Senin, 01 Mei 2017

Bikin Kopi ala Cafe dengan Mesin Kopi Dolce Gusto

Saya tuh nggak coffee addict sih sebenarnya, tapi suami saya tuh yang pencinta kopi. Cuma sesekali saya suka kangen juga minum kopi, apalagi kalau lagi nongkrong bareng teman kerja. Kopinya juga milih-milih, pengennya kopi yang buatan di cafe-cafe gitu, hehe. Etapi emang beda sih rasanya, kopi buatan di cafe sama yang buatan sendiri *ya iyalaah :D Sampai beberapa waktu yang lalu, saya baca status salah seorang teman di media sosial yang ngasih info pengalamannya menggunakan Mesin Kopi Nescafe Dolce Gusto.

Awalnya saya nggak gitu tertarik tentang mesin kopi ini, saya pikir jika hanya untuk bikin kopi doang mah, nggak usah lah ya, mending beli kopi aja di cafe :D. Eh, setelah dibaca lagi dengan seksama informasinya, ternyata Mesin Nescafe Dolce Gusto tidak hanya untuk kopi saja, tapi bisa untuk minuman coklat dan teh juga, plus rasanya – yang katanya, seperti minuman racikan barista gitu *baru deh saya mulai tertarik.

Jadilah saya inbox teman yang bikin status, buat nanya-nanya detil mesin kopi ini. Tapi karena dia lagi sibuk dan katanya takut slow respond, akhirnya dia minta maaf dan cuma ngasih saran agar membaca informasi jelasnya di akunnya Dolce Gusto. Oke, baiklah. Saya pun meluncur ke sana. Ya kali, dengan punya Coffee Maker Nescafe di rumah, anak-anak nggak minta nge-mal mulu, cuma buat beli minuman kesukaan mereka, plus saya dan suami bisa ngopi-ngopi hemat eh santai aja di rumah *jiwa irit ibu-ibunya keluar, wakaka….

Eh, hasil intip-intip di situsnya Dolce Gusto, ternyata ada beragam seri Mesin Dolce Gusto. Ada seri Mini Me, Genio, dan Circolo *saya bingung lagi, hihi. Mari dibaca baik-baik, apa perbedaan mesin satu dengan mesin seri lainnya. Oo, selain model desainnya, ternyata perbedaan produk Dolce Gusto itu terletak di bahan body mesin, dan juga kapasitas tangki airnya.

Nescafe Dolce Gusto Piccolo Manual

Ngomong-ngomong soal produk Dolce Gusto ya, ternyata belum lama ini Nescafe Dolce Gusto mengeluarkan produk terbarunya, yaitu Nescafe Dolce Gusto Piccolo. Launching Mesin Dolce Gusto Piccolo ini diselenggarakan dalam bentuk party di Leon Café pada hari Kamis, 27 April 2017 kemarin.

Yang namanya party, pasti sudah kebayang dong bagaimana serunya acara Piccolo Party ini. Selain menikmati suguhan musik asik yang dimainkan oleh DJ Tiara, ada fashion show to introducing Nescafe Dolce Gusto Piccolo. Selain itu, ada booth juga buat foto-foto narsis :D, dan di beberapa meja disediakan Mesin NDG Piccolo, buat tamu undangan bisa ber-experience langsung dengan NDG Piccolo.

Nah, kesempatan buat saya nyobain dong ya, dibantu sama Mba yang jagain di mesin NDG-nya :D Pertama, saya milih dulu mo nyobain bikin minuman yang rasa apa. Soalnya kan bahan untuk bikin minuman, seperti kopi, coklat dan teh gitu disajikan dalam bentuk kapsul. Trus sempet bingung kemarin, karena banyak pilihan varian rasa yang ditawarkan oleh NDG. Ada yang black coffee, coffee and milk, chocolate, dan tea and latte.

