Hidup Lebih Sehat dengan Sekai Rice Cooker Low Sugar

By Dewi Sulistiawaty - April 02, 2024

 Cara cegah diabetes dengan Sekai Rice Cooker Low Sugar

Tahu nggak sih, kalau negara kita berada di peringkat ke-5 sebagai negara dengan jumlah penderita diabetes terbanyak di dunia. Tentunya ini bukanlah sesuatu yang dapat dibanggakan. Justru kita harus lebih waspada, karena diabetes merupakan salah satu penyakit tidak menular yang dapat menyebabkan kematian. Bahkan diabetes berada di urutan 3 besar sebagai penyakit penyebab kematian tertinggi di Indonesia.

Dikutip dari data Kemenkes, yang diambil dari data International Diabetes Federation (IDF) tahun 2021, jumlah penderita diabetes di Indonesia mencapai angka 19,5 juta, dan diprediksi angka tersebut dapat saja bertambah menjadi 28,6 juta pada tahun 2045, jika persoalan diabetes ini tidak segera diatasi.

Fyi, diabetes merupakan penyakit menahun yang ditandai dengan kadar gula darah yang melebihi batas normal. Tingginya kadar gula dalam darah dapat mengakibatkan kerusakan organ tubuh, seperti pembuluh darah, saraf, ginjal, dan mata. Ada 2 jenis diabetes, yaitu diabetes tipe 1 dan diabetes tipe 2. Diabetes tipe 1 terjadi saat tubuh tidak bisa memproduksi hormon insulin yang berfungsi untuk mengatur gula darah, dan tak ada kaitannya dengan gaya hidup.

Sedangkan diabetes tipe 2 atau diabetes melitus disebabkan oleh gaya hidup yang kurang sehat, seperti kurangnya aktivitas fisik, sering mengkonsumsi makanan dengan kadar lemak dan gula yang tinggi, kegemukan, merokok, dan minum-minuman beralkohol. Diabetes melitus ini menjadi kasus diabetes terbesar yang banyak ditemukan di Indonesia.

Masalah diabetes ini tentunya bukan hanya menjadi pe er bagi pemerintah saja, namun juga bagi kita semua agar bisa bersama-sama untuk menanggulanginya. Caranya adalah dengan melakukan berbagai tindakan atau langkah pecegahan.

4 Langkah Mudah untuk Cegah Diabetes Melitus

1.    Rajin Melakukan Aktivitas Fisik

Lakukan aktivitas fisik olahraga

Sebenarnya rajin bergerak dan melakukan aktivitas fisik tak hanya baik untuk mencegah diabetes, namun juga dapat menjaga tubuh agar tetap sehat dan bugar, sehingga terhindar dari berbagai penyakit tidak menular lainnya. Ini karena aktivitas fisik dapat meningkatkan aliran darah, sehingga sel-sel dalam darah dapat bekerja dengan baik.  

Aktivitas fisik yang dilakukan pun tak harus dengan melakukan olahraga berat. Cukup dengan berjalan santai, atau mengerjakan pekerjaan rumah tangga, seperti mengepel, menyapu, mencuci, dan lain-lain. Lakukan aktivitas fisik ini secara rutin minimal 30 menit setiap hari.


2.  Rutin Mengkonsumsi Sayur dan Buah

Rajin makan sayur dan buah

Sama seperti aktivitas fisik, mengkonsumsi sayur dan buah tiap hari juga baik untuk kesehatan secara keseluruhan. Kandungan vitamin, mineral, dan serat pangan yang terdapat pada sayur dan buah dapat membantu pertumbuhan dan memelihara kesehatan tubuh, serta sebagai antioksidan atau penangkal senyawa jahat dalam tubuh.

Sebuah penelitian mengungkapkan adanya keterkaitan antara konsumsi sayur dan buah dengan kadar gula dalam darah. Hasil penelitiannya menyebutkan jika rutin mengkonsumsi sayur dan buah dapat menurunkan risiko terkena diabetes melitus.

Namun khusus bagi penderita diabetes, sebaiknya memilih sayur dan buah dengan indeks glikemik (IG) yang rendah untuk dikonsumsi, seperti bayam, kangkung, daun singkong, kembang kol, pir, belimbing, jambu air, dan apel. Dalam pengolahannya pun disarankan dengan cara dikukus, direbus, atau dijadikan salad, serta untuk buah sebaiknya dipotong dan dimakan langsung, dari pada dijadikan jus.


