Dukungan Generali Indonesia untuk Olimpiade Robotika 2018

By Dewi Sulistiawaty - Oktober 01, 2018

Olimpiade Robotika 2018

Pernah mendengar tentang Olimpiade Robotika? Saya pernah dengar pada tahun lalu. Namun baru tahun ini berkesempatan untuk menyaksikan langsung kegiatan Olimpiade Robotika 2018. Olimpiade Robotika yang digagas oleh Sindo Media ini merupakan kegiatan tahunan, yang sudah diselenggarakan sejak tahun 2015. Olimpiade Robotika adalah lomba merakit robot yang diperuntukkan bagi siswa SD dan SMP se-Jabodetabek.

Tujuan digelarnya Olimpiade Robotika adalah sebagai sarana untuk menunjukkan kemampuan anak bangsa dalam menciptakan sains, khususnya robotika. Lewat ajang ini siswa dan siswi diharapkan tidak saja berkutat pada teori penciptaan saja, namun juga bisa mewujudkan karya dalam bentuk yang nyata. Ajang ini diharapkan dapat mengasah kreativitas anak, serta mengajarkan siswa/siswi untuk bisa berkompetisi secara positif.

Tahun ini, Sindo Media bekerjasama dengan Robotik Explorer dan Generali Indonesia kembali menggelar Olimpiade Robotika 2018. Kegiatan ini diikuti oleh sekitar 250 sekolah di Jakarta. Setelah melalui proses seleksi, maka tersisa 25 sekolah yang berhasil masuk ke babak final. Anak-anak yang berasal dari 25 sekolah ini kemudian dikumpulkan lagi di Kuningan City Mall pada hari Minggu, 23 September 2018 kemarin untuk mengikuti babak akhir dari Olimpiade Robotika 2018.

Nantinya dari 25 tim yang mewakili sekolahnya masing-masing ini diminta untuk membuat program merakit dan bertanding dalam waktu 90 menit. Dari hasil pertandingan, akan dipilih 6 tim yang nantinya akan menjadi juara 1, 2, dan 3 serta 3 orang juara harapan.

Suasana Olimpiade Robotika 2018 di Kuningan City, Jakarta
Pagi itu lantai UG Kuningan City Mall sudah dipenuhi oleh pengunjung yang terdiri dari peserta lomba, keluarga peserta, guru, dan teman-teman sekolah yang ikut memberikan dukungan, dan tentu saja pihak panitia dan penyelenggara acara. Selain lomba, acara juga diisi dengan talkshow bertemakan “Dampak Sosial Media Terhadap Kepribadian Anak”. Jadi, saat peserta yang terdiri dari anak-anak mengikuti lomba di lantai 3, orangtua siswa dan guru bisa menunggu sambil mendengarkan talkshow.

Membuka acara pagi itu, Bapak Pung Purwanto, selaku Pemimpin Redaksi Koran Sindo mengatakan bahwa di era teknologi maju saat ini, mengenalkan robotika pada anak-anak sejak dini sangat diperlukan dan sangat penting, bukan lagi sebagai pelengkap tapi sudah seperti sebuah kewajiban. “Ini merupakan sesuatu yang perlu dikembangkan lebih besar lagi. Kalau sekarang baru wilayah DKI Jakarta, mungkin di waktu mendatang kita perlu terjun ke kota-kota besar lainnya. Bahkan kita ingin kegiatan seperti ini bisa berlangsung secara nasional. Harapan saya pada pemerintah, kegiatan ini bisa menjadi agenda resmi nantinya,” ujar Bapak Pung.

Bapak Pung
Bapak Pung juga berharap kegiatan seperti Olimpiade Robotika ini bisa mencapai tingkat nasional. Indonesia tidak boleh ketinggalan dengan negara-negara lain. Bahwa robotika ini nantinya akan mengambil peranan penting di dalam semua lini kehidupan. Dengan Olimpiade Robotika ini tentu akan menjadi catatan sejarah bagi masyarakat, bahwa ternyata anak-anak bangsa kita mampu bersaing, baik di level nasional, regional, maupun internasional.  

