Tak Hanya Jadi #PahlawanSenyum, Ini Manfaat Lain dari Pepsodent Siwak

By Dewi Sulistiawaty - Maret 08, 2020

Lebih baik sakit gigi dari pada sakit hati ini. Begitu kata almarhum Om Meggy Z. Eh, pada tahu kan dengan Meggy Z? Yang seangkatan mestinya tahu nih :D Pernah ngalamin yang namanya sakit hati? Sakitnya gak bisa digambarin dengan kata-kata deh. “Sakitnya tuh di sini!”.

Pepsodent Siwak Senyum Berbagi Berkah
Sakit gigi dan sakit hati sama saja perihnya 
Di saat lagi sakit hati memang begitu, katanya mendingan sakit gigi. Tapi coba kalau lagi sakit gigi, pasti untuk sejenak sakit hatinya akan terlupakan, karena fokus pada gigi yang cenat-cenut tak terkira. Aku sendiri pernah ngerasain sakit gigi. Duuh, bisa gegulingan bolak balik aku. Kesimpulannya, keduanya sama-sama gak enak, dan jangan sampai kena dua-duanya juga deh.

Makanya sejak itu aku kapok, dan mulai rajin sikat gigi. Sebelumnya suka lupa (baca: malas) sikat gigi sebelum tidur. Paginya sih rajin, tapi ternyata kuman di gigi malah begerilyanya di saat kita lagi tidur atau mulut gak ada aktivitas. Jadi serajin apa pun juga sikat gigi pagi dan siangnya, kalau malam sebelum tidur gak sikat gigi, ya tetap saja gigi bakalan rusak di gerogotin kuman.

Selain rajin menyikat gigi secara teratur, ada beberapa faktor lainnya juga yang mesti diperhatiin agar gigi terhindar dari kerusakan, yaitu dengan pemilihan sikat dan pasta gigi yang baik untuk digunakan, menyikat gigi dengan cara yang benar, memperhatikan jenis makanan yang dikonsumsi, serta melakukan pemeriksaan gigi secara rutin.

Ngomong-ngomong mengenai perawatan gigi, pasti sudah familiar dengan yang namanya siwak. Siwak atau miswak adalah dahan atau akar dari pohon salvadora persica, yang digunakan untuk membersihkan gigi, gusi, dan mulut. Sebelum ada pasta dan sikat gigi seperti sekarang, berabad-abad lalu orang menggunakan siwak untuk menyikat giginya. Rasulullah pun menganjurkan umatnya untuk bersiwak.

Pepsodent Siwak Senyum Berbagi Berkah
Membersihkan gigi dan mulut menggunakan siwak
Selain disunnahkan, apa lagi ya kelebihan menyikat gigi dengan siwak? Beberapa hari yang lalu, tepatnya pada hari Rabu, 4 Maret 2020, saat berkunjung ke Pepsodent Dental Expert Center di Gandaria City Mall, aku mendapatkan informasi lebih lengkap lagi mengenai siwak dari drg. Ratu Mirah Afifah GCClindent, MDSc.

Pepsodent Siwak Senyum Berbagi Berkah
Pepsodent Dental Expert Center di Lt. UG, Gandaria City Mall, Jakarta Selatan
Jadi, hari itu di Pepsodent Dental Expert Center lagi diselenggarakan acara #SenyumBerbagiBerkah dari Pepsodent Siwak. Selain drg. Mirah juga hadir seorang runner, mom, dan juga influencer, yaitu Soraya Larasati yang akan berbagi cerita tentang pola kebiasaan menjaga kesehatan gigi dan mulut dengan bahan alami.

Sebelumnya drg. Dara yang memandu jalannya acara menjelaskan sedikit mengenai Pepsodent. Tahun ini, 74 tahun sudah Pepsodent menemani masyarakat Indonesia dalam menjaga kesehatan gigi dan mulut. Selama itu pula Pepsodent konsisten dalam mewujudkan komitmennya untuk melindungi setiap senyuman masyarakat Indonesia. Di tahun ini Pepsodent menghadirkan inovasi terbarunya, yaitu Pepsodent Siwak.

