Rabu, 17 Juni 2015

Memasak Jadi Lebih Mudah, Praktis dan Sehat dengan Peralatan Masak Philips


~ Ramadhan tlah tiba…ramadhan tlah tiba…hati ku gembiraa…~

Senangnya, saya masih diberi kesempatan untuk bertemu dengan bulan yang penuh berkah dan ampunan ini. Bulan yang telah ditunggu-tunggu oleh umat muslim di seluruh dunia J

Untuk menyambut bulan suci ramadhan ini, apa sih yang mustinya kita persiapkan? Selain mempertebal iman dan taqwa, kita juga harus mampu menjaga akhlak serta sikap dengan baik, karena selama puasa kita tidak hanya menahan lapar dan haus saja.

Selain itu kesiapan fisik juga perlu menjadi perhatian kita, agar bisa tetap bugar dan sehat selama menjalankan puasa. Nah, salah satu cara untuk mendapatkan fisik yang kuat adalah dengan mengkonsumsi makanan yang sehat dan bergizi. 

Makanan sehat dan bergizi? Langsung yang terbayang adalah makanan tanpa minyak, tak ada  gorengan, tak ada makanan siap saji, tak ada makanan pinggir jalan, tak ada makanan yang enak-enak, harus masak sendiri di rumah, berjam-jam di dapur, repotnyaaa….

Duh, bu ibuu…kenapa harus merasa tersiksa begitu sih! Ingaat, harus sabar dan ikhlaas lho… Apalagi di bulan ramadhan, semua harus di jaga, termasuk hawa nafsu. Lagian, di jaman yang sudah serba canggih, modern, dan dituntut serba cepat ini, kenapa harus pusing memikirkan masalah makanan sehat.

Untuk bisa mendapatkan makanan sehat dengan cara yang mudah itu, gampang kok! Saat ini sudah banyak peralatan dapur canggih yang bisa membantu kita mengerjakan pekerjaan dapur, dengan cara yang cepat, mudah dan sehat. Misalnya Philips, yang memiliki berbagai macam peralatan masak yang canggih dan modern.

Saya sendiri sudah merasakan keunggulan beberapa produk kitchen appliances dari Philips ini, pada acara Philips Cooking Challenge #InovasiDapur, di Ballroom Gold, Thamrin Nine Jakarta, hari Senin kemarin (15/6/2015).


Acara yang pandu oleh mba Novita Angie ini, menghadirkan Mr. Erik Van Houten selaku Head of Marketing Consumer Lifestyle Philips Indonesia, dan Chef Yuda Bustara.

Mr. Erik Van Houten
Mr. Erik mengatakan bahwa Philips mempunyai bermacam produk dapur yang sangat mudah untuk digunakan. Memasak di rumah merupakan sebuah tradisi bagi masyarakat Indonesia, apalagi di bulan puasa. Untuk memasak, kita membutuhkan 3P yaitu, Perencanaan, Persiapan dan Proses. Dengan menggunakan produk dari Philips, akan membuat proses memasak menjadi lebih mudah dan menyenangkan.

Karena tak lama lagi akan puasa, Chef Yuda akan menunjukkan bagaimana cara menyiapkan hidangan untuk sahur dan berbuka puasa yang praktis, lezat dan sehat untuk seluruh anggota keluarga, dengan menggunakan peralatan masak Philips.

Host Novita Angie dan Chef Yuda
Chef Yuda akan mempraktekkan 4 macam menu masakan dalam kurun waktu kurang dari 1 jam, yaitu Nasi Briyani, Steam Bakpau Ayam Sayur, Kue Cubit dan Jeruk Coco.


1.   Nasi Briyani

Apa yang terbayang jika mendengar ‘Nasi Briyani’? Makanan India, kaya rempah, masaknya lama dan repot. Dan Chef Yuda mengatakan bahwa ia bisa menghidangkan Nasi Briyani tanpa ribet dalam waktu kurang lebih 20 menit. Ah, yang benar? Yuk, lihat dulu apa saja bahan-bahan yang diperlukan.