Lalu Ibu Vivin Arbianti Gautama, selaku Chief Marketing & Customer Generali Indonesia mengungkapkan rasa senang dan bangganya, karena Generali dapat mendukung kegiatan seperti Olimpiade Robotika. Generali senantiasa selalu ingin memberikan dukungannya terhadap semua kegiatan, seperti pendidikan, lingkungan, olahraga, dan lain sebagainya. Sama seperti Bapak Pung, Ibu Vivin juga berharap agar kegiatan Olimpiade Robotika ini nantinya dapat go international , di mulai dengan naik ke level nasional terlebih dulu.

Ibu Vivin
“Semoga ini bisa sejalan dengan misi Generali, yang selalu menonjolkan nilai-nilai ‘Live the Community’, yang bisa berperan aktif dan berpatisipasi dalam komunitas yang ada. Kami melihat kegiatan ini sangat positif untuk anak-anak dalam mengasah kreativitasnya. Saya bangga sekali anak-anak sekarang sudah aware sekali dengan teknologi robotika. Apalagi di era sekarang, dengan kegiatan ini diharapkan mampu mendistrak anak-anak dari kecanduan bermain gadget,” ungkap Ibu Vivin.

For your information, PT. Asuransi Jiwa Generali Indonesia merupakan bagian dari Generali Group – sebuah perusahaan asuransi yang didirikan di Trieste, Italia pada tahun 1831. Generali mulai memasuki pasar asuransi Indonesia pada tahun 2009, dan pada awal tahun 2018 meluncurkan produk asuransi syariahnya. Saat ini Generali Indonesia sudah memiliki 100 ribu nasabah, dengan 14 ribu lebih agen yang tersebar di seluruh Indonesia.

Dalam sesi talkshow, Ibu Vivin mengatakan bahwa orangtua mesti peka terhadap dampak gadget dan media sosial terhadap perkembangan anak-anak mereka. Tidak hanya itu, orangtua pun mesti memikirkan masa depan anak-anak, dengan memberikan perlindungan finansial dalam bidang pendidikan. Tahu sendiri kan bagaimana mahalnya biaya pendidikan saat ini, apalagi jika ingin memberikan pendidikan yang terbaik bagi anak-anak (yang biasanya biayanya sangat mahal). Tak ada salahnya merencanakan keuangan pendidikan anak-anak sejak dini, agar nanti tidak repot lagi memikirkan masalah biaya pendidikan. 

Ibu Jully Tjindrawan, CEO Robotic Explorer menjelaskan lebih lanjut tentang Olimpiade Robotika yang sudah sukses berjalan selama 3 tahun ini. Menurut beliau jumlah peserta olimpiade tahun ini agak berkurang dibandingkan tahun sebelumnya, yang mencapai ribuan peserta. Ibu Jully berharap pada pemerintah agar dapat memberikan dukungannya pada kegiatan ini, sehingga jumpah peserta bisa naik lagi seperti tahun-tahun sebelumnya.

Ibu Jully
“Zaman kita ini sudah menuju ke arah teknologi robotika. Bila ilmu ini tidak dikembangkan pada anak-anak bangsa, saya pikir Indonesia tidak akan bisa menjadi negara yang maju. Saya bahkan melihat banyak prestasi dalam bidang teknologi robotika ini diraih oleh peserta perempuan. Jadi untuk para orangtua jangan pernah melarang anak-anak perempuan kita jika mereka ingin belajar tentang teknologi robotika. Perempuan itu cenderung lebih detail kalau mengerjakan sesuatu,” kata Ibu Jully. 

Bapak Dr. Ir. Andika Prastawa, MS. EE, selaku Direktur PPIMTE BPPT pun mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan hal yang luar biasa dan patut mendapat dukungan dari semua pihak. Tinggal di jaringan global, mau tidak mau negara kita harus mengahadapi era industri yang semakin maju. Pemerintah sendiri sudah mencanangkan Indonesia 4.0, dimana semua industri nantinya akan terkoneksi dan berkomunikasi via internet.

