Kreasi Sarapan dan Minuman Sehat dengan Philips Blender Duravita Tritan Jar

By Dewi Sulistiawaty - April 18, 2018

Gaya hidup sehat mulai jadi tren di masyarakat saat ini. Sebagian masyarakat mulai beralih mengkonsumsi makanan dan minuman yang sehat dalam keseharian mereka. Pemerintah sendiri terus giat mengajak masyarakat agar menjalankan GERMAS (Gerakan Masyarakat Hidup Sehat), yaitu rajin berolahraga, rutin mengkonsumsi sayur dan buah, serta secara berkala memeriksakan kesehatan di faskes.

Ketiga kegiatan ini dianggap paling sering dihindari atau malas untuk diaplikasikan. Lagi mager atau males gerak – istilah zaman now, yang banyak dijadikan alasan untuk tidak mau bergerak. Sedangkan sayur dan buah dianggap makanan yang kurang enak dan nikmat. Memeriksakan diri ke faskes pun suka ‘ntar aja’ atau kalau sudah sakit, baru deh mau ke faskes. Huff, padahal mencegah itu lebih baik dan lebih murah lho dibandingkan mengobati. GERMAS merupakan salah satu langkah preventif, agar tubuh terhindar dari Penyakit Tidak Menular (PTM), seperti diabetes, penyakit jantung, hipertensi, dan stroke.

Untuk menjalankan GERMAS memang dibutuhkan tekad dan keinginan yang kuat untuk mau hidup sehat. Berolahraga nggak harus yang mahal dan jauh kok. Bisa dengan melakukan yoga atau senam sendiri di rumah. Yang penting seluruh anggota tubuh bergerak, sehingga peredaran darah berjalan lancar. Pun untuk memeriksakan kesehatan. Nggak harus tiap minggu atau tiap bulan. Periksakan saja sekali setahun. Masa sekali setahun aja nggak bisa. Yekaan :D Nah, untuk sayur dan buah, ada banyak cara lho untuk bisa mengkonsumsinya secara praktis, dengan rasa yang nikmat dan tetap sehat :)

Kita yang dewasa aja terkadang masih susah untuk disuruh makan sayur dan buah ya, apalagi anak-anak, yang masih butuh nutrisi yang cukup untuk pertumbuhannya. Entah karena rasanya yang kurang enak atau mungkin bosan dengan penyajiannya yang begitu-begitu aja, makanya masih ada yang kurang suka makan sayur dan buah. Padahal sayur dan buah kaya akan serat dan nutrisi yang baik untuk kesehatan.

Philips meluncurkan Blender Duravita Tritan Jar yang 20x tahan pecah
(Kiri-kanan) Delli Threesyadinda, Bpk Yongky, dan Mas Jansen 
Untuk mensiasatinya, sayur dan buah bisa diolah dalam berbagai bentuk penganan dan minuman yang menarik dan enak, namun kandungan gizinya tetap utuh. Misalnya YoBana Smoothie yang didemokan oleh Mas Jansen Ongko saat acara Peluncuran Philips Blender Duravita Tritan Jar, pada hari Rabu, 11 April 2018 kemarin, di Fairmont Hotel, Jakarta. YoBana Smoothie adalah campuran pisang dan yogurt, yang di-blend menggunakan Philips Duravita Blender. Awalnya saya ragu lho mencicipinya, karena saya kurang suka yogurt. Tapi setelah ‘memaksakan diri’ meminum smoothie-nya, ternyata enak banget! Yogurtnya nggak gitu terasa, lebih ke rasa pisang, namun itu pun tidak begitu kental. Benar-benar yummy smoothie :D

Selain YoBana Smoothie, Mas Jansen juga mempraktekkan cara bikin minuman dan makanan sehat lainnya, seperti Red Velvet Juice, Green Tropical Juice, Crunchy Energy Bar, dan Choco Loco in The Jar. Namun untuk resepnya akan saya uraikan di bawah nanti ya. Sekarang saya akan informasikan sedikit mengenai Blender Philips yang baru saja di-launching, yaitu Duravita Tritan Jar. Apa saja yang membedakan blender Philips yang satu ini dengan blender Philips seri lainnya. Kuyy!

