Pekerjaan Rumah Tangga yang Sering Malas Dikerjakan

By Dewi Sulistiawaty - November 28, 2021

AVARO X1 +UVC Robotic Vacuum Cleaner

Yuuk, bu ibu ngumpul siniii…eh atau para wanita dan juga bapack-bapack yang biasa mengerjakan pekerjaan rumah tangga, rumpi sini yuuk :D Kali ini saya pengen ngobrolin tentang pekerjaan di rumah yang nggak ada habis-habisnya. Mari curhat bareng saya mengenai pekerjaan rumah tangga apa aja yang selalu malas untuk dikerjakan, dan kalau bisa ditunda-tunda mulu ngerjainnya, wkwk….

Apalagi sekarang ditambah dengan menemani anak ngejalanin Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). Seperti saya yang mesti membantu anak mengambil video plus mengeditnya, mengajarinya beberapa pelajaran yang dia kurang mengerti karena ada beberapa gurunya yang jarang zoom, atau mendampingi anak melakukan tugas praktik lainnya, seperti praktik IPA, Prakarya, dan SBK. Huuuff….

Sebelum ada PJJ aja, terkadang (baca: sering, hihi) saya masih suka malas-malasan mengerjakan beberapa pekerjaan rumah, seperti menyetrika, ngepel rumah, dan masak. Apalagi ditambah PJJ, waktu 24 jam sepertinya nggak cukup untuk menyelesaikan semua pekerjaan rumah. Bahkan waktu rasanya berjalan begitu cepat. Sampai berkhayal, andaikan punya kantong Dora Emon, atau punya ilmu Kage Bunshin no Jutsu-nya Naruto. Pasti semua pekerjaan ini bisa diselesaikan dengan mudah dan cepat. Hayoo, siapa yang juga mikirnya kayak saya :D

Well, sejak pemberlakuan Work From Home (WFH) dan PJJ, “kemalasan” ini makin bertambah-tambah aja. Kegiatan membersihkan rumah dan dan menjemur pakaian pun masuk dalam list pekerjaan rumah yang suka aku tunda-tunda, hiks. Sepertinya waktu seharian sudah habis untuk WFH sekaligus mendampingi dan membantu anak selama PJJ.

Makanya sedih deh, kalau masih aja ada yang menganggap pekerjaan rumah tangga itu pekerjaan yang sepele Coba aja bu ibu pergi seharian, dan meninggalkan anak bersama dengan bapaknya di rumah. Dijamin yang diurus bapaknya hanya urusan makanan alias perut mereka aja, wkwk. Pas ibunya pulang ke rumah, tetap aja ibunya yang beresin semua pekerjaan, plus kemungkinan rumah yang berantakan XD

So, berikut deretan pekerjaan rumah tangga yang biasanya malas dikerjakan.

 

Pekerjaan Rumah Tangga yang Biasanya Malas Dikerjakan

1. Menyetrika

AVARO X1

Menyetrika merupakan salah satu pekerjaan rumah tangga yang paling malas saya kerjakan. Entah mengapa pekerjaan satu ini sangat membosankan bagi saya. Mungkin karena pekerjaannya hanya duduk diam di tempat, yang menyebabkan boko*g jadi pegel, serta panas dari setrika yang menyebabkan hawa di sekitarnya terasa hareudang. Belum lagi saya mesti merapikan pakaian yang akan disetrika, memposisikannya dengan baik dan benar agar mudah disetrika.

