Solusi Perlindungan Jiwa dan Kesehatan untuk Keluarga Besar

By Dewi Sulistiawaty - Juni 30, 2022

 Asuransi bersama untuk keluarga besar

Saya terlahir dari keluarga besar, dengan sembilan orang saudara. Beberapa saudara saya tinggal di daerah yang berbeda, dengan saya dan dua orang adik berada di Jakarta. Sedangkan saudara yang lain, ada yang tinggal di Lampung, Palembang, Padang, dan Solok Selatan. Walaupun masing-masing kami sibuk dengan keluarga dan pekerjaannya, namun kami selalu berusaha untuk melakukan komunikasi melalui video call. 

Semenjak kedua orang tua saya berpulang, jalinan persaudaraan saya dengan saudara yang lain terasa semakin erat. Kami makin kompak hampir dalam segala hal. Apapun yang terjadi, selalu kami obrolkan bersama. Saya bahagia memiliki saudara-saudara yang santuy dan suka becanda. Tak ada yang namanya baper-baperan saat saudara yang lain ngeledekin sambil becanda. Semuanya dibawa seru dan menyenangkan.

Saat ada salah satu saudara yang sedang sedih, maka saya dan saudara yang lain akan mencoba menghiburnya, dengan harapan dapat mengurangi kesedihan tersebut. Begitupun saat ada yang sedang bahagia, kami pun akan ikut merasa bahagia. Namun terkadang kami suka sedih, karena sangat sulit untuk bisa berkumpul bersama. Pasti ada saja salah seorang yang nggak bisa datang, dan biasanya itu terhalang oleh pekerjaannya.

Beberapa bulan yang lalu, salah seorang adik perempuan saya yang tinggal di Padang tiba-tiba mengeluhkan nyeri di perutnya. Kami pun menyarankannya untuk segera memeriksakan diri ke dokter. Namun ia menolak dengan alasan, mungkin itu karena maag nya kumat. Kami pun tak bisa memaksa karena ia kekeuh nyeri yang dirasakannya tak begitu sakit.

Namun beberapa hari setelah itu, saudara saya yang tinggal di Solok Selatan menelpon, dan mengabarkan bahwa adik kami itu pingsan dan dibawa ke rumah sakit. Syukurnya saat kejadian tersebut, saudara saya yang tinggal di Solok Selatan lagi main ke Padang, sehingga bisa segera membawanya ke rumah sakit.

Saat sudah siuman dan dirawat di rumah sakit, adik saya pun diberondong dengan berbagai pertanyaan. Ternyata ia selalu muntah setiap kali menelan makanan. Akibatnya perutnya kosong selama beberapa hari ini. Nyeri di perutnya pun semakin menjadi-jadi. Makanya ia akhirnya tumbang saat itu. Yang membuat kami sekeluarga kaget adalah saat adik saya yang di Solok Selatan mengabarkan, bahwa dari hasil pemeriksaan, ternyata adik kami mengidap tumor usus. Deg!

Semua kaget seakan tak percaya. Di keluarga kami selama ini insya Allah nggak pernah mengalami penyakit yang berat begini, apalagi ketika mengetahui itu adalah tumor. Satu-satunya cara untuk mengobati penyakit ini adalah dengan operasi. Adik kami pun menjalani beberapa pemeriksaan untuk memastikan lagi jenis dan letak tumornya. Jika dijumlahkan, biaya untuk pemeriksaan dan operasinya lumayan menguras kantong. Apalagi mendengar kenyataan bahwa adik saya tidak memiliki satu asuransi pun. Fyi, adik saya tinggal di rumah peninggalan orang tua kami, dan melanjutkan usaha kontrakan orang tua kami.

Akhirnya kami pun patungan untuk membayar semua biaya tersebut. Semua tentu saja karena rasa sayang kami, serta supaya adik kami bisa segera dioperasi dan sembuh seperti sedia kala. Saya dan juga saudara lain yang berada jauh dari Kota Padang, sangat sedih karena tidak bisa datang ke Padang. Untungnya masih ada dua saudara saya yang tinggal di daerah Solok Selatan (jaraknya sekitar 3 sampai 4 jam perjalanan menggunakan kendaraan).

Keduanya secara bergantian menjaga dan merawat adik kami tersebut. Fyi, keduanya sudah memiliki keluarga. Mereka menitipkan anak-anaknya dengan suami dan ibu mertua mereka. Syukurlah, operasinya berjalan dengan lancar, dan adik kami pun bisa pulih seperti sedia kala. Kami pun saling berjanji, jika ada yang merasa sakit, walaupun itu terasa sepele, untuk segera memeriksakan diri ke dokter, dan mengabarkannya kepada saudara-saudara yang lain.

Setelah peristiwa tersebut, saya pun sempat berkhayal, andaikan saja saya bisa mengurus asuransi untuk  saudara-saudara saya, tentu semuanya akan lebih aman dan nyaman. Apalagi saat kejadian mendadak seperti kemarin, keberadaan asuransi yang bisa mencakup seluruh anggota keluarga besar akan benar-benar sangat membantu keuangan kami sekeluarga.


Prudential #MadeforEveryFamily

Prudential #MadeforEveryFamily

Seperti menjawab harapan saya, salah satu perusahaan asuransi terbesar di Indonesia, yaitu Prudential Indonesia hadir dengan kampanye Made for Every Family. Bersama dengan Prudential Syariah, Prudential Indonesia meluncurkan kampanye #MadeforEveryFamily dengan mengangkat tagline “Celebrating Togetherness”.

