Sehat Fisik dan Finansial untuk Hidup yang #LebihBaik

By Dewi Sulistiawaty - Maret 12, 2020

Hampir di setiap penghujung tahun saya selalu menuliskan resolusi apa yang ingin saya capai di tahun berikutnya. Walaupun hampir 50% dari list resolusi tersebut akhirnya hanya tinggal rencana karena berbagai kendala, dan biasanya disebabkan kurangnya komitmen saya untuk mengerjakan dan menuntaskannya.

Sun Life Resolution Run 2020 #LiveHealthierLives

Terkadang saya malu sendiri dengan resolusi yang saya bikin, karena tak banyak yang tercapai. Namun saya tetap semangat dong, untuk terus bikin resolusi. Namanya juga usaha. Nggak ada yang gak mungkin untuk terealisasi. Niat saya cuma ingin berubah menjadi manusia yang lebih baik lagi. Semoga tercapai ya. Amiin….

So, tak heran kalau list resolusi saya dari tahun ke tahun hampir sama, karena di tahun sebelumnya belum terealisasi. Berikut beberapa resolusi yang saya bikin dari tahun ke tahun. Beberapa diantaranya ada yang berubah karena sudah tercapai, dan saya sudah konsisten mengerjakan. Yang saya tulis ini hanya resolusi secara umum, yang mungkin semua orang juga ingin capai.

#LiveHealthierLives

Sun Life Resolution Run 2020 #LiveHealthierLives

Yup, saya ingin bisa hidup lebih sehat lagi di tahun 2020 ini. Siapa yang nggak ingin sehat. Sehat adalah ‘kunci’. Jika sehat kita bisa mengerjakan apa saja yang kita inginkan dan kita impi-impikan. Sukses dan memiliki banyak uang tak akan ada gunanya jika kita sakit. Iya kan.

Untuk bisa sehat tentu saja mesti menjalankan pola hidup sehat dalam keseharian. Oya, sehat tak melulu hanya mengasup tubuh dengan makanan bergizi seimbang ya, namun banyak lagi yang dibutuhkan tubuh agar terjaga kesehatannya. Selain bahan makanan yang bergizi, jaga juga supaya makanan tersebut diproses atau diolah dengan cara yang benar dan higienis. Sehingga nilai gizi yang terkandung di dalamnya tidak sampai hilang.

Sun Life Resolution Run 2020 #LiveHealthierLives

Yang masih menjadi pe er bagi saya adalah mengurangi makanan yang banyak mengandung minyak dan gula. Gorengan dan coklat adalah dua jenis makanan favorit saya, yang saya coba untuk kurangi sedikit demi sedikit. Saya mesti punya tekad yang kuat dan menahan diri agar jangan mengkonsumsinya secara berlebihan. Bagaimanapun juga saya gak mau terkena diabetes dan penyakit lainnya.

Saya selalu menghindari minuman berkarbonasi, beralkohol, dan juga rokok. Sebisa mungkin saya mengkonsumsi air putih secukupnya, karena air putih baik untuk tubuh. Paparan asap rokok yang sering saya dapatkan di area publik pun sebisa mungkin saya tangkis dengan menggunakan masker atau benda apa saja yang bisa digunakan untuk menutupi hidung dan mulut, walau sebenarnya sebel karena bau asap rokok biasanya akan menempel pada pakaian

Begitupun dengan waktu dan lamanya waktu tidur. Tak jarang saya tidur larut malam dengan durasi tidur yang pendek. Padahal begadang kurang baik untuk kesehatan tubuh. Tubuh pun butuh waktu istirahat yang cukup, sekitar 6 hingga 8 jam agar fungsinya bisa kembali seperti semula. Untuk yang satu ini saya masih terus berusaha, karena masih sering kecolongan.

Sun Life Resolution Run 2020 #LiveHealthierLives

Yang terakhir adalah olahraga. Umumnya selain mengkonsumsi makanan sehat bergizi, olahraga adalah rutinitas yang agak sulit untuk dijalankan oleh sebagian orang, termasuk saya. Selain kemalasan yang kadang suka ‘merajai’, saya juga termasuk moody-an. Saya baru semangat berolahraga kalau ada temannya. Kalau sendiri kok seperti kurang semangat gitu (haduh, jangan ditiru ya *malu).

Makanya saya semangat kalau ada teman yang mengajak saya olahraga bareng. Olahraganya apa saja selama itu bisa saya lakukan. Biasanya sih jogging bareng di acara Car Free Day, hehe. Tapi kalau saya lagi mood, saya suka senam atau yoga sendiri di rumah, diiringi musik atau instruktur dari YouTube :D

Sun Life Resolution Run 2020 #LiveHealthierLives

Yoga, senam, jogging, dan lari adalah beberapa jenis olahraga yang praktis dan murah meriah menurut saya, karena gak memerlukan alat khusus dan bisa dilakukan dimana saja. Beberapa perusahaan atau brand besar pun sering mengadakan kegiatan olahraga bareng ini. Baik untuk tujuan mengajak masyarakat untuk hidup lebih sehat, maupun untuk kegiatan sosial.