Lagian menyetrika pakaian dapat ditunda entar-entar, karena nggak mendesak, sehingga nggak jadi prioritas juga untuk dikerjakan. Kalau pun terpaksa, palingan yang disetrika duluan pakaian seragam sekolah anak-anak dan bapaknya. Hayo ngaku siapa yang juga nggak menyetrika pakaian yang biasa dikenakan di rumah, wkwk *toss lah kita. Sedarurat-daruratnya, ya pakai jasa laundry, beres! Pengennya sih pakai jasa laundry terus ya, namun nggak mungkin juga kaan. Lama-lama bisa jebol juga uang belanja. Mending uangnya ditabung dan dipakai buat kebutuhan yang lain, wkwk *jiwa mak emaknya keluar XD

2. Menjemur Pakaian

AVARO X1

Sebenarnya mencuci pakaian, menjemur, dan menyetrika merupakan satu paket pekerjaan ya. Namun untuk mencuci, ada mesin cuci yang benar-benar memudahkan saya dan kita semua dalam membereskan pekerjaan satu ini. Kita bisa meninggalkan cucian semalaman, dan keesokan paginya udah beres aja. Masalahnya adalah setelah pakaian dicuci mesti dijemur lagi.

Saya sendiri nggak tahu mengapa saya malas menjemur pakaian. Apa karena saya malas membolak-balikkan pakaiannya atau ada hal lain. Tapi saya senang kalau mendapatkan harta karun saat memeriksa kantong-kantongnya, buakaka….     

3. Memasak

AVARO X1

Sebenarnya saya suka memasak. Pekerjaannya nggak terlalu monoton kayak menyetrika. Saya bisa betah berjam-jam di dapur, menyibukkan diri membuat masakan atau nge-baking. Melakukan beberapa eksperimen terhadap resep yang mau saya coba. Kayaknya mengasyikkan aja ketika menyaksikan makanannya selesai dimasak, apalagi jika hasilnya sesuai dengan keinginan. Dijamin puas dan ada perasaan bahagia, walau lelah.

Namun walau saya suka masak, bukan berarti saya rajin masak ya, hihi. Saya itu orangnya moody-an. Kalau lagi pengen masak, ya baru masak. Kalau nggak, ya nggak. Kalau pun terpaksa masak, saya akan melakukannya, namun tak dijamin rasanya seperti apa, wekeke. Apalagi beberapa waktu belakangan ini, saya yang keteteran dengan pekerjaan lain, lebih memilih untuk membeli makanan secara online aja.

Bersyukurlah dengan kemajuan teknologi digital, sehingga apapun tersedia secara online, termasuk makanan. Alih-alih repot memasak atau pergi membeli makanan keluar, kita bisa memesannya lewat aplikasi. Walau kekurangannya orang-orang jadi mager, dan kalau keseringan lumayan bikin dompet jebol juga. Apalagi bagi yang punya anggota keluarga lumayan banyak.

4. Mencuci Piring

AVARO X1

Bagi sebagian kamu mungkin pekerjaan mencuci piring termasuk pekerjaan yang merepotkan ya. Saya juga berpikirnya begitu. Apalagi kalau piring dan peralatan makan dan masak yang mau dicuci cukup banyak. Ditambah lagi jika ditumpukan piring tersebut masih ada sisa makanannya, beuuh, jadi tambah malas deh “beresin” piringnya.

Di rumah, untuk menghindari tumpukan piring kotor yang bikin malas nyucinya, saya dan keluarga terbiasa untuk mencuci langsung semua peralatan makan yang telah dipakai. Begitupun saat saya memasak. Disela memasak, saya usahakan untuk mencuci peralatan masak yang sudah kotor. Jadi nggak ada yang namanya peralatan masak kotor yang numpuk di bak cuci piring. Ketika memasak beres, dapur pun beres alias bersih.

5. Membersihkan Rumah

Robotic Vacuum Cleaner

Menyapu lantai lalu mengepelnya merupakan salah satu pekerjaan rumah yang biasanya malas dikerjakan. Mengapa? Capek euy! Eh, atau malas? wkwk. Selain menyita waktu dan tenaga, membersihkan rumah sama saja dengan bermain dengan debu dan kotoran. Mungkin inilah alasan saya malas membersihkan rumah.

