Jumat, 09 Oktober 2015

Jerman Fest| Pameran Sains dan Teknologi Jerman-Indonesia di Museum Nasional

Berkunjung ke Jerman adalah impian saya. Iya, Jerman merupakan salah satu dari beberapa negara impian yang ingin sekali saya kunjungi (mudah-mudahan di beri kesempatan, kesehatan, dan uang tentunya, hihi). Selain terpesona dengan keindahan alamnya, saya juga kagum akan kemajuan teknologinya.

Apa saja yang berhubungan dengan Jerman selalu membuat saya tertarik. Dapat beberapa produk asli buatan Jerman aja sudah membuat saya seneng banget. Kayak kemarin ketika ikut suatu event, saya dapat tas ransel, pulpen dan note book asli dari sana, senengnya gak ketulungan :D
Belum lagi dapat kartu pos cantik dari salah seorang teman blogger yang tinggal di sana. Sepertinya, semua barang-barang tersebut pengen saya simpen di satu tempat khusus deh! Biarin di bilang norak juga gak apa-apa lah, yang penting saya heppii :D

Nah, kemarin ketika mendengar ada sebuah pameran sains dan teknologi kerjasama Jerman-Indonesia, saya gak mau ketinggalan dong. Apalagi tempat pamerannya masih di area Jakarta, tepatnya di Museum Nasional Jakarta.

Tau kan dimana letak Museum Nasional? Itu lho, museum cantik dan unik yang berada tepat di depan halte Busway Monas. Kabarnya pameran ini akan berlangsung dari tanggal 5 hingga 15 Oktober ini.

Ketika sudah mendarat di Museum, dan karena gak tau pamerannya ada di mana, saya pun bertanya pada security di sana. Bapak security nan ramah dan baik hati pun menunjukkan saya arah jalan yang bener, eh maksudnya jalan ke ruang pamerannya.

Belio mengarahkan saya untuk jalan ke lorong yang terletak di sebelah kanan, teruus aja sampai mentok ketemu eskalator. Untuk bisa langsung ke ruang pameran, saya bisa langsung belok ke arah kiri dari eskalator, tapi untuk registrasi saya musti turun lewat eskalator dan belok kiri. Intinya kalo gak tau tempatnya, musti rajin nanya yaa, biar gak ke sasar :D

Saya pun lanjut turun lewat eskalator karena berniat untuk mendaftar terlebih dulu. Sesampai di lantai bawah, saya belok kiri, dan masuk ke ruang auditorium, yang ternyata sedang berlangsung sebuah seminar.


Seminar ini merupakan sebuah acara diskusi yang membahas tentang kerjasama bilateral di bidang penelitian keanekaragaman hayati, ilmu kelautan, dan topik-topik lainnya. Beberapa narasumber nampak sedang melakukan presentasi, seperti Michael Rottman dari Kedutaan Jerman yang menjelaskan secara singkat apa itu German Science System, Muji Rahayu dari German Academic Exchange Service (DAAD), Annina Lottermann dari Deutsche Forschungsgemeinschaft (DFG), Stefan Schwarze dari Uni Gottingen, Dr. Ida Bagus Narayana dari Fraunhover Gesellschaft, Dr. Monika Huber dari Biodiversity and Health (VDI/ VDE) dan masih banyak lagi yang lainnya.

Beberapa narasumber yang hadir pada seminra
Seminar dan pameran ini ternyata merupakan bagian dari rangkaian acara perayaan Jerman Fest di Indonesia, yang berlangsung selama bulan September hingga Desember 2015. Jerman Fest merupakan inisiatif dari Kementerian Luar Negeri Jerman, dan diselenggarakan oleh Goethe-Institut Indonesian, Kedutaan Besar Jerman dan EKONID.


Saat istirahat siang, saya pun naik ke atas untuk mengunjungi ruang pameran. Pameran Sains dan Teknologi Jerman-Indonesia yang mengusung tema ‘Fostering Ideas’, memamerkan inovasi-inovasi terbaru di sektor teknologi, sains, kesehatan dan teknik, yang merupakan hasil kerjasama antara Jerman dan Indonesia, yang sudah terjalin sejak lama.


