Jumat, 24 April 2015

Kedai Ketan Susu Cilandak, Tempat Hangout Asyik di Selatan Jakarta

Saat weekend, saya dan keluarga suka mengisi waktu liburan dengan jalan-jalan. Plesingannya ke mana saja. Kadang ke tempat teman atau saudara, pergi memancing, ke tempat wisata, jalan-jalan ke pantai atau sekedar jalan-jalan ke mal dan mencicipi kuliner di sana.

Nah, minggu ini kami memutuskan untuk jalan-jalan ke mal  yang dekat saja, karena ada barang yang hendak di beli sama si ayah. Jadi ceritanya, kami pun memilih Citos sebagai tempat hangout hari minggu ini.


Setiba di sana kami pun berkeliling dulu sebelum belanja di toko tempat si ayah akan membeli barangnya. Biasa, ibu-ibu kalau belum cuci mata kayaknya nggak afdol jalan-jalan di mal :D Jadi saya ngiter-ngiter dulu di tempat penjualan baju, terus lanjut cuci mata ke toko pernak-pernik.

Puas cuci mata, si ayah pun mulai menggiring kami ke toko yang hendak di carinya. Ketemu, dan si ayah pun masuk ke dalam toko. Dari balik etalase, saya dan anak saya malah sibuk mengintip toko kue yang berada tepat disampingnya :D

Pas lagi ngobrol cantik dengan anak saya mengenai kue mana yang paling enak, tiba-tiba ada tangan jail yang nyolek bahu saya dari belakang. Saya pun spontan membalikkan badan, siap-siap marah ceritanya. Eh, nggak taunya wajah si empunya tangan yang nyolek serasa di kenal nih, marahnya disimpan dulu, hehe.

Ternyata Santi, teman saya SMA dulu. Sudah lama kami tidak bertemu, sudah hampir 3 tahunan. Senang banget akhirnya bisa ketemu. Saya pun menanyakan di mana ia tinggal sekarang. Ternyata ia tinggal tak jauh dari Citos.

Kebetulan ia sudah kenal dengan suami saya, jadi ketika ayah keluar dari toko, mereka langsung bersalaman. Ia pun memaksa kami untuk mampir ke rumahnya. Karena perut kami yang sudah kelaparan, saya pun meminta teman saya untuk makan dulu sebelum mampir ke rumahnya.

Mendengar itu, teman saya pun mengusulkan untuk makan di tempat makanan langganannya, tak jauh dari rumahnya. Kami pun akhirnya menyetujuinya

Tempat makan itu letaknya tidak begitu jauh dari Citos, namanya Kedai Ketan Susu (dari tulisan yang saya baca di bagian depan kedai). Belakangan saya diberitahu oleh teman saya bahwa nama bekennya untuk cabang Jakarta Selatan adalah Kedai Ketan Susu Cilandak dan kedai ini merupakan salah satu tempat kuliner enak di Jakarta Selatan.

Kedai Ketan Susu Cilandak
(Dok. Pribadi)
Bentuk tempatnya pun tidak seperti umumnya rumah makan atau kedai, tapi lebih cenderung seperti rumah tinggal. Halamannya luas, jadi tidak perlu cemas dengan masalah parkir J

Awalnya saya pikir, di tempat ini hanya menyajikan makanan-makanan ringan saja, seperti namanya ketan susu. Namun setelah masuk ke dalam dan melihat menu yang tersedia, ternyata sedia juga menu nasi, lauk dan sayur. Wah, mantaplah ini! 

(Dok. Pribadi)
Kami pun memesan beberapa menu yang disediakan. Teman saya karena sudah langganan, tanpa melihat daftar menu yang disediakan, langsung memesan makanan dan minuman untuk dirinya.

Daftar Menu Kedai Ketan Susu Cilandak
(Dok. Pribadi)
Sambil mengobrol, mata saya pun mulai menjelajahi kedai yang masih baru bagi saya ini. Tempat makannya terbuka, jadi walaupun tidak ada AC, ruangan ini tetap sejuk dengan semilir angin yang bertiup dari pohon-pohon yang banyak tumbuh di sini.

Di dekat mushola, ada kolam kecil berisi batu-batuan sungai yang ditempati oleh 2 kura-kura. Anak saya sangat senang, ia nampak sibuk bemain dengan kedua makhluk mungil tersebut.

Kolam dengan 2 penghuninya yang lucu J(Dok. Pribadi)
Tidak hanya bagian depan saja yang dipenuhi dengan rindangnya pohon, di bagian belakangnya pun terdapat taman mungil yang menambah sejuk suasana.

Taman mini di bagian belakang Kedai Ketan Susu Cilandak
(Dok. Pribadi)
Teman saya pun cerita kalau dia suka sekali nongkrong sore hingga malam hari di sini. Selain suka dengan suasananya, ia juga suka dengan hidangannya, enak, seperti masakan ibu saya, katanya.

Kalau dari pengamatan saya sih, tempat ini tidak hanya asyik ditongkrongin sore dan malam hari saja, tapi saat sarapan dan makan siang pun sepertinya tak kalah asyik deh, tempatnya bikin betah. Beberapa anak muda juga terlihat asyik nongkrong di meja paling ujung, dan salah seorangnya nampak membawa laptop dan sibuk mengetik J
Mau sendiri, bareng teman maupun bersama keluarga, semua enjoy J(Dok. IG @fawwaz_ibrahim dan IG @imawan_)
Hidangan pembuka yang di pesan teman saya pun datang. Ia memesan hidangan yang bernama Bitter Ballen dan juga Pangsit. Kami pun mencoba mencicipinya, enak. Ternyata anak saya juga suka dengan Bitter Bollen, lembut katanya.  

