SCG Indonesia Ajak Masyarakat untuk Bergaya Hidup Sirkular

By Dewi Sulistiawaty - Januari 26, 2020

Beberapa hari yang lalu, tepatnya pada hari Rabu, 22 Januari 2020, saya mendapat undangan dari Komunitas Emak-Emak Blogger untuk menghadiri acara SCG Welcoming Circular 2020 di The Kasablanka, Jakarta.

Acara yang diselenggarakan oleh SCG Indonesia ini ternyata ingin memperkenalkan tentang konsep ekonomi sirkular (circular economy) pada seluruh peserta yang hadir, serta mengajak peserta untuk bergaya hidup sirkular melalui SCG Circular Way. Hmm, apa tuh ekonomi sirkular? Ada yang sudah pernah baca atau dengar?

Pada acara tersebut hadir Ibu Pathama Sirikul selaku Presiden Direktur PT. SCG Indonesia, Ibu Delicia Aprianne selaku Environmental Consultant PT. SCG Indonesia, Ibu Dewi Kusmianti selaku Pelatih Project Niracle di Desa Padasuka, Soreang, Bandung, serta Afyan Cholil Asy’ari yang merupakan bagian dari Niracle Team dan penerima beasiswa SCG Sharing the Dream.

Untuk awalnya, baiknya saya menceritakan terlebih dulu mengenai SCG ya. SCG (PT. Siam Cement Group) merupakan salah satu grup konglomerasi terkemuka di Kawasan ASEAN, yang terdiri dari tiga bisnis utama, yaitu Cement-Building Materials, Chemicals, dan Packaging.

Perusahaan dengan tagline “Passion for Better” yang berpusat di Thailand ini telah berdiri sejak tahun 1913, dan mulai masuk ke pasar Indonesia pada tahun 1995. Hingga saat ini SCG Indonesia telah memiliki 29 perusahaan yang tersebar di seluruh Indonesia, dengan total karyawan sekitar 8.300 orang.
Ibu Pathama
Menurut Ibu Pathama, Indonesia merupakan negara yang sangat penting bagi SCG, karena Indonesia memiliki pangsa pasar yang sangat besar dan potensial. Beliau juga menyampaikan bahwa SCG Indonesia berfokus pada prinsip berkelanjutan, dan terus memberikan kontribusinya pada masyarakat dan komunitas di mana SCG beroperasi, serta meningkatkan kualitas hidup masyarakat Indonesia.

Di Thailand, SCG menjadi pioneer untuk penerapan ekonomi sirkular. Salah satu contohnya adalah dengan diadakannya sebuah forum yang dinamakan SCG Sustainable Development (SD) Symposium. Dalam forum ini pemimpin dari berbagai negara dan pemimpin organisasi internasional berkumpul untuk membicarakan mengenai sirkular ekonomi, apa pentingnya untuk sebuah negara, serta bagaimana cara mengimplementasikannya.

Sirkular ekonomi bisa dilakukan dalam kehidupan sehari-hari, dan menjadikannya sebagai gaya hidup yang sirkular, yaitu make-use-return. Ibu Delicia percaya bahwa dengan menerapkan sustainable development dalam kehidupan, tidak hanya akan memberikan dampak pada bisnis SCG saja, namun juga berdampak ke lingkungan, sosial, serta perekonomian di masyarakat.
Talkshow mengenai ekonomi sirkular
(kiri-kanan) Ibu Dewi, Afyan, Ibu Delicia, dan MC
“Ekonomi sirkular ini bisa menjadi solusi untuk isu yang ada saat ini, seperti penumpukan limbah, serta masalah lingkungan lainnya. Dan ini bisa di mulai dari diri kita sendiri. Seperti kita mulai dari internal SCG, dengan mengajak teman-teman kita untuk join dalam gaya hidup sirkular,” ujar Ibu Delicia.

Prinsip 5R dalam Konsep Ekonomi Sirkular:

- Reduce, yaitu mengurangi penggunaan bahan baku dari alam.
- Reuse, yaitu mengoptimalisasi penggunaan bahan yang dapat digunakan kembali.
- Recycle, yaitu menggunakan hasil dari proses daur ulang, atau dari
- Recovery, yaitu proses pemulihan, atau dengan
- Repair/ refurbished, yaitu melakukan perbaikan.

Di kantor SCG sendiri, salah satu konsep ekonomi sirkular yang sederhana diterapkan adalah dengan mengajak teman-teman di SCG untuk memilah sampah organik dan non-organik saat membuangnya ke tempat sampah.

Dalam melaksanakan program sirkular ekonomi, SCG juga merangkul banyak pihak, mulai dari pemerintah, komunitas, dan perusahaan lainnya untuk join bersama SCG untuk bersama memberikan solusi ke lingkungan Indonesia.