Bahan-bahan :
-          250 gr daging kambing, potong dadu
-          1 gelas beras basmati, cuci bersih dan tiriskan
-          1 ½  gelas air
-          1 ½  sdm minyak untuk menumis
-          25 gr bawang bombay, iris tipis, goreng hingga layu
-          1 sdm bawang merah goreng
-          1 sdm plain yogurt
-          1 buah tomat, cincang kasar
-          12,5 gr Daun ketumbar
-          12,5 gr Daun mint
-          Garam dan merica secukupnya

Bumbu yang dihaluskan:
-          25 gr cabe hijau
-          3 siung bawang putih
-          1 sdm garam masala (bubuk berupa campuran 9 rempah-rempah seperti kapulaga, jinten, kayu manis, ketumbar dan lain-lain)
-          1 sdm minyak
-          1 sdt Kapulaga
-          1 sdt Jinten

Cara membuat :
Blender semua bahan yang dihaluskan menggunakan Hand Blender Philips. Tambahkan sedikit garam dan merica jika perlu. Dengan desain yang unik dan mata pisau yang tajam, Hand Blender Philips cuma butuh waktu sekitar 15 detik, untuk membuat semua bahan makanan menjadi halus sempurna.
Hand Blender Philips

Hand Blender Philips dapat membantu kita dalam persiapan memasak, untuk berbagai keperluan. Selain untuk menghaluskan bumbu dan makanan lainnya, dapat juga digunakan untuk mengocok telur, mencincang dan menghancurkan es batu.

Hidupkan Pressure Cooker Philips, dan atur tombol dengan fungsi ‘Bake’, lalu tuang sedikit minyak goreng. Setelah minyak panas, masukkan bumbu yang dihaluskan, tumis hingga wangi dan keluar minyak. Setelah itu baru masukkan daging kambing, tumis sebentar.
Electric Pressure Cooker Philips

Jika daging sudah berubah warna (setengah matang), masukkan tomat, ½ porsi daun ketumbar (agar masakan wangi), ½ porsi daun mint (agar masakan segar), yogurt, bawang bombay goreng, bawang merah goreng, aduk sebentar.

Lalu masukkan beras basmati  dan air. Pastikan airnya tidak kurang ataupun lebih, karena jika lebih akan membuat Nasi Briyani-nya menjadi bubur atau malah kering jika kurang air. Dan Pressure Cooker tidak bisa dibuka tutup begitu saja, seperti Rice Cooker.

Tambahkan garam dan merica secukupnya, aduk rata. Tutup Pressure Cooker dan atur tombol pada fungsi Rice. Untuk fungsi Rice, waktu otomatis diatur 15 menit untuk mematangkan masakan. Iya, cuma 15 menit, karena Pressure Cooker Philips dengan tekanan tinggi dapat melunakkan makanan dalam waktu yang cepat, sehingga nutrisi makanan tetap terjaga.

Setelah matang, keluarkan tekanan dan buka Pressure Cooker. Lalu tuang Nasi Briyani-nya ke piring, dan beri garnis berupa daun ketumbar, daun mint dan taburan bawang goreng. Nasi Briyani pun siap disantap! Ternyata benar, dalam waktu 20 menit, Chef Yuda sudah dapat menghidangkan Nasi Briyani yang lezat J

Nasi Briyani ala Chef Yuda
Jadi selain berfungsi untuk mengempukkan makanan, Pressure Cooker Philips juga dapat digunakan untuk menumis. Karena multifungsinya, proses memasak jadi lebih cepat, hemat waktu dan yang pasti tidak banyak perabotan dapur kotor yang numpuk, hehehe. Selain dapat mengempukkan makanan, waktu yang lebih cepat dan dapat di atur, nutrisi yang ada pada makanan juga tersimpan dengan baik.

