Ingin Jual Rumah Bandung, Hindari Beberapa Kesalahan Ini

By Dewi Sulistiawaty - Mei 11, 2019

Jual Rumah Bandung
Jual Rumah Bandung

Berbisnis di bidang properti, seperti jual beli rumah merupakan usaha yang sangat menggiurkan. Mengapa? Karena bisnis ini profitnya sangat menguntungkan, dan tentu saja jumlahnya tidak sedikit. Namun di sisi lain, berbisnis properti juga bukan usaha yang bisa dibilang mudah.

Ya, maklum saja, jual beli rumah tidak sama dengan menjual atau membeli kopi di warung. Tidak mudah dan murah, Cyyyn! Karena menjual dan membeli rumah itu menyangkut banyak hal.

Mulai dari nominalnya yang besar, belum lagi masalah kenyamanan dalam jangka panjang, serta pertimbangan untuk menjadikannya lebih dari sekedar hunian tapi juga investasi.
Nah, sebagai pihak yang ingin menjual rumah, ada kelebihan tersendiri nih jika menawarkan properti yang lokasinya berada di kota besar, seperti Jakarta dan Bandung. Namun, kelebihan itu tentu saja tidak cukup.

Agar kita bisa menjual rumah dengan cepat, terutama yang dalam kondisi bekas, maka perlu diperhatikan beberapa kesalahan yang umumnya terjadi dalam bisnis properti ini.
Dikutip dari kompas.com, beberapa kesalahan yang perlu dihindari tersebut diantaranya adalah:

Kesalahan dalam menentukan harga jual.

Dari sekian banyak faktor penting saat menjual properti, banyak orang yang berpatokan pada anggaran saat ia membeli properti. So, bisa dimaklumin, kalau kamu sampai salah mematok harga. Sebagai akibatnya rumah yang ingin dijual pun tidak kunjung laku.
Sebagai langkah awal, sebelum menjual property, mulailah dengan mencari tahu harga pasaran. Lalu pastikan lagi dengan berkonsultasi ke para ahli, salah satunya dengan agen properti.

Kesalahan berikutnya adalah mengabaikan kondisi rumah.

Sebenarnya tak ada kewajiban sih untuk kita merenovasi rumah yang akan dijual. Hanya saja, ini tentu saja akan memengaruhi minat calon pembeli. Lain lagi ceritanya jika kamu bersedia menurunkan harga rumah, karena menjualnya dengan kondisi apa adanya.

Memang, memperbaiki kerusakan dan mengemas tampilan rumah jadi menarik, mungkin akan membuat kamu mengeluarkan biaya ekstra. Tapi kalau upaya ini bisa menaikkan harga rumah secara signifikan, tentu saja biaya renovasi atau perbaikan akan tertutup setelah rumah terjual kan?

Lalu jika kamu ingin memasang iklan jual rumah Bandung atau dimana pun, mungkin akan memilih cara yang sangat praktis yakni dengan memanfaatkan platform, seperti 99.co Indonesia.

Jika bicara iklan online, tentu saja kamu harus bisa menarik perhatian secara visual dulu, lebih spesifiknya ya lewat foto. Nah, kesalahan umum dari orang memasang iklan properti adalah tidak memanfaatkan fitur khusus untuk memasang foto terbaik dari properti mereka. Dengan kata lain banyak yang menggunakan foto seadanya.

Jual Rumah Bandung - online
Jual Rumah Bandung - online
Padahal untuk urusan satu ini kamu bahkan dianjurkan untuk menggunakan jasa profesional seperti fotografer, atau setidaknya mereka yang paham fotografi. Dengan begini, foto-foto iklanmu tidak saja terlihat lebih menarik, tapi juga bisa mewakili kondisi rumah.