Akhirnya pilihan jatuh ke Chocochino. Kapsul Dolce Gusto varian Chocochino pun saya masukkan dalam mesin NDG Piccolo. Karena Mesin Nescafe Dolce Gusto Piccolo ini adalah mesin manual, jadi saya download dulu aplikasi Dolce Gusto Timer via Google Store. Dari aplikasi, saya pilih varian minuman Chocochino tadi. Nah, abis itu keluar pilihan takaran airnya, sama timer. Setelah terdengar bunyi dering dari aplikasi, minuman pun siap disajikan. Waah, mudah dan cepet banget ya. Rasanya pun enak bingiiit *emang seperti rasa minuman yang di café-café itu.


Ibu Irmawati Praharsi, Marketing Manager Nescafe Dolce Gusto Indonesia, yang hadir pada Acara Piccolo Party malam itu mengatakan bahwa kehadiran Piccolo dengan mesin manual ini, adalah salah satu bentuk inovasi dari Nescafe Dolce Gusto agar penikmat kopi dapat membuat minuman dengan kreasi mereka sendiri, serta dapat menentukan seberapa kental dan kuat rasa kopi yang diinginkan. Jadi kita bisa buat minuman sesuai dengan selera masing-masing.

Iya sih. Kata Mba yang jaga Mesin NDG Piccolo tadi, Aplikasi Dolce Gusto Timer hanya sebagai pemandu bagi mereka yang belum bisa membuat dan berkreasi dengan mesinnya. Namun jika udah jago, tanpa panduan aplikasi, sudah bisa bikin dan berkreasi sendiri dengan minuman dan Mesin NDG Piccolo ini.


Pengalaman dengan Mesin Kopi Dolce Gusto

Tertarik dengan si Piccolo? Banget! Saya akui sih, selama ini waktu saya agak tersita dengan urusan rumah tangga yang sepertinya tidak ada habisnya. Belum lagi saya bekerja sebagai freelancer di sebuah instansi pemerintahan. Sepertinya saya pengen nyulap tangan saya jadi 10 sajaa, biar bisa ngerjain semuanya sekaligus biar kerjaan cepat kelar, dan saya bisa punya waktu buat santai dan istirahat *i’m a strong mom! XD

Baidewei, sesetrongnya saya, tetap saja saya butuh me time juga ya, kalo nggak mau stres dan body ini ambruk, hehe. Makanya, saya pikir dengan punya NDG Piccolo di rumah, sedikit banyak bisa membantu mempersingkat waktu saya untuk menyiapkan minuman kesukaan masing-masing anggota keluarga :D

Trus berapaan ya harganya, dan dimana saya bisa beli? Saya pun mencoba searching di e-commerce langganan, Lazada. Soalnya sudah sering belanja di sana, dan nemu aja produk yang dicari dengan harga promo. Kali saya menemukan Piccolo dengan harga promo di sana. Iya kaaan… namanya ibu-ibu, kan sukanya yang murah-murah tapi berkualitas *eh, bukan ibu-ibu aja kali yaa :D

Nah, Nescafe Dolce Gusto Manual sudah sampai dengan selamat di rumah, saatnya kita coba untuk praktekkan. Ini modelnya yang imut-imut, keren juga saat ditaruh di salah satu sudut ruangan di rumah. Atau bisa juga dipindah-pindahkan keluar ruangan agar lebih praktis, saat saya dan keluarga lagi kumpul, misalnya di teras atau di halaman belakang rumah.

Pengaplikasian Mesin Kopi NDG Piccolo ini sangat mudah. Makanya ketika si kecil melihat saya mengeluarkan mesin ini dari box, dan meminta dia yang mengoperasikannya, saya memperbolehkan saja, tapi tentu saja ini dalam pengawasan saya, dan si kecil harus mengikuti semua instruksi yang saya berikan. Begini saat saya dan si kecil mencoba membuat minuman ala café dengan Mesin Kopi NDG Piccolo :)


Proses membuat minuman menggunakan Mesin NDG Piccolo sangat praktis dan cepat. Nggak sampai hitungan menit, saya dan si kecil sudah dapat menyajikan 4 gelas minuman ala café, lengkap dengan layers-nya lho! Bahkan si kecil mencoba lagi membuat minuman coklat dingin untuk dirinya sendiri. Yups, Mesin NDG bisa disetel, mau dibikin minuman panas atau dingin. Untuk pemakaian perdana, Aplikasi Dolce Gusto Timer sangat membantu saya untuk menentukan waktu dalam membuat berbagai jenis minuman menggunakan Mesin NDG Piccolo Manual.

