Cat Anti Bakteri untuk Rumah yang Lebih Sehat

By Dewi Sulistiawaty - April 22, 2020


Pernah mendengar tentang cat anti bakteri? Apa pentingnya cat anti bakteri untuk tembok? Memangnya bisa ya tembok ditempeli oleh bakteri? Lalu apa saja yang menyebabkan tembok mudah ditumbuhi bakteri? Apakah kondisi tembok yang berbakteri ini bisa berdampak pada kesehatan?

cat anti bakteri

Baiklah, untuk menjawab beberapa pertanyaan tersebut, saya mesti menyegarkan kembali ingatan saya tentang cat anti bakteri. Saya dulu pernah mendapatkan informasi mengenai hal ini dari seorang ahli kesehatan di suatu acara. Supaya saya jangan sampai salah dalam memberikan informasi, saya sudah mencocokkan informasi yang saya punya dengan website kesehatan yang kompeten via internet 😊


Saya pernah mendengar tentang cat anti bakteri, dan cat itu memang ada. Cat anti bakteri dapat melindungi tembok dari tumbuhnya bakteri. Tembok bisa kok ditempeli oleh bakteri. Kondisi tembok yang lembab atau kotor dapat menyebabkan tumbuhnya bakteri. Dan tembok yang berbakteri dapat mengganggu kesehatan. Itu jawaban singkat dari pertanyaan di atas. Yuk, selanjutnya saya akan membahas panjang lebar mengenai cat anti bakteri ini.

Dulu banget, saya pernah mendengar bahwa cat, baik itu cat tembok, cat kayu, maupun cat besi mengandung zat kimia yang berbahaya bagi kesehatan, terutama bagi anak-anak. Cat mengandung logam berat dan senyawa Volatile Organic Compound (VOC) yang tinggi, dengan aroma tajam yang menyengat hidung. Tentu saja anak menjadi rentan terkena efek kandungan cat yang toksik.

Namun semakin ke sini, produsen cat mulai aware, dan memperbaiki serta meningkatkan komposisi catnya, dengan menghasilkan cat yang lebih berkualitas serta aman bagi kesehatan. Bahkan sekarang cat tak hanya berguna untuk mempercantik rumah, dan menutupi pori-pori permukaan tembok agar terlihat lebih rata dan halus, namun juga memberi perlindungan pada tembok agar tidak ditumbuhi bakteri dan kuman, serta ramah terhadap lingkungan.

Salah satu produsen cat yang saya ketahui telah memproduksi berbagai cat berkualitas dan aman bagi kesehatan adalah Avian Brands. Dari sekian jenis cat yang diproduksinya, Avian Brands mengeluarkan sebuah cat tembok premium tanpa bau, anti bakteri, dan anti kuman, yaitu cat tembok Lenkote No Odor Medicare.

Mengenal Cat Tembok Premium Lenkote No Odor Medicare

Lenkote No Odor Medicare dari Avian Brands merupakan cat tembok premium dengan formulasi anti bakteri dan kuman. Cat yang embernya berwarna orange ini hadir dalam dua kemasan, yaitu 2,5 liter dan 20 liter. Apa saja keunggulan cat tembok No Odor Medicare ini?

cat anti bakteri
Lenkote No Odor Medicare, cat anti bakteri dan kuman


Keunggulan Lenkote No Odor Medicare

- Anti bakteri dan kuman.
Lapisan cat dapat melindungi tembok rumah, dan menekan pertumbuhan bakteri pada permukaan tembok. Cat tembok No Odor Medicare dapat melindungi tembok dari bakteri berbahaya seperti E-Coli yang bisa menyebabkan diare, kejang perut, dan gagal ginjal, serta bakteri Staphylococcus Aureus yang menyebabkan penyakit kulit dan radang paru-paru.


Selalu jaga agar lapisan cat menutup keseluruhan tembok, agar zat anti bakterinya bekerja secara efektif melindungi dinding rumah atau bangunan. Jika ada lapisan yang tercongkel dan lepas, sebaiknya segera tutup dengan melapisinya kembali dengan cat tembok Lenkote No Odor Medicare.

