Anchor Full Cream Milk Powder Berbagi Berkah di Bulan Ramadan

By Dewi Sulistiawaty - Juni 03, 2018


World Milk Day 2018
Pada tahu kan kalo tiap tanggal 1 Juni diperingati sebagai hari apa? Yup, selain bangsa kita memperingatinya sebagai Hari Lahirnya Pancasila, masyarakat di dunia juga memperingatinya sebagai Hari Susu Sedunia atau bahasa kerennya World Milk Day. Mengapa susu mesti diperingati juga ya? World Milk Day ternyata dicetuskan pertama kali oleh Food and Agriculture Organization of The United Nations atau FAO PBB pada tahun 2001. Hal ini untuk mengingatkan pada masyarakat luas betapa pentingnya susu sebagai asupan nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh.

Jika dulu pemerintah memasukkan susu sebagai ‘nutrisi tambahan’ dalam kampanye 4 sehat 5 sempurna, maka sekarang susu sudah dimasukkan dalam kategori protein hewani dengan pedoman Gizi Seimbang. Jika dulu susu masuk dalam bahan makanan premium dengan harga yang lumayan mahal, maka sekarang sudah tersedia susu dengan kemasan mini, sehingga bisa dijangkau oleh masyarakat menengah ke bawah. Namun begitu masih ada masyarakat yang belum aware mengenai pentingnya asupan nutrisi dari susu, atau ada juga yang masih belum beruntung bisa mengecap susu karena kondisi ekonomi yang belum memungkinkan.

Melihat hal ini serta mengetahui betapa pentingnya susu sebagai asupan global yang padat gizi, Fonterra Brands Indonesia melalui brand Anchor meluncurkan produk terbarunya yaitu Anchor Full Cream Milk Powder. Sebelumnya kita tahu bahwa Anchor terkenal dengan produk butter dan cheese-nya ya. Sekarang sudah ditambah dengan produk susu :) Peluncuran Anchor Full Cream Milk Powder dilakukan pada hari Rabu, 30 Mei 2018 kemarin di Tugu Kunstkring Paleis, Jakarta.

Peluncuran Anchor Full Cream Milk Powder
Hadir pada acara tersebut Bapak Affifudin selaku Scientific Regulatory Affairs & Food Safety Quality Director Fonterra Brands Indonesia (FBI), Ibu Inez Yumahana selaku Senior Nutrition Manager FBI, Bapak Muhammad Basair selaku Head of Corporate Supervisor Aksi Cepat Tanggap (ACT), serta Olla Ramlan dan suaminya Aufar Hutapea sebagai Brand Ambassador Anchor Full Cream Milk Powder.


Anchor Berbagi

#AnchorBerbagi Layanan Makan Gratis
Oya, sebelum diresmikannya peluncuran Anchor Full Cream Milk Powder ini, Fonterra Brands Indonesia melalui produk Anchor melakukan kolaborasi dengan LSM Aksi Cepat Tanggap (ACT). Di pelataran parkir Mesjid Cut Meutia Jakarta, terlihat truk ACT, lengkap dengan berbagai makanan dan minuman yang di-support oleh Anchor. Makanan dan minuman ini nantinya dibagikan pada masyarakat yang membutuhkan. Karena #AnchorBerbagi ini bertepatan dengan bulan ramadan, maka makanan dan minumannya dibagikan menjelang bedug magrib, dan menjadi makanan untuk berbuka puasa.

#AnchorBerbagi
 
Olla Ramlan dan keluarga
#AnchorBerbagi merupakan bentuk komitmen Fonterra untuk berbagi kebaikan, khususnya kebaikan susu dalam rangkaian ramadan, sekaligus dalam rangka merayakan Hari Susu Sedunia. Anchor akan membagikan 3.000 gelas susu Anchor Full Cream Milk Powder plus makanan untuk berbuka puasa selama tiga hari berturut-turut, yaitu mulai dari tanggal 30 Mei hingga 1 Juni 2018.

Peresmian dibukanya kegiatan #AnchorBerbagi


#AnchorBerbagi
“Masih dalam suasana ramadan, dan sebagai bentuk rasa syukur dimana kita akan meluncurkan produk terbaru yaitu Anchor Full Cream Milk Powder, untuk itu kita ingin berbagi dalam bentuk 1.000 paket buka puasa bersama tiap harinya, mulai dari hari ini dan puncaknya pada tgl 1 Juni nanti, bertepatan dengan Hari Susu Sedunia. Ini momentum bagi kita untuk berbagi kebaikan dalam suasana ramadan yang barokah,” ujar Bapak Affifudin.