Untuk suami saya sajikan Nescafe Dolce Gusto yang varian Cappuccino, untuk saya sendiri yang varian Green Tea Latte, dan untuk si kakak dan adiknya yang varian Milo. Karena Nescafe Dolce Gusto punya banyak varian rasa, mulai dari Black Coffee, Coffee with Milk, Tea & Latte, dan juga Chocolate, jadi tiap waktu saya dan keluarga bisa gonta ganti rasa, dan disesuaikan dengan selera gitu. Cool banget nih Piccolo! Suami saya sangat senang, anak-anak apalagi, setiap saat mereka bikin sendiri minuman coklat kesukaan mereka menggunakan Mesin NDG Piccolo, dan berkreasi ala mereka, hehe.

Ketika saudara dan keponakan saya datang berkunjung, lalu saya menyajikan minuman NDG, mereka jadi tertarik juga dengan Coffee Maker Nescafe ini. Katanya seru banget, karena mesinnya manual sehingga bisa lebih bebas berkreasi saat bikin minuman, makin terasa jadi barista, plus rasanya yang seperti minuman ala café :D


Saat ini keluarga saya lebih sering ngumpul di rumah dari pada pergi ke mal. Saya dan suami yang biasanya nongkrong di café atau mal bareng teman masing-masing, sekarang suka menghabiskan waktu bersama anak-anak, sambil menikmati minuman ala café di rumah. Bahkan saudara dan beberapa teman saya jadi rajin mampir, katanya café nya pindah ke rumah saya *kudu siapin kapsul Dolce Gusto yang banyak inih! Eh, apa ditarik tarif aja ya…wkwkwkwk.

Nggak hanya saat weekend saja, pagi saat semua pada sibuk mau beraktivitas, keberadaan Mesin Dolce Gusto sangat membantu saya menyiapkan dengan cepat minuman kesukaan dari masing-masing anggota keluarga. So, waktu yang singkat seperti ini, bisa memberi luang bagi saya untuk bisa menikmati ‘me time’ yang berkualitas :)


Sumber Foto : Pribadi

34 komentar:

  1. Bener mba klo ada tamu, keluarga atau temen gak bingung2 mau nyuguhin apaan...kopinya cantik yaa

    BalasHapus
  2. langsung ngemil cantik ditemani dolce gusto ya

    BalasHapus
  3. Asik yah bikin kopi ala kafe di rumah trus kopinya bisa kreasi sendiri sesuai selera

    BalasHapus
  4. Sekarang kalo kepengen ngopi cantik ga usah jauh-jauh ya mbak. Kopi di rumah pun tampilannya cantik kayak kopi kafe.

    BalasHapus
  5. Jadinya pengin kopi teyus ya kak

    BalasHapus
  6. Calon barista tuh mba anaknya..

    BalasHapus
  7. Me time itu yg penting. Nyeruput kopi berkelas itu kayaknya gimana gituuuu

    BalasHapus
  8. Wih kopi praktis gini bikin betah aja di rumah ya. Mau me time baca buku sambil ngopi pun bisa. Naksir banget mesin ini, ukuran kecil terus bisa bikin banyak varian.

    BalasHapus
  9. Aku suka banget yang cappucino. Kalau ke coffee shop atau pas lagi makan di luar, yg dicari ya cappucino duluan. Klo punya mesin kopi sendiri, ngga perlu cari cappucino di luar lagi yaa

    BalasHapus
  10. Wiihh ini mah mesinnya bisa dinikmati semua anggota keluarga yaa. Anak-anak nggak harus jajan diluar untuk menikmati coklat hangat.