Apalagi kalau saya pikir rumah nggak begitu berantakan dan kotor, kegiatan membersihkan rumah pun pasti akan ditunda-tunda esok ntar esok ntar XD Kalau pun terpaksa, saya palingan akan menyapu bagian lantai yang nampak aja. Bagian bawah meja, bangku, kasur, dan lemari entah kapan akan dibersihkan, huhu… jangan ditiru yaa.

Namun sejak ada robot pembersih lantai, sekarang pekerjaan membersihkan rumah yang biasanya malas dikerjakan ini bisa menjadi lebih mudah. Saya mengetahui alat pembersih ini saat viral beberapa waktu lalu, dan salah seorang teman mempostingnya di media sosial. So, saya jadi tertarik untuk mencobanya, karena review teman tersebut positif terhadap alat ini.

Dari sinilah saya mulai berkenalan dengan AVARO X1, sebuah robot pembersih lantai dan karpet. Mengapa saya memilih AVARO X1? Seperti mak emak lainnya, yang pengen produk berkualitas namun harga terjangkau, inilah yang menjadi alasan saya memilih AVARO X1 Robotic Vacuum Cleaner. Eh, ada sih yang lebih murah, tapi spesifikasinya nggak sesuai keinginan saya, trus ada juga yang reviewnya kurang bagus.

Seperti biasa, saya kalau memilih suatu produk, pasti akan saya teliti dan survei dulu. Karena meskipun saya mencari produk yang murah, namun saya nggak mau juga mendapatkan produk yang murahan. Yang ada malah nyesel ntar. Untuk lebih tahu mengapa saya memilh AVARO X1, sebaiknya saya jembrengin aja ya, spesifikasi dan keunggulan AVARO X1 ini.

AVARO X1 +UVC Robotic Vacuum Cleaner

Spesifikasi dan Keunggulan AVARO X1 Robotic Vacuum Cleaner

AVARO X1 +UVC Robotic Vacuum Cleaner
















1. Kapasitas Baterai Besar & Auto-Charging

Dengan kapasitas baterai 5200mAh, AVARO X1 ini mampu bekerja hingga 200 menit atau lebih dari 3 jam. Nah, yang paling saya suka tuh, kalau baterainya udah mau abis, dia bisa charging otomatis pada docking-nya secara mandiri. Fitur ini membantu banget, karena saya nggak perlu mengecek baterainya setiap saat. Jadi saya bisa fokus mengerjakan pekerjaan yang lain.

2. Penampung Debu Besar

Selain baterai yang cukup besar, AVARO X1 juga punya tempat penampung debu dan kotoran yang besar, yakni 300ml. Dengan begitu, saya nggak perlu tiap sebentar membersihkan penampungnya dulu. Penampungnya bisa digunakan hingga lebih dari 2 mingguan lho!

3. Ultraviolet C (UVC)

Bagi yang tahu dengan UVC atau sinar ultraviolet C, pasti tahu juga apa manfaatnya kan. Yap, UVC mampu membunuh partikel kecil, seperti virus dan kuman dalam waktu singkat. Produk dengan UVC sangat popular di masa pandemi ini. Nah, pada AVARO X1 Robotic Vacuum Cleaner ini ternyata disematkan UVC juga. Inilah yang menjadi nilai plus lain dari AVARO X1, sehingga saya memilihnya.

4. Anti Terbentur dan Jatuh

Pada AVARO X1 udah ditanami teknologi berupa AI Sensor, sehingga saat produknya bekerja, saya nggak perlu cemas dia akan membentur benda-benda yang dilaluinya, atau terjatuh dari tangga gitu. Jadi nggak perlu takut si robot AVARO X1 rusak terbentur perabotan maupun takut kalau perabotannya rusak oleh si AVARO X1. Begitupun kalau dia sampai di area tangga. Nggak seru dong kalau sampai si AVARO X1 nya jatuh dari tangga, trus rusak. So, dengan ada AI Sensornya, saya pun nggak perlu repot-repot ngawasin si AVARO X1.