Sebagai informasi, ACT Food Truck sudah 2 tahun melanglang buana mengunjungi tempat-tempat yang membutuhkan bantuan, seperti ke Bali saat terjadi bencana alam di sana. Selama bulan ramadan ini ACT Food Truck sudah full jadwalnya, bahkan kata Bapak Basair atau yang akrab disapa Bapak Abbas, listing ACT Food Truck sudah sampai ke jalur mudik juga, yaitu di Merak dan Cikampek. Jadi ACT Food Truck juga melayani para pemudik yang sedang berpuasa ya. Nah, untuk kegiatan #AnchorBerbagi ini, ACT Food Truck kemungkinan tidak hanya ‘nongkrong’ di Mesjid Meutia saja, tapi bisa ke tempat lainnya dimana tempat tersebut dirasa benar-benar akan tepat sasaran.

Bapak Abbas
"Kegiatan Anchor Berbagi ini sangat positif ya, membagikan makanan dan minuman untuk berbuka puasa bagi masyarakat, 1000 per harinya, itu sangat banyak. Ada masyarakat yang susah mencari makan untuk berbuka puasa, Alhamdulillah ini bisa jadi solusi untuk masyarakat di Jakarta," ucap Bapak Abbas. 


Peluncuran Anchor Full Cream Milk Powder

Peluncuran Anchor Full Cream Milk Powder
Usai resmi dibukanya rangkaian #AnchorBerbagi dengan ACT Food Truck, acara dilanjutkan dengan peluncuran Anchor Full Cream Milk Powder di Tugu Kunstkring Paleis, yang lokasinya tak jauh dari Mesjid Cut Meutia. Awalnya Bapak Affifudin menceritakan mengenai sejarah berdirinya Anchor. Ternyata Anchor sudah lama juga hadir yaitu sejak tahun 1886. Berawal dari seorang entrepreneur yang waktu itu mengolah lemak susu menjadi butter, dan bagian protein dari susu diolah menjadi keju. Anchor kemudian masuk ke Indonesia sekitar 40 tahun yang lalu. Jadi perkiraan pada tahun 70-an gitu ya. Sekitar tahun 2001, produk-produk Anchor masuk dalam bendera Fonterra.

Bapak Affifudin
“Anchor Full Cream ini diproduksi dari susu sapi segar yang berasal dari peternakan terbaik di New Zealand. Seperti yang kita ketahui bahwa New Zealand merupakan the best farming practices in the world, dengan metode peternakan pasture, yaitu sapinya tidak dikandangkan tapi dilepas di padang rumput. Tidak hanya memiliki peternakan, Fonterra juga punya unit pengolahan yang selalu diawasi secara ketat kualitas dan keamanannya. Fonterra Brands Indonesia mempunyai tujuan akan selalu menyediakan produk-produk susu yang berkualitas dan bernutrisi untuk seluruh dunia,” jelas Bapak Affifudin.



Manfaat Susu Bagi Tubuh

Sebenarnya bukan hanya saat berpuasa saja tubuh butuh asupan nutrisi yang seimbang. Tubuh butuh nutrisi yang cukup dan seimbang setiap harinya agar sel dan organ tubuh dapat menjalankan fungsinya dengan baik. Apalagi saat berpuasa, dimana tubuh akan beristirahat seharian, sehingga di saat sahur dan berbuka dibutuhkan nutrisi yang cukup agar tubuh tetap fit beraktivitas selama berpuasa.

Agar tubuh tidak cepat lapar saat berpuasa, sebaiknya mengkonsumsi makanan yang padat gizi dengan menu yang seimbang. Pilihlah makanan yang mengandung karbohidrat dengan indeks glikemik rendah, mengandung protein tinggi, dan lemak secukupnya. Isilah setengah dari piring makan kita dengan buah dan sayur, seperempatnya lagi isi dengan makanan berprotein, dan seperempatnya lagi sumber karbohidrat. Hindari makan makanan yang manis saja, karena makanan jenis ini biasanya tidak padat gizi, dan hanya berisikan kalori dari gula saja.

Ibu Inez
“Jika dari 1 potong ayam bisa didapatkan sekitar 21 gr protein, dari 1 butir telur 6 gr protein, dan dari sepotong tahu 8 gr protein, maka dari segelas susu kita bisa mendapatkan 6-7 gr protein. Jika kita minum susu dua kali sehari, berarti bisa dapat sekitar 14 gr protein. Sehingga susu bisa menjadi pilihan yang sehat karena kaya protein. Minum susu saat iftar dan sahur sangat baik bagi tubuh, karena susu memiliki indeks glikemik yang rendah, protein tinggi, serta lemak yang cukup. Ini akan membuat kita tidak cepat lapar,” papar Ibu Inez.

