Cara Mudah, Praktis, dan Aman Memasak Makanan Sehat dengan Philips Kitchen Appliances

By Dewi Sulistiawaty - Desember 14, 2017

Akhir-akhir ini saya banyak banget mendapatkan pengetahuan seputar makanan sehat. Seminar dan workshop yang saya hadiri, hampir ke semuanya membahas mengenai pola makanan sehat. Ini mungkin karena tren di masyarakat yang mulai aware untuk  bergaya hidup sehat dalam kesehariannya. Berbagai macam penyakit tidak menular, yang banyak beredar di masyarakat, yang bahkan bisa berujung pada kematian, mungkin menjadi salah satu faktor mengapa gaya hidup sehat ini mulai jadi perhatian.

Namun tidak dipungkiri juga, bahwa kesibukan menjadikan sebagian orang, khususnya bagi ibu pekerja, agak kerepotan dalam menyajikan makanan yang sehat untuk keluarganya. Padahal membeli makanan diluaran, tidak bisa dijamin kehigienisannya serta kandungan nutrisinya. Cara pengolahan makanan yang kurang baik juga dapat menghilangkan nutrisi yang terkandung pada makanan. So, gimana caranya agar bisa menyiapkan makanan yang sehat dengan cara yang mudah dan cepat, namun juga enak bagi keluarga ya?

Seperti menjawab pertanyaan ini, Philips Indonesia dengan produk Kitchen Appliances-nya memberikan solusi untuk itu. Sebenarnya saya sudah banyak kenal dengan produk Philips Kitchen Appliances ini, karena beberapa produknya saya gunakan sendiri di rumah. Namun seperti biasa, Philips selalu saja berinovasi dan mengeluarkan produk terbarunya, yang seperti biasa lagi, membuat saya takjub, karena produknya ini benar-benar inovatif, dan dapat membantu proses memasak, sehingga terlihat sangat mudah. Eh, bukan terlihat ya, tapi benar-benar mudah dan praktis :)

Saya juga mengetahui, bahwa dari dulu Philips Indonesia selalu berkomitmen untuk memberikan yang terbaik bagi masyarakat. Melalui produk kitchen appliances-nya, Philips ingin mendukung agar masyarakat bisa bergaya hidup sehat. Beberapa hari yang lalu, tepatnya pada hari Kamis, 7 Desember 2017 kemarin, Philips Indonesia memperkenalkan beberapa produk Kitchen Appliances terbarunya. Serta dalam rangka menyambut Hari Ibu yang jatuh pada tanggal 22 Desember mendatang, Philips juga menggelar Kampanye #ThePowerOfHomemadeFood.


Acara yang digelar di Satoo Garden, Shangri-La Hotel Jakarta ini menghadirkan Bapak Yongky Sentosa, selaku Head of Personal Health Philips Indonesia, dr. Cindiawaty Pudjiadi, MARS, MS, Sp.GK, yang merupakan Dokter Spesialis Gizi di RS. Medistra, dan Chef Arimbi Nimpuno yang selalu mempromosikan pola makan sehat dalam setiap sajian masakannya. Chef Arimbi nantinya akan mendemokan beberapa resep masakan sehat nan lezat, yang bisa dikerjakan dengan cara yang praktis, mudah, dan aman di rumah.

Di awal acara Bapak Yongky mengatakan bahwa memang tidak mudah untuk memasak makanan yang sehat atau makan makanan sehat di rumah. Segala kesibukan membuat kita selalu menyajikan makanan yang serba praktis namun belum tentu sehat di rumah. Hal inilah yang kemudian mendasari Philips Indonesia untuk mengkampanyekan #ThePowerOfHomemadeFood.

Bapak Yongky
“Kita melihat bahwa kampanye ini bisa mendukung gaya hidup sehat pada masyarakat Indonesia. Philips adalah perusahaan teknologi kesehatan Indonesia. Kami selalu berusaha untuk menampilkan inovasi-inovasi produk yang bisa mendukung gaya hidup sehat. Hidup sehat bukan saja makanan, tapi juga berolahraga. Kebanyakan orang baru bergaya hidup sehat jika sudah terkena penyakit,” ujar Bapak Yongky.

Hal ini menjadi salah satu tantangan yang harusnya ditanggulangi secepatnya. Dengan mendorong masyarakat Indonesia agar melakukan tindakan preventif sebelum terkena penyakit. Bagaimanapun juga, nasehat yang mengatakan bahwa mencegah itu lebih baik dari pada mengobati memang benar, karena mencegah itu lebih murah dan lebih nyaman ketimbang mengobati. Iya kaaan!

