Dissy Reborn, Naik Kelasnya Kosmetik Lokal Rintisan Ussy Sulistiawaty

By Dewi Sulistiawaty - Juni 10, 2018

Dissy, bisnis kosmetik rintisan Ussy dan Andhika
Udah kenal dengan produk kosmetik yang dikeluarkan oleh Ussy Sulistiawaty bersama suaminya Andhika Pratama? Udah lama juga lho Ussy merintis usaha kosmetiknya, yaitu sejak tahun 2014. Pada waktu itu Ussy menjadi pelopor seorang seleb Indonesia yang membuka bisnis kosmetik, yang kemudian diikuti oleh para seleb lainnya. Produk kosmetiknya diberi nama Dissy, yang merupakan singkatan dari nama Dika dan Ussy. Ouu… so sweet yaa :)

Beberapa waktu lalu, tepatnya pada hari Minggu, 3 Juni 2018, Ussy kembali meluncurkan produk terbaru yang diberi tema #DissyReborn. Soft launching Dissy Reborn diselenggarakan di Agneya Restaurant, Jakarta, dan tentu aja dihadiri oleh Ussy dan Andhika. Simak deh apa kata Ussy tentang lahir kembalinya Dissy.

Ussy
Dissy Reborn itu adalah produk terbaru Dissy, yang sangat berbeda dengan produk yang lama. Mmm, berbeda dalam segi apa ya? “Waktu awal membuat Dissy, kita hanya membuat semampunya saja. Dalam perjalanannya ternyata dari segi packaging, formula, dan lain sebagainya kita masih ada yang kurang, sehingga banyak yang harus kita perbaiki,” ungkap Ussy.

Dissy Reborn sengaja diluncurkan bulan Mei tahun ini karena bertepatan dengan kelahiran Dissy 4 tahun yang lalu, yang juga jatuh pada bulan Mei. Menurut Ussy, Dissy Reborn ini sudah ready di awal tahun 2018, namun sengaja diulur peluncurannya hingga bulan Mei biar momennya pas dengan bulan kelahiran Dissy. Dengan lahirnya Dissy Reborn, Ussy menjamin produk terbarunya ini memiliki kualitas yang lebih bagus dari produk lama, karena segala kekurangan dari produk lama sudah diperbaiki.

“Saya akan balikin uangnya kalau hasil dari produk Dissy ini sampai crack dan juga menggumpal, karena saya menjamin semua produk terbaru di Dissy Reborn ini lebih bagus dari yang lama,” ujar Ussy lagi.

Jadi sejak diluncurkannya Dissy Reborn, semua produk keluaran Dissy di-reborn dengan packaging, formula, dan logo yang beda. Di awal kehadirannya, Dissy memulainya dengan produk sabun mandi cair dan lotion saja. Ternyata kedua produk ini saja yang tidak di-reborn. Kalo kata Andhika, brand Dissy ini cuma mau naik kelas aja, semisal dulu SD sekarang naik ke SMP, berubah menjadi yang lebih baik demi kepuasan Dissy sebagai produsen dan juga konsumennya.
 
Beberapa produk Dissy Reborn
Drama Korea yang sangat disenangi Ussy telah menginspirasi lahirnya Dissy Lip Tint. Bibir para pemain drama Korea yang berwarna pink natural dan nampak lembab (baca; sangat bagus dan menarik XD) membuat Ussy penasaran dengan produk apa yang mereka gunakan. Saat Ussy lagi main ke Korea, Ussy pun menemukan banyak produk lip tint yang dijual di mal-mal. Setelah mencoba, Ussy langsung suka. Sesampainya di Indonesia Ussy langsung mengeluarkan produk lip tint untuk Dissy.

Begitupun dengan produk baby cushion yang biasa digunakan para artis Korea. Kulit wajah mereka terlihat mulus dan lembut, membuat Ussy juga ingin mengeluarkan produk baby cushion. Tahu sendiri gimana mahalnya produk cushion ya. Untuk itulah Ussy memberikan produk cushion dengan harga yang murah namun kualitasnya tidak murahan. Saat ini Dissy juga mengeluarkan produk eyeliner dan eyebrown dengan kualitas dan packaging yang lebih bagus.

“Gak apa-apalah untung sedikit, yang penting orang bisa nyobain baby cushion ya, karena menurut aku nggak semua orang bisa beli baby cushion kalo harganya mahal. Aku begitu, gimana caranya mengemas satu produk dengan harga Indonesia, harga yang terjangkau, tapi kualitasnya bagus. Jangan pernah takut pake produk-produk Indonesia, karena pada bagus-bagus kok. Jangan beranggapan kalo produk merek luar pasti produknya bagus,” kata Ussy.