5. Daya Hisap Vakum Kuat

Kalau spesifikasi satu ini penting banget nih. Karena tujuan memiliki robotic vacuum cleaner itu adalah untuk membersihkan lantai kan. Kalau daya hisapnya kurang, berarti kurang bersih juga dong kerjanya. Makanya saat tahu kalau AVARO X1 punya daya hisap yang kuat, yaitu 2.700PA, pilihan saya pun makin mantap sama si AVARO X1.

Dia bisa bersihin lantai dan karpet mulai dari remah-remah, debu, hingga bulu hewan yang nempel di karpet. AVARO X1 ini juga mampu memanjat dari lantai ke karpet hingga ketinggian maksimal 2cm. Jadi bisa dipastikan lantai dan karpet disapu bersih sama si AVARO X1.

6. Anti Slip

Pada roda AVARO X1 dilengkapi dengan sabuk anti-slip, yang dirancang dapat bekerja optimal pada lantai licin dan basah. Jadi saat AVARO X1 beroperasi, dia bisa bekerja dengan aman dan stabil.

7. Penjadwalan Otomatis dengan Aplikasi

Ini satu yang keren, yang buat saya naksir sama AVARO X1, yaitu dia ternyata ada aplikasinya juga lho! Jadi saya bisa mengontrol AVARO X1 lewat aplikasi. Jika ingin mengatur jadwal kerja si AVARO X1, saya cukup melakukannya dari smartphone lewat aplikasinya. Ini baru namanya kerja praktis dan efisien.  

8. Mopping Function

Satu lagi nilai plus si AVARO X1 adalah selain menyapu alias menghisap kotoran dan debu di lantai, dia juga bisa digunakan untuk mengepel lantai. Dengan tanki air 250ml, si AVARO X1 mampu mengepel ke bagian-bagian lantai yang biasanya tak terjangkau oleh saya. Mantap kan. Jadi dua pekerjaan bisa dikerjaan AVARO X1 sekaligus. Ini benar-benar membantu meringankan pekerjaan saya di rumah.

9. Anti Noise

Ssttt, quiet! Sebel banget ya kalau ada peralatan atau mesin yang berisiknya bikin polusi suara. Seperti mesin air di rumah nih, yang kalau udah bekerja, lumayan mengganggu suara mesinnya. Untung mesinnya udah dipindahin keluar rumah, walau masih ada sedikit noise. So, kehadiran si AVARO X1 dengan anti noise-nya, tentu akan disambut dengan baik di rumah. Jika ada debay yang nginap di rumah pun berarti aman dari suara AVARO X1, dan nggak ganggu konsentrasi si kecil juga yang sedang belajar atau PJJ.

AVARO X1 +UVC Robotic Vacuum Cleaner

Itu beberapa spesifikasi dan keunggulan yang dimiliki AVARO X1 Robotic Vacuum Cleaner, yang membuat saya akhirnya memilih dia untuk dijadikan “asisten rumah tangga”. Avaro X1 ini malah dapat membantu saya membersihkan lantai hingga ke bagian sudut yang biasanya tak terjangkau oleh saya. Sebenarnya ada spesifikasi lainnya yang lebih detail, seperti ukuran dimensinya 356 x 250 x 193mm, bahannya terbuat dari plastik ABS, hardware, dan silicagel, kecepatan jalannya 0,3m/s, dan banyak lagi spesifikasi detail lainnya. Namun saya cukup berikan secara garis besarnya aja, yang menjadi pertimbangan penting saat membeli sebuah robotic vacuum cleaner.

Setelah cerita atau lebih tepatnya curhatan saya mengenai pekerjaan rumah tangga yang biasanya malas dikerjakan ini, apakah ada yang mau curhat mengenai pekerjaan rumah tangga lainnya selain list di atas yang biasanya malas kamu kerjakan? 


  • Share:

You Might Also Like

0 comments