- Anti jamur dan lumut.
Sama seperti anti bakteri dan kuman, cat tembok premium No Odor Medicare juga dapat melindungi tembok dari pertumbuhan jamur dan lumut. Tentu saja dengan syarat, lapisan catnya masih menempel pada tembok ya.

- Tanpa bau
Biasanya setelah tembok dicat akan meninggalkan aroma atau bau menyengat yang tajam, seperti bau thinner. Bahkan ada yang sampai bikin hidung terasa gak nyaman dan perih. Maka tidak begitu dengan cat tembok Lenkote No Odor Medicare.

Sesuai dengan namanya “No Odor”, maka cat tembok No Odor Medicare tidak meninggalkan bau. Cat tembok premium tanpa bau ini diproses dengan teknologi tinggi, sehingga bau yang dihasilkan sangat lembut dan ramah lingkungan.

- Tanpa Merkuri dan Timbal
Seperti yang kita tahu, bahwa merkuri dan timbal merupakan logam berat berbahaya yang berpotensi tinggi menyebabkan lingkungan udara di dalam ruangan menjadi toksik. Dulu cat mengandung logam berat seperti merkuri dan timbal, serta VOC yang tinggi.

Syukurlah sekarang produsen cat sudah pada care dan aware mengenai hal ini. Seperti cat tembok premium Lenkote No Odor Medicare yang bebas dari merkuri dan timbal, sehingga aman buat kesehatan.

- Aman untuk anak dan bayi
Seperti yang sudah diinfokan di atas, bahwa cat tembok Lenkote No Odor Medicare ini diformulasi dengan anti bakteri dan kuman, anti jamur dan lumut, tanpa merkuri dan timbal, serta tanpa bau dan ramah lingkungan, maka bisa dipastikan kalau cat tembok No Odor Medicare ini aman untuk anak dan bayi.

- Mudah dibersihkan dengan air
Tak ada yang paling disenangi dari cat selain mudah dibersihkan dengan air. Apalagi bagi keluarga yang memiliki bayi dan anak. Dinding yang kotor sudah jadi makanan sehari-hari, baik karena makanan dan minuman, maupun karena toys dan ‘kreativitas jemari’ mereka di dinding.

Kehadiran cat yang mudah dibersihkan dengan air menjadi solusi agar dinding rumah tetap bersih dan cantik. Oiya, hindari membersihkan dinding menggunakan alkohol atau zat keras lainnya ya, karena cairannya dapat merusak lapisan cat pada dinding.

- Warna tidak mudah pudar
Baru sebulan dinding dicat, warna cat sudah mulai memudar? Duh, pasti sebel banget ya. Karena warna cat yang pudar membuat rumah kelihatan kusam. Itu berarti mesti dicat ulang lagi, yang berarti keluar cost lagi buat beli cat dan upah tukang. Kalaupun mau cat sendiri, pasti mesti meluangkan waktu dan tenaga. Cat tembok Lenkote No Odor Medicare didesain dengan warna cat yang tahan lama dan tidak mudah pudar.  

- Bersertifikat Green Label Singapore
Green Label Singapore merupakan label sertifikat hijau yang dikeluarkan oleh pemerintah Singapura, sebagai upaya untuk meningkatkan pemakaian produk ramah lingkungan. Dengan sertifikat Green Label Singapore yang diberikan pada Lenkote No Odor Medicare, maka bisa dipastikan kalau cat tembok premium ini benar-benar aman dan ramah lingkungan.

- SNI   
Lenkote No Odor Medicare dari Avian Brands ini juga sudah memenuhi SNI atau Standar Nasional Indonesia, yang merupakan satu-satunya standar yang berlaku di Indonesia.

