The Gade Coffee & Gold, Tempat Nongkrong Asyik Generasi Zaman Now

By Dewi Sulistiawaty - 11.52

The Gade Coffee & Gold, Kafe di Kebayoran Baru
Jika generasi zaman old suka nongkrong di tempat bermain seperti taman dan Dingdong (jadul banget ya XD), maka anak zaman now nongkrongnya di kafe bo’! Kebanyakan dari mereka memilih untuk nongkrong di kafe yang murah meriah alias nggak terlalu nguras kantong, tapi fasilitasnya melimpah wekeke…. Jangan salah, kafe seperti ini ada, dan tumbuh menjamur dimana-mana lho, seakan-akan ingin memberikan ruang bagi generasi muda untuk bisa berkreasi dan beraktivitas sambil bersosialisasi. Salah satunya adalah The Gade Coffee & Gold.


Suasana The Gade Coffee & Gold
Yup, The Gade Coffee & Gold merupakan salah satu kafe di kawasan Kebayoran Baru Jakarta, yang baru saja dibuka pada hari Kamis, 5 April 2018 kemarin. Tau nggak, siapa yang mendirikan kafe ini? Psst… The Gade Coffee & Gold merupakan salah satu produk keluaran PT. Pegadaian (Persero) lho! Hmm, mungkin pada mikir ya, ngapain Pegadaian mendirikan kafe *saya pun berpikiran yang sama. Apa Pegadaian pengen mengembangkan bisnisnya, merambah ke dunia perkafean? :D

Eit, ternyata nggak begitu XD Menurut Direktur Utama Pegadaian, yaitu Bapak Sunarso, pendirian kafe ini murni ditujukan untuk menambah kenyamanan nasabah dalam melakukan transaksi, khususnya untuk produk-produk keuangan yang ada di Pegadaian. Dalam Grand Opening The Gade Coffee & Gold di Kantor Pegadaian Kebayoran Baru, Jakarta Selatan kemarin, Bapak Sunarso juga menjelaskan bahwa sebenarnya kafe ini diperuntukkan bagi khalayak umum, baik tua maupun muda. Namun tren anak muda yang suka nongkrong di kafe dimanfaatkan untuk bisa mendekatkan Pegadaian dengan generasi milenial ini.   

Bapak Sunarso
“Pegadaian itu identik dengan kantor gadai ya. Bagi generasi zaman now mungkin ada yang masih belum mengerti apa dan bagaimana cara bertransaksi di Pegadaian. Atau ada yang masih malu-malu menjadi nasabah Pegadaian. Kafe ini bisa dijadikan tempat nongkrong sekaligus untuk mengenal Pegadaian lebih dekat lagi,” ujar Bapak Sunarso.

Saat ini perusahaan Pegadaian mulai berkembang, tidak hanya dari bisnisnya saja namun juga tempatnya, sehingga banyak ruang yang kosong. Tak sedikit dari kantor Pegadaian itu yang punya nilai historis, baik dari sisi posisinya, sisi material, ataupun bentuknya, sehingga sayang jika itu tidak dioptimalkan. Rencananya The Gade Coffee & Gold ini akan terus dikembangkan di wilayah lainnya. Pihak Pegadaian sudah menyiapkan dana yang cukup untuk membangun 3 kafe dalam sebuah wilayah.

Peresmian The Gade Coffee & Gold oleh Dirut Pegadaian

Dirut Pegadaian, Bapak Sunarso

Foto bersama jajaran direksi PT. Pegadaian (Persero)
Sedangkan untuk pengelolaan kafe, pihak Pegadaian menyerahkannya pada PT. Pesonna Indonesia Jaya (PIJ). PIJ ini merupakan anak perusahaan Pegadaian yang khusus mengelola hotel milik Pegadaian. Nah, 8 dari 9 hotel yang dikelola PIJ, di dalam hotelnya terdapat kantor Pegadaian. Menurut Ibu Renny Soviahani, selaku Direktur PT. PIJ, karena The Gade Coffee & Gold ini menyasar pada generasi milenial, maka pihaknya menyediakan tempat yang cozy untuk mereka bisa nongkrong dengan nyaman, serta harga kopi yang terjangkau.

Ibu Renny
“Misalnya para mahasiswa yang mau mengerjakan tugas, bisa melakukannya di sini, sambil ngopi-ngopi, atau mereka yang abis ngantor dan mau melanjutkan kerjaannya, bisa juga di sini, sekedar istirahat dan nongkrong sama teman dan rekan kerja, serta untuk bersosialisasi juga,” ungkap Ibu Renny.

