Alasan Memilih Perangkat Tablet

By Dewi Sulistiawaty - Desember 09, 2021

 ADVAN Tab VX

“Mah, pengen punya tablet deh!” kata Najwa suatu hari.

“Buat apa? Kan udah ada hape,” jawabku heran.

“Buat sekolah. Kemarin pas PTM, gurunya ngasih materi dalam bentuk ppt gitu di WhatsApp Group kelas. Terus materinya disuruh baca, dan dilanjutin dengan ngerjain tugas yang ada di halaman terakhir. Aku agak kesulitan deh bacanya, karena layar hape kan kecil. Jadi tiap bentar mesti di-zoom in. Pas mau nyekrol, mesti di-zoom out lagi. Mayan mengganggu dan makan waktu juga,”ujar Najwa.

“Kalau gitu bawa laptop aja,” balasku lagi.

“Duh, berat kalau mesti bawa-bawa laptop, Mah. Tablet kan lebih ringan, layarnya cukup besar. Lebih praktis untuk dibawa-bawa. Tablet juga bisa dipasangin SIM Card, jadi bisa langsung internetan dari tabletnya, gak perlu tethering,” jelas Najwa.

“Ntar kan Mama juga bisa tuh pakai tabletnya buat nonton film. Selama ini Mama nonton film pake hape kan. Lebih nyaman pake tablet, Mah, layarnya lebih gede,” jawab Najwa lagi sambil merayu.

“Hmm, oke. Mama pertimbangin dulu ya, penting atau nggak beli tabletnya,” pungkasku.

---

Begitulah percakapanku dengan Najwa, yang sudah sebulan lebih mulai menjalani Pembelajaran Tatap Muka Terbatas (PTMT) di sekolah. Digitalisasi yang masif terjadi selama pandemi, dan mau tak mau “memaksa” semua orang untuk mengalihkan aktivitasnya ke online via perangkat digital, telah menyebabkan beberapa guru Najwa pun menerapkan pemberian materi dan tugas lewat berbagai platform digital. Bahkan aktivitas digital ini pun masih berlanjut hingga sekolahnya mulai melaksanakan PTMT.

Selama ini Najwa selalu memanfaatkan laptop yang ada di rumah untuk melaksanakan PJJ dan mengerjakan tugas-tugasnya. Sesekali saja ia PJJ menggunakan smartphone, itu pun jika ia tahu guru yang mengajar tidak akan share materi. Karena kalau gurunya share materi, apalagi mata pelajaran Matematika, pasti materi yang ditampilkan nggak begitu kelihatan kalau menggunakan smartphone, dan mesti di-zoom in. Pokoknya repot deh.

Namun karena PTMT sudah dimulai, jadi ia hanya membawa hape dan perlengkapan belajar lainnya ke sekolah. Membawa laptop memang cukup memberatkan. Apalagi ukuran laptop yang ada di rumah cukup besar untuk dibawa-bawa. Jika tablet ini berguna untuk membantu Najwa dalam belajar, aku mesti mempertimbangkannya dengan baik. Well, mengapa sih mesti tablet? Begini pertimbanganku.

 

Kenyamanan dalam Sebuah Perangkat Tablet

ADVAN Tab VX 8GB

Layar yang lebih lebar hampir menyerupai layar laptop, dan ringan seperti smartphone. Itulah gambaran yang tepat untuk sebuah tablet. Perpaduan keduanya membuat tablet menjadi perangkat yang lebih portable untuk dibawa kemana-mana, baik untuk belajar di sekolah, kantor, maupun aktivitas lainnya.

Layarnya yang cukup lebar tentu dapat membuat mata lebih nyaman, baik saat membaca teks, menonton, bermain games, dan lain sebagainya. Walaupun ukuran layarnya tidak lebih besar dari layar laptop, namun ini sudah cukup nyaman dibandingkan ukuran layar smartphone yang biasanya maksimal berukuran 7 inch.

Begitupun dengan laptop, yang biasanya cukup berat untuk dibawa-bawa. Tablet cenderung memiliki berat yang lebih ringan, dan nyaman untuk dibawa dan diselipin disela-sela buku. Sekarang pun sudah tersedia tablet dengan spesifikasi yang hampir setara dengan spesifikasi yang dimiliki oleh sebuah laptop.

Karena tablet merupakan perpaduan antara smartphone dan laptop, maka kelebihan lain yang dimilikinya adalah tersedianya slot untuk SIM Card layaknya smartphone. Jadi tanpa perlu tethering, sebuah tablet bisa diajak untuk berselancar di dunia maya, tentu saja setelah membeli paket data internet sesuai SIM Card yang terpasang di dalamnya. Dengan begitu, urusan berkomunikasi pun bisa dilakukan pada sebuah tablet, seperti menelepon, video call, dan lain-lain.

Trus satu lagi nih, karena tablet ini hampir menyerupai laptop, dia juga bisa bekerja layaknya laptop. Salah satunya adalah presentasi. Biasanya kan jika ingin presentasi kita menggunakan laptop. Nah, ternyata tablet juga bisa, lho. Jadi berasa keren ya, kalau presentasinya menggunakan tablet.

