Kemudahan Perencanaan Dana Haji dengan Asuransi Bebas Tawakkal FWD Life

By Dewi Sulistiawaty - Mei 25, 2018

~ Labbaika Allah humma labbaik
Labbaika laa shariika laka labbaik
Innal hamda wanni’mata laka walmulk
Laa sharika lak ~


Begitulah alunan talbiyah yang mampu menggetarkan kalbu, yang selalu membuat umat muslim ingin menyegerakan diri untuk berkunjung ke Baitullah. Ya, umat muslim mana yang tak ingin melaksanakan rukun Islam kelima ini, yaitu ibadah haji (ziarah) ke Baitullah Mekkah. Namun dibutuhkan kesabaran untuk bisa melaksanakannya, karena untuk pergi haji – apalagi bagi masyarakat muslim yang berada di Indonesia – butuh biaya yang tidak sedikit.

Tak ada yang tak bisa jika Allah SWT sudah berkehendak. “Barang siapa Allah beri petunjuk, tidak ada yang bisa menyesatkannya, dan barang siapa Dia sesatkan, tidak ada yang bisa memberinya petunjuk”. Jadi begitulah, kalau Allah sudah memanggil seseorang untuk pergi haji, maka tidak akan ada yang bisa menghalanginya. Walaupun orang tersebut berasal dari keluarga yang kurang mampu, namun jika Allah sudah berkehendak, maka akan ada saja jalannya untuk pergi menunaikan ibadah haji. Maha besar Allah dengan segala firmanNya.

Namun begitu, kita sebagai umat muslim pun dianjurkan untuk berikhtiar. Salah satu caranya adalah dengan menabung agar bisa berangkat haji. Bisa menabung sendiri, bisa juga menabung di bank. Sudah banyak bank yang menawarkan tabungan khusus haji dan umroh. Kita tinggal memilih mana yang sesuai dengan kemampuan dan keyakinan. Nah, beberapa waktu lalu, saya mendapatkan informasi menarik, tentang bagaimana caranya untuk merencanakan dana haji ini.

Tepatnya pada hari Rabu, 23 Mei 2018 di Resto Meradelima, Jakarta, FWD Life meluncurkan Asuransi Bebas Tawakkal, yaitu sebuah asuransi syariah yang dapat membantu masyarakat muslim Indonesia dalam perencanaan dana haji. Menurut saya ini sebuah inovasi terbaru dalam bidang asuransi jiwa syariah, karena perdana sebuah perusahaan asuransi mengeluarkan produk syariah khusus untuk ibadah haji.

Peluncuran Asuransi Bebas Tawakkal FWD Life
Bapak Rudi Kamdani, Wakil Direktur Utama FWD Life mengatakan bahwa sebagai perusahaan yang terdaftar dan diawasi oleh OJK, mereka memiliki misi untuk mengubah cara pandang masyarakat tentang asuransi. FWD Life selalu berinovasi dengan meluncurkan produk-produk dengan layanan yang inovatif. Salah satu produk inovatif yang saat ini diluncurkan adalah Asuransi Bebas Tawakkal, yang bertujuan untuk membantu masyarakat muslim dalam merencanakan dana hajinya. Lalu mengapa ya, FWD Life mengeluarkan produk haji?


Bapak Rudi
“Kita tahu, bahwa Indonesia merupakan negara muslim terbesar di dunia. Tentu sebagai umat Islam, ingin untuk bisa menunaikan rukun Islam yang kelima apabila mampu, baik secara fisik maupun finansial. Banyaknya masyarakat yang berminat untuk bisa umroh, tidak didukung dengan kuota yang memadai. Tahun 2017 saja, Indonesia mengirimkan 221 ribu jemaah haji ke Arab Saudi, dan angka ini naik dari tahun sebelumnya. Dengan banyaknya jumlah Jemaah ini, jadi tantangan bagi masyarakat untuk bisa menunaikan ibadah haji, baik dari lamanya waktu tunggu keberangkatan, biaya yang cukup tinggi, serta dalam memilih agen perjalanan haji yang berpengalaman,” papar Bapak Rudi.

Untuk itulah sebaiknya kita secepatnya melakukan perencanaan dana haji, agar bisa segera pula untuk berangkat haji. Untuk mempersiapkan perjalanan haji nasabahnya, FWD Life bermitra dengan beberapa agen perjalanan yang memiliki reputasi bagus, serta sudah memiliki izin dari Departemen Agama untuk mengelola keberangkatan haji, diantaranya Abhinaya Tour & Travel dan Toyib Travel. Jadi Asuransi Bebas Tawakkal FWD Life mempersiapkan perencanaan dana haji nasabahnya, sedangkan mitra dari biro perjalanan fokus pada manajemen keberangkatannya. Bapak Rudi berharap dengan adanya Asuransi Bebas Tawakkal ini masyarakat bisa menjadi lebih berdispilin untuk mencapai tujuannya dalam menunaikan ibadah haji.