Itulah sedikit info mengenai cat anti bakteri dari Avian Brands. Jadi, jika ingin memiliki rumah yang sehat, maka harus rajin membersihkannya. Jangan hanya fokus membersihkan lantai saja. Kebersihan dinding, atap, furnitur, serta seluruh peralatan rumah juga perlu diperhatikan.

cat anti bakteri
Gunakan cat anti bakteri untuk rumah yang lebih sehat
Saat ini pemerintah menganjurkan kita semua untuk physical distancing dan di rumah aja untuk memutus mata rantai virus korona. Tak hanya menjaga kesehatan tubuh saja, menjaga ‘kesehatan’ rumah juga penting. Tak ada salahnya mengisi waktu dengan membersihkan rumah dan mengecat ulang tembok rumah.

      
Rumahku adalah istanaku. Kamu pasti pernah mendengar kalimat ini ya. Saya sendiri jika ditanyakan tempat yang paling nyaman bagi saya, pasti akan menjawab, rumah. Agar rumah selalu nyaman, saya mesti memastikan kalau rumah yang saya tempati bersama keluarga bersih dan sehat. Rumah yang sehat, bikin hidup jadi lebih bersemangat 😊




Sumber foto: Pixabay  

  • Share:

You Might Also Like

30 comments

  1. Aman nyaman ya kak penggunaan cat anti bakteri ini apalagi anak anak kan lagi banyak banykanya waktu dirumah ya

    BalasHapus
  2. Kayak sekarang ya rumah adalah segalanya. Makanya dengan pemilihan cat yang baik kesehatan penghuni juga berpengaruh ya

    BalasHapus
  3. Aman nyaman ya kak pakai cat ini apalagi saat sikon gini ya hampir semua aktivitas dalam rumah kan.

    BalasHapus
  4. wah pas bener aku pingin ngecat rumah nih bisa pakai cat ini ya anti bakteri pula. tapi sebelum beli aku mau tester dulu dari kamu sis :-D

    BalasHapus
  5. Aku perrnah denger juga wie, cuma belom pernah pakai nih. Kayanya bakalan lebih aman ya di rumah, terlebih kalo punya anak kecil.

    BalasHapus
  6. Aku juga pengin ngecat sewing cornerku nih, tapi gara2 WFH semua ngumpul di rumah, aku nggak sempat karena udah capek masak. Aku memang ngecat sendiri ruangan2 pribadiku.

    BalasHapus
  7. Jadi ingat zaman masih sekolah dulu, oleh ortu dikasih kesempatan utk ngecat kamar sendiri.

    Ada cat yg baunya enak, ada yg bikin puyeng.

    No odor kyk lenkote ini saya suka. Habis dicat, kering, ga harus nunggu lama biar baunya hilang dulu.

    Kebayang berantakannya kl nunggu bau hilang. Soalnya kan perabotan dikeluarin semua dulu. Hahaha..

    BalasHapus
  8. Oke banget nih kalau cat rumahnya ga bikin ruangan bau, aman untuk anak-anak. Plus kalau kotor gampang dibersihkan, ga bikin rewel mamahnya. :))

    BalasHapus
  9. Iya Mbak, kami di rumah juga pakai cat anti bakteri karena punya tiga anak yang masih sd ke bawah. Selain catnya ga berbau cat yang butuh waktu berhari2 untuk bisa hilang, ngecatnya juga awet, cukup sekali dua kali poles udah bagus banget warnanya.

    BalasHapus
  10. Trima kasih mbak infonya. Belum pernah nyoba soalnya merk ini. Kira2 untuk eksterior lengkap nggak ya merk ini? Mau nyari cat untuk atap

    BalasHapus
  11. wah ide bagus, selama di rumah aja kita ngecat kamar aja ya mbak, biar nggak bosen sama suasana yang itu-itu aja :)

    BalasHapus
  12. wah, baru tau ada cat anti bakteri. Aman banget dong ya berarti ini, apalagi kalo punya anak kecil. cuss beralih ke cat avian ah~

    BalasHapus
  13. Selain aman dari bakteri tentunya juga tidak ada bau menyengat yg sangat.mengganggu dari cat ini ya.. Ah, TFS mba..saya baru tahu ttg cat anti bakteri ini..