Bapak Andika
“Jadi sangat tepat jika kita mengenalkan teknologi terbaru dan robotika pada generasi muda kita sejak dini. Saya berharap anak-anak ini dapat menjadikan hobinya dalam bidang robotika ini sebagai profesi nantinya. Misalnya menjadi tenaga ahli dalam bidang robotika, yang sangat diperlukan saat ini. Kenapa? Karena saat ini sudah banyak inovasi-inovasi dengan nilai ekonomis, misalnya kendaraan tanpa sopir, dll,” papar Bapak Andika.

Kalau Olimpiade Robotika ini diadakan pada zaman dulu, mungkin pesertanya tidak sebanyak saat ini ya. Ini menandakan bahwa anak-anak sekarang memang sangat melek dengan teknologi dan mempunyai minat yang tinggi di bidang teknologi robotika ini. Semoga ajang seperti ini terus berkelanjutan, bahkan berkembang ke level yang tinggi lagi, sehingga akan didapatkan bibit-bibit unggul berprestasi yang dapat membawa nama Indonesia ke kancah internasional. Amiin :)

*Untuk sesi talkshow dengan tema “Dampak Sosial Media Terhadap Kepribadian Anak” bersama Ibu Vivin dan Psikolog Intan Erlita akan saya ulas pada artikel terpisah ya :) 


Foto-foto: Pribadi 

  • Share:

You Might Also Like

31 comments

  1. Wah ada olimpiade robotika, pasti seru banget nih. Dulu di kotaku ada kursus robotik untuk anak-anak, tapi nggak bertahan lama, klo nggak salah cuma 2 tahun terus tutup. Padahal menarik banget ya, anak-anak banyak yang suka.
    Semoga anak2 bangsa yg bertanding bisa sampai nasional dan berkembang nantinya sampai internasional.

    BalasHapus
  2. Wow, olimpiasi Robotika, salah satu impian anakku bisa kursus Robotika dan ikut olimpiadenya, makash sharingnya, mba Dewi

    BalasHapus
  3. Anak anak jaman sekarang lebih menyukai menyusun, merangkai, membangun kreatifitas ya, Mbak. Semoga event seperti ini juga digelar di seluruh kota y

    BalasHapus
  4. Wah keren ini. Suami saya juga pernah terlibat dalam lomba robot mahasiswa tingkat nasional. Memang anak-anak juga begitu antusias ya dgn robotik ini. Mainan yg asik sekaligus belajar menerapkan ilmu.

    BalasHapus
  5. Anak anakku suka banget robotika mba. Kayanya seru ya kalau ada wadah untuk unjuk kreatifitas robotika kaya ginim. Nunggu event seperti ini di Jogja 😍😍

    BalasHapus
  6. Sayangnya jumlah pesertanya malah berkurang. Semoga tahun depan dengan publikasi yang lebih maksimal kemudian dukungan dari pemerintah bisa makin banyak yang antusias ya, mbak. Sayang aja gitu kalo acara semenarik ini malah nggak dimanfaatkan oleh anak2 bangsa kita untuk selangkah lebih maju.

    BalasHapus
  7. anak sekarang lombanya aja udah berhubungan sama robot ya. Dewi gak ikutan juga sekalian? ;)

    BalasHapus
  8. Anak zaman now pasti suka belajar robotika. Anakku juga kalau ada les robotika dia kayaknya mau deh. Tapi di semarang ada ga ya

    BalasHapus
  9. Wuih, seru acaranya. Kalo deket dari rumahku, aku ajak anak-anak deh. Mereka suka sama robot-robot kayak gitu. Berasa ngelihat imajinasi mereka. Hehehehe... iya, soalnya mereka suka pada mengkhayal kalo mobil-mobilan atau apa pun yang mereka pegang bisa hidup dan pake remote. :D

    BalasHapus
  10. Beberapa kali baca tentang olimpiade robotika, tp blm pernah lihat secara langsung. Anak2 sekarang keren!

