Panduan Cara Daftar Aplikasi Transaksi BCA

By Dewi Sulistiawaty - April 22, 2024

cara daftar aplikasi transaksi BCA

BCA selalu hadir dengan berbagai inovasi terbaru demi memberikan kemudahan yang dapat dinikmati oleh para nasabahnya. Tidak saja hadir sebagai aplikasi penunjang transaksi secara personal, namun sekarang BCA juga sudah mengeluarkan aplikasi yang dapat digunakan untuk bertransaksi bagi para pelaku bisnis, atau mereka yang tergabung dalam merchant BCA. Di Indonesia sendiri gerai-gerai yang tergabung sebagai merchant BCA sudah cukup banyak, mulai dari bisnis skala kecil hingga skala besar.


Sebelumnya para pelaku bisnis cukup mengandalkan keberadaan mesin EDC, maupun layanan QRIS untuk bisa bertransaksi dengan konsumennya. Itu pun pengelolaannya masih terpusat dan mengandalkan pihak bank secara langsung. Namun saat ini pelaku bisnis bisa bertransaksi dengan cara yang lebih mudah dengan adanya aplikasi transaksi BCA, yang memang khusus ditujukan untuk para pelaku bisnis. Tentunya kehadiran aplikasi ini dapat membantu memudahkan pelaku bisnis dalam mengelola transaksinya.


Ada banyak keuntungan lainnya yang bisa didapatkan oleh pelaku bisnis dengan bergabung menjadi merchant BCA, diantaranya yang paling dasar adalah dalam hal mengelola transaksi pembayaran. Pelaku bisnis tidak perlu lagi melakukan transaksi secara langsung, namun cukup bertransaksi secara online saja.


Selain itu, tergabung menjadi merchant BCA juga memberikan dampak positif lainnya terhadap keberlanjutan bisnis yang sedang dijalani tersebut. Pelaku bisnis dapat menikmati fasilitas berupa mesin EDC, sekaligus QRIS, yang tentunya dapat membantu pelaku bisnis dalam bertransaksi, dengan memberikan beberapa metode pembayaran yang bisa dipilih oleh konsumennya. Kemudahan bertransaksi ini tentunya juga dapat mendongkrak penjualan.


Apalagi saat ini, dimana sudah banyak masyarakat yang lebih memilih melakukan transaksi keuangan berbasis cashless dibandingkan dengan membayar secara cash atau tunai. Masyarakat sudah merasakan bagaimana mudahnya bertransaksi tanpa perlu tarik tunai terlebih dahulu, namun cukup membayar belanjaan dengan mengandalkan sebuah kartu.


Lalu bagaimana caranya untuk bisa mendaftar aplikasi transaksi Merchant BCA ini? Berikut panduan mudahnya.


Cara Daftar Aplikasi Transaksi BCA


panduan cara daftar aplikasi transaksi BCA

  1. Pastikan sudah terdaftar sebagai merchant terlebih dahulu. Syarat utama yang penting untuk dipenuhi adalah sudah terdaftar sebagai pengguna merchant, baik dengan menggunakan layanan EDC, maupun memakai layanan QRIS yang telah ditawarkan oleh BCA. Jika belum terdaftar, maka sebaiknya daftarkan diri terlebih dahulu. Perlu diingat, bahwa aplikasi ini khusus diberikan untuk para pemilik usaha, dan bukan untuk personal.
  2. Punya kartu ATM BCA. Tentunya kartu ATM yang dimiliki bukan yang umum dimiliki oleh personal, melainkan yang secara khusus digunakan untuk merchant individual. Kartu ini akan dikeluarkan ketika kamu sudah tergabung dalam merchant sebelumnya, yang khusus digunakan dalam transaksi bisnis, yang tentunya berbeda dengan kartu ATM untuk transaksi personal lainnya.
  3. Telah mendaftarkan nomor handphone di BCA, yaitu nomor ponsel yang secara khusus digunakan untuk bertransaksi pada merchant BCA. Jika belum terdaftar, maka pastikan untuk mendaftarkan nomor handphone tersebut terlebih dahulu, karena untuk aplikasi transaksi BCA ini membutuhkan sebuah nomor khusus.
  4. Mendaftarkan alamat email pada saat mengajukan merchant yang baru. Kamu juga harus memiliki alamat email yang nantinya akan digunakan saat pendaftaran. Alamat email ini diperlukan, karena nantinya semua pemberitahuan atau notifikasi transaksi secara otomatis akan masuk ke dalam email tersebut. Jika melakukan pengajuan baru, namun dengan menggunakan alamat email lama yang sebelumnya sudah pernah digunakan untuk mengajukan transaksi, maka pihak BCA berhak melakukan penolakan permintaan pengajuan.
  5. Pengguna juga wajib memastikan kebenaran atas data yang diberikan pada saat pengajuan. Artinya tidak ada unsur penipuan atau pemalsuan data. Semuanya harus sesuai dengan data diri pribadi. Data administrasi ini akan berhubungan dengan banyak hal lain nantinya, sehingga perlu dipastikan jangan sampai ada yang keliru.
  6. Pastikan untuk mengunduh atau install aplikasinya terlebih dahulu. Jika kamu sudah melengkapi semua syarat yang diminta, maka bagian terpenting lainnya dalam pendaftaran ini adalah mengunduh atau menginstal aplikasi transaksi ini di ponselmu. Kamu bisa mengunduh aplikasi Merchant BCA dengan mudah, yaitu lewat Google Playstore untuk pengguna Android, dan lewat Appstore bagi pengguna iOS. Jangan khawatir, karena aplikasinya resmi dari BCA, sehingga aman untuk digunakan. Setelah selesai mengunduh, maka kamu bisa segera melakukan pendaftaran dengan mudah lewat aplikasi tersebut.

Aplikasi transaksi ini akan sangat membantu bisnismu ke depannya. Apalagi untuk para owner atau pemilik bisnis yang masih kebingungan dalam mengatur transaksi atau pemasukan usahanya. Transaksi berbasis digital ini justru jauh lebih mudah dikelola dibandingkan dengan transaksi tunai. Segera daftarkan merchant milikmu, dan download aplikasi transaksi dengan klik di sini bagi pengguna Android, sedangkan bagi pengguna iOS bisa klik di sini.

  • Share:

You Might Also Like

0 comments