Cara Daftar Kartu Prakerja dan Kelas Pelatihan di Skill Academy

By Dewi Sulistiawaty - April 17, 2020

Ada yang tahu dengan Skill Academy? Mungkin malah ada yang sedang atau sudah pernah mengambil paket pelatihan di sana? Aku sendiri baru tahu beberapa hari belakangan, tepatnya setelah membaca status salah seorang teman di media sosial.

Temanku itu membahas mengenai Kartu Prakerja yang diusung oleh pemerintah, sebagai salah satu bentuk bantuan bagi masyarakat, di tengah terpuruknya perekonomian akibat pandemi Covid-19. Jadi bagi mereka yang pengangguran, kena PHK atau berisiko di-PHK akibat Covid-19, bisa mendaftar untuk mendapatkan Kartu Prakerja.

Bagi mereka yang lulus seleksi akan diberikan bantuan senilai 3.550.000 rupiah, dimana 1 juta nya akan diberikan berupa saldo untuk ikut pelatihan. Sedangkan sisanya akan diberikan secara bertahap usai mengikuti pelatihan tersebut dan mendapatkan sertifikat.

Kartu Prakerja

Karena penasaran, akhirnya aku pun meluncur ke website prakerja.go.id untuk mendapatkan informasi yang lebih lengkap lagi. Di website tersebut dijelaskan apa itu Kartu Prakerja, ditujukan untuk siapa, manfaatnya apa, serta siapa saja mitra yang digandeng sebagai platform pelatihan untuk Program Kartu Prakerja. Aku akan kutip beberapa penjelasannya dari website tersebut ya.

kartu prakerja skill academy
Kartu Prakerja
Kartu Prakerja merupakan program pengembangan kompetensi, dengan bantuan biaya dari pemerintah yang ditujukan untuk pencari kerja, pekerja ter-PHK atau pekerja yang ingin meningkatkan kompetensinya. Tak hanya bagi mereka yang sedang mencari kerja saja, Kartu Prakerja juga ditujukan bagi para buruh, karyawan, pegawai, serta siapa saja yang berusia di atas 18 tahun yang tidak sedang sekolah atau kuliah. Intinya siapa saja yang ingin meningkatkan keterampilannya.

Di sana dijelaskan bahwa Kartu Prakerja berguna untuk membantu meringankan biaya pelatihan yang ditanggung pekerja dan perusahaan, mengurangi biaya untuk mencari informasi mengenai pelatihan, mendorong kebekerjaan seseorang lewat pengurangan mismatch, menjadi komplemen dari pendidikan formal, serta membantu para pekerja yang penghasilannya berkurang atau bahkan kehilangan pekerjaan akibat wabah Covid-19.

Komite Cipta Kerja pun dibentuk untuk mengatur Program Kartu Prakerja ini, dengan diketuai oleh Menko Perekonomian dan wakilnya Kepala Staf Kepresidenan, serta beranggotakan 6 menteri, yaitu Menteri Keuangan, Menteri PPN/ Kepala Bappenas, Menteri Ketenagakerjaan, Menteri Perindustrian, Mendikbud, dan Menteri Dalam Negeri.

Dalam pengembangannya Kartu Prakerja bermitra dengan platform digital, seperti Tokopedia, Skill Academy by Ruang Guru, MauBelajarApa, Bukalapak, Pintaria, Sekolahmu, Kemnaker, dan Pijar Mahir, dengan mitra pembayaran BNI, OVO, LinkAja, dan Gopay.

Bagi yang ingin mendapatkan Kartu Prakerja tentu saja mesti mendaftarkan diri di website prakerja.go.id. Berikut aku jelaskan bagaimana caranya mendaftar Kartu Prakerja.

Cara Daftar Kartu Prakerja

Buat akun Kartu Prakerja, dengan cara masuk ke website www.prakerja.go.id. Klik “Daftar Sekarang”. Isi nama lengkap, alamat email, dan password. Jangan lupa untuk checklist atau mencentang kotak persetujuan syarat dan ketentuannya. Lalu klik “Daftar”.

kartu prakerja skill academy
Cara daftar Kartu Prakerja
Setelah itu cek email untuk konfirmasi akun. Jika email telah terverifikasi atau akun berhasil dibuat, masuk kembali ke website prakerja.go.id, dengan memasukkan email dan password yang telah dibuat sebelumnya, lalu klik “Login”.

Selanjutnya masukkan nomor KTP dan tanggal lahir untuk verifikasi KTP, lengkapi data diri, serta upload foto KTP dan foto selfie dengan KTP. Terakhir masukkan nomor telepon dan kode OTP yang dikirim ke nomor telepon yang kamu daftarkan.
   
Setelah itu, ikutlah tes seleksi dengan mengerjakan tes motivasi dan kemampuan dasar. Jika sudah selesai, kamu tingga menunggu pengumuman hasil seleksi. Jika lulus, kamu akan mendapatkan email pemberitahuan dari Kartu Prakerja. Masuk ke website prakerja.go.id untuk bergabung ke gelombang pendaftaran yang tersedia, dengan cara klik “Gabung”. Dengan begitu, kamu sudah bisa menggunakan Kartu Prakerja.