Eh ternyata tidak hanya itu, banyak tombol-tombol lain yang terdapat di Pressure Cooker Philips, seperti cake, rice, soup, chicken dan lain-lain. Berarti Pressure Cooker bisa digunakan untuk masak nasi, sop dan buat kue juga nih! Waah kereeen J

Dan semua fungsi tombol yang terdapat pada Pressure Cooker Philips sudah tersedia pressure timer-nya, sesuai dengan apa yang akan kita masak. Jadi nggak perlu repot, menyetel waktu yang pas untuk berbagai jenis makanan yang hendak kita masak.

Hebatnya lagi, Pressure Cooker Philips ini ada preset timer-nya juga. Jadi kita bisa atur waktunya agar Pressure Cookernya menyala sesuai dengan waktu yang kita inginkan. Ketika waktu yang kita inginkan tiba, Pressure Cooker akan menyala dengan sendirinya. Berguna banget untuk membuat hidangan sahur nih! Masukkan bahan dan bumbu, setel timer, tinggal tidur, bangun sahur, masakan hangat pun siap di santap :D


2.    Quick Steam Bakpau Ayam Sayur

Bahan Bakpau:
-          1 gelas tepung terigu protein sedang
-          1 ½ sdm baking powder dan garam secukupnya
-          ½ gelas santan kental

Bahan Isian :
-          150 gr fillet dada ayam
-          2 sdm saus hoisin
-          ½ sdm kecap asin (soy sauce Kikkoman)
-          ½ gelas jamur shitake segar
-          1 sdt minyak wijen
-          2 sdm wijen biji, panggang
-          Selada dan irisan timun untuk garnis

Cara membuat :
Masukkan tepung, baking powder, garam dan santan ke dalam Food Processor Philips, blitz sampai adonannya agak basah. Food Processor Philips memiliki kapasitas yang besar dengan 6 mata pisau yang dapat diganti sesuai dengan keperluan. Setelah tercampur dengan rata, masukkan adonan ke dalam kertas cup cake.


Food Processor Philips

Untuk isian Bakpau, campurkan ayam yang sudah di potong dengan saus hoisin, kecap asin dan minyak wijen.

Terdapat dua rak/ level pada Food Steamer Philips, jadi bisa lebih praktis penggunaannya. Waktu bisa diatur, dan kondisi air saat mengukus juga bisa di monitor. Isi tangki air yang terletak pada bagian paling bawah Food Steamer dengan air sebanyak batasan max yang tertera di sana. Lalu susun kembali rak-rak pada tempatnya.


Food Steamer Philips
Taruh kertas-kertas cup cake yang sudah diisi adonan pada rak paling atas. Sedangkan untuk rak dibawahnya ditaruh isian Bakpau, dan di sampingnya letakkan jamur shitake. Kukus hingga Bakpau terlihat matang atau dapat juga dengan memilih pengaturan waktu digital yang tersedia pada Food Steamer Philips. Food Steamer Philips ini juga memiliki sistem flavour booster sehingga dapat menambah rasa masakan.

Setelah Bakpau matang, angkat. Tunggu agak dingin, lalu lepaskan kertasnya. Belah dua bakpau dengan cara menyamping. Isi bakpau dengan selada, timun, jamur serta ayam yang sudah dikukus tadi. Dan Bakpau Ayam Sayur yang sehat dan segar pun siaapp J


Steamer Bakpau Ayam Sayur

Di bawah kedua rak tadi terdapat sebuah wadah sebagai tempat penampung air bekas kukusan. Jadi semua sari-sari makanan yang dikukus di atasnya akan terkumpul pada wadah ini, dan tidak akan tercampur dengan air yang digunakan untuk mengukus.

