Libur Lebaran di Rumah Saja? Why Not!

By Dewi Sulistiawaty - April 18, 2021

Hari ini saya cuap-cuap di media sosial mengenai larangan mudik yang dikeluarkan oleh pemerintah. Tenaang, saya bukannya mau protes mengenai larangan ini, tapi sebaliknya, saya mendukung imbauan tersebut. Sedih? Kecewa? Marah? Iya, tapi bukan karena imbauan tersebut, tapi lebih ke pandemi yang entah kapan akan berakhir.

Sudah dua kali Ramadan dan satu kali lebaran saya lewati di rumah saja, serta tak lama akan datang lagi libur lebaran berikutnya, dan masih di rumah saja. Sama seperti tahun sebelumnya, pemerintah kembali mengimbau masyarakat untuk tidak mudik, untuk mencegah penyebaran virus Corona. Berkaca pada tahun sebelumnya, dimana angka kasus penderita Covid-19 biasanya mengalami peningkatan usai libur panjang.

Lalu, kalau gak mudik dan gak kemana-mana, apa yang mesti dilakukan untuk mengisi libur lebaran tahun ini? Tidur-tiduran dan bermalasan? Sesekali sih gak apa-apa, sekedar untuk melepas penat dan menikmati ‘me time’. Tapi kalau lama-lama, bagi saya ya membosankan juga. Apalagi waktu liburnya lumayan panjang. Jadi, saya pun mencoba nge-list hal apa saja yang bisa saya lakukan selama libur lebaran nanti.

 

Membaca Novel Kesukaan

Smartfren Perkuat Jaringan

Saya sudah hobi membaca sejak masih duduk di bangku sekolah dasar. Mulai dari majalah bobo, lalu lanjut ke novel detektif anak-anak, seperti Lima Sekawan, Trio Detektif, dan STOP. Saya juga tertarik membaca karya Enid Blyton seperti St. Clare, Malory Towers, dan banyak lagi yang lainnya, hingga saat SMA saya mulai suka membaca novel karya Agatha Christie dan Sidney Sheldon.

Saya bisa menghabiskan waktu sampai berjam-jam, bahkan hingga seharian untuk memuaskan hobi membaca saya. Namun beberapa tahun belakangan ini kebiasaan membaca ini agak berkurang karena kesibukan. Tak ada salahnya di saat libur lebaran nanti saya mengisinya dengan membaca kembali novel-novel kesukaan, atau kalau ingin membaca novel yang baru, saya bisa beli saja secara online.  


Nonton Film Favorit

Smartfren Perkuat Jaringan
Jika lagi lelah atau malas membaca, bisa menghibur diri dengan nonton film favorit, film Korea misalnya, hehe. By the way, sebenarnya saya bisa dibilang buka KPop atau KDrama mania. Cuma suka nonton sesekali saja. Saya lebih suka menonton film actions, kolosal, dan horror. Kayaknya seru aja kalau nonton film jenis ini, bisa memacu adrenalin :D

Selain nonton film, hiburan lain yang saya suka adalah mendengarkan musik. Keduanya biasanya menjadi perilis stres bagi saya. Keduanya bisa dilakukan sambil tiduran, hingga akhirnya benar-benar ketiduran, hehe…. Kebanyakan saya mendengarkan musik dan nonton film di layanan streaming musik dan video lewat smartphone.

    

Main Game

Hiburan satu ini sebenarnya agak jarang saya lakukan. Sesekali saja saya memainkan game-game yang ringan, seperti Candy Crush dan Tetris, haha…iya, game tetris yang zaman jadul sudah ada itu :D. Saya gak terlalu suka game yang rumit, apalagi yang sampai menguras otak dan energi, hehe. Tapi game ringan ini lumayan menghibur, lho. Yang penting internet jangan sampai lemot aja, kalau gak saya bisa uring-uringan, kesel karena lagi asyik main tiba-tiba saja terganggu gara-gara internetnya lemot.

 

Memasak

Smartfren Perkuat Jaringan

Nah, selain membaca buku, hobi lain yang paling saya suka adalah memasak. Bahkan sejak awal pandemi melanda, kegiatan memasak yang sudah jarang saya lakukan, kembali saya tekuni. Tak ada kata bosan untuk mengeksplor berbagai macam menu masakan. Saya mulai rajin mencari-cari resep masakan unik di internet. Sejak pandemi, masakan yang jarang saya masak (baca: biasanya beli yang sudah jadi :D), saya coba untuk membuatnya.