Pepsodent Siwak merupakan pasta gigi halal dengan kebaikan bahan-bahan alami siwak dan mint. Siwak terkenal dengan manfaatnya sebagai anti bacterial alami, pencegah gigi berlubang, dan mencegah timbulnya karang gigi. Sedangkan mint berfungsi untuk memberikan kesegaran napas yang tahan lama. Pepsodent Siwak dapat membantu merawat kekuatan gigi dan menyegarkan napas, serta memberikan kebersihan mulut dari luar dan dalam.

Pepsodent Siwak Senyum Berbagi Berkah
Pepsodent Siwak
Kehadiran Pepsodent Siwak sendiri merupakan jawaban dari kebutuhan masyarakat Indonesia yang mayoritas beragama muslim, dan menginginkan pasta gigi dengan bahan-bahan yang halal, serta mampu menjaga kesehatan gigi dan mulut. Atas inovasinya ini, Pepsodent menjadi pasta gigi pertama yang mendapatkan sertifikat halal dari LPPOM MUI. Tak hanya itu, Pepsodent Siwak juga berhasil memenangkan penghargaan berupa Halal Award di tahun 2019.

Pepsodent Siwak Senyum Berbagi Berkah
(kiri-kanan) Soraya Larasati dan drg. Ratu MIrah
“Pemilihan bahan alami siwak sendiri karena selain siwak sudah digunakan sejak zaman Rasulullah sebagai bahan utama untuk membersihkan gigi dan mulut, juga karena siwak memiliki banyak khasiat. Siwak memiliki sifat anti bakteri. Bayangkan di dalam rongga mulut sendiri terdapat milyaran bakteri. Makanya kita ingin memberikan produk yang benar-benar dapat memberikan manfaat serta sangat relate dengan tradisi atau memang yang disunahkan oleh Rasulullah,” jelas drg. Mirah.

Sudah jadi informasi umum dan diketahui semua orang, bahwa kita dianjurkan untuk menyikat gigi minimal 2 kali dalam sehari, yaitu pagi hari dan malam sebelum tidur. Jika dulu, Rasulullah menganjurkan pada setiap umatnya untuk bersiwak ketika berwudhu’.

Menurut Laras sendiri, dengan adanya pasta gigi berbahan siwak seperti Pepsodent Siwak membuatnya lebih simpel lagi dalam menjalankan sunnah Rasul untuk menggunakan siwak saat membersihkan gigi dan mulut. Pepsodent Siwak seperti bersiwak dalam kemasan modern. Apalagi sebagai penggunaan sehari-hari yang mudah ditemukan dimana-mana, baik di supermarket, toko, dan warung-warung dekat rumah.

“Aku suka Pepsodent Siwak karena ada kandungan mint nya juga. Habis sikat gigi trus kita kumur-kumur, jadi ada rasa fresh nya. Mungkin jadi sugesti juga di aku ya, kalau ada rasa fresh di mulut itu, mulut jadinya terasa lebih wangi. Sudah pakai siwak sesuai sunah, trus ada rasa mint nya. Jadi kayaknya Pepsodent Siwak ini paket komplit nih. Penasaran pengen bisa digunakan buat hari-hari,” ungkap Laras.

Pepsodent Siwak Senyum Berbagi Berkah
Pendapat Laras mengenai Pepsodent Siwak 
Untuk keluarga di rumah, Laras sebisa mungkin menyediakan produk-produk yang ada logo halalnya, agar merasa lebih aman. Karena Indonesia mayoritas masyarakatnya beragama muslim, jadi hampir seluruh produknya ada logo halalnya, mulai dari makanan, minuman, produk kesehatan, dan produk kebersihan. Bagi Laras menjaga kebersihan yang merupakan sebagian dari iman dan merupakan ibadah, kalau bisa halal tentu menjalankannya akan jadi lebih tenang.

