Mamma Mia Musical, Bakal Hadir di Teater Jakarta

By Dewi Sulistiawaty - Maret 09, 2018


~ Mamma Mia, here I go again
My my, how can I resist you?
Mamma mia, does it show again
My my, just how much i’ve missed you? ~

Pernah denger penggalan lirik dari lagu di atas? Yap, itu adalah penggalan lagu Mamma Mia yang dibawakan oleh grup band asal Swedia, yaitu ABBA. ABBA termasuk grup musik paling berpengaruh di era tahun 70-an dan 80-an (dan mungkin hingga saat ini ya), dengan empat orang personelnya, yaitu Agnetha Faltskog, Bjorn Ulvaeus, Benny Andersson, dan Anni-Frid Lyngstad. Nama ABBA diambil dari inisial nama masing-masing personelnya. Walaupun udah jadul, tapi lagunya masih sering dinyanyikan hingga sekarang lho, legendary!

Grup Band ABBA
(Sumber foto : billboard)
Selain Mamma Mia, beberapa lagu ABBA lainnya yang hit adalah Dancing Queen, Take a Chance on Me, I Have a Dream, Money Money Money, S.O.S, dll. Lagu I Have a Dream sempat dipopulerkan lagi oleh grup band Westlife di tahun 2009. Dua personel band ABBA, yaitu Benny Andersson dan Bjorn Ulvaeus kemudian menjadi produser sebuah film berjudul Mamma Mia, yang rilis di Amerika, Australia, Swedia, UK, dan beberapa negara lainnya di pertengahan tahun 2008. Oya, ternyata film ini diadaptasi dari pertunjukan drama musikal Mamma Mia!, yang sukses digelar untuk pertama kalinya pada tahun 1999 di teater West End London, dan tahun 2001 di Broadway New York.

Nah, pertunjukan drama musikal Mamma Mia! sudah digelar di beberapa negara di dunia. Rangkaian tur internasional Mamma Mia! diawali dari Dublin pada tahun 2004. Hingga saat ini sudah 85 kota di 38 negara yang dikunjungi oleh Mamma Mia! Kabar gembiranya adalah Mamma Mia! akan mentas di Jakarta bulan Agustus nanti! Yeeyy!! Siapa lagi yang membawa musikal hit ini kalau bukan Sorak Gemilang Entertainment (SGE), sebuah produser pertunjukan pentas teater dan pertunjukan arena, yang fokus pada produksi dan promosi hiburan untuk keluarga.


Apa yang membuat SGE mau menghadirkan Mamma Mia! ke Indonesia ya? Menurut Bapak Denny Sumali, Direktur SGE, Mamma Mia! merupakan pertunjukan yang sangat menyenangkan. Orang yang habis menonton pertunjukan Mamma Mia biasanya akan keluar dengan perasaan yang bahagia. Mamma Mia! juga masuk ke semua kalangan usia, terutama untuk keluarga. Makanya, SGE ingin mengajak keluarga Indonesia, baik kakek dan nenek, untuk bersama-sama, bernostalgia menyaksikan pertunjukan ini.

Bpk. Denny
“Cerita di drama musikalnya hampir sama dengan filmnya. Bedanya ya ini live dan berhadapan langsung dengan audience. Pertunjukannya sama dengan yang ditampilin di West End. Nanti bisa nonton bareng teman-teman, nostalgia bersama juga, atau bersama keluarga. Penonton bisa ikutan nyanyi bareng atau menari dari bangku masing-masing nanti,” ujar Bapak Denny.    

Pertunjukan Musikal Mamma Mia! akan digelar di Teater Jakarta, Taman Ismail Marzuki. Teater Jakarta menjadi pilihan karena punya kualitas yang hampir sama dengan kualitas teater yang ada di London. Tim dari West End sendiri datang untuk melihat teater di Jakarta, dan memastikan teaternya bisa digunakan untuk pertunjukan Mamma Mia! Bangga banget deh mendengar kalau Teater Jakarta ternyata punya kualitas setara dengan Marina Theater menurut tim West End :)

Ibu Dian Yunita, Kepala Satuan Pelaksana Program Kesenian Unit Pengelola Pusat Kesenian Jakarta, Taman Ismail Marzuki merasa sangat bangga, bahwa drama musikal Mamma Mia! sebuah pertunjukan sekelas internasional, bisa tampil di Teater Jakarta. Sebagai informasi, Ibu Dian menjelaskan bahwa Teater Jakarta memiliki kapasitas 1200 kursi, yaitu di auditorium lantai 1 yang bisa menampung 650 kursi, di balkon 250 kursi, dan di balkon lantai 3 bisa menampung 300 kursi.

