AMD RYZEN ™ 5000 SERIES MOBILE PROCESSORS UNTUK KAMU PEJUANG MIMPI

By Dewi Sulistiawaty - April 03, 2021

Prosesor Mobile AMD Ryzen 5000 Series

Tiap membuka laptop, entah mengapa pandangan mata saya selalu tertuju ke bagian sudut bawah kanan laptop. Sebuah logo mungil bertuliskan AMD Ryzen 5 tertera manis di sana. Memang, laptop Envy ini sudah lumayan lama menemani saya. Di masanya dia sudah yang paling keren, lho! :D Dan sekarang AMD sudah menelorkan AMD Ryzen 9.

Belum lama ini bahkan AMD kembali mengenalkan inovasi prosesor mobile terbarunya. Informasi ini saya peroleh saat menghadiri acara peluncuran AMD Ryzen 5000 Series Mobile Processors secara virtual via www.ryzen5000-poweryournext.com, pada hari Rabu, 31 Maret 2021.

Baru kali ini saya menghadiri acara virtual sekeren itu. Karena biasanya acara atau kegiatan yang saya hadiri secara virtual, rata-rata menggunakan aplikasi Zoom, atau live streaming di Instagram ataupun YouTube. Tak heran sih sebenarnya, karena acaranya sendiri diselenggarakan oleh sebuah perusahaan teknologi ternama asal Amerika.

Yup, siapa yang tak kenal dengan Advanced Micro Devices, Inc, atau yang lebih dikenal dengan sebutan AMD, sebuah perusahaan semikonduktor multinasional yang mengembangkan prosesor komputer dan teknologi sejak tahun 1969. Kiprahnya sejak lama di dunia per-komputer-an, dan juga berbagai inovasi teknologi yang diperkenalkannya ke pasaran, telah membuat bisnis ini berkembang dengan pesat, hingga menjangkau seluruh dunia.

Kembali ke acara tadi ya. Jadi, ketika saya memasuki “ruang acara virtual” via microsite tadi, saya disuguhkan dengan sebuah tampilan board komputer, lengkap dengan berbagai komponen yang menempel di atasnya. Komponen-komponen tersebut bentuknya macam-macam, ada yang berbentuk bangunan, kotak hadiah, photobooth, dll. Masing-masing di atasnya ada tulisan Main Theater, Games, Media Lounge, Brand Partners, Merchandise, Doorprize, dan Photobooth.

Karena acara belum mulai, saya pun mencoba mengklik tulisan “Game”, dan tadaaa… saya langsung dibawa masuk menuju ke sebuah permainan. Ternyata gamenya seru juga, karena ada sejumlah pertanyaan mengenai produk prosesor mobile AMD Ryzen 5000 Series yang nanti akan diperkenalkan, dan harus saya jawab dengan benar jika tak ingin dihabisi oleh musuh. Karena penasaran, saya pun mencobanya berkali-kali, sampai saya hafal pertanyaan dan jawabannya, hahaha….

Selanjutnya, untuk mengenal produk yang akan diluncurkan secara lebih detail lagi, saya pun masuk ke “ruang” Home Theater. Di sana ada Bang Pen sebagai Gamer, Alffy Rev sebagai Music Composer & Producer, dan Clara Mongstar sebagai Influencer. Mereka mengatakan bahwa sebuah hobi yang dianggap remeh oleh sebagian orang, ternyata bisa menjadi profesi yang menjanjikan jika ditekuni dengan sungguh-sunggguh, tak berhenti belajar buat meng-upgrade skill yang dimiliki, dan tentu saja terbuka dengan kemajuan teknologi yang ada.

Prosesor Mobile AMD Ryzen 5000 Series
(Kiri-kanan) Bang Pen, Clara, dan Alffy

Seperti yang dikatakan oleh Bang Pen, untuk menunjang skill-nya sebagai seorang gamer, dia harus harus memilih device yang tepat, agar dapat menemaninya meraih mimpinya sebagai seorang gamer yang handal dan profesional. Setali tiga uang dengan Bang Pen, Alffy pun memanfaatkan perkembangan teknologi untuk membantunya menghasilkan karya dan imajinasi yang tanpa batas.

Sebagai seorang mahasiswi sekaligus Content Creator atau Influencer, Clara pun harus beradaptasi dengan setiap perkembangan teknologi, agar dapat menunjang profesi dan juga mobilitasnya. Seperti penggunaan laptop yang powerful, akan sangat memudahkannya untuk multitasking dimanapun dan kapanpun.

“Untuk semua pejuang mimpi, jangan pernah berhenti beradaptasi dengan teknologi, serta mengeksplorasi kemampuan dan menciptakan masa depan dengan versi terbaik dari diri kita”

Untuk itulah AMD selalu hadir dengan berbagai inovasi terbarunya, dengan harapan dapat membantu maupun menunjang segala aktivitas masyarakat, baik itu hobi, pekerjaan atau bisnis, sekolah atau kuliah, serta bagi para pejuang mimpi agar bisa meraih mimpinya.

Selain itu ada Miss Paige Shi sebagai Director of AMD Consumer Business for Asia Pasific & Japan yang memberikan sambutannya dalam peluncuran Prosesor Mobile AMD Ryzen 5000 Series di Indonesia. Beliau menyampaikan bahwa AMD memiliki solusi performa yang tinggi, baik dari segi komputasi maupun grafis.