Air bekas kukusan yang terkumpul bisa dikentalkan sedikit menggunakan tepung maizena dan disiram di atas Bakpau. Atau kalau tidak, bisa digunakan untuk merebus bakso, hingga bisa jadi sop bakso. Hebat… hebaat, tidak ada yang terbuang euuyy J


3.   Kue Cubit

Selain lebih terjamin kebersihan dan kesehatannya, membuat makanan sendiri di rumah tentu akan lebih terjamin kualitasnya. Dengan menggunakan Sandwich Maker Philips, proses memasak kue pun menjadi lebih mudah dan praktis. Selain digunakan untuk membuat sandwich, Sandwich Maker Philips juga dapat digunakan untuk membuat Kue Cubit, karena dapat menghantarkan panas dengan cepat dan membuat adonan matang secara merata.  Untuk membuat Kue Cubit hanya dibutuhkan waktu 2 menit, sehingga bisa matang dengan pas dan krispy.

Bahan :
-          2 butir telur
-          75 gr gula pasir
-          ½ sdt baking powder
-          150 gr tepung terigu protein sedang
-          25 gr mentega
-          ¼ sdt vanilla powder

Cara membuat :
Kocok telur dan gula pasir hingga mengembang dengan menggunakan Mixer Philips. Pastikan adonannya sampai mengembang dan gulanya lebur, agar kue nya tidak terdapat bintik-bintik gulanya saat selesai dipanggang.
Mixer Philips

Lalu masukkan mentega yang sudah dicairkan dan vanilla, aduk lagi. Setelah itu masukkan tepung terigu. Aduk sampai tepung dan adonannya bercampur dengan baik. Boleh ditambahkan susu sesuai dengan selera.

Masukkan adonan ke dalam masing-masing loyang yang terdapat pada Sandwich Maker Philips. Cukup masukkan sedikit saja. Lalu di atas adonan tadi bisa ditaburkan coklat batang, biskuit atau apa saja sesuai selera. Setelah itu tumpuk lagi di atasnya dengan adonan.
Sandwich Maker Philips

Setelah loyang terisi semua, tutup Sandwich Maker. Masak kira-kira dua menit, atau sesuai keinginan. Jika lampu indikator sudah berubah jadi hijau, berarti sandwich sudah matang dan siap dihidangkan. Hmm….yuummyyy J


Kue Cubit ala Chef Yuda

Loyang Sandwich Maker Philips ini anti lengket, jadi nggak perlu cemas, kue hasil panggangan  akan lengket di loyang. Jika adonannya kelebihan, secara otomatis adonan akan keluar dari Loyang. Namun adonan yang keluar tersebut dapat dengan mudah dibersihkan, tinggal lap saja, adonan langsung lepas dengan sendirinya.



4.       Jeruk Coco

Bahan :
-          3 buah Jeruk Mandarin atau Valencia atau Sunkist
-          30 gr Nata de Coco
-          60 gr peach kalengan
-          Es batu secukupnya
-          Madu secukupnya
-          Daun mint untuk garnish

Cara membuat :
Belah dua buah jeruk. Letakkan buah jeruk di atas tempat perasan Citrus Press Philips, tinggal tekan sedikit, otomatis pemerasnya akan langsung berputar. Biji-biji jerukpun akan tertinggal di bagian penyaringnya. Sedangkan air perasan jeruk yang bersih mengalir ke wadah penampung di bagian bawahnya. Citrus Press Philips dapat memeras jeruk dengan cara yang mudah dan praktis.
Citrus Press Philips

Tuang air perasan jeruk tadi ke dalam sebuah wadah, tambahkan buah peach (bisa ganti dengan buah mangga, atau sesuai selera), blend kasar menggunakan Hand Blender Philips

Tinggal tuang ke dalam gelas, masukkan es batu, coco dan sedikit madu. Jadi deh Jeruk Coco yang sehat, dan yang pasti segeer J


Jeruk Coco ala Chef Yuda

Dan tahukah kamu, berapa waktu yang dibutuhkan oleh Chef Yuda untuk menyiapkan keempat menu tersebut? Kurang  dari 40 menit bo’! Gilaa…kalau saya mungkin butuh waktu berjam-jam untuk menyelesaikannya.