Julia A. Wolfson, MPP, pernah melakukan analisa data survei dari National Health and Nutrititon Examination. Dari hasil studinya tersebut terungkap bahwa orang yang sering memasak di rumah, mengkonsumsi sedikit karbohidrat, gula, dan lemak dibandingkan orang yang jarang memasak di rumah. Nah lho! Ini artinya memasak makanan di rumah lebih sehat ya. Dengan memasak makanan di rumah, kita bisa menentukan sendiri keperluan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh.

Makanya Philips mengadakan Kampanye #ThePowerOfHomemadeFood, dengan melakukan roadshow di beberapa mal, cooking demo di toko-toko, serta berbagai kegiatan digital di media sosial, seperti viral video menyambut Hari Ibu untuk memberikan apresiasi pada seluruh ibu di Indonesia, dengan menyediakan makanan rumah yang sehat. Ini dimaksudkan agar masyarakat mengetahui betapa pentingnya #ThePowerOfHomemadeFood.

“Bagi saya hidup yang sehat itu harus kombinasi antara makan makanan yang sehat dan olahraga yang tepat, karena olahraga yang berlebihan itu juga tidak baik,” ungkap Bapak Yongky. Selanjutnya Bapak Yongky berharap kita semua bisa sama-sama menyampaikan pada seluruh masyarakat, bahwa memasak di rumah dan memakan makanan yang sehat itu merupakan sesuatu yang bermanfaat, karena bisa membuat hidup kita menjadi lebih sehat, sehingga bisa menjadi investasi awal di hari tua kita nanti.

dr. Cindi
Sedangkan menurut Chef Arimbi hidup yang sehat itu adalah hidup yang seimbang, olahraga yang cukup, tidur yang cukup, juga makan makanan yang sehat. Nah, kalau menurut ahli gizi, dr. Cindi, gimana ya hidup yang sehat itu? Ternyata dr. Cindi mengatakan bahwa hidup yang sehat itu adalah sehat dalam arti keseluruhan, yaitu sehat fisik, sehat mental, serta sehat spiritual. Untuk bisa mencapai hidup yang sehat itu tentu didukung dengan makan makanan yang sehat, lingkungan yang sehat, serta olahraga yang teratur.

Untuk memulai hidup sehat itu sebaiknya diawali dari keluarga atau orangtua, karena jika orangtua hidup sehat, maka otomatis anak-anaknya pun akan ikut bergaya hidup sehat. Seperti yang dilakukan oleh Chef Arimbi di rumahnya. Dari kecil, anak-anak Chef Arimbi sudah terbiasa melihat ibunya memasak di rumah, dan menghidangkan makan makanan yang sehat di meja makan. Sehingga ketika anak-anaknya beranjak besar, mereka mengetahui mana jenis makanan yang fresh.

Chef Arimbi
“Pemakaian minyak goreng di rumah itu sangat terkontrol, sehingga anak-anak sudah terbiasa sejak kecil makan makanan yang tidak terlalu berminyak. Jika mereka makan makanan yang banyak minyaknya, yang minyaknya itu sudah digunakan berkali-kali, mereka akan tahu, dan bilang kalau makanan tersebut tidak fresh,” ujar Chef Arimbi.

Lalu mengapa ya, makanan yang enak itu identik dengan makanan yang tidak sehat? Sebut saja beberapa jenis makanan yang susah sekali untuk dihindari, seperti gorengan, mie, dan lain sebagainya. Sepertinya butuh kekuatan naga (((naga))) agar bisa ‘move on’ dari mereka XD Untunglah kemudian Philips mengerti akan makanan kesukaan sejuta umat ini, dan ingin masyarakat tetap bisa menikmati makanan enak ini, namun tetap sehat untuk dikonsumsi.

Yup, hari itu Philips memperkenalkan 4 jenis produk Kitchen Appliances-nya, yaitu Airfryer, Bread Maker, Noodle & pasta Maker, serta Slow Juicer. Sebelum Chef Arimbi mendemokan masakan sehat menggunakan produk ini, mari saya jelaskan dulu secara singkat mengenai keempat produk Kitchen Appliances terbaru ini.


Philips HD9623 Airfryer


Mengenai Philips Airfryer ini pernah saya uraikan pada artikel sebelumnya (baca di sini). Airfryer yang ini merupakan seri terbaru dari Philips. Bentuknya hampir menyerupai majic com, namun sedikit lebih tinggi dari majic com. Sedangkan fungsinya hampir menyerupai oven, namun tentu saja Philips Airfryer ini mempunyai keunggulan lebih dibandingakn oven biasa ya.

Philips HD9623 Airfryer ini bisa digunakan untuk berbagai proses memasak, seperti memanggang, menggoreng, baking, dan roasting. Untuk airfryer seri terbaru ini dilengkapi dengan aksesoris grill pan, yang bisa digunakan untuk memanggang ikan dan daging. Memasak menggunakan Philips Airfryer membuat makanan menjadi lebih sehat, karena kita tidak perlu menggunakan minyak goreng, sehingga 80% lebih sedikit lemak jika dibandingkan memasak makanan menggunakan minyak goreng. Selain sehat, makanan yang dihasilkan pun juga enak lho!