    BalasHapus
  11. Memang semakin kesini dunia semakin maju.olimpiade ini sangat bagus menurutku karena robot itu biasanya punya daya tarik tinggi untuk anak-anak. Keren dan semoga nggak cuma di Jakarta aja yaa..

    BalasHapus
  12. di masa depan Indonesia harus sejajar dengan negara negara maju, saya dukung banget nih olimpiade robotika, karna sekarang memang sudah era nya semua pake robot (mesin)

    BalasHapus
  13. mantul even olimpiade robotika nih keren yah jd pengen deh anakku bisa ikutan ini

    BalasHapus
  14. Zaman sudah berkembang pesat yaa.. Robotik pun ada olimpiadenya. Dari dulu, tiap lihat orang yang bisa merangkai robot tu saya selalu kagum.

    BalasHapus
  15. Aneka expo dan ilmu robotics memang makin naik daun yaaa mba. Supaya Indonesia makin maju

    BalasHapus
  16. di Jogja banyak penggemar robotik kayak gini. Sering ada turnamen robotik juga. Dulu sulungku pernah ikut les robotik

    BalasHapus
  17. Robotics is super hip now. And we need to have more experts on this

    BalasHapus
  18. Wah, aku baru denger nih ada Olimpiade Robotika..keren yaaa

    BalasHapus
  19. Waah kesukaan anak2ku. Semoga event2 kaya gini bisa bikin anak2 millenial ini makin cerdas dan kreatif yaa :)

    BalasHapus
  20. Saya sudah pernah dengar tentang olimpiade robotika ini Mbak, tapi nggak nyangka kalau pesertanya dari SD dan jumlahnya sampai ribuaaan! Wow! Keren banget ya Mbak.... Semoga tahun depan yang ikut lebih banyak dan lebih semangat :)

    BalasHapus
  21. Oh baru tahu ada Olimpiade robotika, seru ya anak jaman sekarang

    BalasHapus
  22. Wah udah ada olimpiadenya tho, Mbk. Pgn bgd ngenalin anak sm robotika ini, sayangnya di sini blm ada. Hiks

    BalasHapus
  23. Jaman aku sekolah dulu, mungkin ekskul elektronika yaa..
    Jaman sekarang robotik.

    Dan keren-keren banget ini...

    Semoga ke depannya inovasi-inovasi anak bangsa ini bisa bermanfaat untuk masyarakat luas.

    BalasHapus
  24. Keren ya Mbak lomba robot ini semoga makin banyak anak-anak Indonesia yang pakar terhadap robot ini

    BalasHapus
  25. Senangnya mbak bisa menyaksikan olimpiade robotika. Sudah lama saya juga ingin banget liat olimpiade ini.beruntung banget dirimu mbak.

    BalasHapus
  26. Seru ih ada olimpiade robotika gini. Anak keduaku sih suka, cuma emang belom les sih

    BalasHapus
  27. Dengan adanya olimpiade Robotika ini jadi membuat wadah tuk anak2 mengekspresikan karyanya ya..keren nih mbak.

    BalasHapus
  28. Harus dilakukan evaluasi ya, mengapa peserta menurun.
    Apakah memang minat anak-anak yang berkurang atu kurang promosi dan sosialisasi.
    Bangga sama Generali yang mendukung aktivitas ini.
    Begitulah seharusnya ya.

    BalasHapus
  29. Anakku nomor dua yang senang robotik, moga anak-anak Indonesia juara di Olimpiade Robotik

    BalasHapus
  30. Udah jaman melek teknologi ya mba klo generasi Z ini. Di tempatku juga pernah kulihat ada kursus robotika dan pengin banget anakku bisa belajar robotika.

    BalasHapus
  31. Anak Indonesia juga punya potensi bersaing dengan negara maju untuk olimpiade robotik ya mba. Anakku juga tetarik banget.

    BalasHapus