AMD RYZEN 5000 SERIES MOBILE PROCESSORS

Untuk informasi yang lebih lengkap lagi mengenai prosesor mobile AMD Ryzen 5000 Series yang secara resmi dirilis hari itu, ada Ibu Armawati Cen, sebagai Consumer Business Development Manager for Indonesia yang kemudian menjelaskannya.

Prosesor Mobile AMD Ryzen 5000 Series
Ibu Cen menjelaskan mengenai AMD Ryzen 5000 Series Mobile Processors

Ibu Cen mengatakan bahwa di tahun ini akan terjadi peningkatan terhadap jumlah laptop gaming yang menggunakan prosesor mobile AMD Ryzen 5000 Series. Laptop-lapptop gaming tersebut pun akan dipasangkan dengan flagship kartu grafis, baik dari GeForce maupun dari Radeon.

Prosesor mobile AMD Ryzen 5000 Series ini sudah mendukung teknologi terbaru, yaitu arsitektur 7nm core ‘Zen 3’, sehingga dapat menghasilkan efisiensi power yang sangat signifikan. Dengan teknologi ini, prosesor mobile AMD Ryzen 5000 Series dapat memiliki ketahanan daya yang luar biasa pada baterainya. Dan semua produk prosesor mobile AMD Ryzen 5000 Series sudah mendukung simultaneous multitrack, mulai dari yang tertinggi Ryzen 9, hingga yang terendah Ryzen 3, semua sudah hadir di pasaran dengan spesifikasi minimal 4 core dan 8 thread.

AMD Ryzen 5000 Series Mobile Processors didesain dengan chip monolitik, dengan ukuran yang sama dengan layout Zen 2, dengan ke-8 core nya berada dalam 1 chip, sehingga dapat dengan mudah dipasang pada board yang sudah ada. Desain chip monolitik pada AMD Ryzen 5000 Series Mobile Processors ini dimaksudkan agar “komunikasi” antar core bisa menjadi lebih lancar dan cepat.

Prosesor Mobile AMD Ryzen 5000 Series
AMD Ryzen 5000 Series Mobile Processors

Fyi, Zen 3 memiliki L3 Chace 2x lebih besar dari pendahulunya, yakni up to 16MB, dengan ke-8 CPU core yang ada dapat berhubungan langsung dengan L3 cache, sehingga komunikasi dari CPU ke data menjadi lebih cepat.

AMD juga memperkenalkan fitur terbaru pada memory controller, yaitu Deep Power State, yang dapat membantu menyimpan daya ketika memory controller berkurang saat diakses. Selain itu untuk kecepatan memori pada CPU Zen 3 Core sudah didukung dengan LPDDR4. Semua perubahan layout ini bertujuan untuk menghasilkan kinerja yang jauh lebih baik, dengan efisiensi power yang lebih optimal.

Prosesor mobile AMD Ryzen 5000 Series mencakup prosesor H- Series, dan U-Series. Untuk prosesor mobile AMD Ryzen 5000 H-Series hadir arsitektur terbaru AMD 7nm “Zen 3”, dengan 8 core dan 16 thread. Dengan begitu tak heran jika produk ini hadir dengan performa frame rate yang tinggi dan ketahanan baterai yang luar biasa.

Diperilisan prosesor mobile AMD Ryzen 5000 Series tersebut, AMD juga memperkenalkan prosesor mobile tertinggi HX-Series, yakni Ryzen 9 5980HX dan Ryzen 5900HX. Keduanya memiliki fitur mobile unlocked, yakni tersedia opsi pengaturan manual untuk clock speed, dengan kecepatan maksimal boost lock hingga 4.8GHz dan TDP 45+.

Dengan spek yang dimilikinya, prosesor mobile AMD Ryzen 9 5980HX mampu meningkatkan performa single-threaded hingga 23%, serta performa multi-threaded hingga 17% lebih cepat dibandingkan generasi sebelumnya. Sedangkan untuk prosesor HS-Series, AMD menghadirkannya dengan daya yang lebih rendah, yakni 35W, namun tetap dengan performa dan efisiensi yang optimal.

Nah, untuk U-Series, AMD memperkenalkan prosesor AMD Ryzen 7 5800U, dengan performa single-threaded hingga 16% lebih baik, dan performa multi-thread hingga 14% lebih cepat dibandingkan pedahulunya. Daya baterainya bahkan tahan hingga 17,5 jam lho!

Pada acara tersebut juga ada demo produk prosesor mobile AMD Ryzen 5000 Series dari Jagat Review, yang diwakili oleh Alva Jonathan selaku PC Hardware Reviewer & Overclocker. Dari 2 demo yang dilakukan Alva tersebut dapat disimpulkan bahwa prosesor mobile AMD Ryzen 5000 Series memiliki potensi performa yang mengagumkan, dan siap untuk diajak menghadapi berbagai pekerjaan berat, seperti product activity, content creator, maupun gaming.

Prosesor Mobile AMD Ryzen 5000 Series
Demo AMD Ryzen 5000 Series Mobile Processors

Saat ini produk laptop dari berbagai brand ternama, seperti Asus, Acer, HP, dan Lenovo dengan berbasiskan AMD Ryzen 5000 Series Mobile Processor sudah bisa ditemukan di pasaran. Untuk harga barangnya tentu saja berbeda-beda, tergantung dari brandnya, dan tentu saja disesuaikan dengan spesifikasi yang ditawarkan oleh masing-masing brand laptop tersebut. Wah, sepertinya sudah saatnya si Ryzen 5 yang saya miliki ditemani dengan produk Ryzen terbaru ini ya 😊   

  • Share:

You Might Also Like

0 comments