Oya, sama seperti seri sebelumnya, Philips Airfryer ini menggunakan Teknologi TurboStar dalam desain interiornya. Dengan teknologi ini, udara super panas yang dihasilkan, dapat membuat proses memasak menjadi lebih cepat dan merata.


Philips HD90445 Bread Maker


Sama seperti Philips Airfryer, bentuk Bread Maker ini persegi menyerupai majic com, dengan berbagai macam panel kontrol di bagian depannya. Terdapat 14 macam program pra-setel untuk memanggang roti, membuat adonan, dan juga selai. Dengan fitur pra-setel, kita dapat dengan mudah mengatur suhu dan waktu sesuai dengan keperluan yang diinginkan. Selain alasnya yang tetap dingin dan aman disentuh, Philips Bread Maker dilengkapi dengan pegangan anti-selip terintegrasi yang kokoh, sehingga mudah diangkat dan dipindahkannya.

Ibu Maria
Philips Bread Maker menyediakan 3 tingkat kematangan, yaitu mau warna kulit roti yang terang, sedang, ataupun gelap. Lalu juga ada dua pilihan ukuran roti yang diinginkan, yaitu yang ukuran sedang (750 gram) atau yang ukuran besar (1 kg). Jadi kita bisa sesuaikan dengan kebutuhan ya. Oya, saat Chef Arimbi menggunakan Philips Bread Maker ini, ternyata nggak kedengaran suara berisik dari mesinnya. Ternyata menurut Ibu Maria Veronika Simanjuntak, Senior Marketing Manager Domestic Appliances Philips Indonesia, Philips Bread Maker memang sengaja didesain dengan ramah pengguna yang super senyap (55 dbA).


Philips HR2332 Noodle & Pasta Maker


Dengan produk yang satu ini, nggak ada lagi cerita membuat pasta dan mie yang susah dan ribet. Saya lihat, Philips Noodle dan Pasta Maker ini sangat mudah diaplikasikan. Tinggal dimasukkan saja bahan-bahannya, dan si Noodle & Pasta Maker ini yang akan menyulapnya jadi mie atau pasta. Cuma butuh waktu sekitar 18 menit untuk menghasilkan 450 gram pasta atau mie lho! Gampang banget deh!

Philips Noodle & Pasta Maker ini memiliki 4 macam cakram pembentuk klasik, seperti mie, spaghetti, penne, dan lasagna. Untuk membersihkan alat ini ternyata juga mudah, karena komponennya bisa dilepas pasang. Sepertinya nggak perlu kursus memasak dulu untuk bisa membuat mie & pasta yang enak dan sehat ala chef ya :D


Philips HR1889 Slow Juicer


Nah, sepertinya produk yang satu ini jadi favorit bagi peserta yang hadir kemarin. Slow Juicer ini bisa mengolah berbagai jenis buah dan sayur, mulai dari yang teksturnya lunak seperti bayam, sampai yang keras seperti wortel sekalipun. Hasil jusnya pun benar-benar bersih tanpa ada ampas yang ‘nyelip’ di dalamnya :D

Ukuran mulut tabung didesain besar (70 mm), sehingga bisa memuat buah-buahan yang ukurannya cukup besar, tanpa kita perlu repot memotongnya terlebih dulu. Slow Juicer ini juga bisa dibongkar pasang, begitupun dengan komponen saringan mikronya, agar kita bisa dengan mudah membersihkannya. Bahkan untuk mendukung masyarakat agar bisa hidup sehat, Philips mengeluarkan Aplikasi Philips Healthy Drink, yang bisa di-download secara gratis di Apps Store. Di sana tersedia berbagai resep dan inspirasi jus yang lezat dan sehat, seperti minuman detoks, minuman energi, dan lain sebagainya.    


Cooking Demo With Chef Arimbi

Cooking Demo
Usai talkshow, Chef Arimbi pun mendemokan beberapa resep masakan sehat, yang sudah pernah dibuat sendiri oleh chef di rumahnya. Namun untuk kali ini Chef Arimbi akan membuat semua masakan ini menggunakan produk kitchen appliances terbaru dari Philips. Berikut resep masakan yang dibuat oleh Chef Arimbi.