Tiap tahunnya, SCG Indonesia juga rutin memberikan beasiswa melalui program SCG Sharing the Dream pada pelajar SMA sederajat dan universitas yang ada di Indonesia. Program yang sudah dilaksanakan oleh SCG sejak tahun 2012 ini telah memberikan beasiswa pada sekitar 2.072 pelajar hingga saat ini.

Salah satu syarat untuk mendapatkan beasiswa dari SCG adalah calon penerima beasiswa harus membuat esai terlebih dulu, dengan tema mengenai sirkular ekonomi. Nantinya penerima beasiswa akan dipilih berdasarkan esai yang telah mereka susun. Diharapkan penerima beasiswa ini sedini mungkin dapat menjadi agent of change.

Afyan, seorang mahasiswa ITB yang berhasil meraih beasiswa dari SCG menceritakan tentang proyek sosial yang dikerjakannya bersama dengan 9 orang teman mahasiswa lainnya di Desa Padasuka, Soreang, Bandung.

Afyan mengatakan bahwa hampir 70% penduduk di Desa Padasuka bermata pencaharian sebagai pekerja industri konveksi rumahan. Kain perca sisa konveksi yang menumpuk mereka bakar, dan kemudian limbahnya dibuang ke sungai.

Afyan dan temannya mencoba mencari solusi untuk permasalahan limbah ini, dengan menerapkan konsep sirkular ekonomi. Afyan dan temannya lalu membentuk sebuah tim yang dinamakan Project Niracle. Niracle Team kemudian berinisiatif untuk membina warga di Desa Padasuka dengan mengolah kembali limbah tekstil tersebut, sehingga dapat menjadi nilai tambah bagi warga. Tak hanya itu, lingkungan pun dapat terjaga dengan baik, karena tidak ada lagi limbah tekstil yang dibuang ke sungai. Inspiratif!

Afyan menceritakan bahwa bentuk beasiswa yang diberikan oleh SCG salah satunya adalah dengan menyediakan tenaga ahli yang dapat membantu melatih masyarakat di Desa Padasuka.

Ibu Dewi sendiri mengaku sangat senang bisa melatih warga dalam project Niracle ini. Sampah yang dulu dibuang, sekarang bisa bernilai dan bermanfaat. Bersama dengan para mahasiswa dari Niracle, Ibu Dewi terus memberi semangat pada warga agar mau menggunakan kembali sampah yang sudah tidak terpakai menjadi barang yang bermanfaat dan bisa menghasilkan nilai ekonomi buat mereka sendiri.

“Kita terus memberi semangat pada warga untuk mau mengolah kembali limbah konveksi mereka, demi kebaikan wilayah mereka sendiri, untuk memperbaiki lingkungan, serta bisa untuk memperbaiki ekonomi mereka juga. Pokoknya mah, gimana caranya membangkitkan semangat warga agar tergerak untuk ini,” jelas Ibu Dewi.

Dalam acara ini diperlihatkan salah satu hasil olahan dari kain perca sisa konveksi yang biasanya dibuang oleh warga. Hasilnya sangat cantik dan menarik. Saya gak menyangka kalau rangkaian bunga tersebut dihasilkan dari limbah tekstil, sangat bernilai jual.
Hasil olahan dari limbah tekstil
Itu baru salah satu contoh konsep ekonomi sirkular yang bisa diterapkan dalah keseharian. Masih banyak lagi contoh lainnya, misalnya untuk sampah organik, bisa diolah menjadi kompos, dengan cara menimbunnya di tanah. Pakaian bekas tak layak pakai bisa diolah menjadi kain lap atau pernak pernik cantik lainnya (banyak ide lainnya yang bisa kamu lihat di YouTube). Atau bisa di mulai dari hal sederhana seperti menggunakan plastik secara bijak dan memilah sendiri sampah rumah tanggamu 😊

Di akhir acara, kami diajak untuk mengikuti workshop pembuatan kreasi daur ulang dari bahan bekas. Yup, kami diajarkan cara membuat tassel. Awalnya saya pikir bikin tassel ini rumit, ternyata nggak kok! Buktinya saya dan teman-teman bisa membuatnya dengan mudah. Bahkan ada yang sampai membuat beberapa buah tassel :D Tassel yang awalnya diperuntukkan untuk tote bag, malah ada yang berkreasi untuk dijadikan anting dan asesoris jilbab. Boleh juga, hehe…. 
Workshop membuat tassel dari bahan limbah tekstil
Oya, ada info tambahan nih. Acara hari ini merupakan pembuka dari acara besar yang akan diadakan pada tanggal 22 Februari 2020 nanti, yaitu SCG SD Symposium Indonesia 2020: Circular Economy, Collaboration for Action. Ini untuk pertama kalinya Indonesia menjadi tuan rumah dalam sebuah forum global SCG SD Symposium.

