Aturan Main Uno Stacko, Game Keluarga yang Seru

By Dewi Sulistiawaty - Oktober 29, 2021

cara bermain game uno stacko
Pic source: sinyalandroid.com

Rindu game yang bisa melatih motorik dan konsentrasi? Uno Stacko jawabannya. Aturan main Uno Stacko sebenarnya sangat sederhana dan mirip dengan permainan anak-anak zaman dulu. Apa itu Uno Stacko? Uno Stacko adalah permainan yang notabenenya mengharuskan pemain untuk mengambil balok tanpa merusak tatanan balok tersebut. 

Uno Stacko bisa mengalihkan fokus orang pada game-game virtual melalui layar gadget.  Uno Stacko terdiri dari balok-balok yang harus disusun sedemikian rupa sehingga mirip menara, dan siapa pemain yang meruntuhkannya dinyatakan kalah. Di tengah maraknya permainan virtual dan game online yang hanya dimainkan menggunakan layar HP atau laptop saja, Uno Stacko menawarkan keseruan yang berbeda. 

Para pemain harus menyusun balok-balok yang terdiri dari beberapa jenis, dan menjaganya agar tidak runtuh. Pemenangnya adalah pemain yang berhasil menarik balok tanpa membuat menara runtuh. Uno Stacko sangat seru dimainkan bersama keluarga maupun teman-teman, sehingga wajar kalau semakin diminati dan digandrungi.


Jenis dan Komponen Balok Uno Stacko

Sebelum membahas tentang bagaimana cara bermain Uno Stacko, kenali dulu jenis dan komponen balok-baloknya supaya lebih mudah memainkannya.

1. Jenis Balok pada Uno Stacko

Balok pada permainan Uno Stacko terdiri dari lima jenis, yaitu:

a. Balok Angka 

Memiliki angka pada setiap sisinya dimulai dari 1 sampai 4, dan terdiri dari 4 warna, yaitu biru, merah, kuning, dan hijau.

b. Balok Skip

Memiliki lambang lingkaran yang dicoret di masing-masing sisinya. Pemain tidak akan mendapat giliran bermain kalau memperoleh balok ini.

c. Balok Reserve atau Turn Around

Balok dengan gambar dua anak panah berlawanan yang artinya pemain yang mendapatkannya giliran bermainnya akan diputar balik.

d. Balok Wild

Balok warna ungu ini bisa diambil kapan saja oleh pemain. Balok Wild membuat pemain yang mengambilnya bisa menentukan warna balok apa yang harus diambil oleh pemain selanjutnya.

e. Balok Draw Two

Memiliki gambar dua kotak di masing-masing sisinya. Pemain yang mendapatkannya harus mengambil 2 balok dengan warna sama.

 

2. Komponen Balok Uno Stacko

Nah, komponen balok pada Uno Stacko, yaitu:

·      Balok Skip     : 4

·     Balok Reverse : 4

·     Balok Wild     : 1

·     Balok Draw    : 4

·     Balok Merah  : 8

·     Balok Hijau    : 8

·     Balok Kuning : 8

·     Balok Biru      : 8

 

Cara Bermain Uno Stacko

Memainkan Uno Stacko sangat mudah dan cocok dimainkan disela-sela kesibukan. Ingin mencobanya? Silahkan simak dulu bagaimana cara main Uno Stacko tersebut. Caranya adalah:

1. Pemain harus mengambil balok hanya dengan menggunakan 1 (satu) tangan saja, bahkan ada juga yang memakai aturan bahwa balok hanya boleh diambil dengan dua (2) jari. 

2. Seperti penjelasan pada jenis balok di atas maka pemain harus mengikuti simbol-simbol atau gambar yang terdapat pada balok yang diambilnya.

3. Pemain hanya diperbolehkan untuk mengambil balok-balok yang berada pada susunan bagian bawah saja. Pemain dilarang mengambil balok yang ada pada level 1-3 dari atas.

4. Balok pertama yang diambil oleh pemain haruslah balok dengan angka, tidak boleh balok yang menggunakan simbol.

5. Pemain yang meruntuhkan susunan balok atau menara wajib untuk menata dan menyusunnya kembali seperti sedia kala supaya bisa dimainkan lagi.

Itulah aturan main dari Uno Stacko yang bisa kamu pelajari. Uno Stacko sangat seru dimainkan bersama keluarga di rumah, ataupun dengan teman-teman dengan jumlah pemain maksimal 10 orang. Dengan aturan main Uno Stacko yang cukup mudah, serta keseruan bermain dengan keluarga atau teman memang membuatnya sangat digemari.



  • Share:

You Might Also Like

0 comments