Walaupun sempat vakum beberapa waktu lalu, sehingga Dissy seperti ‘mati suri’, Ussy tetap semangat untuk meneruskan usahanya ini. Bahkan saat Andhika sendiri mulai pesimis dengan bisnis kosmetik Dissy, Ussy meyakinkan bahwa bisnis ini mempunyai prospek yang bagus, asalkan ia serius menjalankannya. Kemarin Dissy memang sempat nggak mengeluarkan produk baru dan hanya me-repeat produk-produk lama, karena Ussy fokus pada kehamilannya waktu itu. Jadi Ussy mengakui vakumnya Dissy bukan karena produk atau barangnya, tapi karena dirinya.

Andhika
Reseller merupakan salah satu kekuatan bagi Dissy. Seperti yang dikatakan Andhika, penjualan secara offline dan online mempunyai market yang berbeda, dan keduanya memberikan kontribusi yang cukup besar bagi Dissy. Saat ini memang trennya banyak orang yang berbelanja secara online, tapi nggak semua juga kan yang pada belanja online, yang offline juga masih banyak (iya sih, liat aja gimana ramenya mal ya XD). Makanya Dissy tetap menjaga penjualan secara offline. Untuk online pun Dissy sudah bekerjasama dengan e-commerce ternama seperti Lazada, Tokopedia, Shopee, Blibli, dll.

Namun di luar itu semua, yang dari awal ikut membesarkan nama Dissy adalah para reseller. Walaupun terkesan remeh, tapi dulu income terbesar yang didapatkan Dissy adalah dari reseller, yaitu sekitar 70% dari total pendapatan Dissy. Strategi pemasaran seperti ini akan terus dilanjutkan pada Dissy, karena bisa jadi solusi bagi konsumen yang ingin mendapatkan produk Dissy di daerah-daerah tertentu yang ongkos kirimnya mahal. Sehingga mereka bisa mencari ke reseller-reseller terdekat di daerah mereka.

Reseller ini tidak saja berdomisili di Indonesia, namun juga ada di luar negeri, seperti di Hongkong, Taiwan, Malaysia, dan juga Brunei Darussalam. Kata Ussy, dulu ia membuat grup khusus dengan para reseller, bahkan grup ini masih ada hingga sekarang. Jadi para reseller ini udah bukan seperti rekan bisnis lagi bagi Ussy, tapi udah seperti saudara. Andhika pun menceritakan bagaimana pengalaman jatuh bangun mereka merintis usaha kosmetik ini. Menurut Andhika semua orang pasti mengalami, bahkan orang tersukses di dunia pun pernah jatuh.

Andhika percaya, saat punya keyakinan dan berusaha untuk bangkit, maka kita bisa lebih maju dari sebelumnya.


Dissy Lip Gloss

Selain mengeluarkan produk dengan varian yang beragam dan produk unggulannya yaitu Dissy Lip Velvet, dalam Dissy Reborn line ini juga hadir produk lip gloss. Kemasannya nampak elegan dengan bahan akrilik bening, dan tutup berwarna hitam. Tangkai kuas sedikit panjang sehingga memudahkan kita untuk memoleskannya ke bibir.

Dissy Lip Gloss 
Tekstur Dissy Lip Gloss berbentuk seperti gel, berwarna bening, terasa sedikit berat, dan lengket saat diaplikasikan ke bibir. Namun setelah beberapa saat dan lip gloss-nya kering di bibir, kesan berat dan lengket itu langsung hilang. Bibir pun terlihat lebih glossy dan lembab. Awalnya saya nggak terlalu suka menggunakan lip gloss, karena saya pikir lip gloss ini membuat lipstik yang saya gunakan jadi mengilap.

Tapi setelah tahu bahwa ternyata lip gloss bisa diaplikasikan langsung tanpa harus setelah menggunakan lipstik, maka saya jadi seneng juga pakai lip gloss. Katanya lip gloss memiliki banyak manfaat, diantaranya untuk melembabkan bibir serta merawat bibir agar tetap sehat dan terlihat segar, karena biasanya setiap lip gloss mengandung vitamin E dan zat lainnya yang baik buat bibir :)  

Oya, kata Ussy semua produk Dissy ini halal dan aman digunakan karena terbuat dari bahan-bahan yang tidak berbahaya bagi kesehatan. Bahkan ketika ada teman yang lagi hamil menanyakan apakah produk Dissy aman bagi ibu hamil, Ussy bilang nggak apa-apa, aman. Wah berarti bagus ya, karena aman bagi kesehatan. Selamat ya Ussy dan Andhika atas diluncurkannya produk Dissy Reborn. Semoga usahanya ini sukses dan terus berkembang. Amiin :)

Soft Launching sekaligus syukuran atas diluncurkannya produk Dissy Reborn



Foto : Pribadi

  • Share:

You Might Also Like

0 komentar