Semoga hasil dari forum nanti bisa memberi inspirasi dan menambah pengalaman bagi seluruh peserta yang hadir mengenai konsep ekonomi sirkular ya (oya, jangan lupa di-share ilmu yang diperoleh dari forum ini ya :D), sehingga tujuan pembangunan berkelanjutan dapat tercapai. Amiin….
Foto bersama


Foto-foto: pribadi

  • Share:

You Might Also Like

18 comments

  1. Ini SCG yang spanduknya suka ada di warung-warung bukan ya?

    BalasHapus
  2. Wah, ini patut dicatat banget niihh

    Prinsip 5R dalam Konsep Ekonomi Sirkular:
    - Reduce, yaitu mengurangi penggunaan bahan baku dari alam.
    - Reuse, yaitu mengoptimalisasi penggunaan bahan yang dapat digunakan kembali.
    - Recycle, yaitu menggunakan hasil dari proses daur ulang, atau dari
    - Recovery, yaitu proses pemulihan, atau dengan
    - Repair/ refurbished, yaitu melakukan perbaikan.

    Beneran kudu jadi acuan buat kita semua ya Mak

    BalasHapus
  3. Wah bagus nih ekonomi sirkular dan gaya hidup sirkular. Memang sudah saatnya limbah dimanfaatkan jadi lebih berguna

    BalasHapus
  4. konsep yang menarik, jadi ekonomi tetap hidup dan lingkungan tetap terjaga, minimal jadi minim sampah dengan prinsip 5R nya

    BalasHapus
  5. nah betul, jadi sekarang udah bukan 3R lagi tapi 5R karena memang lingkungan dan alam sudah sangat membutuhkan langkah lebih lanjut. Suka banget aku tuh dengan program seperti ini, sirkular ekonomi yang bikin kita sadar dan peduli dengan lingkungan tempat tinggal dan hal kecil lainnya.

    BalasHapus
  6. Ikut Bangga Indonesia menjadi Tuan Rumah sebuah forum global SCG SD Symposium, asiknyaa.
    Btw itu handmade kreasi daur ulangnya tassel, kereeen..

    BalasHapus
  7. Gerakan semacam ini yang layak kita dukug yaa mba, karena berpikir tantang efek jangka panjang.
    Duh senengnyaaa ada workshop bikin tassel, pasti seru nih.

    BalasHapus
  8. Ekonomi Sirkular masih terdengar asing di telinga saya. Saya baru tau malah disaat beberapa blogger membahasa soal ini. Thanks atas informasinya

    BalasHapus
  9. Mudah2an program seperti ini lebih banyak menjangkau masyarakat ya Mbak termasuk sayapun banyak PR untuk urusan pengelolaan barang yang sudah ga terpakai

    BalasHapus
  10. Pokoknya harus ingat prinsip 5R itu ya, hayo kamu juga jangan sampai lupa loh :)
    Mau daur ulang sampah2 tapi suka bingung gimana bikinnya aku

    BalasHapus
  11. Aku baru dengar ini. Bagus sekali programnya, harus banget kita dukung. Karena ini bisa memberikan dampak yang positif banget untuk lingkungan juga :)

    BalasHapus
  12. Gaya hidup sirkular ini memang masih menjadi PR besar ya.. butuh dukungan banyak pihak, dan memang harus dimulai dari diri sendiri dan lingkungan terkecil yaitu keluarga.. dengan demikian circular economy InshaAllah bisa terwujud ya mbak

    BalasHapus
  13. Wah acaranya oke banget nih dan jadi makin nambah ilmu. Aku kemarin coba bikin bros dari perca. Kayanya ini mau mulai lagi buar ada kegiatan dan bisa bermanfaat juga

    BalasHapus
  14. Selama ini orang berfokus pada limbah plastik ya,jarang yang mikir limbah fashion/ tekstil gtu. Gerakan semacam ini bisa bikin kita mengurangi limbah fashion ya. Tapi dari kitanya sendiri sebaiknya juga mulai batasin beli baju keknya hhehe

    BalasHapus
  15. Waahh keren ternyata scg rutin kasih beasiswa ke anak muda Indonesia setiap tahunnya ya kak..

    Wajib di dukung inihh..

    BalasHapus
  16. Awalnya masih belum ngeh juga tentang hidup secara Circular economy ini tapi ketika sampai di bahasan Reduce, Reuse, Recycle, recovery dan repair, saya baru nyambung. Ini memang sudah diterapkan pada sebagian masyarakat yang peduli lingkungan.

    BalasHapus
  17. Terimakasih ya, ini jadi ilmu baru bagi saya di tahun 2020 ini

    BalasHapus
  18. salut ya, lewat sampah ternyata banyak hal yang bisa didapatkan.
    terus seru banget bkin taselnya. aku pengen bikin lagi deh di rumah.

    BalasHapus