Daftar Perlengkapan Bayi yang Harus Disiapkan

By Dewi Sulistiawaty - Mei 01, 2019

Tak bisa dipungkiri bahwa memiliki seorang bayi itu menjadi dambaan bagi setiap pasangan suami istri, terutama untuk pasangan suami istri yang baru menikah, karena biasanya mereka yang paling ingin segera memiliki momongan. Ketika mengetahui bahwa sang istri hamil, ini merupakan berita paling membahagiakan bagi pasangan suami istri tersebut. Selama kehamilan, tentu saja segala sesuatunya  dipersiapkan untuk menyambut kelahiran calon bayi ke dunia, termasuk diantaranya persiapan perlengkapan bayi.

Lantas, perlengkapan bayi apa saja yang mesti dipersiapkan? Perlengkapan bayi itu terdiri apa saja sih? Karena memang tak jarang sebagian dari pasangan suami istri ini masih belum mengetahui perlengkapan bayi apa saja yang mesti mereka siapkan jauh-jauh hari. Nah, untuk mengetahui lebih jelasnya lagi, yuk disimak ulasannya di bawah ini :

1. Perlengkapan Pakaian Bayi

- 6 sampai 8 pcs body suit (pakaian terusan) dengan karet pada bagian pergelangan kaki.
- 6 pcs setelan piyama tidur, agar lebih mudah saat mengganti popoknya.
- 6 pcs pakaian dalam (singlet bayi).
- Baju hangat dari serat alami seperti wool.
- Selimut yang berbahan wool atau katun lembut.
- 6 pcs kaus kaki dan kaus tangan bayi.
- 1 pcs topi bayi.

2. Peralatan Makan Bayi

- 4 sampai 6 pcs celemek makan bayi.
- 1 pak handuk / kain kecil untuk menahan air liur atau muntah bayi.
- Bra menyusui dan breast pads.
- Bantal khusus menyusui.

3. Peralatan Ganti Popok

- 10 sampai 12 pcs popok sekali pakai per harinya.
- Ember khusus untuk merendam dan mencuci popok.
- Kain penyerap popok khusus untuk disempilkan pada sisi dalam popok kain, sehingga kulit bayi tetap kering dan lebih mudah dalam membersihkannya.
- Perlak alas.
- Tas popok.
- Meja ganti popok yang setinggi pinggang.
- Tisu basah yang bebas alcohol.
- Lampu malam dengan watt rendah, agar cahayanya tidak mengganggu si kecil saat tertidur.
- Keranjang baju kotor.

4. Peralatan Mandi Bayi

- Bak mandi bayi.
- Penyangga punggung bayi, yang biasa digunakan untuk bayi yang baru lahir.
- Sabun mandi bayi dengan pH 5-5, agar terhindar dari iritasi kulit.
- Krim pelembap / anti ruam popok.
- Waslap atau handuk kecil.
- 2 sampai 4 pcs handuk mandi dengan penutup kepala, agar bunda lebih mudah untuk menutup bagian kepalanya ketika selesai dimandikan.
- Baby oil untuk memijat bayi (utamakan yang berbahan organic tanpa parfum).

5. Perlengkapan Tidur Bayi

- Boks tidur bayi
- Kasur dengan ukuran sesuai boks bayi untuk memberikan kenyamanan
- Selimut tidur
- Sprei kasur khusus bayi yang berbahan katun lembut
- Kantung tidur bayi untuk bayi baru lahir
- Baby monitor – optimal
- Kelambu
- Termometer
- Lampu tidur untuk membantu aktifitas menyusui dan mengganti popok pada malam hari

6. Perlengkapan Berpergian

- Car seat bayi dengan penyangga kepala untuk bayi yang baru lahir
- Kereta dorong bayi
- kain gendongan
- Gendongan depan
- Tas bayi
Nah, itulah beberapa perlengkapan bayi yang mesti dibeli untuk menyambut lahirnya si kecil ke dunia. Perlengkapan bayi tersebut bisa didapatkan dengan mudah di toko-toko perlengkapan bayi, maupun di supermarket. Namun untuk mendapatkan kenyamanan dan kemudahan dalam berbelanja, seringkali orang lebih suka berbelanja di toko online.
Berbicara soal belanja online, disarankan untuk berbelanja pada situs online shop yang terpercaya, misalnya ilotte.com. Mengapa harus ilotte.com? Karena produk-produk yang ada di ilotte.com termasuk yang terlengkap. Tak hanya itu, ilotte.com juga sering memberikan harga diskon setiap bulannya. Ibu-ibu mana bisa menolak diskonan, haha….


