Nyaman Berbelanja di Lorong Dunia Bunda & Si Kecil Alfamart

By Dewi Sulistiawaty - Maret 01, 2018

Dulu saya pernah mengalami kesulitan saat berbelanja kebutuhan si kecil. Waktu itu, karena dia sudah bertambah usia, saya ingin mengganti produk susunya, sesuai dengan tingkat usianya. Seperti biasa, saya membaca dulu ingredients dan kandungan gizi yang terkandung di dalam produk tersebut, karena saya ingin memberikan produk dengan nutrisi terbaik, dan cocok bagi si kecil. Jadinya saya musti membaca satu persatu label yang terdapat pada kemasan di tiap produknya. Yang jadi masalah adalah letak produk yang satu dengan produk lainnya itu berjauhan, hadeh…capek deh.

Namun karena ingin memberikan yang terbaik buat si kecil, saya pun akhirnya menenteng produk yang satu untuk dibawa ke lorong lain, dan kemudian membaca lagi informasi dari produk lain, yang letaknya agak jauh. Kebayang kan jika produk yang ingin saya lihat lebih dari dua, hehe. Yang ada saya mondar mandir dari lorong yang satu ke lorong lainnya *udah kayak setrikaan deh XD. Sebenarnya buat si kecil apapun akan saya lakukan, mau mondar mandir sepuluh kali juga saya jabani :))) Cuma kan jadi kurang nyaman saja, ditambah lagi dengan waktu yang banyak terbuang akibat mondar mandir. Sekecil apapun waktu yang saya punya, itu sangat berharga, yekaan :D

Kalau lagi bad mood, saya pernah ngedumel sih dalam hati, ini mengapa produk letaknya berjauhan sih, kan bikin repot saya saja, hihi (begitulah bu ibu kalau lagi esmosi, bawaannya egois aja :))) Belum lagi kalau bawa si kecil saat berbelanja, yang kadang suka rewel, pengennya buru-buru pulang saja. Sepertinya keluhan saya, dan mungkin ibu-ibu yang lain juga, mendapat perhatian dari PT. Nutricia Indonesia Sejahtera (Nutricia) dan PT. Sarihusada Generasi Mahardhika (Sarihusada). Sedaap... :D


Iyap, tahu kalau para ibu biasanya berbelanja kebutuhan sehari-hari di toko-toko terdekat dari rumahnya, Nutricia dan Sarihusada melakukan kerjasama dengan PT. Sumber Alfaria Trijaya, Tbk (Alfamart). Tahukan, kalau toko Alfamart itu banyak tersebar di seluruh wilayah Indonesia, bahkan sampai ke desa-desa. Mungkin karena itulah Nutricia Sarihusada memilih bekerjasama dengan Alfamart ya. Eh, sebenarnya kerjasama ini sudah dimulai sejak lama sih, yaitu sejak tahun 2012 lalu. Sepertinya kerjasama ini kembali dikembangkan tahun ini :)

Peresmian kerjasama antara Nutricia Sarihusada dengan Alfamart ini diselenggarakan pada hari Senin, 26 Februari 2018 kemarin, di Alfamart Graha Raya Serpong, Tangerang. Hadir pada saat ini Bapak Michael Toh, selaku Sales Director PT. Nutricia Indonesia Sejahtera, Bapak Ryan Alfons Kaloh, selaku Marketing Director Alfamart, dan Mba Natasha Rizky, seorang selebriti, ibu dua anak, dan merupakan salah satu konsumen Alfamart.

Peluncuran lorong "Dunia Bunda & Si Kecil
Kerjasama yang dilakukan adalah dengan mengembangkan sebuah konsep yang dinamakan lorong ‘Dunia Bunda & Si Kecil’. Apasih lorong Dunia Bunda & Si Kecil ini? Dunia Bunda & Si Kecil adalah penempatan atau pengelompokan produk-produk nutrisi untuk ibu hamil, menyusui, dan anak usia 1-5 tahun, berdasarkan kategorinya dalam sebuah lorong. Jadi khusus untuk produk ibu hamil, ibu menyusui, dan anak, berada dalam sebuah lorong gitu. Yeyy, nggak repot lagi ya untuk mencari dan memilih produk-produk nutrisi untuk ibu dan anak :)

Bpk. Michael Toh
Menurut Bapak Michael Toh, dengan pengelompokan produk ini dapat membantu para ibu atau konsumen dalam memilih produk nutrisi yang sesuai dengan kebutuhannya. Bapak Toh juga berharap, konsep yang dikembangkan bersama Alfamart ini dapat mempermudah navigasi belanja, serta menciptakan pengalaman berbelanja yang nyaman dan unik, sehingga waktu belanja konsumen bisa menjadi lebih efisien dan efektif. Nah, ini baru bener, jadi nggak musti jauh-jauhan lagi nyari produknya, hehe….