Usai diluncurkannya Asuransi Bebas Tawakkal FWD Life secara resmi, acara pun dilanjutkan dengan talkshow, yang bertajuk “Rencanakan Perjalanan Haji Anda Sekarang”. Hadir sebagai narasumber Bapak Ade Bungsu sebagai Chief of Proposition & Syariah FWD Life, Bapak Anggi Sangadi selaku Chief of Partnership Distribution FWD Life, Bapak Pandu Apriyanto selaku Presiden Direktur Abhinaya Umrah, Haji & Muslim Tour, serta Bapak Mohammad Teguh sebagai Praktisi Keuangan Syariah.


Bapak Teguh
Sebagai seorang Praktisi Keuangan Syariah, Bapak Teguh mengatakan bahwa masalah utama terkait dengan perencanaan keuangan adalah karena tingkat penetrasi masyarakat Indonesia yang masih terbilang rendah, yaitu sekitar 29,7%. Angka yang sangat jauh jika dibandingkan dengan negara Singapura 92%, Malaysia 87%, dan Thailand 78%. OJK sendiri menargetkan angka penetrasi ini bisa meningkat menjadi 36% pada tahun 2019 mendatang.

“Jika penetrasi finansial kita rendah atau melek finansial masyarakat masih rendah, maka efeknya adalah masyarakat kita konsumtif. Masyarakat kita masih malas jika diminta untuk berinvestasi. Jangan sampai karena kita tidak mampu mengelola keuangan dengan baik, maka kita ‘ngeles’ dengan bilang belum mampu untuk berangkat haji. Padahal intinya adalah pada pengelolaan keuangan kita. Saya khawatir jika masyarakat kita yang tingkat penetrasinya masih rendah ini, tidak difasilitasi untuk membuat perencanaan keuangan dengan mudah, maka mereka akan cenderung teledor untuk tidak melaksanakan ibadah haji,” ujar Bapak Teguh.


Bapak Ade
Dari Bapak Ade saya mengetahui bahwa Asuransi Bebas Tawakkal yang menggunakan jalur non reguler ini menanamkan konsep syariah dalam produk asuransi jiwanya, yaitu konsep tolong menolong. Asuransi Bebas Tawakkal diklaim bebas dari gharar (ketidakpastian), maysir (judi), dan juga bebas riba (bunga).  Bapak Anggi menyampaikan bahwa Asuransi Bebas Tawakkal FWD Life merupakan perusahaan asuransi pertama yang menjalin kerjasama dengan travel agent. Ini karena FWD Life ingin memberikan solusi bagi calon jamaah dan nasabahnya untuk bisa menunaikan ibadah haji. Jadi tidak hanya perencanaan dana haji saja, namun sampai nasabahnya berangkat haji juga.


Bapak Pandu
Sedangkan Bapak Pandu selaku pihak agen biro perjalanan haji yang bekerjasama dengan Asuransi Bebas Tawakkal FWD Life menjelaskan sedikit mengenai Abhinaya Tour & Travel. Biro perjalanan Abhinaya berdiri sejak tahun 2011, dan baru mendapatkan izin resmi dari Departemen Agama pada tahun 2013. Abhinaya hadir sebagai solusi bagi masyarakat yang ingin menjalankan ibadah haji, dan insya Allah amanah. 

Beberapa fitur unggulan yang dimiliki Asuransi Bebas Tawakkal FWD Life

- Kemudahan berasuransi dengan fitur perencanaan dana haji.
-      Nilai kontribusinya mulai dari 1 juta rupiah per bulan.
-      Manfaat asuransi tidak hanya untuk persiapan dan perjalanan haji, namun bisa sampai nasabah berusia 100 tahun.
- Fleksibel, karena kita dapat mengatur penambahan (top up) dana gunamempersingkat waktu tunggu keberangkatan.

     - Keberangkatan haji yang relatif lebih cepat.
Alokasi investasi sejak tahun pertama dan bonus loyalitas akan ditambahkan langsung ke dana investasi, sehingga memungkinkan nasabah untuk merencanakan ibadah haji dengan waktu tunggu yang relatif lebih singkat, walaupun dengan kontribusi mulai dari 1 juta rupiah per bulan.

- Kemitraan dengan perusahaan agen perjalanan haji.
FWD Life menjalin kerjasama dengan perusahaan agen perjalanan haji yang sudah berpengalaman dan memiliki reputasi yang baik.