Oya, ngomong-ngomong mengenai kegiatan olahraga dan juga kesehatan, mungkin masih ada yang ingat dengan artikel saya yang membahas mengenai inisiatif terbaru yang diluncurkan Sun Life Indonesia di akhir tahun lalu, yaitu Sun Life Virtual Charity Run. Itu lho, sebuah ajang lari bersama secara virtual dengan tujuan menggalang donasi untuk meningkatkan kesadaran, edukasi, pencegahan, serta penanganan diabetes. Untuk info lebih lengkapnya bisa dibaca di “Yuk! Berdonasi untuk Penderita Diabetes di Sun Life Virtual Charity Run.”

Sun Life Resolution Run 2020 #LiveHealthierLives
Sun Life #LiveHealthierLives
Nah, ternyata dananya sudah terkumpul, dengan total donasi Rp850.000.000.  Donasi ini berasal dari kegiatan Sun Life Virtual Charity Run yang dilaksanakan pada bulan November hingga Deseber 2019, ditambah dari biaya pendaftaran ‘Sun Life Resolution Run 2020’ dan juga dana hibah dari perusahaan. Syukurlah ya, karena total donasinya meningkat dibandingkan tahun lalu yang terkumpul sebanyak Rp618.309.168.

Donasi kemudian diserahkan secara simbolis oleh Bapak Leo Grepin selaku Presiden Sun Life Financial Asia kepada dr. Dante S. Harbuwono Sp.PD-KEMD, PhD selaku Kepala Divisi Metabolik Endokrin Departemen Ilmu Penyakit Dalam FKUI/ RSCM, yang didampingi oleh Bapak Paul Joliat selaku Assistant Vice President, Global Partnerhip, Global Marketing Sun Life Financial, dan Ibu Elin Waty selaku Presiden Direktur Sun Life Indonesia.

Donasi yang akan dimanfaatkan untuk mendukung edukasi, pencegahan, dan peningkatan kualitas hidup para penderita diabetes di Indonesia tersebut diserahkan pada event lari Sun Life Resolution Run 2020, yang dilaksanakan pada hari Minggu, 12 Januari 2020 di ICE BSD City, Tangerang Selatan.

Sun Life Resolution Run 2020 #LiveHealthierLives
Sun Life Resolution Run 2020
Resolution Run Indonesia merupakan annual event yang diadakan oleh Sun Life Indonesia dengan tujuan mengajak masyarakat untuk hidup lebih sehat dan melawan diabetes. Yup, kegiatan ini menjadi komitmen bagi Sun Life secara global untuk meningkatkan kesadaran masyarakat untuk mengurangi risiko terkena diabetes, selaras dengan pesan yang selalu dikampanyekan oleh Sun Life yaitu #TeamUpAgainstDiabetes
Sun Life Resolution Run 2020 menjadi event kedua yang diadakan oleh Sun Life Indonesia, setelah berhasil melaksanakannya perdana pada tahun 2019 lalu. Event lari ini menjadi puncak dari rangkaian kampanye #LiveHealthierLives yang digaungkan oleh Sun Life Indonesia.

Pada kompetisi lari #ResolutionRunID 2020 kemarin, lebih dari 2.500 peserta yang ikut berpartisipasi. Mereka berasal dari berbagai kalangan usia, karena pada kegiatan lari cepat ini terdapat 3 kategori yang bisa diikuti oleh peserta yaitu nomor lari 10K, 5K, dan Family Run 1.5K. Jadi dari yang tua hingga anak dengan usia minimal 6 tahun bisa ikutan Sun Life Resolution Run 2020.

Kegiatan yang menarik dan semoga dapat menginspirasi perusahaan lain ya, karena selain mengajak masyarakat untuk hidup sehat, juga ada kegiatan sosialnya. Event lari ini juga bisa dijadikan salah satu cara untuk menikmati olahraga dengan cara yang fun, sekaligus untuk mencegah diabetes.

Yup, selain mengkonsumsi makanan sehat atau makanan diabetes yang disarankan bagi penderita diabetes, seperti oatmeal, ubi jalar, jagung, nasi merah, bayam, ikan laut, dll, maka olahraga secara teratur juga dapat mengatasi diabetes, karena olahraga secara rutin dapat membantu mengubah gula darah menjadi energi dan meningkatkan sensitivitas sel terhadap insulin.

Oya, lanjut ke resolusi yang ingin saya capai tadi saya. Jadi selain sehat fisik, resolusi saya yang lain di tahun 2020 ini adalah bisa sehat finansial. Karena yang namanya penyakit atau kecelakaan lainnya gak ada yang bisa menduga, walau kita sudah berusaha untuk menghindarinya. #LebihBaik mengantisipasi diri dari hal-hal yang tak diinginkan ini, dengan cara pintar mengelola keuangan.