3.  Batasi Konsumsi Gula, Garam, dan Lemak

Batasi konsumsi gula, garam, lemak

Gula menjadi salah satu penyebab terbesar terjadinya diabetes, obesitas, dan kanker. Konsumsi garam berlebih juga dapat berisiko terkena hipertensi dan gangguan ginjal. Sedangkan kelebihan lemak dalam tubuh dapat menyebabkan penyumbatan pembuluh darah hingga berisiko terkena penyakit jantung dan stroke.

Ini bukan berarti kita tidak boleh mengkonsumsi makanan yang mengandung gula, garam, dan lemak. Namun sebaiknya dibatasi, seperti yang disarankan oleh ahli gizi, yaitu dalam 1 hari dibatasi sekitar 4 sendok makan gula (50gr), 1 sendok teh garam (5gr), dan 5 sendok makan lemak.


4.  Gunakan Peralatan Dapur yang Baik untuk Kesehatan

Pilih peralatan dapur yang baik untuk kesehatan

Di zaman modern yang sudah didukung dengan perkembangan teknologi terkini, peralatan dapur pun ikut mengalami kemajuan. Tak hanya menghemat waktu dan mempermudah kegiatan memasak, sekarang peralatan dapur juga hadir dengan beragam inovasi yang dapat menunjang gaya hidup sehat.  

Beberapa di antara peralatan dapur tersebut adalah smart fridge, food processor, press grill, steamer elektrik, steam oven, air fryer, microwave, toaster, dispenser pemurni air, chopper, mixer, blender, bread maker, hingga rice cooker. Keberadaan peralatan dapur ini sangat membantu dan mendukung gaya hidup sehat. Misalnya saja rice cooker keluaran Sekai, yang membantu mengurangi kadar gula pada nasi hingga 50%.


Lebih Sehat dengan Sekai Rice Cooker CMW 522 LS Serela dan CMW 720 LS Serela

Produk Sekai Rice Cooker CMW 522 LS Serela dan CMW 720 LS Serela

Bagi masyarakat Indonesia, nasi merupakan makanan pokok yang rutin dikonsumsi tiap hari. Rasanya tak afdol jika belum makan nasi. Namun nasi putih yang sering dikonsumsi ini ternyata mengandung kadar gula yang cukup tinggi, yang tentunya kurang baik untuk kesehatan, terutama bagi penderita diabetes.

Sebenarnya ada cara lain untuk menyiasatinya, seperti mengganti beras putih dengan beras merah, beras hitam, beras basmati atau shirataki, yang kadar gulanya lebih rendah. Namun harga keempat beras tersebut cukup mahal dibandingkan dengan harga beras putih. Belum lagi rasa nasinya yang sedikit berbeda dari nasi putih yang biasa dikonsumsi, sehingga masih banyak orang yang enggan untuk beralih ke beras alternatif tersebut.

Kehadiran #SekaiRiceCookerLowSugar dapat menjadi solusi terhadap permasalahan ini. Sekai Rice Cooker hadir dengan teknologi Low Sugar yang revolusioner. Teknologi ini diklaim mampu mengurangi kadar gula pada nasi hingga 50%, dengan cara memisahkan air tajin yang mengandung kadar gula tinggi dari nasi.

Inovasi terkini ini disematkan Sekai pada 2 produk rice cooker terbarunya, yakni Sekai Rice Cooker CMW 522 LS Serela dan Sekai Rice Cooker CMW 720 LS Serela. Kehadiran kedua rice cooker dengan inovasi terbarunya ini menjadikannya sebagai produk rice cooker low sugar pertama yang ada di Indonesia.