Selanjutnya untuk yang memilih menggunakan jasa agen properti, kesalahannya adalah tidak melakukan seleksi lebih dulu. Meski agen properti menawarkan skill profesional untuk membantu menjual rumah sehingga kamu tidak perlu repot mengurus ini itu, bukan berarti kamu bisa asal pilih.

Pilihlah agen yang berpengalaman dan sudah dikenal karena memiliki rekam jejak yang baik. Salah satu seleksi bisa kamu lakukan adalah dengan mencari profil sang agen via online, atau menanyakan rekomendasi dari kenalan, dan lainnya.

Oya, selain kesalahan-kesalahan di atas, masih ada kesalahan lainnya yang juga kerap ditemukan saat seseorang menjual rumah. Misalnya dengan melibatkan sisi emosional. Dalam hal ini mungkin karena rumah yang akan dijual memberikan banyak kenangan dan sebagainya.

Melibatkan sisi emosional akan mempengaruhi keputusan, dan membuatmu jadi tidak rasional saat bernegosiasi dengan calon pembeli. Salah satunya dengan memberikan harga yang tidak realistis, dan juga susah diajak bernegosiasi.

Padahal dalam negosiasi tidak berarti satu pihak beruntung dan yang lain merasa rugi. Kamu tetap bisa kok membuat pembeli senang, sementara kamu bias mendapatkan harga yang diinginkan. Misalnya dengan menerima penawaran harga sedikit di bawah yang telah kamu tentukan. Ini perlu dipertimbangkan, terutama jika kamu dalam kondisi terdesak.

Yang tak kalah penting adalah hindari menutupi kekurangan rumah, alias tidak jujur. Kalau sampai kamu berbohong, sudah pasti pembeli akan sangat kecewa dengan dirimu. Dan bukannya tidak mungkin lho, ini akan berakhir dengan permasalahan hukum, terutama kalau sampai pembeli merasa ditipu.

Kesalahannya lainnya adalah bersikap pasif, alias hanya menunggu respon setelah memasang iklan. Bicara tentang memasang iklan, saat ini sudah bisa dilakukan secara gratis dengan memanfaatkan situs properti. Termasuk jika ingin jual rumah Bandung, yang bisa dilakukan di 99.co Indonesia.

Memanfaatkan platform ini tak hanya tanpa biaya, tapi kamu juga akan dipandu untuk mengemas iklan jauh lebih menarik dengan menyediakan informasi properti secara rinci. Kamu juga harus rajin ya menyundul iklan, agar makin banyak pengunjung situs yang melihat iklanmu. Kalau perlu manfaatkan juga layanan premium yang akan menampilkan iklanmu selalu di halaman depan setiap pencarian pengunjung.

Cek Informasi Lengkap Jual Rumah Bandung di 99.co Indonesia

Cek Informasi Lengkap Jual Rumah Bandung di 99.co Indonesia
Cek Informasi Lengkap Jual Rumah Bandung di 99.co Indonesia
Informasi seputar jual rumah Bandung memang tersedia lengkap di 99.co Indonesia. Bagi kamu yang sedang mencari referensi untuk menjual properti, maupun yang sedang mencari hunian, berikut beberapa gambarannya ya.

Salah satu yang menarik adalah iklan jual rumah Bandung Utara yang menawarkan hunian 2 lantai dengan rooftop garden di kawasan Setiabudi senilai Rp 714 juta.

Berada di Setiabudi Clove Residence, tepatnya Cluster Indari, hunian ini berada di lingkungan aman dengan keamanan 24 jam dan juga berhawa sejuk dengan view Kota Bandung serta Pegunungan.
Memiliki luas bangunan sekitar 77m2 dan ada 2 kamar tidur serta 2 kamar mandi, rumah ini seperti yang disebutkan sebelumnya, memiliki 2,5 lantai dengan area atas (rooftop) berupa taman, sehingga cocok dijadikan tempat berkumpul bersama keluarga.