Kamu tinggal memilih pelatihan yang kamu butuhkan di Mitra Platform Digital Resmi Program Kartu Prakerja. Usai memilih, lakukan pembayaran menggunakan Kartu Prakerja. Kamu tinggal mengikuti pelatihan deh. Ikuti pelatihan online hingga selesai, dan kamu mendapatkan sertifikat elektronik. Lalu jangan lupa beri rating dan ulasan yang bagus, jika kamu puas dengan pelatihan yang sudah kamu ikuti, pun sebaliknya, sebagai upaya untuk memperbaiki dan meningkatkan kualitas dari mitra platform digital tersebut. 

Pasca pelatihan kamu akan mendapatkan insentif senilai 600.000 rupiah per bulan selama 4 bulan. Lalu dengan mengisi 3 survei pasca pelatihan, kamu akan mendapatkan tambahan insentif lagi dengan nilai 50.000 rupiah per surveinya. Dengan mengikuti Program Kartu Prakerja ini bisa jadi solusi untuk mendapatkan sumber penghasilan baru di tengah wabah Covid-19.

Pelatihan Prakerja di Skill Academy     

Itu informasi yang kudapatkan mengenai Kartu Prakerja. Jadi bagi yang tertarik untuk ikutan Program Kartu Prakerja, silakan langsung mendaftar di prakerja.go.id ya. Menurutku peluangnya lumayan besar, karena di tahun 2020 ini ditargetkan sebanyak 5,6 juta orang, dan hanya diberikan sekali seumur hidup untuk setiap peserta.
  
Selanjutnya aku mau membahas mengenai pelatihan Prakerja di Skill Academy. Oiya, mengapa Skill Academy? Karena Skill Academy merupakan salah satu produk inovasi dari Ruangguru. Ruangguru sendiri adalah perusahaan startup pendidikan teratas di Indonesia, dan anakku telah bergabung di sana 😊

kartu prakerja skill academy
Skill Academy by Ruangguru

Secara garis besar, Skill Academy ini merupakan platform kursus online. Tentu saja di tengah pandemi Covid-19 – dimana kita mesti di rumah aja, kursus online menjadi pilihan yang tepat untuk bisa meningkatkan keterampilan. Walau menurutku, usai wabah virus korona pun, mengikuti kursus online bisa jadi salah satu solusi untuk bisa meningkatkan kualitas diri bagi mereka dengan mobilitas tinggi dan waktu yang terbatas.

Skill Academy sendiri bisa dimanfaatkan oleh para mahasiswa, tenaga profesional, maupun umum untuk meningkatkan keterampilannya di berbagai bidang. Walau belum genap hadir 1 tahun, keberadaan Skill Academy ini sungguh menarik perhatianku. Gimana nggak, di sana tersedia ratusan kelas yang bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan, dan ini terbilang lengkap menurutku.

kartu prakerja skill academy
5 kategori utama kelas di Skill Academy
Kalau aku lihat di websitenya, kelas di Skill Academy ini terdiri dari 5 kategori utama, yaitu Persiapan Tes, Bisnis dan Keuangan, Pemasaran, Teknologi dan Software, dan Pengembangan Diri. Serta sekarang ditambah lagi dengan kelas pelatihan Prakerja.

Untuk kelas Prakerja terdapat Paket Kombo yang berisi kumpulan kelas online yang sesuai dengan minat kerja. Misalnya Paket Pelatihan Ojek Online, Paket Prakerja Sukses Kerja Sampingan di Masa Corona, Mahir Berbahasa Inggris (Grammar, TOEFL), Kembangkan UMKM Hingga Kebanjiran Order, Trik Buka Usaha untuk Pemula di Masa Corona, dan banyak lagi paket pelatihan Prakerja lainnya.

kartu prakerja skill academy
Paket Kombo Kelas Prakerja di Skill Academy
Enaknya Paket Kombo untuk Prakerja ini harganya lebih hemat dibandingkan kelas online Satuan. Plus juga bisa mendapatkan bonus 100.000 rupiah untuk pembelian paket seharga 1 juta rupiah. Jadi, Skill Academy akan mendonasikan 10% dari nilai pelatihan, yang akan langsung ditransfer ke peserta. Oiya, selain itu peserta Paket Kombo Prakerja akan mendapatkan bonus gratis langganan Ruangguru 3 bulan untuk anak.

Kelas-kelas yang ada di Skill Academy ini nantinya dapat membantu pesertanya untuk mencari pekerjaan baru, dan memperoleh penghasilan tambahan dengan keterampilan baru yang dimilikinya. Hmm, jadi makin tertarik untuk mengikuti kelas di Skill Academy. Apa lagi di tengah pandemi Covid-19 ini, aku ingin meningkatkan keterampilan agar bisa mendapatkan penghasilan tambahan. Tunggu ulasanku selanjutnya mengenai kelas pelatihan yang akan kuikuti di Skill Academy ya 😊

  • Share:

You Might Also Like

0 comments