Bisakah Buah Plum untuk Diet dan Menurunkan Berat Badan?

By Dewi Sulistiawaty - Agustus 15, 2020

buah plum untuk diet

Jika di luar negeri disebut plum, maka di Indonesia dikenal dengan nama buah prem. Sekilas buah plum ini nampak seperti buah ceri ya. Ini wajar, karena ternyata buah plum dan ceri masih satu spesies. Buah plum banyak dibudidayakan di Cina dan juga Eropa.

Di Indonesia sendiri buah plum masih jarang dijumpai, karena belum begitu populer dan jarang juga yang membudidayakannya. Namun akhir-akhir ini, tepatnya sejak pandemi, buah plum mulai digemari, karena ternyata memiliki banyak manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh.

Buah plum terdiri dari beberapa jenis, yang bisa dilihat berdasarkan warna buahnya. Warna buah yang terdapat pada buah plum sangat bergantung pada kondisi iklim di daerah tempat buah tersebut ditanam. Misalnya, buah plum yang ditanam di Indonesia umumnya berwarna hijau kekuningan. Kalau di Eropa warna buah plum cenderung merah keunguan, sedangkan di Cina berwarna hitam.

Lalu bagaimana sih tekstur dan rasa buah plum ini? Secara ukuran, buah plum ukurannya sedikit lebih besar dari pada buah anggur, dengan diameter sekitar 5 hingga 6 cm. Teksturnya mirip seperti buah sawo atau buah jambu dengan daging buah yang cukup tebal. Jika buah plum yang berasal dari Eropa dan Cina memiliki rasa yang manis, dengan sedikit kandungan air, maka buah plum yang ditanam di Indonesia memiliki rasa manis dan asam, dengan kandungan air yang banyak.

buah plum untuk diet


Seperti buah apel, mengkonsumsi buah plum bisa dengan cara memakannya langsung berserta kulitnya. Namun jangan lupa untuk mencuci bersih buah plum terlebih dulu ya. Cara lain untuk mengkonsumsi buah plum adalah dengan dijus atau dibikin smoothie. Jika ingin menyimpannya dalam waktu lama, buah plum bisa dikeringkan  (prune) seperti kismis, atau bahkan juga bisa dibuat menjadi es krim lho!

buah plum untuk diet
Prune, buah plum yang dikeringkan.

Nah, setelah mengetahui rasa dan cara memakan buah plum, baiknya ketahui juga apa saja manfaat buah plum ini. Benarkan buah plum bisa untuk menurunkan berat badan dan baik untuk diet? Yuk, ketahui terlebih dulu apa saja zat dan nutrisi yang terkandung dalam buah plum.

Buah plum dikenal kaya akan zat antioksidan. Selain itu, buah plum juga mengandung vitamin dan mineral, seperti vitamin A, C, B1, B2, B3, B6, B12, K, kalium, mangan, magnesium, fosfor, seng, zat besi, dan serat. Dengan banyaknya zat nutrisi yang terdapat dalam buah plum, tak heran kalau buah satu ini juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan.

Ada banyak manfaat dari buah plum, beberapa diantaranya saya temui di website Halodoc. Halodoc sendiri merupakan sebuah aplikasi kesehatan terpadu, yang memberikan solusi kesehatan lengkap, dan tentu saja terpercaya. Halodoc yang didirikan oleh anak bangsa sejak tahun 2016 ini hadir untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan akses kesehatan yang mudah dan lengkap.

Berikut beberapa manfaat buah plum yang saya kutip dari Halodoc:

1. Menurunkan kadar kolesterol. Buah plum yang kaya serat mampu membersihkan racun dalam tubuh, sehingga membantu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh.

2. Melindungi sel dari radikal bebas. Zat antioksidan dalam buah plum mampu mengurangi peradangan dan melindungi sel-sel tubuh dari radikal bebas.

3. Menjaga berat badan. Buah plum banyak mengandung nutrisi baik, namun begitu plum termasuk buah yang rendah kalori. Sehingga dengan mengkonsumsi buah plum, banyak nutrisi yang dapat diserap tubuh, dan berat badanpun tetap terjaga.

4. Mempertajam penglihatan. Kandungan vitamin A yang ada pada buah plum dapat membantu menjaga kesehatan mata.

5. Menjaga kesehatan tulang. Dengan nutrisi yang terdapat di dalamnya, buah plum yang sudah dikeringkan ternyata dapat membantu menurunkan risiko pelemahan tulang, seperti osteopororis dan osteopenia.

6. Menjaga kesehatan jantung. Kemampuan buah plum untuk menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh, ternyata berpengaruh pada kesehatan jantung. Selain serat, jantung menjadi lebih sehat dengan adanya kandungan kalium dan antioksidan tinggi dalam buah plum.

7. Mencegah kanker. Kandungan anthocyanin, yaitu pigmen yang terdapat pada buah plum, serta beta-karoten, ternyata dapat melindungi tubuh dari radikal bebas yang menyebabkan kanker.

8. Meredakan sembelit. Dengan serat tinggi yang terkandung di dalam buah plum, tentu saja sangat berguna untuk mengatasi masalah sembelit ya.

 

Bagaimana menurutmu? Bisakah buah plum menurunkan berat badan dan baik untuk diet? Jawabnya tentu saja bisa. Karena kandungan kalori dalam buah plum cukup rendah, yaitu sekitar 45 kalori per 100 gram nya, serta tidak mengandung lemak jenuh dan kaya akan serat. Sehingga baik bagi kamu yang ingin diet dan menurunkan berat badan.

Namun begitu, patut diperhatikan juga, bagi yang ingin diet menggunakan buah plum, sebaiknya jangan terlalu banyak mengkonsumsinya ya. Karena ini dapat meningkatkan asupan gula dan karbohidrat yang tak perlu. Idealnya memang diimbangi dengan berolahraga dan menjaga pola makan yang sehat. Well, sebaiknya jadikan buah plum sebagai snack atau makanan selingan saja ya.

  • Share:

You Might Also Like

0 comments