Namun, kata Chef Yuda, dia juga tertolong berkat bantuan peralatan masak Philips yang membuat proses memasaknya menjadi lebih cepat. Berarti jika kita menggunakan peralatan masak Philips, kita bisa masak dengan cepat juga dong yaa… :D

Jadi nggak perlu repot lagi mengolah masakan, bahkan yang paling susah cara buatnya seperti Nasi Briyani. Dengan berbagai macam perlengkapan dapur yang inovatif dan mudah digunakan dari Philips, segala proses masak-memasak bisa menjadi lebih cepat, praktis, hemat dan juga sehat J

Selamat menjalankan ibadah puasa yaa… Semoga selalu sehat dan bugar, dengan mengkonsumsi makanan dan minuman yang bernutrisi saat sahur dan buka puasa nanti, sehingga bisa menjalankan ibadah puasa dengan lebih baik. Amiin J


Foto bersama
(Ki-ka) Chef Yuda, Mr. Erik dan Ibu Maria


Sumber Foto : Pribadi dan Philips Indonesia

13 komentar:

  1. Pakai peralatan rumah tangga Philips segalanya jadi mudah ya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener banget Mba Oline. Plus sehat :)

      Hapus
  2. Kue cubit buatan chef rapi banget ya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihihi...beda sama Kue Cubit bikinan kita ya Mba Lidya :D

      Hapus
    2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
  3. Alhamdulillah yaa .. berkah Ramadhan ^^

    BalasHapus
  4. Produk philips bagus2nya....
    Jeruk coco nya seger banget kliatannya...:)

    BalasHapus
  5. aku blm punya tuh food steamer kayak itu... pengen juga sih bisa memilikinya... memang produk phillips lengkap banget ya Mbak utk menunjang kebutuhan rumah tangga...

    BalasHapus
  6. Yang bikin mupeng,.... Electric Pressure Cooker dan Steamernya huhuhu

    BalasHapus
  7. nasi briyani aku pikir nama orang, seru sekali ya..philips memiliki produk yang sangat membatu untuk para ibu-ibu di rumah

    BalasHapus
  8. Waah, praktis sekali ya mba, bikin mupeng beneer

    BalasHapus
  9. Cari Tiket Pesawat dan tiket kapal Online Super Cepat dan murah??
    http://selltiket.com
    Booking di SELLTIKET.COM aja!!!
    CEPAT,….TEPAT,….DAN HARGA TERJANGKAU!!!

    Ingin usaha menjadi agen tiket pesawat??
    Yang memiliki potensi penghasilan tanpa batas.
    Bergabung segera di http://agenselltiket.com

    INFO LEBIH LANJUT HUBUNGI:
    No handphone : 085372801819

    BalasHapus
  10. Saya harus bersaksi tentang perbuatan baik yang dilakukan James Althouse Finance Firm untuk saya.
    Saya tidak pernah berpikir akan bertemu dengan seseorang seperti Mr. James. Dia adalah permata yang langka. Saya Aisyah Saya meluangkan waktu untuk bersaksi tentang Pak James karena dia akhirnya menawarkan apa yang tidak dimiliki orang lain.
    Suami saya dan saya pergi ke hutang besar-besaran dengan debitur dan Bank dan kami mencari pinjaman dari perusahaan pinjaman yang berbeda tapi tidak menghasilkan apa-apa. Sebagai gantinya mereka membawa kita ke hutang lebih banyak dan akhirnya membiarkan kita bangkrut sampai saya bertemu dengan Mr. James, dia menawarkan pinjaman meski pada awalnya saya takut akan berakhir seperti perusahaan pinjaman lain yang telah saya coba pinjam, tapi saya memiliki menemukan bahwa dia tidak seperti mereka. Sekarang kita akhirnya menyelesaikan hutang kita dan memulai bisnis baru dengan uang yang tersisa untuk pinjaman.
    Hubungi Mr. James melalui email berikut.
    jamesalthousefinancefirm@gmail.com, atau Anda bisa menghubungi saya melalui email saya jika Anda ingin tahu lebih banyak: aisyahtaufik23@gmail.com

    BalasHapus