Jumat, 19 Agustus 2016

Tata Motors di GIIAS 2106, Play Strong dengan Tema “Think Business, Think Tata Motors”


Senangnya, tahun ini masih diberi kesempatan untuk bisa  berkunjung ke sebuah ajang pameran otomotif terbesar yaitu Gaikindo International Indonesia Auto Show (GIIAS) 2016. Senang, karena bisa melihat langsung perkembangan dan juga inovasi terbaru dari berbagai macam merek otomotif yang mejeng di sana.

Teman Blogger saat mampir di booth Mobil123.com
Seperti ini nih misalnya, ketika saya takjub melihat sebuah truk dengan bentuknya yang keren banget, seperti sebuah kendaraan model masa depan yang di film-film itu. Setelah berkenalan, ternyata namanya Tata Ultra 1012. Iya, Tata, Tata Motors. Tata Motors Limited itu merupakan sebuah perusahaan mobil terbesar di India, dan telah beroperasi di Inggris, Korea Selatan, Thailand, Afrika Selatan, serta Indonesia.

Tata Ultra 1012
Bapak Wilda Bachtiar
Nah, sebagai pembuat truk dan bis 10 besar dunia, Tata Motors memperkenalkan Tata Ultra 1012 di GIIAS 2016 ini. Dilihat dari bentuknya, Tata Ultra 2012 ini sepertinya ringan, bukan ringan trus bisa diangkat-angkat yaa :D

Ternyata dugaan saya benar. Bapak Wilda Bachtiar, selaku Marketing Manager-Commercial Vehicle PT. Tata Motors Distribusi Indonesia mengatakan bahwa Tata Ultra merupakan truk ringan yang kuat, aman, multi guna, dan yang paling penting lagi adalah hemat BBM.

Secara keseluruhan, kekuatan utama dari Tata Motors itu adalah mobil niaganya, namun tidak seperti mobil niaga pada umumnya, Tata mengaplikasikan apapun fasilitas rata-rata yang ada di mobil passenger, baik dari segi safety-nya, kenyamannnya, dan yang utama adalah dari segi efisiensinya.

Di bagian dashboard Tata Ultra ini terdapat berbagai macam indikator-indikator, salah satunya adalah indikator yang dapat memberitahukan pengemudi bahwa ia boros bahan bakar saat berkendara, sehingga dapat segera dikontrol. Tidak hanya itu, ada beberapa keunggulan lain dari Tata Ultra ini.

Ada 5 keunggulan yang dimiliki Tata Ultra, yaitu :

1.    Ultra Versatile. Memiliki berbagai macam pilihan varian yang sesuai untuk setiap aplikasi. Mulai dari yang kapasitas angkutnya 4 hingga 7 ton, dengan dimensi lebar bak 2,2 meter dengan pilihan panjang 4 hingga 6 meter.

2.    Ultra Style. Tampil dengan desain yang gaya, yang merupakan kombinasi antara teknologi terkini dan tampilan yang lebih modern. Dengan aneka macam fitur yang terdapat di dalamnya, safety, dan juga biaya yang rendah, Tata Ultra telah mendobrak segmen standar kendaraan komersial ringan di Indonesia.

3.   Ultra Comfort. Seperti layaknya mobil passenger, desain kabin interior Tata Ultra dibuat senyaman mungkin dan menitikberatkan pada keselamatan pengendara, dengan adanya seat adjuster, steering adjuster, dan weight control seat. Desain kabinnya memberikan pengemudi sudut pandang yang luas, serta kokpitnya yang juga fungsional dan menarik.

Sistem stir kemudinya ringan, dan dibekali pula dengan tilt and telescopic collapsible, yang dapat menambah kenyamanan posisi mengendrara dan mengoptimalkan stabilitas saat kendaraan dipacu dengan kecepatan tinggi.

Sedangkan untuk suspensinya, pada bagian depan Tata Ultra 1012 dilengkapi dengan parabolic leaf spring, dan semi eliptic leaf di bagian belakangnya. Keduanya dilengkapi dengan shock absorber dan rubber bushing.  

4.       Ultra Performance. Berat kotor kendaraan sekitar 10 ton dengan menggunakan mesin diesel Tata 497 TCIC 3.783 cc, yang dapat menghasilkan tenaga 125 PS @2400 rpm. Torsi 400 Nm @1300-1500 rpm, merupakan torsi terbesar dibandingkan kompetitornya. Untuk transmisi, Tata Ultra menggunakan G-550, dengan 6 gigi dan overdrive (OD).

5.    Ultra Safe. Bagaimanapun keselamatan merupakan hal yang utama saat berkendara. Untuk itu pada Tata Ultra dipasang fitur rem angin atau full air brake. Bisa dikatakan bahwa Tata Ultra merupakan satu-satunya truk yang menggunakan fitur ini di kelasnya.

