TRAC Astra Rent A Car, Alternatif Transportasi Pilihan untuk Libur Lebaran

By Dewi Sulistiawaty - Mei 18, 2018


Sumber foto : bestcar
Jika musim liburan tiba, kegiatan yang paling menyenangkan untuk dilakukan adalah traveling bareng keluarga atau teman. Mau traveling kemana? Tergantung kesepakatan bersama. Mau liburan ke kampung halaman alias mudik, mengunjungi salah satu tempat wisata yang lagi hits, atau bisa sekedar berkeliling kota saja. Liburan rame-rame tentu terasa lebih asyik, karena ada teman bercerita, berbagi suka duka selama di perjalanan, serta dapat bersama melakukan kegiatan seru lainnya.

Biasanya liburan yang paling di nanti adalah saat libur lebaran, dimana kegiatan mudik sudah menjadi tradisi di masyarakat untuk bisa bersilaturrahmi dengan sanak saudara di kampung halaman. Di bulan tersebut transportasi umum selalu dipenuhi dengan para pemudik. Seminggu sebelum hari H, tiket kendaraan, baik itu pesawat, kereta, kapal laut, maupun bus, biasanya sudah ludes terjual. Walaupun harga transportasi melonjak naik, namun antusias masyarakat untuk bisa menikmati liburan di kampung halaman tidaklah surut. Bahkan untuk bisa mudik,  mereka sudah booking tiket dulu sebulan sebelumnya agar bisa kebagian.    

Jika sudah begitu, sebagian orang lebih memilih untuk membawa kendaraan sendiri atau menyewa kendaraan untuk bisa mudik. Dengan membawa kendaraan sendiri, nggak perlu yang namanya hunting tiket dulu. Berkendara pun terasa lebih nyaman karena bisa bebas mau berhenti dimana saja selama di perjalanan, serta yang paling asyik adalah kendaraannya bisa dimanfaatkan lagi untuk jalan-jalan di kampung halaman nanti, lebih hemat kan :D

Begitupun saya dan keluarga, dengan rutinitas mudik lebaran tiap tahunnya. Jika kehabisan tiket, saya biasanya akan memilih hari lain yang lebih sepi (walaupun yang lain udah pada mau balik XD), atau jika ngebet banget ingin berkumpul bareng keluarga besar di kampung, saya akan menyewa kendaraan untuk mudik. Baidewei, ternyata urusan sewa menyewa mobil ini bukan perkara mudah juga ya, karena saya punya pengalaman yang bisa dibilang agak buruk sebelumnya :(

Waktu itu lagi libur tahun baru. Saya dan keluarga, termasuk adek-adek saya, ingin pergi berlibur ke rumah kakak di Lampung. Di rumah cuma ada satu kendaraan. Karena ingin nyaman selama di perjalanan, kami pun menyewa sebuah mobil. Kebetulan di dekat rumah adek ada tempat penyewaan mobil. Selama perjalanan ke Lampung, si mobil sewaan masih aman terkendali nih. Nah, pas mau balik baru ada sedikit kendala. Saat keluar dari kapal, adek saya yang menyetir mobil rental menyadari kalau lampu sein depan kiri ternyata tak berfungsi. Alamaak….

Terpaksalah mobil rental yang dibawa adek saya ini berjalan perlahan di belakang mobil kami yang satunya, sembari mencari bengkel terdekat. Untung perjalanan kami aman, dan nggak sampai kepergok pak polisi *malu euy. Tapi kebayang gimana was wasnya saya saat itu. Jadinya saya agak gimana gitu ya dengan rental mobil tersebut, sebeel :(. Udah nyewa mobilnya mahal eh kendaraan yang diberikan seperti itu. Oya, sebenarnya sebelum itu adek saya juga sudah bilang, kalau mobil rental yang dibawanya agak kurang nyaman dibawa, sepertinya mesin mobil tersebut kurang bagus. Heu heuu, jadi milih-milih deh kalau mau nyewa mobil lagi.

Itu kejadian pada tahun lalu. Sejak itu saya masih mikir-mikir jika mau menyewa kendaraan. Palingan sekali pernah minjem (menyewa) mobil tetangga yang lagi nganggur. Sampai kemudian pada hari Jumat, 11 Mei 2018 kemarin saya dikenalkan dengan TRAC Astra Rent A Car dalam sebuah acara Blogger Gathering di Ocha & Bella Restaurant, Jakarta. TRAC Astra merupakan perusahaan penyedia jasa dalam bidang transportasi. Hmm… penyewaan mobil lagi ya? Lalu apa bedanya TRAC Astra dengan penyedia rental mobil lainnya?