Lasagna Verde


Bahan Pasta :
- 100 gram daun bayam (tanpa batang)
- 1 butir telur
- 1 cup (250 ml) jus bayam
- 200 gram tepung terigu
- Garam dan merica secukupnya


Cara Membuat Pasta :
- Masukkan daun bayam ke dalam Philips Slow Juicer, sisihkan airnya
- Masukkan tepung terigu ke dalam Philips Noodle & Pasta Maker
- Dalam mangkuk terpisah, campurkan telur dan jus bayam
- Tambahkan ke dalam Philips Noodle & Pasta Maker
- Atur cetakan pasta, tekan tombol Power, dan tombol No.2
- Potong Pasta Sheet/ Lasagna Sheet sesuai dengan ukuran cetakan

Bahan Isi Pasta Verde :
- 100 gram daun bayam (tanpa batang)
- 100 gram keju ricotta
- 1 sdt bubuk pala
- Garam dan merica secukupnya


Cara Membuat Isi Pasta Verde :
- Rebus daun bayam selama 2 menit, lalu angkat dan masukkan ke dalam mangkuk air es
- Peras dan keringkan, lalu potong-potong daun bayam
- Masukkan ke dalam mangkuk dan campurkan dengan keju ricotta
- Bubuhkan garam, merica, dan bubuk pala, lalu aduk kembali hingga rata


Cara Membuat Lasagna Verde :
- Tata lembar pertama Pasta Verde di dalam cetakan Philips Airfryer
- Disusul dengan campuran isi Pasta Verde
- Ulangi langkah-langkah tersebut, kira-kira 4 layer. Layer paling atas dilapisi dengan keju ricotta
- Masukkan ke dalam Philips Airfryer, dan panggang hingga matang
- Suguhkan selagi hangat


Roti Jagung ala Arimbi Kitchen



Bahan :
- 250 gram tepung terigu protein tinggi
- 55 gram gula pasir
- 2 gram garam
- 10 gram susu bubuk
- 1 gram bread improver
- 2 gram emulsifier
- 6 gram ragi instan
- 1 butir telur
- 50 ml susu cair
- 65 ml air dingin
- 65 gram butter
- 50 gram jagung cream
- 50 gram jagung matang


Cara Membuat :
- Masukkan semua bahan ke dalam mangkuk Philips Bread Maker
- Pasang dan tutup
- Pilih tombol resep No.9 untuk “Whole Wheat Rapid”
- Pilih “Berat 750 gram”, dan “Warna Middle”. Lalu tekan tombol “Start”
- Tunggu hingga roti matang, lalu lepaskan mangkuk Philips Bread Maker
- Keluarkan roti dan sajikan hangat


Carrot, Orange, and Turmeric Crush


Bahan :
- 2 buah wortel
- 6 buah jeruk
- 1,5 gelas (375 ml) air kelapa
- 1 kunyit segar
- ½ lemon
- 1 gelas es batu

Cara Membuat :
- Peras wortel, jeruk, kunyit segar, dan lemon menggunakan Philips Slow Juicer
- Sari buah hasil Slow Juicer dimasukkan ke dalam gelas blender, tambahkan air kelapa dan es batu. Lalu blend hingga tercampur sempurna
- Sajikan dingin
- Bisa juga sari buah langsung dicampur dengan air kelapa, aduk rata, masukkan es batu, lalu disajikan dingin.

Foto bersama
Saat Chef Arimbi mendemokan resep-resepnya ini, semua terlihat sangat mudah dan praktis. Dapur nggak berantakan, tangan juga nggak terlalu kotor dengan adonan, karena semua bahan tinggal dimasukkan saja ke dalam Philips Kitchen Appliances. Dalam waktu sejam, Chef Arimbi sudah bisa menyajikan 3 menu makanan dan minuman sehat dan lezat. Fresh from the oven! Apalagi saat membuat roti, yang tinggal masukkan semua bahannya, klik tombol, lalu ditinggalkan begitu saja. Sementara itu kita bisa mengerjakan pekerjaan lain, sembari menunggu rotinya matang :)

Heu heuu… jadi mupeng dengan semua produk ini XD Sepertinya memasak itu bisa dilakukan dengan cara yang mudah, praktis, cepat, dan aman ya. Nggak seperti biasanya, suka memakan waktu gitu. Mana sehat lagi kalau pakai Airfryer, nggak perlu menggoreng menggunakan banyak minyak lagi. Slow Juicer-nya juga, bisa bikin minuman sehat tanpa ampas. Oya, keempat produk terbaru dari Philips Kitchen Appliances ini bisa diperoleh di Best Denki, Electronic City, Sogo, Metro, Lazada, JD.id, dan Blibli yaa :) 


Foto : Pribadi

  • Share:

You Might Also Like

4 komentar

  1. Aaah aku jadi pengen punya juga nih mba.. kayaknya oke bangeet :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba aja Mba. Menolong banget punya peralatan ini di rumah :)

      Hapus
  2. Ahhh pengen punya Air Fryer Phillips :)

    Cheers,
    Dee - heydeerahma.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yuuuk, pengen punya juga. Mayan bisa menghemat waktu, hihi

      Hapus