Cara Mencegah Penyakit Kanker dan 4 Kemudahan FWD Cancer Protection

By Dewi Sulistiawaty - September 16, 2020

 fwd cancer protection

Mengkonsumsi makanan bernutrisi setiap hari sangat baik untuk tubuh. Tetapi akan lebih baik lagi jika makanan sehat tersebut dikonsumsi dengan nutrisi yang seimbang, dijadwal dengan teratur, serta diproses atau dimasak dengan cara yang baik dan sehat pula.

Seperti yang disampaikan oleh dr. Samuel Oetoro, Sp.GK, seorang Dokter Gizi di MRCCC Siloam Semanggi, pada acara webinar bersama FWD Life Indonesia beberapa waktu lalu, tepatnya pada hari Selasa, 8 September 2020 via Zoom Meeting.

fwd cancer protection

fwd cancer protection
(atas) para pejabat FWD Life yang hadir pada saat konferensi pers, (bawah) dr. Samuel

Menurut dr. Sam, kita bisa terapkan 4J untuk mendapatkan pola makan yang sehat, yaitu Jumlah makanan jangan terlalu banyak, Jadwal makanan yang teratur, Jenis makanan yang beragam dengan nutrisi seimbang, serta Jurus masak yang baik dan benar.

Pada acara konferensi pers yang dikemas dalam bentuk webinar tersebut dr. Sam menjelaskan dengan rinci bagaimana cara menjaga pola hidup yang sehat dan bugar untuk mencegah penyakit degeneratif. Seperti yang terdata di Riskesdas, bahwa angka penderita penyakit degeneratif, seperti diabetes, hipertensi, stroke, penyakit jantung, dan tumor/ kanker di Indonesia terus meningkat.

Salah satu faktor pencetus timbulnya penyakit degeneratif ini adalah pola hidup yang kurang sehat. Makanya penting bagi kita untuk mengetahui dan juga menerapkan pola hidup sehat dalam keseharian.

“Bagaimana caranya agar bisa menjalankan pola hidup sehat, dan mau mengkonsumsi makanan yang sehat? Caranya cukup simpel, yaitu harus punya tujuan hidup. Jika sudah punya tujuan hidup, pasti memiliki motivasi yang kuat untuk bisa hidup sehat dan bugar hingga tua nanti. Dengan motivasi yang tinggi ini mestinya akan lebih mudah baginya untuk menjalankan gaya hidup yang sehat,” ujar dr. Sam.

Untuk mendapatkan hidup sehat, mulai sekarang sebaiknya kurangi mengkonsumsi makanan yang berlemak, serta mengandung garam dan gula yang berlebih. Perbanyak makan buah dan sayur, khususnya buah dan sayur yang berwarna cerah, seperti apel, jeruk, stroberi, sayuran berwarna hijau, kacang polong, dll. Karena buah dan sayur berwarna cerah ini kaya akan zat antioksidan, yang berfungsi untuk menangkal radikal bebas.

 

Pola Hidup Sehat 5S ala dr. Samuel Oetoro

1. Sehat Makan

Mengkonsumsi makanan sehat bernutrisi, dengan menerapkan pola makan sehat 4J. Hindari makan makanan yang mengandung zat adiktif, seperti zat pewarna, pengenyal, pengawet, pemanis buatan, dan pemberi rasa tajam yang bukan alamiah. Salah satu efek dari makanan seperti ini adalah dapat memicu timbulnya penyakit kanker.

2. Sehat Berpikir

Hindari atau kendalikan stres. Upayakan untuk selalu berpikir positif, dan kurangi pikiran-pikiran negatif. Caranya adalah dengan punya rasa optimis, perbanyak senyum dan tertawa, teguh beriman, dan bergaul dengan orang-orang yang positif.

3. Sehat Istirahat

Istirahat minimal 6 hingga 8 jam sehari. Jangan menyepelekan istirahat, karena istirahat pun penting bagi kesehatan tubuh. Kurang tidur bisa meningkatkan risiko penyakit ginjal, jantung, stroke, diabetes, dan tekanan darah tinggi. 

4. Sehat Aktivitas

Rajin beraktivitas atau bergerak, seperti berolahraga. Dr. Sam menganjurkan untuk melakukan olahraga dengan intensitas yang rendah, karena lebih aman bagi tubuh.

5. Sehat Lingkungan

Lingkungan yang bersih dan sehat, bebas dari polusi udara, hindari rokok atau asap rokok, dsb.

