Berburu Produk Lokal Rasa Global di Pasar idEA

By Dewi Sulistiawaty - Agustus 17, 2019

Pasar idEA, Belanja Produk Lokal Rasa Global

“Beli benang ke pasar raya, pulangnya malah bawa tempoyak. Senangnya habis dari Pasar idEA, pulangnya nenteng banyak”. Begitulah perasaan saya sehabis berkunjung dari Pasar idEA, yang sudah resmi dibuka pada hari Kamis, 15 Agustus 2019 kemarin.

Kamis pagi saya sudah tiba di lokasi Pasar idEA yang digelar di Hall A dan B Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta. Saya sengaja pagi-pagi ke sana, biar bisa dapetin produk yang menarik dengan harga yang cantik :D Jadi ceritanya takut kehabisan, hehe….

Pasar idEA ini merupakan Festival Belanja Online to Offline (O2O). Oya, saya tahu mengenai Pasar idEA dari akun media sosial @ideassociation. Asosiasi e-commerce Indonesia (idEA) bekerja sama dengan PT. Traya Eksibisi Internasional menggelar festival ini untuk pertama kalinya, dan merupakan yang terbesar di Indonesia.

Gimana gak besar, luas area yang digunakan untuk festival ini adalah sekitar 17 ribu meter persegi, dengan menghadirkan lebih dari 250 eksibitor dari para pelaku e-commerce. Jadi di Pasar idEA ini akan berkumpul para pelaku e-commerce, para unicorn, perusahaan logistik dan pengiriman, serta UMKM. Sebut saja ada Tokopedia, Blibli, Shopee, Lazada, Bukalapak, Elevenia, serta banyak lagi booth dari para pelaku UMKM yang terkurasi di area LocalGood.


Pasar idEA akan digelar selama 4 hari, yaitu dari tgl 15 – 18 Agustus 2019 di JCC, mulai dari pukul 10.00 – 21.00 wib. Jadi yang biasanya suka belanja online di e-commerce dan marketplace online, maka di Pasar idEA bisa belanja langsung produknya dengan ‘harga online’ (baca: harga murah). Bisa dibayangkan, berasa lagi menikmati HARBOLNAS selama 4 hari di Pasar idEA :)

Pagi itu ternyata di main stage ada Bapak Rudiantara, Menteri Kominfo yang hadir untuk membuka secara resmi Pasar idEA. Sebelumnya Bapak Rudiantara sempat memberikan sambutannya untuk kegiatan Festival Belanja Online to Offline ini.

Menurut beliau, pemerintah sangat mendukung perubahan yang terjadi saat ini, termasuk dalam menghadapi ekonomi digital. Pemerintah yang biasanya berperan sebagai regulator, sekarang menjadi fasilitator dan bahkan akseletator dalam ekonomi digital. Pemerintah pun giat menfasilitasi pesatnya pertumbuhan start up digital dan mengakselerasi unicorn-unicorn baru.

Fyi, Indonesia merupakan satu-satunya negara di Asia yang menerapkan kebijakan Safe Harbour Policy untuk melindungi para pelaku e-commerce. Dengan berkembang dan semakin majunya e-commerce serta ekonomi digital di Indonesia, menunjukkan bahwa Indonesia adalah negara terdepan dalam hal ekonomi digital.

Intinya pemerintah sangat mendukung penyelenggaraan Pasar idEA ini. Diharapkan pengunjung dapat menikmati berbagai kegiatan, seperti games, talkshow, workshop, serta loyalty program yang diadakan di Pasar idEA.

Begitupun dengan para pelaku e-commerce yang bertemu langsung dengan pelanggan, agar lebih giat lagi dalam menghadirkan produk lokal yang berkualitas dan mampu berdaya saing, sehingga bisa menarik minat pembeli dan dapat meningkatkan kepercayaan pelanggan di marketplace.

Sebelum saya memasuki area Pasar idEA di Exhibition Hall A, di bagian depannya terlihat berjejer beberapa photo booth yang bisa dimanfaatkan untuk bernarsis ria, giant layout berisi denah Pasar idEA dan exhibitor list, serta Ticket Box.



Oya, untuk bisa masuk ke Pasar idEA mesti beli tiket dulu ya, seharga 35 ribu rupiah. Khusus untuk anak berusia di bawah 5 tahun dan lansia usia 65 ke atas, bisa masuk dengan gratis, alias gak usah beli tiket. Info penting lainnya, tiket ini nanti bisa ditukerkan dengan voucher eatigo seharga 120 ribu, yang berlaku di seluruh jaringan eatigo selama sebulan.

Masuk ke dalam hall atau di function hall area, di bagian kanan sebelum pintu masuk Pasar idEA terdapat stand Tokopedia dengan tagline nya #MulaiAjaDulu. Jangan lupa mampir dan berfoto di sana ya. Nanti bisa dapat notebook dan voucher potongan diskon hingga 90% lho!


Sedangkan di samping kiri sebelum pintu masuk ada stand Blibli TravelFest. Di sini pun ada penawaran menarik nih. Apalagi buat kamu yang suka traveling atau emang lagi butuh tiket pesawat, kereta, atau hotel. Di Blibli Travel Fair pengunjung bisa dapetin penawaran diskon hingga 80%.