Bapak Anggi
Saat ini ada promo menarik dari Asuransi Bebas Tawakkal FWD Life, yaitu gratis 1 gram emas setiap pembelian Asuransi Bebas Tawakkal untuk rencana kontribusi senilai 2 juta rupiah per bulan, serta gratis 350 ribu poin FWD MAX setiap pembelian Asuransi Bebas Tawakkal untuk rencana kontribusi senilai 1,5 juta rupiah per bulan, serta gratis 250 ribu poin FWD MAX setiap pembelian Asuransi Bebas Tawakkal untuk rencana kontribusi senilai 1 juta rupiah per bulan. Promo ini bisa dinikmati nasabah mulai dari tgl 15 Mei hingga 14  Juni 2018.  


Foto : Pribadi

  • Share:

You Might Also Like

21 komentar

  1. langsung daftar sis buat perencanaan dana hajinya dari skr :)

    BalasHapus
  2. Asuransi Bebas Tawakkal ini merupakaan sebuah solusi untuk memperlancar dan mewujudkan impian Naik Haji dan menunaikan rukun islam yang ke 5, dengan asuransi ini saya akan lebih berdisiplin menyisihkan dana dibandingkan dengan cara menabung biasa krn menabung biasa, uangnya suka terpakai

    BalasHapus
  3. Boleh nih, insya Allah diniatkan, 1 juta sebulan bisa lah mba. :D

    BalasHapus
  4. Alhamdulillah penjelasan dari perwakilan MUI di acara ini memberikan Cara pandang baru terhadap asuransi syariah. Bahwasanya boleh ya. Selagi tidak Ada unsur ghoror, Riba Dan maisir.

    BalasHapus
  5. Perencanaan dana haji via asuransi akan lebih disiplin ya kak

    BalasHapus
  6. 1 juta per bulan insyaa Allah sih bisa. Makin semangat nih buat berangkat haji bersama Asuransi Bebas Tawakkal ini. Moga bisa berangkat haji

    BalasHapus
  7. Jangan lewatkan deh promo dari FWD setiap kali beli asuransi Bebas Tawakkal :)

    BalasHapus
  8. Menarik dan solusi banget nih Asuransi Bebas Tawakkal. Apalagi program promonya juga banyak. S

    BalasHapus
  9. Senang ya Un ada Asuransi Bebas Tawakkal ini, kita jadi mudah untuk merencanakan dana untuk ibadah haji.

    BalasHapus
  10. Pas ya diluncurkannya saat masyarakat tidak percaya lagi dengan bnyak travel haji tipu-tipu

    BalasHapus
  11. InshaAllah ya mba.. semoga dengan niat baik dan ikhtiar yg baik juga, harapan bisa pergi haji dapat terwujud.. Aamiin

    BalasHapus
  12. Asuransi Bebas tawakkal menjawab keraguan masyarakat yang merencanakan berhaji ya mba, karena di sana dana dikelola dengan amanah

    BalasHapus
  13. Niat yang baik semiga diperlancar dan jalannya tentu semoga di mudahkan

    BalasHapus
  14. Semoga Asuransi Bebas Tawakkal jadi solusi bagi kita yang sudah punya niat pengin ibadah haji yaa dan semoga amanah.

    BalasHapus
  15. zaman makin keren ya mba, pergi haji sekrang makin mudah. aku penasaran banget sama asuransi Bebas Tawakkal ini, mudah mudahan bisa wujudin impian aku ke tanah suci bersama org tua

    BalasHapus
  16. alhamdulillah bisa kenal dengan asuransi bebas tawakal dari FWD Life ini, perencanaan dana haji benar-benar jadi dimudahkan ya

    BalasHapus
  17. Kalo dengar talbiyah, meski itu manasik haji anak TK. Gak karuan rasanya bisa sampe ke Mekah walaupun cuma di pikiran.

    FWD Life jadi solusi baru buat merencanakan perjalanan haji.

    BalasHapus
  18. Mudah2an kita semua dimudahkan utk berangkat haji apalagi sudah ada FWD Life Asuransi bebas tawakkal

    BalasHapus
  19. Akuu mau juga Wi kalo ibadah haji, insyaallah yaa. Btw Asuransi Bebas Tawakkal ini mempermudah orang2 yang ke tanah suci yaaa..

    BalasHapus
  20. asuransi bebas tawakkal cocok nih buat anak2 muda yg sudah berpenghasilan dan ingin naik haji di usia muda

    BalasHapus
  21. Merencanakan ibadah haji emang perlu niat dan tekad yang kuat. Alhamdulillah hadir Asuransi Bebas Tawakkal FWD ini. Bs mempermudah niat kita beribadah haji

    BalasHapus