Blogger gathering with TRAC Astra Rent A Car
Apakah TRAC Astra ini pemain baru dalam penyedia mobil sewaan? Kalau nama Astra jangan ditanya lagi, saya sudah tahu bagaimana sepak terjangnya dalam sejarah dunia otomotif. Nah, kalau TRAC? Penjelasan lengkap mengenai TRAC Astra kemudian saya dapatkan dari Bapak Agus Riyadi, selaku Chief Operating Officer TRAC Astra Rent A Car. Menurut beliau, sebagai member of Astra International, TRAC itu sudah hadir sejak tahun 1986. Wow, sudah lama juga ya. Namun mengapa nama TRAC baru muncul sekarang?

Ternyata oh ternyata, bagi orang pribadi nama TRAC memang belum begitu lama dikenal, karena TRAC selama ini bermain di pasar corporate. Baru sekitar 2 atau 3 tahunan ini TRAC mulai merambah ke market personal. Hal ini karena TRAC Astra melihat bahwa kebutuhan masyarakat untuk rental mobil mulai meningkat. Apalagi saat ini pemerintah mulai konsen untuk meningkatkan destinasi pariwisata yang ada di Indonesia, sehingga minat masyarakat untuk menjelajahi tempat wisata ini ikut melonjak naik.     

Bapak Agus Riyadi
“Kami tetap melayani corporate rent, dan mulai masuk ke personal rent yang kebutuhannya adalah selain untuk liburan, juga karena mobilitas yang tinggi, serta kebutuhan untuk pernikahan. Hari ini banyak pengantin yang tidak lagi pakai mobil Sedan, tapi ingin pakai mobil Alphard, dan kami menyediakannya. Tidak hanya pessengers car, kami juga menyediakan bus untuk kebutuhan bepergian dengan keluarga besar atau rombongan,” jelas Pak Riyadi.

Selain itu TRAC Astra mempunyai paket-paket khusus tour juga, seperti paket wisata dan kuliner. Dari Pak Riyadi saya mengetahui bahwa ternyata drivers TRAC Astra – yang saat ini sudah mencapai 5.000 drivers – harus mengikuti pelatihan terlebih dulu hingga akhirnya mendapatkan sertifikasi. Sertifikasi di sini bukan saja sekedar bisa mengemudi, mengetahui jalan, dan melayani dengan baik saja, namun juga bisa safety driving. Bahkan khusus drivers yang melayani paket wisata, juga bisa menjadi tour guide lho! Mereka dibekali dengan ilmu dan pengetahuan mengenai tempat wisata yang akan dikunjungi tersebut.

TRAC Self Drive
Seperti saya yang inginnya tanpa driver dan mau mengendarai sendiri mobil rentalnya, di TRAC menyediakan self drive juga, dengan syarat harus menjadi member terlebih dulu. Caranya tinggal mendaftar di salah satu dari 46 outlet TRAC Astra yang tersebar di beberapa daerah, dengan menyiapkan KTP, SIM, serta Kartu Kredit ya. Selain bisa menyewa mobil self drive, keuntungan lain dengan menjadi member TRAC Astra adalah bisa mendapatkan harga diskon :D     

Selain Pak Riyadi, hadir juga Mbak Sri Anindiati Nursastri atau yang akrab disapa Mbak Sastri, yang bekerja sebagai Editor Travel Kompas.com. Sebagai seorang penulis dengan topik travel, Mba Sastri memberikan pendapatnya mengenai tren mudik yang terjadi saat ini. Menurut Mba Sastri, mudik saat libur lebaran sudah jadi kebiasaan di masyarakat, bahkan traveling di sela-sela waktu mudik pun sudah mulai jadi habit.  Ini mungkin karena tahun lalu Kemenpar mulai mengkampanyekan Program Pesona Mudik, yang mengajak warga lokal untuk berbagi informasi mengenai destinasi yang ada di kotanya masing-masing.

Mbak Sastri
“Jadi yang lagi libur mudik nggak perlu bingung lagi jika ingin mencari tempat wisata di daerah yang mereka kunjungi. Tinggal cari saja dengan menggunakan hastag #PesonaMudik di media sosial, misalnya di Instagram yang lagi tren sekarang. Sehingga traveling pun jadi lebih oke ya, karena kita bisa lebih mudah mendapatkan informasi. Oya, sebagai tambahan info buat teman-teman yang mudik, untuk tahun ini Kemenpar mengangkat tema Mudik Penuh Pesona ya,” jelas Mbak Sastri.