Dengan berbelanja perlengkapan bayi di situs ilotte.com, tentunya bumil tidak perlu capek-capek untuk terjun langsung kelapangan (ceilee, bahasanya, wkwk). Dengan begitu, bumil bisa santai di rumah, dan kandungan pun senantiasa tetap aman. Sebaiknya hindari deh bumil berbelanja langsung ke toko. Terlebih jika toko dalam kondisi ramai, berdesak-desakan, sehingga akan rawan untuk kondisi kandungan.
Melalui belanja online, bumil bisa berbelanja dimana saja dan kapan saja. Bahkan, bumil tinggal duduk manis saja dirumah sambil menunggu barang pesanannya datang. Namun jika pun bumil ingin tetap berbelanja langsung ke toko, berikut ada beberapa tipnya :

1. Memuat Daftar Belanjaan

Hal pertama yang harus kamu lakukan sebelum membeli perlengkapan bayi adalah membuat dulu list atau daftar belanjaan. Mengapa demikian? Karena perlengkapan bayi itu tidak terdiri dari 1 – 2 macam saja, melainkan banyak sekali. Dengan membuat dulu daftar belanjaan tersebut, tentu tidak akan ada satu pun perlengkapan bayi yang terlewatkan. Agar lebih efeisien lagi, sebaiknya utamakan dulu barang-barang yang paling penting. Di samping itu, tujuan lain dari membuat daftar belanjaan ini agar kita tahu berapa dana yang harus disiapkan.

2. Memilih Produk-produk yang Berkualitas

Jika kamu sudah membuat daftar belanjaannya, kamu dapat berbelanja dengan tenang. Tak dipungkiri bahwa produk yang berkualitas itu biasanya selalu memuaskan. Makanya saat berbelanja perlengkapan bayi pun, sebaiknya memilih produk-produk yang berkualitas agar hasilnya memuaskan. Dengan kata lain, kamu jangan terlalu tergesa-gesa saat berbelanja. Kamu harus memperhatikan berbagai faktor seperti kualitas bahan, jahitannya, harga, dan lain sebagainya.
Terlebih saat memilih pakaian, usahakan untuk tidak membeli pakaian yang ukurannya pas dengan tubuh si bayi. Sebab, perkembangan tubuh bayi itu terjadi begitu cepat, sehingga pakaian tersebut hanya akan muat dalam beberapa bulan saja. Itu artinya, kamu harus membeli lagi pakaian yang baru. Tentu saja ini merupakan pemborosan yang sebaiknya dihindari. Untuk itu, sebaiknya pilihlah pakaian yang ukurannya lebih besar dari ukuran tubuhnya, sehingga masih bisa dipakai oleh si kecil pada usia berikutnya. Di samping itu, usahakan juga untuk memilih pakaian yang berbahan katun lembut sehingga dapat menyerap keringat dengan cepat. Sehingga dapat membuat si kecil merasa nyaman dan terhindari dari iritasi kulit.

3. Manfaatkan Harga Diskon

Sejatinya, harga diskon itu merupakan strategi jitu dalam bisnis untuk menarik minat beli konsumen sebanyak mungkin. Tentu saja kesempatan ini tak boleh sampai terlewatkan. Manfaatkan momen tersebut, sehingga kita bisa berbelanja dengan harga yang jauh lebih murah. Jika kamu ingin belanja perlengkapan bayi yang banyak harga diskonnya, bisa coba intip di ilotte.com ya.  
Itulah beberapa tip yang bisa kamu gunakan sebelum membeli perlengkapan bayi. Semoga bisa membantu kamu ketika hendak membeli perlengkapan bayi. Oya, jangan lupa untuk selalu menjaga kesehatan selama kehamilan ya! Selamat berbelanja :)

  • Share:

You Might Also Like

0 comments