Cara Menyambung Pipa dengan Lem Pipa PVC

By Dewi Sulistiawaty - Oktober 19, 2018

Credit by btcmarkethastag
Jika ada perlu atau masalah dengan perpipaan, memang akan lebih mudah jika kamu memanggil tukang pipa profesional, namun kadang tidak selamanya kamu dapat mengandalkan tukang pipa. Terutama jika ada hal yang mendesak. Jika kamu berniat untuk mengerjakan sendiri masalah perpipaan di rumah, berikut saya jabarkan cara menggunakan lem pipa untuk menyambung pipa PVC yang bisa kamu terapkan.

Tahap Pemotongan Pipa

Sebelum pipa dilem, terlebih dulu dipotong agar ukurannya pas seperti yang akan kamu pasang pada saluran air di rumah. Agar potongannya rapi, potong pipa menggunakan gergaji khusus plastik atau gergaji yang tajam. Ketajaman gergaji juga membuat proses ini selesai cepat.

Gergaji untuk besi memang banyak digunakan, namun bilah gergaji yang berukuran kecil akan membuat pipa menyimpang dan membuat potongan pipa menjadi tidak rata. Sebaiknya pilih gergaji yang memiliki bilah berukuran lebar, sehingga kamu bisa lebih mudah menggunakannya.

Tahap Amplas

Setelah tahap pemotongan, lanjutkan dengan menghaluskan bagian pipa bekas gergaji dengan kertas amplas. Caranya, gulung kertas amplas, lalu masukkan ke dalam lubang pipa dan sesuaikan kertas amplas tadi dengan bentuk bagian pipa. Setelah itu, amplaslah bagian dalam dan luar pipa secara merata sampai bagian yang tidak rata sisa gergaji tadi menjadi halus.

Tahapan ini sangat penting dilakukan, karena bagian yang tidak rata bekas gergaji tadi bisa mengganggu pada saat proses penyambungan atau pengolesan lem pipa. Selain itu, bisa juga menyebabkan pipa tersumbat karena akan banyak kotoran yang menempel di sana. Namun, jangan mengamplasnya terlalu lama untuk menghindari pipa mengecil.

Tahap Fitting

Sebelum mulai mengoleskan lem atau semen dan menyambungkan pipa, sebaiknya lakukanlah fitting dengan cara menyambungkannya tanpa menggunakan lem terlebih dulu. Kamu juga jangan lupa untuk memberikan tanda antar sambungan tadi dengan menggunakan spidol. Cara ini dilakukan agar lebih mudah menentukan posisi sambungan yang tepat pada pipa tersebut.

Tahap Lap Pipa

Lap semua permukaan pipa dengan lap kering untuk menghilangkan kotoran. Pipa yang kotor tidak akan menempel dengan sempurna saat diolesi lem. Pengelapan juga dilakukan pada bagian socket, dengan bahan pembersih. Kamu bisa menggunakan bahan pembersih apa saja yang aman.

Tahap Pengeleman

Setelah semua siap, langkah selanjutnya adalah proses pengeleman. Langkah pertama yang harus kamu lakukan yaitu mengolesi lem khusus untuk pipa PVC atau semen pada bagian dalam atau luar pipa yang ingin disambungkan. Lalu kamu sambungkan pipa yang sudah diberi lem tadi sesuai dengan tanda yang sudah diberikan sebelumnya.

Lakukanlah dengan cepat sebelum lem mengering. Tekan antar sambungan pipa dan tahan kurang lebih 15 detik hingga lem mengering. Setelah semua bagian pipa agar bisa tersambung dengan sempurna, lap bagian terdekat dari sambungan untuk memastikan tidak ada sisa lem.

Proses saat mengoleskan lem pipa memang harus dilakukan dengan sangat hati-hati dan teliti. Jika lem tidak rata, maka pipa tidak tersambung dengan baik dan membuatmu mengulangi dari awal. Saat ini sudah ada Lem PVC Rucika yang tahan lama dan sangat kuat merekatkan pipa.

Nah, begitu cara menyambung pipa menggunakan lem pipa PVC yang bisa kamu terapkan sendiri, tanpa harus mengandalkan tukang pipa profesional. Apalagi jika kamu memang memiliki waktu untuk menyambung pipa sendiri. Selain bisa melakukannya sendiri tanpa perlu repot-repot memanggil tukang pipa, kamu juga bisa menghemat biaya jasa untuk tukangnya kan. Selamat mencoba :)


  • Share:

You Might Also Like

0 comments