Si Bitter Ballen yang lembut dan lumer di mulut
(Dok. Pribadi)
Pangsit ala Kedai Ketan Susu Cilandak
(Dok. Pribadi)
Beberapa pesanan lainnya pun mulai berdatangan, seperti minuman. Saya memesan Es Kopi Spesial, sedangkan suami saya pesan Kopi Susu Spesial, si kecil saya pilihkan Es Teh Sere Wangi, sementara teman saya memilih Jus Lidah Buaya.

Es Teh Sere Wangi
(Dok. Pribadi)
Juice Lidah Buaya
(Dok. Pribadi)
Kopi Susu Spesial dengan wadahnya yang unik J(Dok. Pribadi)
Es Kopi Spesial
(Dok. Pribadi)
Ternyata di sini juga menjual buah pepaya dan lidah buaya, yang di petik dari kebun si owner sendiri (itu kata teman saya). Nah, minuman seperti Jus Lidah Buaya yang di pesan teman saya tadi menggunakan bahan lidah buaya ini. Lalu di sebelah buah pepaya, saya melihat sebuah penganan bernama 'Abon Jambrong Original Unia' yang telah di kemas rapi dan siap dibungkus bagi yang berminat.

Buah Pepaya dan Lidah Buaya plus Abon Jambrong Unia
(Dok. Pribadi)
Untuk hidangan utama saya memesan Nasi Soto Padang untuk si kecil, saya sendiri memilih Nasi Sambal Daging Balado, Ayah memesan Nasi Ayam Goreng Madu dan teman saya pesan Nasi Buntil Daun Talas. Teman saya juga memesan Nasi Burih dan Ketupat Sayur Medan untuk dibungkus, untuk si kecil di rumah, kata teman saya.

Nasi Soto Padang untuk si kecil
(Dok. Pribadi)
Nasi Ayam Goreng Madu buat si ayah
(Dok. Pribadi)
Nasi Sambal Daging Balado
(Dok. Pribadi)
Nasi Buntil Daun Talas pesenan teman
(Dok. Pribadi)
Kenyang plus nikmat dengan hidangan utama, teman saya menawarkan untuk memesan Ketan Susu. Katanya kurang lengkap makan di sini kalau tidak mencoba menu Ketan Susunya. Karena sudah kekenyangan, saya dan anak saya pesan satu berdua saja. Sementara si ayah dan teman saya ternyata masih sanggup pesan satu mangkok buat mereka sendiri. “Waduuh, ingat perut Yah!” kata saya sambil tertawa.

Saya pun memesan Ketan Susu Srikaya karena anak saya tidak suka duren. Sedangkan si ayah dan teman saya lebih memilih Ketan Susu Duren. Ketan Susunya memang enak dan gurih, rasa manisnya pun pas. Akhirnya saya pun pesan minta dibungkuskan Ketan Susu Srikaya dan Ketan Susu Durennya, hehe.
Ketan Susu Srikaya with toping
(Dok. Pribadi)
Ketan Susu Durian
(Dok. www.majalahouch.com)
Dengan perut yang kekenyangan dan kenikmatan, kami pun memaksakan diri untuk beranjak dari kursi. Sebenarnya saya masih betah berlama-lama di sana, lanjutin ngobrol dengan teman. Tapi kasihan juga, anak teman saya pasti sudah nungguin ibunya pulang. Yah, ngobrolnya dilanjutin di rumah teman saja deh J

(Atas) Nasi Burih/ Nasi Pepes dan
(bawah) Ketupat Sayur Medan
(Dok. Pribadi)
Sebelum magrib, saya sekeluarga akhirnya pamit pulang dari rumah teman. Saya sangat puas dengan liburan kali ini. Ayah menemukan barang yang di carinya, saya bertemu dengan teman lama, dan kami sekeluarga pun menemukan satu lagi kuliner Jakarta Selatan yang nikmat dengan tempatnya yang asyik buat hangout yaitu di Kedai Ketan Susu Cilandak J



7 komentar:

  1. Tempatnya teduh ya, adem kayaknya...

    BalasHapus
  2. Wah, tempatnya asyik dan seru ya, Mbak Dwi? Menunya juga okeh punya tuh. Sesuai dengan selera lidahku deh kayaknya. Perlu nyoba juga nih kalo lagi main ke area sini.

    BalasHapus
  3. Tempatnya asyik... makanannya enyak... mana ketemu temen lama pula. Komplit :D

    BalasHapus
  4. Baca tulisanba Dewi jadi ngebayangin nasi Burih dan ketupat medannya.... Lapeeerrr

    BalasHapus
  5. Huaaa, ngeces deh lihat nasi burih. Tempatnya juga nyaman buat makan ya, keren nih :)

    BalasHapus
  6. Mau dong nyobain... sering main ke cilandak tapi bingung nyari tempat makan

    BalasHapus
  7. Cari Tiket Pesawat dan tiket kapal Online Super Cepat dan murah??
    http://selltiket.com
    Booking di SELLTIKET.COM aja!!!
    CEPAT,….TEPAT,….DAN HARGA TERJANGKAU!!!

    Ingin usaha menjadi agen tiket pesawat??
    Yang memiliki potensi penghasilan tanpa batas.
    Bergabung segera di http://agenselltiket.com

    INFO LEBIH LANJUT HUBUNGI:
    No handphone : 085372801819

    BalasHapus