Nah, memasuki area Pasar idEA mata saya langsung jelalatan melihat angka-angka diskon yang tertera besar di tiap booth yang saya lalui. Saya sengaja ke Pasar idEA bareng teman, dengan maksud agar dia bisa mengendalikan kekalapan saya di sini, wakaka. Etapi dia malah ngomporin saya buat beli, sementara dia sendiri gak beli karena sudah punya. Temen bilang, harga yang ditawarkan di Pasar idEA ini jauh lebih murah dibandingkan saat dia beli di tempat lain, huhu….



The Body Shop merupakan belanja pertama saya sebelum lanjut ke rangkaian belanja lainnya. Di sini ada Beauty Sale up to 50% off. Hampir saja saya kalap di The Body Shop ini kalau gak ingat masih banyak booth lainnya yang belum saya lihat XD Soalnya beberapa produk The Body Shop yang biasa saya pake lagi diskon. Akhirnya saya beli dua body mist dan dua sheet mask.

The Body Shop Beauty Sale up to 50% off di Pasar idEA
Saya kemudian melewati booth yang menjual berbagai pernak pernik seperti anting dan bros, yang dijual dengan harga mulai dari 10 ribu rupiah. Optik Melawai yang menawarkan ‘Buy 1 Get 1 Free’, booth Zaskia Mecca yang menjual hijab dengan harga 50 ribu aja, booth AME Raincoat di Paviliun Tokopedia yang ngasih diskon up to 50% untuk pembelian produknya, dan banyak lagi yang lainnya, yang saya jamin bisa bikin kalap belanja XD









Di Pasar idEA ini selain terdapat paviliun Blibli, Tokopedia, Bukalapak, Elevenia, Shopee, Lazada, Kaskus, stand IT Galeri, dan Retro Game di Hall A, juga terdapat stand logistik dan pengiriman, LocalGood, Paviliun Kemenperin, Kementerian Koperasi, Kemendag, dan Kemendes, serta E-Sport Tournament dan Food Truck Festival di Hall B.

Food Truck Area

Diskon 50%, Gaeess!
Nah, godaan belanja kedua ada di area LocalGood. Saya tergoda dengan scarf dan blanket tenun khas Lombok yang ditawarkan dengan harga murah di salah satu booth. Sudah lama saya kepengen punya scraf dan blanket tenun ini. Pas banget nemunya di Pasar idEA. Bahan tenunnya bagus dan harganya pun lumayan murah.

Saya juga sempat membeli sebuah pakaian, saat melihat pakaian tersebut nampak manis terpajang pada sebuah patung. Awalnya ragu ketika hendak membeli, karena tulisan yang tertera di atas patung tersebut adalah ‘harga mulai 12 ribu’. Tapi syukurlah, pas ditanya, walaupun memang bukan 12 ribu, ternyata harga pakaiannya termasuk murah, yaitu 60 ribu rupiah.

Barang belanjaan di Pasar idEA
Belanja terakhirku adalah Rendang Suwir dari RM. Sederhana. Tergoda membeli saat Mbaknya menawarkan tester rendang suwir, yang ternyata enak. Mbaknya bilang rendang suwirnya bisa langsung dimakan gak perlu dipanasin lagi, tahan lama, gak perlu dimasukin kulkas, dan gak pakai pengawet. Selain rendang suwir, juga ada rendang daging dan rendang paru. Kalau beli 2 dikasih potongan harga. Kalau beli 3 potongannya lebih besar lagi.

Belanja Rendang Suwir di Pasar idEA
Sebenarnya banyak lagi penawaran menarik lainnya yang bikin aku mupeng beli. Seperti sepatu booth berbahan kulit dan kain tenun, pakaian, tas, boneka, serta berbagai asesoris yang cantik-cantik. Belum lagi ikut berbagai kuis dan games berhadiah yang diadakan oleh beberapa booth. Mau ikut workshop juga bagus tuh, bisa menambah pengetahuan dan wawasan tentang bisnis e-commerce di era global ini.

Talkshow di Pasar idEA
Lelah keliling-keliling, akhirnya mlipir ke booth Espessia Es Potong, yang menawarkan setangkup roti tawar berisikan es potong dengan harga 5 ribu rupiah. Sebenarnya mau mlipir ke area Food Truck, tapi karena perut belum terlalu lapar, jadi saya memilih untuk istirahat sambil menyicipi jajanan ringan seperti es potong ini. Selain murah dan ukurannya yang lumayan besar, es potongnya juga enak :)


Es krimnya enak dan murah
Saya sebetulnya belum terlalu puas belanjanya (duh, gustiiii! XD), karena ada beberapa barang yang saya suka tapi masih mikir, beli gak ya beli gak yaaa, hahaha. Sepertinya mesti ke Pasar idEA lagi deh, biar gak kepikiran mulu. Apalagi khusus untuk tgl 17 Agustus 2019, bebas masuk alias gak perlu beli tiket.

Yang penasaran apa aja yang ada di Pasar idEA, bisa manfaatin besok buat masuk free ke Pasar idEA. Kali aja ada barang yang kamu cari, nemunya di sini. Serius, banyak promo dan diskon lho! Produk-produk UMKM di area LocalGood juga bagus-bagus dan murah. Gak percaya? Buktikan sendiri deh!


Foto-foto: pribadi

  • Share:

You Might Also Like

0 comments