 

Menurut dr. Sam, dengan menerapkan 4J dan 5S, ditambah dengan motivasi yang kuat dari diri sendiri, dapat mencegah kita dari penyakit kanker. Selain itu, cek kesehatan secara rutin dan miliki juga jaminan kesehatan. Jika penyakit terdeteksi sejak dini, maka akan lebih cepat dan mudah untuk mengobati dan menanggulanginya, serta biaya yang dikeluarkan pun untuk mengobatinya tidak terlalu besar. Makanya untuk mengantisipasi diri dari hal seperti ini dibutuhkan jaminan kesehatan, seperti asuransi kesehatan.

Well, berarti tak hanya menjaga pola hidup sehat saja yang penting, namun kesehatan finansial pun sama pentingnya. Kalau diibaratkan, keduanya saling terkait lho! Jika finansial kurang sehat, kemungkinan kesehatan fisik dan pikiran pun akan terganggu. Begitu pun sebaliknya, jika kesehatan fisik terganggu, dan kita butuh pengobatan, pasti tergantung juga pada kondisi finansial.

Ibu Riska, seorang Financial Trainer yang juga hadir saat sesi talkshow pada acara prescon mengatakan bahwa untuk menjaga kesehatan finansial bisa dengan menerapkan konsep SIP, yaitu Saving, Investing, dan Protection. Di sini bisa dilihat bahwa ternyata asuransi merupakan salah satu bagian penting dalam mengatur keuangan, untuk menghindari risiko keuangan yang tidak diinginkan, misalnya risiko keuangan akibat penyakit kanker.

Acara Blogger Gathering yang diselenggarakan pada hari yang sama yaitu, Selasa, 8 September 2020, hadir juga Mba Fitri atau akrab disapa Mba Pipit, yang merupakan seorang cancer survivor. Mba Pipit mengatakan bahwa ia didiagnosa kanker saat berusia 30 tahun. Pada waktu itu, Mba Pipit merasa peluangnya untuk sembuh sangat kecil, berbeda dengan zaman sekarang yang sudah canggih, dan banyak sekali edukasi mengenai kanker.

“Dulu saya menjalani gaya hidup yang kurang sehat, sehingga menjadi penyebab timbulnya penyakit kanker ini. Jam kerja yang gila-gilaan, bisa sampai 16 jam sehari. Olahraga sih rajin, tapi apa yang dimakan tidak terlalu saya perhatiin. Anaklah yang menjadi penyemangat saya untuk sembuh. Usai pengangkatan kanker, saya mulai menjalani gaya hidup yang lebih sehat,” ungkap Mba Pipit.

Kanker merupakan salah satu jenis penyakit kritis yang bisa menyerang siapa pun di segala usia. Di dunia, kasus kanker ini terus meningkat, termasuk di Indonesia. Angka penderita kanker masih menduduki top ranking untuk penyakit yang membutuhkan biaya besar dalam penanggulangannya. Bisa dikatakan bahwa kanker masih merupakan ancaman bagi seluruh masyarakat di Indonesia dan juga dunia.

Melihat permasalahan ini, serta banyaknya penderita kanker yang keuangannya terganggu akibat dari penyakit kanker, maka FWD Life Indonesia meluncurkan FWD Cancer Protection, yaitu sebuah produk asuransi kanker online yang dapat memberikan proteksi kanker bagi para nasabah. Sehingga nasabah bisa tenang secara finansial, dan tak perlu khawatir jika terjadi hal-hal yang tak diinginkan, misalnya saat didiagnosa terkena kanker.

fwd cancer protection
(kiri) Bpk Ade, (kanan) Ibu Kiki

Bapak Ade Bungsu, Chief of Proposition & Sharia FWD Life Indonesia menjelaskan, peluncuran FWD Cancer Protection ini sekaligus bisa jadi salah satu solusi di tengah pandemi, dimana calon nasabah tak perlu bertemu langsung dengan tenaga pemasaran. Cara pembeliannya juga mudah, melalui e-commerce FWD Life, dan dengan harga yang terjangkau, nasabah dapat memperoleh manfaat yang komprehensif. 

Chief Marketing Officer FWD Life, Maika Randini atau yang sering dipanggil Ibu Kiki mengatakan bahwa dengan diluncurkannya asuransi kanker online, yaitu FWD Cancer Protection, diharapkan dapat menjangkau lebih banyak lagi masyarakat Indonesia, agar bisa mendapatkan perlindungan asuransi.

“Asuransi kanker online ini sangat penting, karena dengan semakin banyaknya orang yang terlindungi, itu artinya lebih banyak lagi masyarakat yang bisa menjalankan passion-nya. Ini juga bisa mengubah cara pandang masyarakat terhadap asuransi,” ungkap Ibu Kiki.

fwd cancer protection

4 Kemudahan yang diberikan FWD Cancer Protection

1. Mudah Ketentuannya

Saat seseorang terdiagnosa kanker, walaupun di tahap awal, akan langsung dibayarkan 100% dari uang pertanggungannya.