Ibu Renny menyampaikan bahwa ada kemungkinan nantinya The Gade Coffee & Gold ini akan dikembangkan juga di 9 hotel yang saat ini dikelola oleh PIJ. Konsep yang diusung rencananya akan berbeda dengan The Gade Coffee & Gold yang ada di Jakarta ini. Konsep kafenya akan disesuaikan dengan kekhasan masing-masing daerah. Misalnya untuk menu makanan, The Gade Coffee & Gold di tiap hotel akan mengangkat menu yang menjadi makanan khas di daerah tersebut. Sedangkan untuk kopinya hampir semuanya sama, menggunakan kopi standar yang ada.  

Beberapa fasilitas yang disediakan di The Gade Coffee & Gold, seperti ruangan ber-AC, wifi yang kencang, toilet yang bersih, tempat duduk serta ruangan yang nyaman dan cozy, serta tentu saja aneka minuman dan snack untuk menemani beraktivitas. Kehadiran The Gade Coffee & Gold seperti mengubah wajah dan citra Pegadaian selama ini, menjadi lebih trendy dan gaul, sehingga bisa dijajaki setiap lintas generasi.





Dirut Pegadaian mencoba jadi Barista di The Gade Coffee & Gold :)
Karena namanya The Gade Coffee & Gold, berarti minuman andalannya adalah kopi dong ya :D Nah, Kafe ini menyediakan kopi dengan kualitas terbaik yang ada di nusantara, seperti Kopi Gayo, Kopi Toraja, Kopi Ijen, dll. Kopi ini akan diracik oleh Agen Pegadaian yang merangkap menjadi barista. Lho! bigimana ceritanya itu? Haha…tenang saja, Agen Pegadaian ini sudah dilatih oleh barista profesional kok. Jadi soal rasa, sudah dijamin setaralah dengan barista profesional :D

Tau kan apa yang menjadikan The Gade Coffee & Gold ini beda dengan kafe lainnya? Yup itu, selain sang barista yang merangkap sebagai Agen Pegadaian, yang mau bertransaksi berhubungan dengan Pegadaian juga bisa dilakukan di kafe ini lho! Nanti Agen Pegadaian akan melayani, mulai dari pukul 10.00 WIB hingga pukul 22.00 WIB. Hayo, mana ada kantor yang mau melayani hingga jam 10 malam. Keren kan, mau bertransaksi nggak mesti di kantor, namun bisa di kafe juga, jadinya lebih nyaman ya, hehe….  

Ada mie juga lho! :)

Oya, saya juga baru tau dari Bapak Sunarso bahwa ternyata barang yang bisa digadaikan di Pegadaian itu bukan hanya emas, barang elektronik, dan benda berharga yang bergerak saja. Namun juga bisa barang-barang pertanian dan tanah. Yup, tanah ternyata juga bisa digadaikan lho, melalui produk Pegadaian Syariah dengan menggunakan sistem akad gitu.    

Fyi, sebelumnya, bertepatan dengan perayaan hari ulang tahun Pegadaian yang ke-117, yaitu pada tanggal 1 April 2018 lalu, Pegadaian juga telah meluncurkan dua produk lainnya, yaitu Pegadaian Digital Service dan Gadai Tanpa Bunga. Layanan Pegadaian Digital Service dimaksudkan untuk mempermudah dan memperluas akses bagi masyarakat yang zuper sibuk dan tidak memiliki waktu untuk datang langsung ke Pegadaian. Sedangkan Layanan Gadai Tanpa Bunga merupakan pemberian pinjaman maksimal 500 ribu rupiah, yang diperuntukkan bagi mahasiswa, ibu rumah tangga, serta karyawan pabrik.   

So, ada yang ingin ‘mencicipi’ The Gade Coffee & Gold ini? Cuss aja ke Kantor Pegadaian Kebayoran Baru. Kali aja kamu tertarik untuk menjadi nasabah Pegadaian, bisa tanya-tanya langsung sama baristanya yang cantik dan tamvan lho! :D Kalo nggak, mungkin ingin menikmati ‘kopi emas’nya The Gade Coffee & Gold bareng teman atau pasangan. Hmm, btw ada spot kece buat foto lho, eh :D :D     

The Gade Coffee & Gold Car




Foto-foto : Pribadi 

  • Share:

You Might Also Like

0 komentar