    BalasHapus
  11. makin betah di rumah dong suamimu....

    BalasHapus
  12. Ngopi asyik ala cafe tapi di rumah, seruu bangat ya, bikin me time makin asyik :)

    BalasHapus
  13. Sekarang bahkan menyiapkan kopinya saja bisa jadi kegiatan yang asik untuk dinikmati, belom lagi kopinya yang bersaing sama kopi kafe ya Mbak :)

    BalasHapus
  14. cieee ga perlu ngopi nongkrong di mall lagi... di rumah pun ok punya ;D

    BalasHapus
  15. Woww enak banget ya punya mesin kopi dari Dolce Gusto, tinggal pijit knop powerdan geser tuasnya, jadi deh kopi ala di caffe

    BalasHapus
  16. Aku jadi hemat banyak nih sejak punya Nescafe Dolce Gusto Picollo. Gak perlu ngafe lagi

    BalasHapus
  17. Hihi iya. Kalo jadi ibu rumah tangga plus bekerja rasanya pgn punya 10 tangan ya :)
    Enaklah ada mesin ini. Bisa bikin kopi and hot choco kayak cafe ya

    BalasHapus
  18. Gambar yang gonta-ganti pake GiF ya mba

    BalasHapus
  19. Mbak, pesen kopinya satu gelas ya :D

    BalasHapus
  20. "sehingga bisa lebih bebas berkreasi saat bikin minuman, makin terasa jadi barista, plus rasanya yang seperti minuman ala café :D"

    mbak dew, samaaaaa dunki
    hi hi hi, berkat NDG Piccolo ini saya jadi asyik berkreasi tiap pagi bikin kopi dengan aneka rasa :)

    BalasHapus
  21. yumiiii ngopi-ngopi cantik jadi lebih berkesan dan lebih istimewa dengan sajian kopi yang begitu mantap, cara asik menyajikan kopi ala barista dan menciptakan kualitas kopi ala cafe

    BalasHapus
  22. Kalo kumpul teman arisan atau keluarga ngga usah bingung lagi ya buat suguhuhin minuman berkelas ala cafe :)

    BalasHapus
  23. aku mau bikin lagi mbak, apalagi pas disajikan dingin, nikmat deh

    BalasHapus
  24. Semakin aayik punya mesin kopi ino di rumah ya

    BalasHapus
  25. aku jadi pengen mampir ke rumah uni nih, ngerasain racikan kopinya hehe

    BalasHapus
  26. pilihan mesin kopi yang sangat tepat buat seorang Strong mom!
    wah uni makin betah dirumah nih..

    BalasHapus
  27. waaahh sekarang jadi makin enak ia kalau mau ngeracik kopi sendiri dirumah
    ntar gaya gaya an sebagai barista aja .. wkwkwkkw

    BalasHapus
  28. Mempererat silaturahim banget ya Mba, iternal keluarga sama sodara2 jadi pada suka. Pasti mereka jadi sering dateng tuh supaya dibikinin aneka minuman dari mesin dole gusto, hihi

    BalasHapus
  29. Sekarang klo ke kafe malah sayang mau pesen kopi mba, soale udah punya meain kopi piccolo yg bisa bikin kopi enak di rumah, hahaha.

    BalasHapus
  30. eciyeee me time banyak banget nih ketemu beberapa hari ini. pantes.. ternyata ada NDG baru, piccolo ini ya

    BalasHapus
  31. Nah iya tuh, kalau ada tamu di rumah bisa nyuguhin minuman ala cafe yaa

    BalasHapus
  32. asik banget sekarang bs bikin kopi ala cafe dirumah

    BalasHapus
  33. Akupun bukan coffeeaddict, tapi sama sekali nggak nolak deh kalo dikasi kopi ala kafe, atau cappucino dari NDG iniii. HIhihiii

    BalasHapus