Dalam pameran ini, Jerman-Indonesia berkerjasama dalam bentuk penelitian dan sains yang dapat mewujudkan keunggulan ilmiah, inovasi dan kesuksesan ekonomi. Semuanya dihasilkan oleh tekad, interaksi, dan sinergi di bidang ilmiah, serta kerjasama independen antara pendidikan, sains dan bisnis.


Saya pun mengunjungi beberapa stand yang ada di ruang pameran. Saya disambut ramah oleh penjaga stand, dan mereka pun langsung memberikan penjelasan mengenai produk dan inovasi apa yang terdapat di stand tersebut.




Saya sempat norak mengelus-elus sebuah miniatur pesawat terbang Jerman dan berdoa dalam hati – semoga suatu saat nanti, amiiin….ahaaiii :D Tapi paling nggak saya sudah merasakan bagaimana berada dalam pesawat ini lewat sebuah simulasi yang terdapat di stand tersebut :D


Lalu saya juga mencoba berenang di laut lewat simulasi yang terdapat di stand biota laut. Waah, puas banget mengunjungi dan mengacak-acak seluruh stand yang ada di ruang pameran ini, hihi.


Bagi yang mau berkunjung ke pameran ini, masih buka lho hingga 15 Oktober ini. Pameran ini terbuka buat umum, dan free alias gretongan yaa. Oya jadwal kunjungannya mulai dari hari Selasa – Jumat, buka dari pukul 8.00 – 16 WIB dan hari Sabtu – Minggu, pukul 8.00 – 17.00 WIB. Untuk informasi lebih lengkap bisa kunjungi www.jermanfest.com atau bisa cek juga di akun sosial medianya yaitu Facebook Jerman Festival, Twitter @JermanFest dan Instagram @jermanfest.

Eh, ada satu lagi info menarik nih! Pada hari Sabtu besok yaitu tanggal 10 Oktober, akan ada seminar informasi bertema “Studi dan Penelitian di Jerman oleh Pelayanan Pertukaran Akademis Jerman atau DAAD di Ruang Auditorium, Museum Nasional, Jakarta. Pssstt… akan ada beasiswa bagi pelajar dan akademisi yang berencana untuk menempuh pendidikan atau melakukan penelitian di Jerman lho! Kerenkaan! Jangan lupa datang Sabtu besok yaa J

8 komentar:

  1. Waaahhh kemaren ga nyobain yg berenang di laut. Cuma nyoba simulasi pesawat aja

    BalasHapus
  2. Actually, I missed this information about the Fest occasion. Anyway, reading your article it feels that I had been there and walked along with you........LOL Speaking about the Security, of course he's nice and no doubt giving you a nice smile too, because you are a sweet young lady. If I were there, walking alone in nowehrere, approaching him with a question the same as you did, for sure, he will ignore me...........

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bunda Yatiii, he will adore you. First of all, you remind him of his mom. Secondly, there is SOP. Lastly, an old lady is visiting a techno exhibition? What a lady!

      Hapus
  3. Wahhhh, kemarin aku gak bisa dateng, padahal pengen banget lihat pamerannya.

    BalasHapus
  4. heuuu ... syaa gak bisa datang di acara ini. Padahal suka terkagum-kagum dengan teknologi Jerman. Menurut saya, mereka termasuk yang the best

    BalasHapus
  5. Aku juga dapet undangannya, Wi. Tapi ga bisa datang. Makasih yo laporan pandangan matanya. Seru lihat percobaan-percobaan sains gitu. :D

    BalasHapus
  6. Halo Mbakkk.
    The security really was awesome. They did great job there.
    Terus serunya masing2 ada yang bantu jelasin ya mbak. Jd gak blind (and bloon) kitanya. Hihi eh itu saya doang kali ya.
    Saya aminkan impiannya mbak.

    BalasHapus
  7. Cari Tiket Pesawat dan tiket kapal Online Super Cepat dan murah??
    http://selltiket.com
    Booking di SELLTIKET.COM aja!!!
    CEPAT,….TEPAT,….DAN HARGA TERJANGKAU!!!

    Ingin usaha menjadi agen tiket pesawat??
    Yang memiliki potensi penghasilan tanpa batas.
    Bergabung segera di http://agenselltiket.com

    INFO LEBIH LANJUT HUBUNGI:
    No handphone : 085372801819

    BalasHapus