2. Mudah Belinya

Cukup masuk ke website fwd.co.id/cancerprotection. Lalu ikuti 4 langkah pembelian melalui proses online, dengan menjawab 3 pertanyaan kesehatan yang diajukan. Pembelian yang mudah karena bisa dilakukan dimana saja, kapan saja, dan cukup menggunakan smartphone.

3. Mudah Bayarnya

Harga yang sangat terjangkau, mulai dari 10 ribu rupiah/ bulan, serta bebas untuk memilih Uang Pertanggungan sesuai dengan kebutuhan.

4. Mudah Klaimnya

Jika dokumennya sudah lengkap, maka proses pengajuan klaim akan lebih cepat dan mudah. Pengajuan klaim juga bisa dilakukan secara online via smartphone dengan menggunakan Aplikasi FWD MAX.

 

Dengan 4 kemudahan yang diberikan FWD Cancer Protection ini diharapkan masyarakat tidak merasa kesulitan lagi untuk memiliki asuransi. Masyakarat pun tidak perlu khawatir dengan asuransi mereka yang mudah-mudahan saja akan dibayarkan dan bisa diklaim. Karena FWD Cancer Protection ini #AsuransiMudahBeneran, bukan hanya mudah-mudahan aja.

Oiya, pada acara Blogger Gathering ini juga ada sesi olahraga bareng secara virtual lho! Dengan dipandu oleh seorang instruktur cantik, para Blogger dan juga Mba Pipit mulai mengikuti gerakan-gerakan pilates yang diperagakan. Nah, untuk berolahraga pun cukup mudah ya, bisa dipandu secara online. Gak mesti keluar rumah, seperti kemudahan yang diberikan FWD Cancer Protection.

fwd cancer protection
Olahraga bareng secara virtual

Jika finansial kita sehat, salah satunya dengan cara memiliki asuransi kesehatan, maka hati pun akan bahagia. Perasaan bahagia dapat meningkatkan imun tubuh, sehingga risiko terkena penyakit pun berkurang, aktivitas dan passion pun dapat berjalan dengan lancar. Yuk, tersenyum untuk hidup yang lebih baik dan sehat 😊

fwd cancer protection




  • Share:

You Might Also Like

25 comments

  1. baru aja kemarin baca studi kasus tentang penyakit kronis yang di derita anak muda, padahal jaman dulu penyakit kayak jantung, kanker, diabetes dan darah tinggi dll itu di idap oleh usia 50 tahun keatas, eh sekarang 20an juga sudah bisa terkena :( itu sebabnya kita butuh proteksi ya mbak

    BalasHapus
  2. Asuransi nih penting pake bangeett, karena memang kita perlu proteksi terhadap hal2 di luar kendali ya.
    Namanya juga hidup, banyak kejutan2 yg sama sekali engga kita prediksi sebelumnya

    BalasHapus
  3. Benar-benar ya gaya hidup sehat memang harus dijalani untuk kesehatan.

    Jumlah makanan jangan terlalu banyak, Jadwal makanan yang teratur, Jenis makanan yang beragam dengan nutrisi seimbang, serta Jurus masak yang baik dan benar.

    .....nah, hal-hal di atas memang harus jadi perhatian. Makasih sudah mengingatkan, Mbak.

    BalasHapus
  4. Saya pernah kena vonis penyakit ini oleh dokter beberapa tahun lalu. Di keluarga besar saya pun ada 2 yang jadi survivor. Memang menakutkan sih penyakit ini. Makanya, saya kalau ada info tentang cancer suka tertarik

    BalasHapus
  5. Pola hidup 5S ini yang perlu banget ya wie, terutama sehat berpikir.
    Jaman now mah pikiran kadang pemicu sebuah penyakit.

    Inovasi baru ini asuransi kanker online, semoga membantu banget masyarakat dan membukakan cara pandangnta agar lebih aware.

    BalasHapus
  6. Terima kasih sharing ya mba..jadi tahu nih ttg 4J, 5S dan juga FWD life..

    BalasHapus
  7. Masyaallah ada asuransi khusus pengidap kanker ya, coba saya kasih tau kakak saya. Dia sudah punya asuransi jiwa tapi mungkin butuh juga ini :)

    BalasHapus
  8. Memang kita harus menerapkan pola hidup sehat 5S ya mbak, agar hidup lebih seimbang dan berkualitas. Pastinya acara blogger gathering ini sangat bermanfaat, apalagi membahas FWD proteksi cancer...menjadi sebuah pengingat dan menambah pengetahuan tentang proteksi diri utamanya tentang kesehatan.