Sebagai perusahaan yang selalu mendukung gaya hidup sehat, Philips berkomitmen untuk menciptakan produk-produk yang dapat membantu konsumen Indonesia, dalam menyiapkan makanan dan minuman yang sehat. Makanya, hari itu Philips kembali menghadirkan inovasi terbaru, berupa Blender Duravita Tritan Jar. Kehadiran blender seri terbaru ini diharapkan dapat membantu konsumen untuk menghidangkan minuman yang sehat di rumah.

Kesibukan dan rutinitas sehari-hari, terkadang membuat kaum urban suka lupa untuk mengkonsumsi sayur dan buah. Entah itu memang karena lupa, atau nggak punya waktu yang cukup, atau memang malas mengkonsumsi sayur dan buah. Namun data dari Kemenkes menunjukkan bahwa masih banyak masyarakat Indonesia yang belum memenuhi asupan sayur dan buah dalam kesehariannya.

Informasi yang saya dapatkan dari Bapak Yongky Santosa, selaku Head of Personal Health Philips Indonesia adalah bahwa 93,5% dari penduduk Indonesia yang berumur kurang dari 10 tahun, ternyata belum mengkonsumsi sayur dan buah sesuai dengan anjuran WHO. Miris banget ya, padahal Indonesia merupakan negara yang kaya dengan beraneka ragam sayur dan buahnya. Apa yang menjadikan masyarakat malas mengkonsumsi sayur dan buah? Rasanya kah? Yang mungkin tidak selezat makanan siap saji? Hmm….

Bpk Yongky
“Untuk itulah, Philips berusaha mendorong masyarakat agar mau mengkonsumsi sayur dan buah di rumah, dengan cara yang menyenangkan, praktis, sehat, dan cepat. Kami juga berusaha mengadakan event-event yang bertujuan untuk meningkatkan awareness masyarakat Indonesia, akan pentingnya mengkonsumsi sayur dan buah, serta memberikan solusi bagaimana cara mengkonsumsi sayur dan buah tanpa perlu repot,” jelas Bapak Yongky saat membuka acara.


Mengenal Philips Blender Duravita Tritan Jar

Pertama berkenalan dengan Blender Duravita adalah saat mengunjungi booth yang berada di luar ruangan acara. Cuaca yang panas di luar, membuat saya langsung mengunjungi booth pertama, yang  menyediakan minuman sehat dan segar, yaitu jus mangga, yang dibuat menggunakan Philips Blender Duravita. Selain itu juga ada minuman lain berupa sari wortel, yang diolah menggunakan Philips Slow Juicer.

 
Philips Blender Duravita Tritan Jar
Sedangkan di booth kedua ini agak ekstrim menurut saya, yaitu permainan bowling. Permainannya sih seperti bowling biasa, menggunakan bola bowling hitam yang berat itu. Namun yang bikin ekstrim adalah pin yang digunakan berupa jar dari Blender Duravita yang dijejerkan membentuk segitiga, yang nantinya akan dihantam oleh si bola bowling. Apa nggak pecah itu jar, ditubruk pake bola bowling yang berat? Setelah saya dan beberapa teman yang lain bermain dan menggelindingkan bola bowling, ternyata si jar ini sehat wal afiat saja lho! Tanpa ada retak bahkan gores sedikit pun. Wah! :D

Jar dari Philips Blender Duravita dijadikan pin dalam permainan bowling 
Menurut Ibu Maria Simanjuntak, selaku Senior Marketing Manager Kitchen Appliances, Personal Health Philips Indonesia, Philips Duravita Tritan Jar ini dibuat menggunakan material tabung yang premium, sehingga tahan gores, tahan pecah (bahkan 20 kali lebih tahan dibandingkan jar yang berbahan plastik). Blender Duravita Tritan Jar juga telah lulus uji kekuatan dan ketahanan, dengan cara menghantamkan bola besi yang berat pada jar-nya. Hmm, pantesan tadi ditubruk bola bowling berkali-kali, nggak apa-apa ya. Duravita Tritan Jar juga tidak mudah berbau, seperti halnya jar yang terbuat dari plastik, serta warna jar-nya pun bening seperti kaca dan tidak berat.

