Ingin Membuat Es Doger? Ini Resep Es Doger yang Harus Dicoba

By Dewi Sulistiawaty - September 25, 2020

resep es doger segar
Es doger
(Source: review.bukalapak.com)

Es doger adalah minuman manis asal Cirebon berbahan dasar santan, susu kental manis, dengan toping tapai ketan hitam dan roti tawar yang sangat populer di kalangan anak-anak sekolah.

Pastinya kamu tahu dong dengan minuman yang satu ini. Meski berasal dari Cirebon, saat ini es doger dapat ditemukan dengan mudah di kota-kota besar lainnya di Indonesia. Misalnya di kota Jakarta, Malang, Surabaya, bahkan di seluruh Indonesia, minuman es doger ini sudah bisa ditemukan deh.

Es doger juga bisa menjadi minuman penyegar suasana yang cocok untuk disajikan saat acara keluarga. Apalagi minuman manis yang memiliki warna yang menggoda ini memang digemari semua kalangan. Dari anak-anak, sampai orang tua bisa menikmati kesegaran es doger, harganya juga sangat bersahabat di kantong.

Kamu juga bisa membuat Kreasi Sarapan dan Minuman Sehat

Resep Es Doger

Nah, untuk kamu yang mau menikmati minuman yang satu ini, kamu tidak perlu selalu membelinya. Karena kamu bisa mencoba untuk membuatnya sendiri di rumah. Cara membuatnya juga ternyata cukup praktis dan mudah. Langsung saja, simak resep es doger segar di bawah ini.

Bahan-bahan Es Doger

Bahan untuk membuat es doger ini akan dibagi menjadi dua bagian. Kamu bisa memakai merk susu kental manis favoritmu. Untuk bahan pewarnanya juga bebas mau memakai pewarna brand apa. Hanya pastikan pewarnanya adalah pewarna makanan. Kamu bahkan bisa menggunakan topping sesuai seleramu sendiri.

Bahan Es

Siapkan 1200 ml santan, 300 gram gula pasir, pewarna makanan merah rose, dan susu kental manis secukupnya.

Bahan Toping

Kamu bisa menyiapkan 100 gram tapai ketan hitam yang sudah masak, 100 gram tapai singkong, roti tawar yang sudah dipotong menjadi dadu, dan 200 gram daging kelapa muda yang sudah dikerok. Kamu juga bisa menambahkan pacar cina dan agar-agar.

Cara Membuat Es Doger

1. Pertama-tama siapkan wajan lalu masukkan 1200 ml santan dan 300 gram gula pasir. Jika kamu suka lebih manis, kamu bisa menambahkan gula pasirnya. Kemudian nyalakan api kecil cenderung sedang, lalu masak santan hingga mendidih. Jangan lupa untuk terus mengaduk-aduknya secara perlahan-lahan agar santan tidak pecah.

2. Jika santan sudah mendidih, masukkan pewarna makanan merah rose secukupnya. Setelah itu masukkan adonan tersebut ke dalam wadah atau mangkuk besar. Tutup wadah lalu dinginkan di dalam freezer hingga membeku. Setelah membeku kamu bisa mulai mengeruknya menggunakan skop es atau sendok.

3. Setelah selesai dikeruk, langkah membuat es doger selanjutnya adalah dengan menambahkan serutan daging kelapa muda yang telah disediakan sebelumnya ke dalam wadah. Kemudian campurkan hingga merata.

4. Siapkan mangkuk atau gelas saji, dan tata topingnya sesuai selera kamu. Mulai dari agar-agar, pacar cina, roti tawar, tapai ketan hitam, lalu tapai singkong dan terakhir tambahkan bahan es di atasnya.

5. Jika kamu suka, kamu juga bisa menambahkan toping lain seperti potongan buah semangka, melon, atau alpukat keruk, juga nata de coco. Kamu juga bisa menggunakan sirup rasa cocopandan sebagai pengganti pewarna makanan merah rose. Setelah semua langkah di atas selesai kamu lakukan, maka es doger pun sudah siap untuk dihidangkan.

resep es doger segar
Resep es doger segar
(Source: infokuliner.com)

Nah itu tadi resep dan cara membuat minuman es doger segar. Cara membuatnya cukup mudah bukan? Minuman ini sangat cocok kamu nikmati bersama keluarga di rumah di siang hari saat cuaca panas, karena selain rasanya manis dan enak, minuman es yang hampir mirip dengan es campur ini juga sangat menyegarkan loh. Semoga informasi dan resep es doger segarnya bermanfaat ya.

Dapatkan juga Cara Mudah, Praktis, dan Aman Memasak Makanan Sehat


 

  • Share:

You Might Also Like

0 comments