Selain itu, tren mudik saat ini yang dirasakan oleh Mbak Sastri adalah transportasi untuk mudik yang mulai beralih, dari yang biasanya menggunakan transportasi umum ke kendaraan pribadi dan rental mobil, bahkan rental bus jika mereka mudik bareng keluarga besar. Wah iya nih, mudik bareng rombongan keluarga tentu juga dapat meningkatkan bonding antar anggota keluarga ya :)        

Falla Adinda, Travel Blogger dan juga seorang dokter, ikut berbagi pengalamannya selama menjalankan kegiatan traveling-nya. Mbak Falla mengatakan bahwa dirinya bukan termasuk tipe traveler yang suka backpacker-an. Dia lebih suka traveling yang terencana dengan baik, sehingga bisa merasa nyaman selama diperjalanan.

Mbak Falla
“Aku seperti turis gitu, yang selalu tahu selama di sana aku akan kemana dan dengan apa aku mau ke tempat tersebut. Jika di dalam kota, aku selalu memilih untuk rental mobil, karena kadang aku pergi dengan membawa anak, tidak sendiri. Aku dan anakku mengunjungi suami dimana di sana terdapat destinasi wisata yang menarik. Jadi sangat tidak mungkin jika saat membawa anak, aku tidak mengutamakan kenyamanan. Salah satu kenyamanan yang aku sangat rela untuk bayar adalah kenyamanan transportasi,” ungkap Mbak Falla.   

Mbak Falla pun menceritakan pengalamannya menggunakan salah satu jasa rental mobil yang jadi favoritnya, yaitu TRAC Astra Ren A Car. Mbak Falla merekomendasikan TRAC Astra karena memiliki premium service, yang membuatnya merasa aman dan nyaman selama diperjalanan. Mulai dari service yang baik, sopan, dan ramah dari driver-nya, yang waktu itu bahkan datang 1 jam lebih awal dari waktu pemesanan, mobil yang disewanya juga berkualitas, bagus (jenis mobil terbaru, maksimal umur 3 tahun sebelumnya), bersih, wangi, lengkap dengan fasilitasnya, seperti tisu, hand sanitizer, air minum, permen, wifi, kabel charger, bahkan tongsis lho! Wow :D  

Premium services from TRAC Astra Rent A Car
Wah, menarik banget info yang saya dapatkan. Soalnya menjelang libur lebaran ini saya dan keluarga besar berencana untuk mudik bareng. Awalnya mau naik kereta, namun setelah mendengar informasi baru ini, saya jadi tertarik untuk menyewa kendaraan saja, sepertinya aman dan nyaman mudik menggunakan TRAC Astra. Setelah mendengar testimoni dari Mbak Falla, sepertinya TRAC bisa menjadi alternatif pilihan rental mobil saat libur lebaran nih! Apalagi mendengar ada kata diskon, sinyal hemat ala ibu rumah tangga saya langsung menangkapnya dengan baik, wakakaka….  

Yup, menurut Pak Riyadi saat ini lagi ada promo khusus untuk TRAC Self Drive. Mulai dari tgl 1 Mei – 10 Juni 2018, TRAC memberikan harga spesial, start from 235 ribu rupiah/ hari (Agya), 305 ribu rupiah/ hari (Avanza), dan 425 ribu rupiah/ hari (Innova). Wohooo… harganya jauh beud dari harga biasanya saya rental mobil. Selain itu ada Promo “Ayo Mudik!” juga. Seperti sewa mobil Toyota Avanza selama 2 hari, diberi bonus tambahan 1 hari, dengan harga 1,2 juta rupiah. Sewa 5 hari bonus 2 hari, dengan harga 2,75 juta rupiah, dll.

Promo “Ayo Mudik!” ini berlaku di semua outlet TRAC Astra, khusus untuk layanan Self Drive, sejak tgl 1 Mei – 31 Mei 2018, untuk pemakaian 3 – 24 Juni 2018. Untuk lebih jelasnya, silakan kunjungi website TRAC di www.trac.astra.co.id. Bisa juga kepoin akun media sosial TRAC Astra, seperti di Instagram @TRAC_astra, Twitter @TRACastra, dan di Facebook TRAC Astra Rent A Car. Sedangkan untuk layanan reservasi bisa call di nomor (021) 877 877 87. Kuy, saya pengen nyobain mudik lebaran dengan aman dan nyaman menggunakan TRAC Astra Rent A Car :)  


Call Center TRAC Astra Rent A Car
(Sumber foto : TRAC)





  • Share:

You Might Also Like

0 komentar