Ibu Maria
“Philips terus berusaha berinovasi untuk membuat hidup keluarga Indonesia menjadi lebih baik. Dengan memperkenalkan blender, serta kampanye-kampanye hidup sehat, kita berusaha untuk memberikan solusi, bagaimana memperbaiki kualitas hidup masyarakat Indonesia. Bukan hanya produk saja yang ingin kita kenalkan, tapi juga solusi untuk hidup sehat yang ingin Philips sampaikan pada konsumen Indonesia,” ungkap Ibu Maria.

Blender Philips memiliki jar dalam berbagai ukuran, yaitu 1 liter, 1,5 liter, dan 2 liter yang disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat di Indonesia. Ingin memberikan produk yang lebih baik lagi, Philips pun melakukan survei terhadap produk blendernya. Hasil survei mengatakan bahwa banyak konsumen yang mengeluhkan jar blender yang mudah pecah padahal mesin motornya masih bagus, dan ada pula yang mengatakan bahwa mereka butuh blender yang bisa menghancurkan es batu dengan baik.           

Untuk itulah Philips Blender HR 2157, Si Duravita Tritan Jar hadir untuk memenuhi kebutuhan blender dengan kualitas yang baik untuk masyarakat Indonesia. Blender Duravita memiliki kapasitas jar yang besar, yaitu 2 liter, sehingga bisa digunakan untuk keluarga. Tersedia tombol P (Pulse) untuk penghancur es batu. Kecepatannya juga bisa diatur sesuai dengan kebutuhan, hingga max 8 speed. Jadi tinggal putar saja speed-nya sesuai dengan tingkat kekerasan bahan makanan yang mau dihancurkan.   

Blender Duravita memiliki 5 mata pisau yang bergerigi (ProBlend 5) sehingga dapat menghancurkan es batu dengan lebih cepat hingga 20%-nya, dibandingkan blender Philips seri lainnya. Dengan begitu, kita akan lebih mudah lagi ya membuat smoothies yang segar dan lembut sempurna. Selain itu, bentuk pisaunya yang satu lempengan membuat mata pisau mudah untuk dibersihkan.


Kreasi Sarapan dan Minuman Sehat ala Jansen Ongko

Mas Jansen
Jansen Ongko merupakan seorang Nutritionists dan juga Pendiri Lagizi. Menurut Mas Jansen, konsumsi sayur dan buah pada masyarakat Indonesia memang masih sangat rendah. “Mengapa kita harus repot-repot untuk mengolah lagi sayuran dan buah-buahan? Karena anak-anak sekarang atau lansia yang sudah kesulitan dalam mengkonsumsi sayur dan buah. Entah karena teksturnya, atau mungkin rasanya yang kurang disukai anak-anak. Untuk itulah kita harus berkreasi untuk bisa memenuhi kebutuhan sayur dan buah harian,” ujar Mas Jansen.

Sayur dan buah mengandung vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh untuk tetap sehat. Jika ingin sehat, maka mesti rajin mengkonsumsi sayur dan buah-buahan. Kesulitan mengkonsumsi sayur dan buah? Maka solusinya adalah dengan cara mengolah sayur dan buah tersebut sehingga bisa tampil menarik, rasanya pun lebih enak, serta kandungan nutrisinya tetap terjaga. Kreasi sayur dan buah bisa di-mix dengan yogurt, madu, susu, dan bahan makanan lainnya.

Dengan kemajuan teknologi, mengolah bahan makanan sehat tidak perlu lagi repot dan memakan waktu yang lama. Seperti yang sudah dipraktekkan oleh Mas Jansen saat menciptakan kreasi penganan dan minuman yang sehat, menggunakan Philips Blender Duravita Tritan Jar dan Philips Slow Juicer ini. Berikut beberapa menu dan resepnya :


Red Velvet Juice

Bahan :
3 buah bit ukuran kecil, 2 buah apel, 1 buah naga, dan potongan es batu.

