Obat jerawat

Bahkan dalam dunia kecantikan sendiri, nyatanya rimpang yang satu ini juga banyak digunakan. Umumnya temulawak digunakan sebagai campuran bahan untuk membuat obat jerawat. Karena seperti yang sudah dijelaskan di atas, bahwa temulawak ini memiliki sifat antibakteri, sehingga ia mampu membunuh bakteri pemicu timbulnya jerawat tersebut.

 

  1. Dapat menjaga kesehatan liver

Senyawa yang terdapat di dalam temulawak ini juga akan melindungi hati dari hepatotoksin, seperti karbon tetraklorida sampai dengan acetaminiphen. Jika zat hepatotoksin ini terserap terlalu banyak oleh hati, maka dalam jangka waktu panjang dapat menimbulkan masalah kesehatan yang serius. Dengan mengonsumsi temulawak secara teratur, maka akan sangat membantu dalam menetralisir zat tersebut.

 

  1. Obat diuretik.

Ternyata temulawak ini juga mampu membersihkan kelebihan garam yang ada dalam tubuh, lho. Sebagaimana yang kita tahu, kelebihan garam di dalam tubuh dapat menyebabkan tingginya kadar natrium di dalam darah, sehingga volume darah ikut meningkat. Hal ini tentu saja dapat mengganggu kesehatan.


Jika dulu kita butuh waktu dan tenaga ekstra untuk mengolah temulawak untuk bisa dikonsumsi, maka sekarang manfaat temulawak ini sudah bisa kita rasakan dengan mudah dan praktis dalam bentuk obat yang siap untuk dikonsumsi, seperti Herbana. Jadi kita tidak perlu lagi repot-repot mengolahnya 😊

manfaat temulawak

  • Share:

You Might Also Like

0 comments