Memiliki design tropical modern, rumah ini juga masih memiliki tanah kosong sekitar 10m2 untuk bisa dimanfaatkan sesuai dengan keinginan. Selain itu tersedia pula carport, dan daya listrik dengan perangkat smart digital home.

Lokasinya pun sangat dekat ke pusat pendidikan, seperti kampus UPI, Unpas, Unpar, hingga tempat menarik lain, seperti Farm House, Floating Market, dan objek wisata lain di sekitar Bandung, khususnya Lembang.

Sementara bagi yang ingin mencari info jual rumah Bandung dibawah 500 juta, bisa pertimbangkan hunian di Padalarang. Ada sebuah rumah yang ditawarkan seharga Rp 333 juta, dan berada di lingkungan yang aman karena dilengkapi sistem keamanan 24 jam dan one gate system.

Selain itu lokasinya dekat pula ke Exit Tol Padalarang, serta Kota Baru Parahyangan, supermarket, hingga RS Cahya Kawaluyaan. Spesifikasi rumahnya sendiri antara lain, luasnya 33m2 dengan tanah 60m2, serta memiliki 2 kamar tidur dan kamar mandi.

Kamu bisa membeli rumah ini dengan uang muka alias DP hanya Rp 20 juta serta cicilan per bulan sekitar Rp 2,3 juta. So, mencari rumah di Bandung dengan harga di bawah Rp 500 juta bisa dibilang cukup mudah. Apalagi kalau Anda mencari informasinya di www.99.co/id.

Cek Informasi Lengkap Jual Rumah Bandung di 99.co Indonesia
Cek Informasi Lengkap Jual Rumah Bandung di 99.co Indonesia
Contoh lainnya, ada rumah di kawasan Margaasih yang dijual sekitar Rp 425 dilengkapi Sertifikat Hak Milik (SHM). Dengan harga yang banderol senilai Rp 425 juta, rumah ini memiliki luas bangunan 40m2, dengan 2 kamar tidur dan kamar mandi, serta ada tamannya juga. Lokasinya dekat ke Tol Taman Kopo Indah (TKI), RS Unggul Maranatha, dan juga pasar segar TKI, sekaligus pasar modern Margahayu Permai.

Nah, kalau di Bandung Selatan, ada rumah yang dijual seharga Rp 400 juta-an, tepatnya di Taman Cibaduyut Indah, yang berada dekat ke jalan raya, dan aksesnya mudah ke Gerbang Tol M. Toha Rumah dengan 50m2, memiliki 2 kamar tidur, kamar mandi, carport dan daya listrik 1300W ini berada di area bebas banjir, dan juga dekat ke tempat ibadah maupun pusat perbelanjaan.

Masih di area selatan Bandung nih, kali ini kamu bisa coba cek hunian di Jalan Cikoneng, Bojongsoang yang bernilai Rp 450 juta. Dengan DP ringan yakni sebasar Rp 7 juta saja dan angsuran sekitar Rp 3,75 juta per bulan, kamu sudah bisa mendapatkan rumah yang dilengkapi dengan SHM dan dokumen lainnya, seperti IMB (Izin Mendirika Bangunan), Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan (BPHTB), serta Akta Jual Beli (AJB).

Lokasinya berada di cluster strategis, dengan suguhan pemandangan hijau dan akses jalan memadai dengan lebar yang bisa dilewati 2 mobil, rumah ini berada dekat ke Tol Buah Batu, Transmart, dan Borma, serta juga pasar tradisional ditambah pusat pendidikan dan kesehatan.

Spesifikasinya sendiri antara lain dengan luas 72m2, 2 kamar tidur, kamar mandi, ruang keluarga, dapur, carport, dilengkapi dengan fasilitas dari perumahan yakni keamanan 24 jam, CCTV, one gate system, taman, masjid, dan area komersil.

So, kamu sudah siap untuk beli atau jual rumah Bandung? Selamat mencoba ya!

  • Share:

You Might Also Like

0 comments