Cara Pembuatan :
Campurkan buat bit, apel, buah naga, dan potongan es batu ke dalam Slow Juicer. Proses hingga semua bahan bercampur sampai halus. Sajikan dingin dalam 2 gelas.     


Green Tropical Juice

Bahan :
½ buah nanas, 4 daun sawi hijau, 1 buah timun, perasan lemon, dan potongan es batu

Cara Pembuatan :
Masukan seluruh bahan ke dalam Slow Juicer, lalu proses hingga bahan tercampur rata. Sajikan selagi dingin.


YoBana Smoothie

Bahan :
2 buah pisang matang, 4 sdm oatmeal, 100 ml susu cair full cream, 100 ml yogurt (plain), 2 sdm madu, dan potongan es batu.

Cara Pembuatan :
Campurkan pisang, oatmeal, susu, yogurt, madu, dan potongan es batu ke dalam Blender Duravita Tritan Jar. Blend hingga semua bahan tercampur sampai halus. Sajikan dingin menjadi 2 gelas.


Crunchy Energy Bar

Bahan :
200 gr oatmeal, bubuk whey 2 scoops, 50 ml susu cair full cream, 2 sdm selai kacang, dan 50 gr cornflakes.  

Cara Pembuatan :
Masukan seluruh bahan ke dalam Blender Duravita, lalu blend hingga bahan tercampur rata. Siapkan cetakan untuk membentuk batangan. Masukan ke dalam kulkas dan diamkan selama minimal 1 jam. Siap disantap.


Choco Loco in The Jar

Bahan :
100 gr rolled oats, 100 ml yogurt (plain), 100 ml susu cair full cream, 30 gr chocolate nibs, 1 sdt cocoa powder, dan 1 buah pisang.

Cara Pembuatan :
Masukan rolled oats ke dalam Blender Duravita, blend kasar (jangan terlalu halus). Masukan rolled oats yang telah diblender ke dalam jar (hingga separuh jar), lalu tuangkan yogurt, dan masukan potongan buah pisang. Lalu tambahkan susu cair hingga ¾ jar. Aduk rata dan letakkan di kulkas. Biarkan semalaman. Paginya siap dikonsumsi sebagai sarapan.

Membuat YoBana Smoothie menggunakan
Philips Blender Duravita Tritan Jar

Slow Juicer cocok diaplikasikan untuk sayur dan buah yang tinggi kadar airnya. Cara kerja Slow Juicer adalah dengan memeras bahan makanannya, sehingga langsung mengekstrak cairan nutrisi dan serat larut dari bahan makanan tersebut, dan mengeluarkan ampasnya. Sedangkan blender menghancurkan bahan makanan (biasanya ditambahkan air) dan tidak mengeluarkan ampas.  

Philips Slow Juicer dan Blender Duravita Tritan Jar
Philips Slow Juicer
Atlet Panahan Nasional, Delli Threesyadinda yang juga hadir pada acara berbagi pengalamannya dalam mengkonsumsi sayur dan buah sehari-hari. Sebagai seorang atlet, Mba Dinda memerlukan asupan makanan sehat agar tubuhnya tetap fit. Biasanya jika malam hari, Mba Dinda rajin mengkonsumsi smoothies bikinannya sendiri di rumah. Smoothies favoritnya adalah buah pisang dicampur madu dan yogurt.

Kuat dan sehat seperti atlet. Mungkin itulah keinginan semua orang, yang ingin bisa hidup seperti atlet yang mempunyai fisik yang selalu bugar dan kuat. Menurut Mba Dinda, tak hanya rajin mengkonsumsi sayur dan buah saja, istirahat yang cukup dan rajin berolahraga juga penting, agar tubuh tetap sehat dan kuat. Hidup sehat itu sebenarnya bisa dilakukan dengan cara yang mudah dan menyenangkan, asalkan ada kemauan yang kuat untuk itu. Nah, pada mau sehat kaan? Mesti jalankan pola hidup sehat seperti atlet ya :)  




Foto : Pribadi

  • Share:

You Might Also Like

0 komentar