Nah, karena tablet ini seperti smartphone dengan ukuran layarnya yang besar, jadi kita juga bisa download berbagai macam aplikasi yang biasa kita download di smartphone. Iyap, karena tablet juga menggunakan sistem operasi seperti Android dan sejenisnya. Biasanya kan banyak aplikasi yang tersedia untuk Android. Ini jadi keuntungan tersendiri jika memiliki sebuah tablet. Jadi kesimpulannya, tablet ini sangat bermanfaat dan bisa digunakan untuk menunjang aktivitas sehari-hari.

Nah, sekarang saatnya untuk memilih tablet seperti apa yang cocok untuk digunakan oleh Najwa. Kalau bisa sih yang harganya terjangkau, namun fitur dan spesifikasi yang dimilikinya cukup untuk menunjang aktivitas belajarnya. Setelah membaca berbagai review dan mencari info di beberapa ecommerce, akhirnya pilihanku jatuh pada Advan Tab VX.

 

Mengapa Advan Tab VX?

Spesifikasi ADVAN Tab VX

Pertama yang aku perhatikan dari Advan Tab VX ini, ia memiliki ukuran RAM yang cukup besar, yaitu 8GB, dengan kapasitas 128GB ROM yang masih bisa di-up hingga 2TB menggunakan eksternal memory. Dengan ukuran RAM yang besar dan ROM yang masih bisa di-up hingga 2TB (jika perlu), menurutku sudah cukup untuk membantu aktivitas belajar Najwa. Beberapa aplikasi bisa dibuka sekaligus tanpa kendala. Begitupun dengan file-file yang dapat disimpan tanpa perlu merasa khawatir akan kehabisan ruang penyimpanan.

Selain itu, untuk membantu kinerjanya agar bisa bekerja dengan baik, pada Advan Tab VX ini ditanamkan prosesor chipset Unisoc Tiger 618. Prosesor satu ini merupakan prosesor tipe yang terdepan dalam pengolahan gambar hingga 60 fps dan AI. Sehingga hasil output video yang nampak pada layar akan lebih halus dan tajam. Jadi tambah nyaman deh kalau dipakai buat nonton video atau main games, hehe….

Ukuran layarnya tentu saja nggak perlu dipertanyakan lagi, karena memang inilah yang menjadi alasan Najwa untuk bisa memiliki sebuah tablet. Dengan ukuran layar 10.4 inch, itu sudah cukup besar untuk melihat berbagai materi di layar, dan mengerjakan tugas-tugasnya dengan nyaman. Di tambah lagi layar Advan Tab VX ini didukung dengan resolusi WUXGA+ (2000 x 1200 pixel), sehingga layarnya terlihat lebih tajam dan jernih.

Satu lagi nih yang penting banget, yaitu baterainya. Kapasitas baterai pada Advan Tab VX ini cukup besar, yaitu 6200 mAh. Menurutku ini lumayan besar untuk menemani aktivitas belajar dan aktivitas lainnya seharian. Kan nggak enak juga, saat sedang asik belajar atau nonton film di tablet, trus tiba-tiba lowbat. Serta kualitas speaker juga mesti diperhitungkan juga, karena akan sangat menganggu saat mendengarkan presentasi, nonton film, maupun main games jika suara speakernya kecil atau noise gitu. Advan Tab VX ini hadir dengan Quad Speakers atau 4 speaker di setiap sudut tabletnya. Jadi berasa live gitu dong ya.  

Beberapa spek lainnya adalah tersedianya dual SIM Cards, Sistem Operasi/ OS sudah Android 11, tersedia fitur Bluetooth 5.0, WIFI a/b/g/n/ac, serta resolusi kamera depan 5.0MP dan kamera belakang 8.0MP Auto Focus. Kalau diperhatikan, semua spesifikasi yang dimiliki Advan Tab VX ini cocok untuk memenuhi dan menunjang kebutuhan Najwa dalam belajar. Plus nanti aku juga bisa memanfaatkan Advan Tab VX ini untuk streaming film dan main games, hehe….

Kelebihan ADVAN Tab VX

Lalu berapa nih aku mesti ngerogoh kocek untuk bisa memiliki Advan Tab VX ini? Aku cek en ricek di beberapa ecommerce, harganya berada dikisaran Rp3.499.000,-. Menurutku harganya cukup terjangkau dengan spesifikasi serta performa yang diberikannya. Apalagi dapat bonus berupa flip case dan kuota internet sebesar 90GB yang berlaku hingga 1 tahun. Komplit deh!

Itulah beberapa alasan mengapa akhirnya aku memilih Advan Tab VX. Harga yang cukup terjangkau, ditunjang dengan beberapa fitur dan spesifikasi yang berkelas. Why not! Advan Tab VX cocok digunakan oleh para pelajar, mahasiswa, maupun para pekerja dalam membantu aktivitas sehari-hari.  

  • Share:

You Might Also Like

0 comments