Kampanye ini resmi diluncurkan pada hari Jumat, 16 Juni 2022 di Gedung Hallf Patiunus, Jakarta. Hadir dalam acara ini Ibu Michellina L. Triwardhany selaku President Director Prudential Indonesia, Bapak Luskito Hambali selaku Chief Marketing & Communications Officer Prudential Indonesia, Bapak Philip Mulyana selaku Financial Coach dan Advisor, dan Mona Ratuliu sebagai selebritas dan influencer.

Asuransi Prudential untuk Keluarga Besar

Dalam acaranya ini saya mengetahui bahwa Prudential Indonesia dan Prudential Syariah hadir dengan kampanye Made for Every Family, yaitu sebuah kampanye yang memberikan perlindungan dengan cakupan yang lebih luas lagi bagi keluarga Indonesia. Jadi, saya bisa membeli polis asuransi, tak hanya untuk keluarga inti saya saja, namun juga bisa untuk saudara-saudara saya lain yang sedarah, walaupun kami berada di daerah yang berlainan.

Menurut Ibu Michellina atau yang akrab disapa Ibu Dhany, kampanye Made for Every Family ini hadir sebagai bentuk komitmen Prudential Indonesia dalam memperluas akses perlindungan kesehatan dan finansial bagi seluruh keluarga Indonesia. Jika biasanya hanya keluarga inti saja yang bisa menerima manfaat dari produk asuransi, maka dengan kampanye ini semua anggota keluarga yang sedarah di luar keluarga inti juga bisa mendapatkan manfaat dan pertanggungan dalam polis asuransi Prudential. Misalnya kakek dan nenek, orang tua, mertua dan menantu, pokoknya semua anggota keluarga yang sedarah.

Tentu saja kehadiran kampanye Made for Every Family ini sangat membantu dan dapat menjadi solusi bagi saya dalam memberikan perlindungan pada saudara atau keluarga besar saya. Kampanye ini mungkin juga sangat dinanti-nanti oleh keluarga yang lain. Apalagi saat pandemi mulai melanda. Seperti yang kita semua tahu, tak sedikit orang yang kehilangan orang-orang yang dicintainya, seperti orang tuanya, atau saudaranya.

Seperti yang dikatakan oleh Bapak Philip, bahwa selama pandemi, banyak lansia yang hidupnya bergantung pada anggota keluarganya yang masih produktif. Begitupun banyak juga dari mereka yang kehilangan pekerjaan akibat terdampak pandemi, sehingga mereka pun butuh bantuan dari anggota keluarga mereka yang lain. Sehingga menurut Bapak Philip kampanye Made for Every Family ini dapat menjadi salah satu solusi perlindungan jiwa dan kesehatan yang inklusif, serta tercapainya ketahanan finansial bagi seluruh keluarga.

Sependapat dengan Bapak Philip, menurut saya kampanye Made for Every Family dari Prudential Indonesia ini dapat membantu memperkuat kondisi finansial saya dan saudara saya yang lain. Mengingat saya dan saudara yang lain kemarin menggunakan dana darurat dan dana milik keluarga untuk membiayai pengobatan adik saya, sehingga membuat kondisi keuangan kami sedikit terguncang. Namun demi kesembuhan adik, tentu saja hal ini mesti kami kesampingkan terlebih dulu. 

Sepertinya apa yang saya alami hampir sama seperti yang dialami oleh Mona Ratuliu, yang selalu mengedepankan keluarga inti dan keluarga besarnya. Saat acara, Mona menceritakan bahwa ia dan suaminya membantu merawat dan membesarkan keponakannya, yang kehilangan orang tuanya saat berusia 2 tahun. Ia berupaya memberikan perlindungan pada keponakannya agar dapat tumbuh dengan baik dalam naungan dan kehangatan keluarganya. Menurut Mona, keluarga merupakan tonggak utama yang kokoh dan menjadi tempat bersandar bagi orang-orang yang ada di dalamnya. Yes, saya setuju dengan pendapat Mona!

Fyi, kampanye Made for Every Family ini berlaku untuk semua produk asuransi Prudential Indonesia dan Prudential Syariah. Diantaranya produk asuransi jiwa tradisional Syariah, PRUSolusi Kondisi Kritis Syariah (PKKS), yang menyediakan perlindungan untuk 60 jenis kondisi kritis, dan produk lainnya. Insya Allah, saya berkeinginan memberikan perlindungan untuk seluruh anggota keluarga, baik keluarga inti maupun keluarga besar saya dan suami.

Oiya, Prudential Indonesia juga menyediakan aplikasi avatar untuk keluarga, yang disebut Famvatar. Kita bisa membuat sendiri Famvatarnya, dan menyesuaikannya dengan karakter atau identitas masing-masing anggota keluarga. Famvatar ini juga bisa digunakan sebagai stiker. Bagi yang ingin membuat Famvatar ini bisa cuss ke sini yaa  http://bit.ly/wedofamilyID

PRU Famvatar sticker


  • Share:

You Might Also Like

5 comments

  1. Baru tau saya ttg kampanye ini. Bermanfaat banget buat keluarga besar. Makasih infonya ya Un

    BalasHapus
  2. Bagus banget kampanyenya prudential, bisa untuk proteksi keluarga besar kita

    BalasHapus
  3. Kampanye yg menarik. Pasti sangat dibutuhkan klrg besar

    BalasHapus
  4. Makasih infonya Mba, saya udah lama nyari kampanye kayak gini, soalnya saya juga dari keluarga besar, dan ingin bisa ngasih proteksi buat semua anggota keluarga

    BalasHapus
  5. Artikelnya sangat informatif, bisa jadi solusi buat memberikan perlindungan pada keluarga besar

    BalasHapus