    BalasHapus
  9. MBK, makasih banyak ya sudah mau share ilmu kecenya ini. Juga share informasi terkait inovasi FWD yakni FWD Cancer Protection.

    BalasHapus
  10. noted banget mba, 5S nya, karena bener banget kelimanya saling berkaitran, makan sehat kalau pikiran ngga sehat juga sangat mempengaruhi ya. begitu juga lingkungan.

    BalasHapus
  11. Salah satu tips yang aku terkejut adalah sehat berpikir emang dari pikiran juga bisa menyebabkan kesehatan mengganggu.

    BalasHapus
  12. FWD ini benar-benar peduli ya dengan kesehatan semua orang, sampai mengadakan FWD Cancer Protection dengan harga terjangkau banget :)

    Meskipun tetep juga, menjaga pola hidup sehat itu penting banget, agar kita tetap sehat dan mencegah penyakit kanker :)

    BalasHapus
  13. Barokallah ya Mba kalau memberikan kemudahan seperti FWD ini jadi kita nyaman sebagai pengguna ya. Jadi pengne tahu lebih lengkap.

    BalasHapus
  14. waaa menarik sekali. apalagi disaat pandemi seperti ini kesehatan be er2 harus terjaga sekali.

    BalasHapus
  15. Di udis bunda yg sdh 81 ini seyogianyalah menjaga pola makan. Yups bunda erusaha melakukannya, namun apa daya kl liat segelas Goodday Cappuccino rasa keringnya tenggorokan ingin sekali meneguk segelas Goodday Cappuccino yg dicemplungin bebetapa ice cubes. Nikmat direguk. Desekali boleh kan?

    BalasHapus
  16. Aku juga ngikuti webinarnya nih kemarin, seneng banget karena jadi banyak nambah wawasan sepuatar gaya hidup sehat dan baru tau FWD luncurin produk baru khusus kanker

    BalasHapus
  17. makin kesini makin aneh aneh aja ya bun penyakit yang ada, ya itu semua emang engga terlepas dari gaya hidup dan pola makan kita sih yang bikin penyakit berdatangan, dan emang akan lebih tenang lagi kalau kita udah punya asuransi untuk kesahatan ada kehidupan kita ya buuun

    BalasHapus
  18. salfok banget pas liat harganya cuma 10k aja, aku kira salah baca ternyata emang beneran terjangkau banget yaaa, hihih, bermanfaat banget sih iniii

    BalasHapus
  19. Noted untuk sharing tips 4J dan 5 S mencegah kankernya Mbak.... Dengan singkatan begitu, jadi mudah diingat ya.... Semoga kita sehat selalu :)

    BalasHapus
  20. Sedih ya kalau ada saudara atau teman kita yang terkena kanker, begitu juga jika amit amit kena kepada kita. kanker payudara itu bisa terjadi kepada siapa saja ya mbak, jadi penting banget mengkonsumsi makanan yang dapat mencegah kanker.

    lalu buat asuransi proteksi agar jika suatu saat terkena ada yang bisa mengkaver semua biaya perawatan

    BalasHapus
  21. Aku sering nonton drama tema RS2 gtu sering banget liat yang kek sakit kanker huhu.
    Tp drama kan bisa sembuh smeentara di kehidupan nyata ini gk tau lg.
    Betul seklai dengan menjaga kesehatan semoga dijauhkan dr penyakit serius semacam ini ya mbak dna kalau bis apunya asuransi utk proteksi

    BalasHapus
  22. cancer masih jadi number 1 killer yah, mbak. makanya perlu ada proteksi khusus. cuma kalo ada corona gini, kira2 makin berbahaya yang mana ya.. hihi

    BalasHapus
  23. Memiliki tujuan hidup agar memiliki kualitas hidup yang berbeda dan berjalan dengan penuh perencanaan terbaik.
    Bagus banget ilmunya, teh...membuat kita semua tersadar akan pentingnya mengubah gaya hidup agar lebih sehat dari segi jiwa dan raga.

    BalasHapus
  24. Salut sama inovasinya FWD ini, sampai buat proteksi khusus kanker lewat produk FWD Cancer Protection.

    BalasHapus
  25. Asuransi untuk proteksi dini kanker ini penting untk semua kalangan ya mba, nggak hanya perempuan. Meluncur deh mau lihat di aplikasi nya dulu

    BalasHapus