Ukuran panggungnya pun luas, yaitu untuk panjang depan 14 – 16 meter, dan panggung belakang bisa sampai 14 meter. Di bagian atas, dipasang panggung hidrolik berbentuk lingkaran dan persegi. Mengenai masalah parkir pun tidak usah risau, karena Teater Jakarta dapat menampung hingga 400 kendaraan, yang terletak di basement 1 dan 2.  

Ibu Dian
“Untuk pertunjukan musik internasional kita sudah pernah, tapi untuk drama musikal, ini adalah yang pertama kalinya. Kami berharap, setelah ini, berbagai drama musikal internasional lainnya mau tampil juga di Teater Jakarta, yang sebagai ikon kesenian di Jakarta. Kami berharap venue kami bisa terangkat nantinya. Saat ini kami masih melakukan revitalisasi untuk memperbaiki semua fasilitas yang ada,” jelas Ibu Dian.

Saat press conference yang diadakan di Morissey Hotel Jakarta pada hari Rabu, 7 Maret 2018 kemarin, Nick Grace, Associate Producer dari tur Mamma Mia! dalam video rekamannya mengatakan bahwa mereka sangat bangga bisa datang ke Jakarta, dan membuat masyarakat Jakarta tidak perlu datang jauh-jauh ke London, untuk dapat menikmati produksi Mamma Mia! yang original. Nanti di awal pertunjukan, penonton akan dihibur dengan lagu-lagu legendaris dari ABBA, baru kemudian dilanjutkan dengan ceritanya. Ceritanya sendiri sangat manusiawi dan bisa ditemukan dalam keseharian, sehingga penonton bisa rileks menikmati pertunjukan ini.

Mr. Nick
“Pertunjukan musikal Mamma Mia! sudah disaksikan oleh lebih dari 60 juta orang, dan dalam 16 bahasa. Mamma Mia! termasuk drama musikal keliling tersukses sepanjang sejarah, dan berhasil menjadi penyumbang devisa terbesar, yang mencapai hingga 2 miliar poundsterling. Setelah di Jakarta, Mamma Mia! akan keliling lagi ke kota lainnya. Jadwal kami sudah padat hingga tahun 2021 nanti,” ungkap Mr. Nick.

Mr. Nick juga menginformasikan bahwa nanti ada sekitar 70 orang kru dari London yang datang, termasuk aktor dan pemain musiknya. Pokoknya semua unsur pertunjukan nanti didatangkan langsung dari London deh. Ada sekitar 6 kontainer yang akan datang ke Jakarta. Jadi penonton nanti akan punya pengalaman menonton sama persis seperti menonton di West End London.  

Oya, dari tadi ngomongin Mamma Mia! mulu, tanpa tau kapan tepatnya drama musikal ini dapat dinikmati. Catet yaa, Drama Musikal Mamma Mia! akan tampil mulai tgl 28 Agustus – 9 September 2018 nanti, dengan 16 kali pertunjukan. Pertunjukannya dilakukan dari hari Selasa – Kamis, tiap pukul 20.00 WIB, hari Sabtu pada pukul 14.30 dan 19.30 WIB, dan hari Minggu, pada pukul 13.00 dan 18.30 WIB. Jadi hari Senin kosong, dan hari Sabtu dan Minggu akan digelar 2 kali pertunjukan. Lama pertunjukannya adalah 2 jam 35 menit, termasuk nanti waktu jeda sekitar 20 menit.

Harga berapa harga? Untuk tiket sendiri mulai dari tiket Silver seharga 850.000 rupiah, hingga tiket VIP seharga 2.650.000 rupiah. Jika ingin dapet tiket dengan harga yang lebih murah, bisa pesan dari sekarang lho! (early brid di bulan Maret – April 2018). Dari tiket Gold seharga 1.650.00 rupiah bisa menjadi 1.320.000 rupiah, tiket Platinum seharga 2.350.000 rupiah menjadi 1.762.500 rupiah, dan tiket Gold seharga 2.650.000 rupiah bisa menjadi 1.987.500 rupiah. Psst… bagi kamu yang punya kartu kredit BCA, bisa dapet potongan harga hingga 25% lho! (diskon 10% khusus untuk pembelian tiket Silver).

Kuy lah! Bagi yang minat, bisa pesan secara online di www.mammamiajkt.com atau di bookmyshow. Bisa juga langsung beli di Teater Jakarta TIM, atau telpon ke nomor 0813 2587 5388 ya. Kalau masih ada yang ingin ditanyain, atau ingin tau kabar-kabar terbaru mengenai event ini, bisa kunjungi aja website Mamma Mia di www.mamma-mia.com atau kepoin akun Instagramnya SGE di @sgelive.id :) Duh, jadi nggak sabar nungguin bulan Agustus datang. Kapan lagi bisa menyaksikan pertunjukan drama musikal Mamma Mia! ini :D      

  • Share:

You Might Also Like

0 komentar