BCA

BCA Luncurkan Kartu Debit Berstandar Nasional

By Dewi Sulistiawaty - April 20, 2018

Kartu Debit BCA GPN resmi diluncurkan

Bulan Desember 2017 lalu, Bank Indonesia resmi meluncurkan sistem Gerbang Pembayaran Nasional (GPN) sebagai wujud interkoneksi antar switching dan interoperabilitas sistem pembayaran nasional. Dengan GPN, seluruh pembayaran transaksi di Indonesia dapat dilakukan secara efisien, karena bisa dioperasikan (interoperability) dari seluruh institusi keuangan di Indonesia.

Ada 3 sasaran utama terhadap implementasi GPN ini, yaitu mampu menciptakan sistem pembayaran yang interkoneksi, interoperabilitas, serta pemrosesan transaksi, seperti otorisasi, kliring, dan setelmen secara domestik. Selain itu sistem GPN juga dapat meningkatkan perlindungan konsumen melalui pengamanan data transaksi nasabah, dan guna meyakinkan ketersediaan dan integritas data transaksi sistem pembayaran nasional.

Untuk itu, sebagai tanda sudah menggunakan sistem GPN, pada kartu ATM/ debet akan terdapat logo nasional (GPN) berupa simbol Garuda Merah, yang dapat digunakan untuk bertransaksi di dalam negeri, dan dapat diterima di seluruh terminal pembayaran merchant dalam negeri. Logo GPN ini menjadi identitas kedaulatan nasional dalam sistem pembayaran ritel di Indonesia. GPN ini ibaratnya Visa atau Mastercard-nya Indonesia. Akhirnya, Indonesia punya GPN juga ya, setelah sekian lama pemerintah melakukan kajian terhadap sistem ini :)

Untuk mendukung program pemerintah dalam ekosistem sistem pembayaran di dalam negeri yang saling terkoneksi ini, maka PT. Bank Central Asia (BCA) turut meluncurkan kartu debet GPN pada hari Senin, 16 April 2018, di Menara BCA, Jakarta. Tentu sebaiknya bukan hanya BCA saja, namun juga bank-bank lainnya juga ikut mendukung sistem GPN ini, agar semua kanal pembayaran dalam negeri dapat terintegrasi dengan baik :)
Peluncuran Kartu Debit BCA GPN
Bapak Santoso, selaku Direktur BCA menyampaikan kebanggaannya karena Indonesia sebagai negara yang banyak dihadiri oleh berbagai logo pembayaran dari luar negeri, ternyata mampu menerbitkan satu kartu yang diisi oleh semua bank yang ada di Indonesia. BCA yang sudah siap dengan mesin yang bisa membaca chip berlogo GPN ini, akhirnya resmi meluncurkan Kartu Paspor BCA GPN. Jadi saat ini, semua mesin ATM dan EDC BCA di seluruh Indonesia sudah bisa melakukan proses transaksi menggunakan Kartu BCA GPN.

Bapak Santoso
“Kita juga sudah siap menyebarkan kartu ini, namun saat ini fokus dari Jakarta terlebih dulu, untuk kemudian bisa disebarkan ke seluruh wilayah di Indonesia. Besar harapan kami, objektif dari peluncuran kartu GPN ini adalah kartu khusus yang didedikasikan untuk masyarakat yang bertransaksi di domestik. Keunggulannya tentu lebih nyaman karena terkoneksi, sehingga nanti tidak perlu lagi pakai ATM-nya BCA, tapi juga bisa menggunakan mesin ATM bank lain,” ungkap Bapak Santoso.

Harapannya, masyarakat bukan hanya mendapatkan kemudahan karena bisa bertransaksi di beberapa channel perbankan saja, namun ke depannya sistem ini juga mampu berkompetitif secara pricing (kalau bisa harga-harga yang tidak perlu dapat dikurangi, bahkan dihilangkan), serta makin maju dengan segala macam alat pembayaran, bukan hanya dengan kartu. Peluncuran Kartu Paspor BCA GPN ini sebagai salah satu bentuk dukungan BCA dalam mewujudkan kemandirian pembayaran nasional.

Bapak Pungky P. Wibowo, selaku Direktur Eksekutif Departemen Elektronifikasi dan Gerbang Pembayaran Nasional Bank Indonesia menyatakan rasa syukur dan terima kasihnya atas dukungan yang diberikan oleh BCA, dengan diluncurkannya Kartu Paspor BCA GPN. Saat ini kartu debet memang memiliki tempat tersendiri bagi seluruh customer perbankan, dengan semakin meningkatnya jumlah pengguna menjadi 22,51 % dibandingkan tahun sebelumnya.

Bapak Pungky
Bank Indonesia yakin sepenuhnya, bahwa program GPN ini dapat menjadi solusi yang dibutuhkan oleh masyarakat Indonesia, dengan menciptakan ekosistem yang saling terkoneksi dan interoperable. “Sejak diresmikannya pada tgl 4 Desember 2017, implementasi GPN tengah dilaksanakan secara bertahap hingga saat ini. Diawali dengan kewajiban tiap perbankan sebagai pihak penyelenggara GPN, untuk terkoneksi dengan satu switching. Setelah itu masuk ke tahap penerbitan kartu ATM dan atau kartu debet berlogo nasional,” jelas Bapak Pungky.   

Untuk saat ini, BCA baru menerbitkan tiga tipe kartu debet BCA GPN, yaitu Platinum, Gold, dan Silver. Ke depannya, BCA berencana akan menerbitkan kartu berlogo GPN lainnya, misalnya untuk kartu kreditnya. Untuk saat ini nasabah bisa menukarkan kartu debet BCA lamanya menjadi kartu debet BCA GPN di kantor-kantor BCA cabang terdekat (saat ini baru untuk Jabodetabek).

3 tipe Kartu Debit BCA GPN
BCA juga menyediakan mesin CS Digital yang dapat membantu nasabah yang ingin mengganti chip kartu debet BCA menjadi chip GPN. Namun untuk sementara mesin CS Digital ini baru tersedia di kantor pusat BCA. Nantinya mesin ini akan disebar ke cabang lainnya, sehingga nasabah tidak perlu melakukan penggantian chip di jam kantor. Implementasi GPN ini diharapkan nantinya mampu menjawab kebutuhan masyarakat akan transaksi yang mudah, aman, handal, dengan ruang akses yang luas.   

Bapak Santoso saat mencoba menggunakan mesin CS Digital

     
Referensi : bi.go.id

Foto : Pribadi

  • Share:

You Might Also Like

0 komentar