Kerja siwak sendiri bisa untuk menstimulasi kelenjar ludah. Kelenjar ludah atau air liur yang melapisi setiap gigi dapat membantu meluruhkan sisa makanan yang tertinggal di gigi, serta dapat membantu menetralkan asam di mulut selama dan setelah makan yang memecah enamel gigi. Air liur juga berfungsi untuk membawa mineral yang dapat membantu membangun kembali permukaan gigi enamel. Jika kandungan air liur di mulut rendah, maka kandungan mineral yang ada di mulut dapat terkikis, sehingga risiko terjadinya gigi berlubang juga semakin tinggi.

Banyak bahan alami yang terkandung dalam siwak, diantaranya fluoride, chloride, sodium bikarbonat, silica, resin, kalsium, vitamin C, sulfur, essential oil, dan tannin. Penelitian di dunia sudah membuktikan bahwa siwak memiliki banyak manfaat, bahkan organisasi dunia WHO sejak tahun 1984 sudah merekomendasikan bahwa siwak itu sangat baik untuk kesehatan gigi dan mulut.

Penggunaan pasta gigi siwak sendiri ternyata tidak hanya digunakan oleh negara-negara yang mayoritas masyarakatnya beragama muslim, namun juga negara-negara lain yang mayoritas beragama lainnya. Ini karena memang siwak memiliki khasiat yang baik untuk menjaga kesehatan gigi.

Walau siwak sudah digunakan sejak zaman dulu kala, namun karena manfaatnya yang benar-benar baik buat kesehatan mulut dan gigi, serta telah dikemas juga secara modern, tentu saja pasta gigi berbahan siwak masih relevan digunakan di zaman modern ini.

Kebayang kan kalau gigi kita berlubang, atau gusi berdarah, sariawan, dan berbagai penyakit gigi dan mulut lainnya. Sudahlah menanggung sakitnya, tentu mulut pun mengeluarkan aroma yang kurang sedap. Ini kadang dapat menimbulkan krisis kepercayaan diri, yang menyebabkan orang jadi malu atau malas tertawa bahkan sekedar untuk tersenyum.

Makanya penting banget menjaga kesehatan gigi dan mulut dengan rajin menyikat gigi secara teratur, gunakan sikat gigi yang lembut, gunakan pasta gigi yang tepat dan sudah terbukti dapat menjaga kesehatan gigi dan mulut seperti Pepsodent Siwak, sikat gigi dengan cara yang baik dan benar, kurangi mengkonsumsi makanan yang manis-manis dan asam, rajin minum air putih, serta yang penting rutin memeriksakan gigi ke fasilitas kesehatan minimal sekali dalam 6 bulan.

Jika kamu bisa tersenyum manis karena gigi dan mulutmu sehat terawat, maka di luaran sana masih ada orang yang belum bisa tersenyum manis seperti kita. Yuk, ikutan jadi #PahlawanSenyum untuk mereka dengan membeli produk Pepsodent Siwak. Tiap kemasan yang terjual, 2,5% dari labanya akan didonasikan untuk program kesehatan gigi dan mulut anak yatim piatu.

Pepsodent Siwak Senyum Berbagi Berkah
Yuk, jadilah #PahlawanSenyum
Program #SenyumBerbagiBerkah dari Pepsodent Siwak bekerja sama dengan BAZNAS (Badan Amil Zakat Nasional) dan Yayasan Unilever Indonesia ini akan menyalurkan donasi ke panti asuhan dalam bentuk edukasi mengenai kesehatan gigi dan mulut, periksa gigi gratis, paket Pepsodent, serta perbaikan fasilitas sikat gigi. Semoga program ini sukses dan bisa menggalang banyak donasi ya, agar kita semua bisa tersenyum manis bersama 😊

  • Share:

You Might Also Like

0 comments