Kalau sudah asyik di dapur, saya bisa lupa waktu. Senang rasanya melihat tepung dan telur tiba-tiba berubah wujud jadi cake yang cantik. Atau daging sapi mentah jadi sup yang enak dan lezat. Dulu saya sampai bela-belain beli buku resep masakan. Tapi kalau sekarang saya bisa mencari berbagai macam resep masakan di internet. Semuanya tersedia di sana 😊

 

Berkarya

Berkarya di sini bisa macam-macam. Misalnya menjahit, membuat berbagai kerajinan atau craft unik dan cantik, melukis, dll. Kalau saya suka memotret, dan sekarang masih belajar buat mengedit foto-foto tersebut di salah satu aplikasi photo editor. Selama libur nanti saya ingin mengasah lagi skill mengedit foto ini. Selain itu saya juga suka menulis blog. Mungkin saya juga bisa menulis konten-konten yang menarik saat libur nanti.

 

Belanja Online

Smartfren Perkuat Jaringan

Wah, kalau kegiatan yang satu ini sepertinya gak perlu masukin ke list deh :D. Tanpa di list pun ia akan selalu saya ingat. Mungkin bagi sebagian orang kegiatan ini terkesan boros ya. Tapi tenang saja, saya kebanyakan cuci mata kok di sana. Wishlist dan troli saya penuh, tapi gak dibawa check out, hahaha…coba ngacung, siapa yang juga seperti saya :D

Walau nanti ada juga yang dibawa check out, dan itu biasanya barang-barang yang saya butuhkan, atau paling gak pasti terpakai. Itu pun biasanya nunggu promo dan diskon dulu sih barangnya :D. Kecuali kalau barang tersebut memang butuh urgent, dan ingin cepat sampainya. Entah mengapa, hanya dengan cuci mata di toko online, sudah bisa membuat saya senang. Katanya sih bisa buat rilis stres. Maybe ya :D   

 

Video Call dengan Keluarga

Smartfren Perkuat Jaringan

Jika tidak bisa mudik lebaran tahun ini, tentu jalan satu-satunya untuk bisa melepaskan kangen dan bersilaturrahmi dengan keluarga adalah dengan cara melakukan video call. Walau tak sama rasanya dengan bertemu secara langsung, paling nggak cara ini bisa sedikit mengikis rasa rindu dan menatap wajah saudara-saudara terkasih dari layar ponsel.

Sebenarnya gak hanya saat lebaran saja sih, karena saya dan saudara-saudara yang lain biasa melakukan video conference sehari-hari. Saat melakukan video call memang dibutuhkan internet yang bagus. Gak seru aja saat sedang asyik-asyiknya berbincang-bincang, tiba-tiba saudara saya ada yang hilang dari layar. Ketika akhirnya bergabung lagi, dia mengeluh tentang jaringan internet di daerahnya yang suka bermasalah.

Syukurlah saya belum pernah mengalami kejadian seperti ini. Kebetulan saya menggunakan kartu Smartfren, yang alhamdulillah jaringannya bagus di daerah saya. Jadi aktivitas video call bisa berjalan lancar. Untungnya lagi saat ini Smartfren melakukan optimasi jaringannya di seluruh wilayah Jabodetabek (bisa lihat di https://vt.tiktok.com/ZSJkAv34c/), mengingat biasanya jelang lebaran, trafik pemakaian data internet akan meningkat secara tajam, yang dapat menyebabkan jaringan down.

Smartfren Perkuat Jaringan

Dengan peningkatan kapasitas dan jangkauannya hingga 25% dari tahun sebelumnya (seperti yang saya baca di berita-berita), ditambah lagi dengan adanya tim Satgas Jaringan 24 jam, mobile combat, dan layanan call centre yang ke semuanya beroperasi 7x24 jam, tentu selama Ramadan dan juga lebaran nanti saya tak akan ada masalah dengan jaringan Smartfren.

Oiya, selama Ramadan ini saya lebih banyak melakukan berbagai aktivitas di malam hari hingga jelang waktu subuh. Mulai dari menonton film hingga memasak makanan untuk sahur. Terkadang saya sengaja video call saudara-saudara yang lain, sekedar untuk membangunkan mereka sahur. Dan saya sangat terbantu dengan adanya paket Extra Unlimited Malam Full Speed dari Smartfren, yang otomatis aktif setiap hari dari jam 1 malam hingga jam 5 subuh.

Sepertinya untuk sementara segitu dulu list kegiatan yang akan saya lakukan untuk mengisi libur lebaran nanti. Ada kemungkinan list-nya akan bertambah lagi. Yang terpenting adalah jaringan internet lancar terus, jadi semua aktivitas saya juga bisa berjalan dengan lancar. Baik itu mau order buku secara online maupun belanja online, nonton film secara streaming, main game, browsing menu masakan, ngeblog, serta video call dengan keluarga besar.

Well, gak mudik di libur lebaran tahun ini, gak apa-apa. Bersabar saja, agar penyebaran Covid-19 ini bisa dicegah, sehingga angka kasusnya bisa terus menurun, dan keadaan segera kembali normal.  Ternyata masih bisa kok mengisi waktu libur dengan kegiatan-kegiatan yang seru. Stay save and stay healthy ya all!

  • Share:

You Might Also Like

0 comments