Pada tahun 2012 lalu, Alfamart (bersama dengan Nutricia Sarihusada) sudah menjadikan 3 tokonya sebagai pilot project untuk konsep lorong Dunia Bunda & Si Kecil. Hingga pada tahun 2013, konsep ini dikembangkan juga ke 7.300 toko Alfamart lainnya di seluruh Indonesia. Nah, karena konsep ini mendapat sambutan yang baik dari konsumen (salah satunya saya, hehe), makanya konsep lorong Dunia Bunda & Si Kecil ini diteruskan lagi tahun ini. Rencananya konsepnya akan diterapkan di lebih dari 10 ribu toko Alfamart yang tersebar dimana-mana.   

Bpk. Ryan
Pada acara peluncuran ‘Dunia Bunda & Si Kecil’ tersebut, Bapak Ryan mengungkapkan bahwa tujuan utama dari kerjasama ini adalah ingin memberikan pengalaman berbelanja yang menarik dan praktis, serta penuh solusi pada ibu serta anaknya, agar mereka bisa menemukan semua kebutuhan mereka dalam satu lokasi yang nyaman. Kerjasama yang sudah berjalan di tahun keenam ini, disambut hangat oleh Bapak Ryan, karena menurutnya konsep penataan area penjualan produk yang informatif ini pasti akan disambut baik oleh konsumen.

Oya, ternyata selain pengelompokan produk nutrisi untuk ibu dan anak dalam satu lokasi, konsumen juga bisa mendapatkan edukasi mengenai kategori produk nutrisi anak melalui panel-panel edukasi, yang bisa menjadi referensi bagi konsumen pada saat memilih produk. Jadi dibandingkan tahun sebelumnya, pengelompokan saat ini ditata dengan cara yang lebih spesifik lagi. Lebih bagus lagi dong ya, jadi saya bisa mendapatkan referensi juga mengenai produk mana yang ingin saya beli untuk anak saya. Informasi yang menarik dan sangat membantu menurut saya nih :)

Mba Natasha
Eh, ternyata Mba Natasha pun berkomentar yang sama. Menurutnya, dengan adanya lorong Dunia Bunda & Si Kecil di Alfamart, dia menjadi lebih mudah dalam mencari produk bernutrisi untuk anaknya. Apalagi ada panel khusus yang menyajikan informasi seputar gizi dan nutrisi, yang dapat menambah pengetahuannya mengenai nutrisi. Bener banget Mba Natasha, saya juga seneng, akhirnya ada penataan seperti ini di Alfamart, jadi saya lebih mudah mencari produk nutrisi untuk saya, pun untuk anak saya. Gimana juga pasti lebih nyaman kalau bisa memilih produk yang berada di lokasi yang sama ya. Lebih praktis, gak ribet, dan hemat waktu :D


Saya pun mencoba mengikuti langkah Bapak Michael Toh, Bapak Ryan, dan Mba Natasha menuju ke lokasi yang menjadi lorong Dunia Bunda & Si Kecil di Alfamart. Saya penasaran ingin lihat juga, hehe. Tuh kan, dengan penataan sesuai kategorinya ini, raknya menjadi lebih rapi, mata pun enak memilih berbagai jenis produk nutrisi untuk ibu dan anak. Tiinggal geser ke samping dikit, bisa baca informasi produk nutrisi yang lain. Jadi lebih nyaman menurut saya. Terima kasih lho Nutricia Sarihusada dan Alfamart, yang sudah mengerti akan kebutuhan konsumennya, dengan memberikan kemudahan pada saya dan juga ibu lainnya dalam berbelanja produk bernutrisi. Semoga konsep ini bisa terus berlanjut, bahkan mungkin akan berkembang lagi dengan konsep baru yang lebih praktis dan inovatif :)  



Foto-foto : Pribadi

  • Share:

You Might Also Like

11 komentar

  1. Lorong Dunia Bunda & Si Kecil memang sangat memudahkan para ibu berbelanja kebutuhan si kecil ya mba

    BalasHapus
  2. Paham bener kebutuhan para ibu ya. Kalau dijaddikan satu gini kan jadi enak nih, belanjanya jadi gampang

    BalasHapus
  3. Seru ya mba belanja ada Lorong khusus gini, lebih Memudahkan

    BalasHapus
  4. Kirain aq aja yg merasakan kesulitan untuk memilih produk susu buat si kecil. Dg adanya lorong dunia bunda dan si kecil bisa membantu kita ya mb.

    BalasHapus
  5. Hahaha jangan jadi setrikaan dong mbak,secara kita cuma mau belanja saat masuk Alfa wkwkwk. Nah kan untungnya sekarang ada Dunia Bunda dan Si Kecil yang pastinya membantu banget deh, selain hemat waktu juga kasih info yang penting juga kan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haha abisaan, bikin pening aja kalo letaknya jauhan, kek musuhan gitu XD
      Iya, ada panel info nya :)

      Hapus
  6. Nah, ada lorong khusus ini. Membuat belanja ibu dan anak makin menyenangkan ya mbak. Bisa hemat waktu dan praktis lagi, tinggal meluncur langsung deh ke belanjaan yang dituju untuk ibu dan anak, di Dunia Bunda dan Si Kecil

    BalasHapus