    BalasHapus
  14. dengan cat anti bakteri ini kita gak perlu khawatir dinding rumah ditempeli bakteri yaa. Kita pun jadi gak ragu mau bersandar atau berpegang di tembok karena yakin gak akan ada kuman yang nempel :)

    BalasHapus
  15. Biasanya sebelum masuk puasa atau menjelang lebaran, waktu yang dipilih untuk mencat rumah kalau kebiasaan di kampung saya.
    Cat Avian pilihan warnanya juga oke-oke ya, mba. Boleh banget ini ntar jadi pilihan kalau ntar mau ngecat rumah. Siip.

    BalasHapus
  16. Rumahnya nyaman dengan cat ini ya mbak sebenarnya udah lama banget nih mau cat kamar si kecil, apalagi anti bakteri ya.

    BalasHapus
  17. pemilihan cat itu menurut aku penting banget, terutama cat yang nggak bau yaa, soalnya bisa mengganggu pernafasan nih kalo yang tercium bau gitu

    BalasHapus
  18. memang penting nih mba untuk pastikan rumah kita aman yaaa...termasuk cat tembok yang kita pakai. Apalagi kalau kita masih punya anak - anak yaa mba

    BalasHapus
  19. avian memang bagus, mbak, dulu saat di malang saya juga pakai cat ini. warnanya awet dan insyaallah aman ya karena di rumah juga ada anak hihi

    BalasHapus
  20. Untuk urusan cat pun kita harus pandai memilih dan memilah ya.. karena jika salah pilih cat bisa mengganggu kesehatan juga.. ngga mau dong kesehatan terganggu karena salah pilih cat huhu

    BalasHapus
  21. Saya baru tahu merek ini dari tulisan temen2 blogger nih, bagus ya anti bakteri terutama buat yang rumahnya ada anak2nya hehe...

    BalasHapus
  22. Aku juga pake lenkote mba direkomendasiin juga dan sesuai kondisi di rumah kan lembab makanya lake cat ini

    BalasHapus
  23. Memilih cat tembok ini penting banget menurutku..
    Soalnya rumahku yang lama, gak memilih cat yang bener. Jadi umurnya gak lama...cuma setahun, trus terbuka-buka ga jelas gitu...

    Avian brand terpercaya.

    BalasHapus
  24. Sepakat banget mba Dewi. Rumah yang sehat menurutku harus yang bersih juga mba. Catnya juga rapi dan terang sih kalau aku. Jadi berasa makin semangat stay at home

    BalasHapus
  25. Tradisi kami kalau mau lebaran biasanya ngecat rumah. Jadi kefikiran mau ngecat lagi. Hanya saja sekarang zaman susah Corona begini penggunaan dana mending dibuat untuk hal yang lebih penting daripada ngecat.

    BalasHapus
  26. Mau ngecat kamar anak kebeneran. Boleh juga ini jadi rekomendasi pilihan cat. Thanks reviewnya ya mba.

    BalasHapus
  27. Mmeilih cat tembok emang kjangan cuma pilih warnanya yang bagus tapi juga kualitas bahannya ya mbak, cari bahan2 yang aman supaya kita jg aman dr menghirup racun2

    BalasHapus
  28. Merek ini andalan banget untuk usaha suamiku, Mbak. Kalau buat tralis, pagar, plafon, dll, pasti pakai merek ini. Gampang dapatnya, pilihan warnanya banyak, terus harganya juga bersaing.

    BalasHapus
  29. Ya ampun, baru tau ada cat anti bakteri...
    Boleh nih dipake kalau mau ganti cat rumah.
    thank you infonya, kakaakk...

    BalasHapus
  30. Rumah jaman now harus banget pakai cat kayak gini ya
    Kan kita pengin rumah yg indah, nyaman dan sehat
    Tul kan

    BalasHapus