Untuk resolusi yang satu ini, saya selalu berusaha untuk mengatur keuangan dengan lebih baik. Misalnya mengeluarkan 40% dari pendapatan untuk biaya hidup, menyisihkan 30% untuk cicilan, dan 20% untuk masa depan (tabungan dan asuransi), serta sisanya untuk dana darurat. Hingga kini saya masih terus berusaha untuk berkomitmen menempatkan pendapatan saya sesuai dengan post-nya. Semoga saya bisa, sehingga ke depannya saya bisa hidup #LebihBaik. Amiin 😊



Sumber foto: pixabay dan Sun Life Indonesia


  • Share:

You Might Also Like

20 comments

  1. Ibuku sudah lama kena diabetes mba.. dan memang biaya yg kami butuhkan juga terbilang banyak apalagi ibu sempet keluar masuk rumah sakit.

    Akupun juga beresolusi untuk lebih bijak lagi dalam mengatur keuangan.. karena ngerasain sendiri sehat itu mahal banget

    BalasHapus
  2. Aamiin. Sehat fisik dan finansial bikin hidup terasa bahagia dan bersemangat ya

    BalasHapus
  3. resolusi sehat sering kali gak terealisasi gara2 gorengan ya mba.. hehe..

    btw, keren acara sun life. donasinya udah terkumpul banyak banget..semoga bermanfaat untuk para penderita diabetes. Amiinn..

    BalasHapus
  4. Alhamdulillah SunLife peduli akan penderita diabetes. Event sebesar ini dengan mampu mengumpulkan dana yang besar sungguh prestasi luar biasa.

    BalasHapus
  5. Begitu corona ini jadi momok, terasa banget yaaa kalo SEHAT itu PENTING.
    Mau aktivits apapun, mau dongrak ekonomi kayak gimana, tentu dibutuhkan masyarakat yg sehat jiwa raga

    BalasHapus
  6. Bener, sehat adalah kunci. Jika sehat qt bs melakukan byk aktivitas. Semoga di tahun 2020 kita semua selalu diberikan kesehatan ya. Amin

    BalasHapus
  7. Di saat kondisi negara sedang ramai membicarakan Corona, stamina fit dan pola hidup sehat ini sangat wajib digalakkan. Termasuk olahraga yang konsisten pastinya. Olahraga murah meriah saja, jalan kaki, mengerjakan pekerjaan rumah tangga, atau bersih bersih rumah juga termasuk olahraga hehehe

    BalasHapus
  8. resolusiku banget ini.. sehat finansial, sehat fisik, dan sehat mental semoga tercapai dan stay committed

    BalasHapus
  9. Salah satu resolusi 2020 adalah memang sehat keluarga mbak dan menyenangkan sekali bisa kalau satu keluarga bisa sehat dan intinya menjaga nutrisi dan fisik.

    BalasHapus
  10. Kalau finansial ngg aman berasa bangeet ya insecurenya mba.. sehat selalu semua pokoknya

    BalasHapus
  11. Wah keren banget donasinya digunakan
    mendukung edukasi, pencegahan, dan peningkatan kualitas hidup para penderita diabetes di Indonesia.

    BalasHapus
  12. Sehat jadi resolusi keluarga kami tahun ini. Dari dulu memang maunya sehat tapi kali ini lebih serius dengan rutin Olahraga bareng supaya bisa saling menyemangati. Trus tiap belanja gak lupa beli buah. Semangat!

    BalasHapus
  13. Hidup sehat peer dan target aku di tahun 2020 ini ..semoga bs melaksanakannya..hehe

    BalasHapus
  14. samaan Mbak saya juga sedang berkumpul membuat sehat finansial dengan mengatur Pesanggaran tapi ya itu kadang masih suka bolong-bolong

    BalasHapus
  15. Membincang tentang diabetes selalu ada rasa yang berbeda. Bapakku dulu kena diabetes sampai parah soalnya mba.

    Bener juga ya, proteksi harus kita persiapkan selain menjaga kesehatan tubuh. Sehat sehat selalu yaaa untuk kita semua. yookk lariii...

    BalasHapus
  16. Semoga resolusinya bisa berjalan sesuai harapan ya mba. Idem sama resolusiku.

    Ngomong-ngomong personal instructor, sekarang bisa via Youtube ya. Mau yoga atau aerobik, atau senam lainnya juga ada. Hehehe

    Stay healthy mba.

    BalasHapus
  17. Aku juga belum berhasil disiplin ke diri sendiri mengenai hidup sehat ini.
    Pengennya siih...hidup sehat yang berkualitas gituu...ternyata, masih juga bobok malem, begadang, makan gak sehat plus minum soda.
    huhuu~

    BalasHapus
  18. Harus dijaga banget kesetahan ya Mbak. Dan semoga kita diberi kemudahan untuk mewujudkan resolusi tahunan. Termasuk sehat jasmani dan finansial.

    BalasHapus
  19. Sehat financial, Sehat fisik dan mental sangat penting sekali. apalagi disaat sedang heboh Covid 19. pastinya semua harus bisa menhadapainya dengan baik.

    BalasHapus
  20. Aku lho tidur sebentar sebentar karena bayi bangun mulu. Hiks. Benar-benar mendambakan tidur berkualitas. Semoga segera bisa tidur nyenyak si bayi. Aamiin. Seru juga ya acara larinya bisa buat badan sehat dengan olahraga

    BalasHapus