Sabtu, 13 Juni 2015

Alasan Orang Menggunakan Kartu Kredit

Credit by. kompas.com

Mengapa orang menggunakan kartu kredit? Bicara soal kartu kredit, tidak sedikit orang yang memimpikan‘keindahan’penggunaannya. Beberapa beralasan dengan menggunakan kartu ini, pembayaran jadi lebih mudah. Selain itu, ada yang beralasan bisa membeli apa saja, walau sedang tidak cukup uang tunai. Nah, berikut akan saya rangkum beberapa alasan mengapa orang menggunakan kartu tersebut:

1.     Efisiensi.
Tidak jarang pengguna kartu kredit berujar bahwa efisiensi menjadi alasan paling utama. Walaupun sebenarnya, alasan tambahan lainnya adalah prestise dan profesionalitas. Sebagai contoh, ketika ternyata uang tunai tidak cukup untuk membayar suatu tagihan, kartu ini menjadi jawaban praktis! Efisiensi ini juga bermanfaat ketika harus membeli suatu barang yang nilainya cukup mahal, kamu tidak perlu membawa uang tunai yang berisiko hilang, dicuri dan dirampok dan sebagainya.

2.     Cicilan dengan bunga rendah.
Salah satu program cicilan, misalnya cicilan 0%, menjadi salah satu penarik mengapa orang menggunakan kartu kredit. Tidak hanya itu, ketika seseorang membutuhkan atau menginginkan sebuah barang, entah itu gadget, peralatan elektronik dan lainnya, namun tidak punya cukup uang – mereka bisa langsung menggesek kartu. Toh, bayarnya di bulan depan, bukan?

3.     Program diskon
Tidak hanya cicilan 0%, sering kali pihak bank memberikan program diskon dengan berbagai merchant atau brand melalui produk ‘kartu sakti’ ini. Sebagai contoh, misalnya ada program diskon 20% makan di satu restoran, diskon 50% untuk penginapan dan diskon-diskon lainnya. Hal ini tentu menjadi keuntungan tersendiri karena mereka bisa membayar dengan harga yang lebih murah daripada biasanya.

Melihat beragam keuntungan dan alasan orang-orang menggunakan kartu kredit ini, apakah kamu juga tertarik? Nah, di sinilah, kamu perlu memikirkan beberapa cara bijak dalam hal penggunaan kartu untuk kredit ini. Memang, ada banyak keuntungan yang diberikan oleh produk kartu kredit, namun tentu saja keuntungan ini diperoleh jika digunakan secara bijaksana. Jika kamu tidak bijak menggunakan kartu kredit, yang ada kamu malah bisa terlilit utang, karena tahu-tahu tagihanmu sudah melebihi perhitunganmu. Jadi, bagaimana? J


Pertimbangkan Hal Berikut Sebelum Menggunakan Kartu Kredit

Ada beberapa hal yang bisa kamu pertimbangkan, yakni:

1.     Apakah yang akan kamu beli/ bayar adalah kebutuhan mendesak?
Sebagai contoh, kamu memerlukan perangkat elektronik untuk pekerjaan/ tugasmu. Namun, kamu tidak punya cukup dana tunai. Jika kejadiannya seperti ini, kamu bisa menggunakan kartu ini, karena jika tidak kesempatan kamu akan loss.

2.     Berapa bunga dan biaya yang dibebankan?
Kartu kredit punya biaya tahunan dan punya beban bunga yang harus dibayarkan. Silahkan dihitung, apakah produk/ jasa yang akan kamu bayarkan nanti, jauh lebih mahal, ketimbang di beli tunai atau tidak? Perlu ditekankan, apakah harganya JAUH lebih mahal, karena memang membayar dengan kartu, tidak jarang memang ‘lebih mahal’.

3.     Risiko uang tunai hilang
Sebagaimana sudah disinggung pada poin pertama di bagian atas yakni ‘efisiensi’, pertimbangkan hal ini ketika kamu akan berbelanja. Jika memang kamu harus membayar dalam jumlah besar, maka sebaiknya tidak menggunakan uang tunai.

4.     Credit rating
Di sisi lain, penggunaan kartu kredit yang bijak, dengan pembayaran yang lancar dan tepat waktu, akan memberikan predikat baik bagimu. Nama kamu akan tersimpan di database Bank Indonesia. Dan hal ini bisa membantu kamu untuk mengajukan pinjaman yang jauh lebih besar di masa mendatang. Apalagi jika kamu memang benar-benar memerlukan pinjaman pada saat itu.

Kesimpulannya adalah penggunaan kartu kredit bisa memberi efek positif dan negatif – tergantung pada cara kamu menggunakannya! J