Menurut Ibu Inez lagi, dalam 2 gelas susu sapi itu seperti protein dari 2 butir telur + kalsium dari 3 mangkok brokoli + vitamin B12 dari 2 potong daging sapi (85 gr) + fosfor dari 1 mangkok kacang. Eh, tetapi bukan berarti jika sudah minum 2 gelas susu kita tidak perlu makan telur, brokoli, daging, dan kacang lagi ya. Ke semuanya masih dibutuhkan oleh tubuh, karena masing-masing bahan makanan tersebut memiliki kandungan nutrisi lain yang dibutuhkan oleh tubuh, seperti brokoli yang kaya akan serat dan vitamin, dan daging yang memiliki kandungan zat besi.


Anchor Full Cream Milk Powder

Anchor Full Cream Milk Powder mengandung kalsium, fosfor, dan magnesium yang baik untuk kepadatan tulang, gigi, dan otot. Lalu zink yang berfungsi untuk pertumbuhan, perkembangan, dan daya tahan tubuh. Vitamin D yang berguna untuk membentuk energi. Sedangkan Vitamin A baik untuk kesehatan mata, kulit, dan juga daya tahan tubuh. Kandungan lemak dalam Anchor Full Cream Milk Powder pun tidak terlalu banyak, hanya sekitar 3-5%. Lemak merupakan salah satu dari sumber energi, yang berfungsi untuk menyediakan komponen struktural bagi sel tubuh, serta membawa vitamin yang larut dalam lemak (yaitu vitamin A,D,E,K). Makanya lemak ini masih dibutuhkan oleh tubuh dalam jumlah yang cukup atau tidak berlebih. Namun bagi anak-anak lemak ini menjadi sumber energi yang sangat penting untuk pertumbuhannya.

Karena menggunakan teknologi tinggi dalam prosesnya, kandungan nutrisi yang terdapat di dalam Anchor Full Cream Milk Powder diklaim tidak akan hilang ketika diolah menjadi susu bubuk. Dengan kandungan nutrisi yang terdapat didalamnya, Anchor Full Cream Milk Powder dapat dikonsumsi oleh semua anggota keluarga, baik anak-anak, remaja, dewasa, hingga lansia. Oya, untuk sementara produk Anchor Full Cream Milk Powder baru bisa dapatkan secara online di Lazada ya. Anchor Full Cream Milk Powder tersedia dalam tiga ukuran yaitu 200 gram, 400 gram, dan 800 gram, dengan harga mulai dari 24 ribu rupiah hingga 85 ribu rupiah.  

Olla Ramlan
Olla Ramlan yang turut hadir pada acara ini mengaku bahwa ia dan suaminya sudah biasa mengkonsumsi susu sejak kecil, karena ia tahu bahwa susu itu mengandung nutrisi yang sangat baik. Sebagai ibu pun Olla mengatakan bahwa pola makan anaknya yang kadang tidak teratur, bisa dilengkapi nutrisinya dengan mengkonsumsi susu. “Anak saya sih yang sering mengkonsumsi susu. Kalau saya biasanya kalau nggak pagi ya malam sebelum tidur. Sebenarnya kalau saya mengkonsumsi susu pagi hari, sampai siang biasanya saya tidak lapar. Jadi secara tidak sadar bisa membantu mengurangi berat badan ya bagi yang ingin diet,” kata Olla.

Aufar Hutapea 
“Saya support dengan apa yang dilakukan Olla. Untuk urusan gizi dan nutrisi keluarga saya serahkan sama istri. Bangun tidur sudah langsung disediain susu. Kalau sahur saya biasanya nggak makan berat, cuma makan kurma, susu, dan air putih saja,” ujar Aufar.   

Sama seperti Olla dan Aufar, saya pun sudah mengkonsumsi susu sejak disapih dari ASI. Bahkan hingga sekarang pun saya masih mengkonsumsi susu (tentu saja susu yang sesuai dengan usia ya XD). Karena saya sendiri tahu apa saja manfaat susu bagi tubuh. Baidewei dengan hadirnya Anchor Full Cream Milk Powder, boleh juga nih, karena ternyata kandungan nutrisinya cukup bagi tubuh (saya), dimana proteinnya tinggi, sedangkan kandungan karbo dan lemaknya rendah :D Biasanya kan bu ibu seumuran saya menghindari banget susu full cream tuh, karena ngerih akan berdampak pada berat badan, hihi. Full Cream di Susu Anchor ternyata tidak berarti lemaknya tinggi ya. Jadi amanlah dengan masalah timbangan XD Menurut saya sebenarnya rajin bergerak aja sih :D

Aleena Naira Hana Hutapea
(anak Olla dan Aufar)



Foto-foto : Pribadi

  • Share:

You Might Also Like

0 komentar