Keunggulan Sekai Rice Cooker CMW 522 LS Serela dan Sekai Rice Cooker CMW 720 LS Serela

Lebih Sehat dengan Teknologi Low Sugar

Pada Rice Cooker CMW 522 LS Serela dan CMW 720 LS Serela sudah dilengkapi dengan teknologi Low Sugar. Dengan adanya teknologi ini, air tajin yang dihasilkan saat proses memasak nasi akan dipisahkan dari nasinya, karena air tajin inilah yang mengandung kadar gula tinggi. Pemisahan air tajin dengan nasinya ini tak akan membuat rasa nasi akan berubah. Nasi yang dimasak tetap hasilnya pulen, lezat, dan tentunya lebih sehat, karena berkurangnya kadar gula hingga 50% pada nasi tersebut.

Inovasi terbaru dengan teknologi Low Sugar yang ada pada Sekai Rice Cooker telah lolos uji dan sudah memenuhi standar mutu yang tinggi. Ini terbukti dengan kemampuan produk ini dalam mengurangi kadar gula yang ada pada nasi hingga 50%, serta kalori hingga 46%. Tak heran jika kemudian Sekai Rice Cooker mendapatkan sertifikasi dari Komite Akreditasi Nasional (KAN) dan Qualis berkat teknologi Low Sugar nya tersebut.


Lebih Hemat Biaya

Mengapa disebut lebih hemat biaya? Coba bayangnya, misalnya kita mengganti beras putih dengan beras alternatif lainnya yang harganya lebih mahal. Jika dikalkulasikan harga pembelian beras alternatif ini secara rutin, tentunya akan lebih hemat lagi jika kita menggunakan Sekai Rice Cooker dengan sekali pembelian saja. Sekai Rice Cooker Low Sugar bisa dijadikan sebagai investasi murah untuk bisa menikmati nasi yang lebih sehat.

Begitupun dengan kamu yang sedang melakukan diet, yang sudah mengeluarkan biaya cukup mahal untuk membeli berbagai produk diet agar berat badan ideal dapat tercapai. Dengan Sekai Rice Cooker Low Sugar, dapat membantu menjaga berat badan ideal, terutama untuk mengurangi risiko obesitas dan diabetes.   


Memiliki Berbagai Fitur Canggih

Tak hanya unggul dengan teknologi Low Sugar, Sekai Rice Cooker CMW 522 LS Serela dan Rice Cooker CMW 720 LS Serela juga dilengkapi dengan berbagai fitur canggih, yang dapat membuat proses masak memasak menjadi lebih mudah, praktis, dan aman. Fitur-fitur tersebut di antaranya:

-      Multi-Cooking

Kedua Sekai Rice Cooker ini dapat digunakan untuk memasak berbagai macam hidangan, seperti memasak nasi (biasa), memasak nasi low sugar, memasak bubur, membuat sup, memasak bubur bayi, membuat kue, yogurt, hingga menghangatkan makanan. Cukup dengan menekan tombol fungsi memasak yang diinginkan pada panel kontrol yang terdapat pada masing-masing rice cooker-nya. Fitur ini tentunya dapat menghemat waktu memasak, anti-ribet, dan mengurangi penggunaan peralatan dapur yang berlebihan.

-      Panci Nanotech Anti Lengket

Kedua panci Sekai Rice Cooker Low Sugar terbuat dari bahan nanotech anti lengket yang sudah food grade (bebas PFOA & PFOS), sehingga lebih aman digunakan, dan dapat mencegah nasi menempel pada pancinya.

-      Pengukus Stainless Steel

Berbeda dengan kebanyakan pengukus yang terdapat pada rice cooker lain yang menggunakan bahan plastik, maka kedua Sekai Rice Cooker Low Sugar ini terbuat dari bahan stainless steel, yang tentunya lebih aman dan lebih sehat.

-      Smart Auto Cook

Khusus pada Sekai Rice Cooker CMW 522 LS Serela telah dilengkapi dengan fitur Smart Auto Cook, yaitu fitur yang berfungsi sebagai pengatur waktu saat mulai memasak dengan penundaan waktu hingga 6 jam.

-      Sekring Pengaman

Jika berhubungan dengan peralatan elektronik, tentunya masalah keamanan pun menjadi prioritas saat memilih produk. Pada kedua produk Sekai Rice Cooker ini sudah dilindungi dengan sekring pengaman, yang dapat melindungi rice cooker dari kerusakan akibat korsleting.

-      Anti Basi

Fitur ini tentunya jadi dambaan setiap orang ya, karena sering banget menemukan nasi yang cepat basi saat dimasak dengan rice cooker. Memasak nasi dengan Sekai Rice Cooker Low Sugar dijamin 24 jam nasi anti basi. Jika itu terjadi, bisa klaim garansi, dan nanti akan diganti dengan unit yang baru. Wow!


Desain Lebih Modern

Sekarang ini tak hanya fungsi produk saja yang menjadi daya tarik bagi pembeli, namun desain secara keseluruhan juga ikut jadi pendukung. Sekai Rice Cooker CMW 522 LS Serela dan CMW 720 LS Serela hadir dengan desain yang lebih modern dan elegan, yang tentunya dapat mempercantik ruang dapur.

Sekai Rice Cooker CMW-522 LS Serela

Untuk Sekai Rice Cooker CMW 522 LS Serela, didesain dengan bodi berbentuk persegi yang terlihat modern dalam 3 pilihan warna, yaitu hitam, merah, dan gold. Rice cooker tipe CMW 522 LS Serela memiliki kapasitas 2 liter yang cukup besar untuk digunakan sebagai rice cooker keluarga.

Sekai Rice Cooker CMW-720 LS Serela

Sementara Sekai Rice Cooker CMW 720 LS Serela, didesain dengan bodi berbentuk selinder yang lebih imut dan simpel. Rice cooker ini tersedia dalam 5 pilihan warna, yaitu hitam, putih, baby pink, hijau, dan ungu. Rice cooker tipe CMW 720 LS Serela memiliki kapasitas yang lebih kecil, yakni 1 liter, sehingga cocok buat penggunaan sendiri, maupun untuk dibawa traveling.  


Harga Bersahabat

Karena memiliki varian dengan kapasitas yang berbeda, kedua Sekai Rice Cooker dengan teknologi Low Sugar ini juga memiliki harga yang sedikit berbeda. Untuk Sekai Rice Cooker CMW 522 LS Serela yang berkapasitas 2 liter dibandrol dengan harga Rp.550.000, sedangkan untuk tipe CMW 720 LS Serela dengan kapasitas 1 liter dibandrol dengan harga Rp.450.000.

Kedua harga ini tentunya cukup ramah di kantong, apalagi dengan berbagai fitur canggih dan teknologi terkini yang diberikan pada kedua rice cooker tersebut. Untuk bisa memiliki Sekai Rice Cooker ini juga sangat mudah, karena bisa dibeli melalui toko elektronik online dan offline terpercaya yang ada di seluruh Indonesia. Untuk lebih mudahnya, kamu bisa membeli produknya secara online di Sekai Official Shop.


Pusat Servis Tersebar di Seluruh Indonesia

Jika terjadi kendala atau kerusakan pada barang elektronik yang kita beli, tentunya yang pertama kita cari adalah pusat servisnya. Nah, untuk pusat servis produk Sekai sudah ada dimana-mana, dan sangat mudah untuk ditemukan. Pusat Servis Sekai sudah tersebar di lebih dari 50 cabang di seluruh Indonesia. Jadi nggak perlu khawatir dan ribet untuk masalah servis produknya.


Garansi Servis Seumur Hidup

Satu lagi dari sekian banyak faktor seseorang dalam memilih produk adalah masa garansinya. Dipikiran kita, semakin lama masa garansi suatu produk, tentunya semakin terjamin kualitas dari produk tersebut, sehingga perusahaannya berani memberikan jaminan produknya selama itu. Percaya nggak, jika Sekai Rice Cooker memberikan garansi servis seumur hidup untuk produknya. Keren ya! Bahkan untuk elemen pemanasnya, Sekai memberikan garansi 5 tahun lho!

Itulah beberapa langkah mudah untuk mulai melakukan gaya hidup sehat, dan sebagai salah satu usaha kita untuk mencegah risiko terkena penyakit tidak menular, seperti diabetes, hipertensi, serangan jantung, stroke, kanker, dan PTM lainnya. Selain aktivitas fisik, rutin makan sayur dan buah, serta membatasi konsumsi gula, garam, dan lemak, kita bisa menyiasatinya dengan menggunakan produk peralatan dapur yang dapat mendukung gaya hidup sehat, seperti Sekai Rice Cooker Low Sugar.

  • Share:

You Might Also Like

0 comments