Ban radial tubeless atau ban tanpa ban dalam yang dipasang pada rodanya, membuat daya cengkeramnya lebih kuat sehingga dapat meningkatkan keamanan mengendara.

Tata Ultra juga menyediakan neutral switch, side beam, dan three points active retractable safety belt. Sedangkan untuk chassis-nya, Tata Ultra menggunakan teknologi Rolled Frame dengan material high tensile. Yuk, lihat performa Tata Ultra 1012 pada video di bawah ini :)


Wuiih, mantap banget si Ultra yang satu ini, comfort dan safe, namun tetap tangguh dan gaya. Kata Bapak Wilda, Tata Motors akan membanjiri pasar Indonesia dengan spare part, dan juga jaringan purna jual, serta jaringan bengkelnya. Saat ini Tata Motors sudah memiliki sekitar 119 Customer Touch Point atau outlet untuk bisa berkomunikasi dan mendapatkan layanan purna jualnya di Indonesia, baik itu untuk servis atau hanya membeli spare part saja, atau pun dua-duanya.

Selain si Ultra, Tata Motors juga memperkenalkan produk terbaru lainnya yaitu Tata Xenon XT D-Cab 4x4. Xenon XT ini merupakan sebuah kendaraan kabin ganda 4x4 yang tangguh dan jagoan dalam berbagai medan, seperti padang pasir. Bisa juga digunakan sebagai transportasi angkut barang.
 
Tata Xenon XT
Sebelum diluncurkan di pasaran, selama setahun lebih Xenon XT telah diuji jalan sebanyak 25.000 km di jalan dan berbagai medan yang ada di Indonesia. Loading deck-nya berbahan double coorugated galvanized steel, dengan ukuran panjang 1.430 mm, lebar 1.420 mm, dan tinggi 400 mm, serta daya angkut hingga 1.000 kg.


Untuk mesinnya, Tata Xenon XT menggunakan Diesel Common Rail Tata 2.2L VTT DICOR, yang dikombinasikan dengan transmisi manual 5-percepatan. Xenon XT ini bisa diajak berlari dengan kecepatan 160 km/ jam. Sama seperti Ultra, Tata Motors mengutamakan keselamatan dengan menyematkan berbagai fitur safety-nya.  

Tata Motors juga sedang mengembangkan jaringan spare part store-nya di seluruh Indonesia, tidak hanya di Jawa, Sumatera, dan Bali, namun juga di Lombok dan Sulawesi. Segera, Tata Motors akan membuka layanan online juga untuk pembelian spare part-nya. Untuk hal ini akan diinfokan lagi selanjutnya. Sedangkan untuk service center-nya sendiri, hingga saat ini sudah ada sekitar 91 service center di Indonesia.

Oya, di 119 Customer Touch Point tersebut, Tata Motors ber-partner dan  bekerjasama dengan berbagai dealer lokal, karena pihak Tata Motors sendiri ternyata tidak diperkenankan untuk menjual atau bertransaksi langsung dengan masyarakat. Tidak cukup dengan 119 outlet tersebut, Tata Motors merencanakan akan men-training 1000 mekanik. Jadi untuk mekanik-mekanik pinggir jalan yang cukup mempunyai reputasi bagus akan di-training, sehingga ketika mereka kedatangan customer dengan kendaraan Tata Motors, mereka sudah dibekali dengan pengetahuan tentang produknya Tata Motors.

Area pemasaran Tata Motors, selain sekitaran Pulau Jawa, baik Jawa Barat, Tengah, dan Timur, juga sudah sampai ke Pulau Sumatera, Bali bahkan Sulawesi. Jadi untuk order kendaraan Tata Motors bisa dimanapun dari titik-titik dealer-nya tersebut. Info lengkap tentang lokasi dealer bisa dilihat di website tatamotors.co.id. Untuk garansi produknya tidak perlu di pertanyakan lagi, Tata Motors memberikan garansi yang terbaik di kelasnya, jaminan ketersediaan suku cadang, serta jaminan 24 jam pengantaran pasti sampai atau gratis jika tidak sampai. Kerenkan!


Dari awal kehadirannya di pasar Indonesia, yaitu pada September tahun 2013 lalu, Tata Motors mempunya tagline Play Strong. Kesan atau image bahwa Tata Motors adalah produk dengan plat yang kuat ini didapatkan Tata Motors setelah dilakukan survey ke semua calon pelanggannya di seluruh Indonesia. Strong Commitmen, Strong Product untuk memasarkan kendaraan yang kuat, Strong Customer Care untuk purna jual yang kuat, serta Strong CSR untuk kepedulian yang kuat terhadap masyarakat.


Pada GIIAS 2016 ini, Tata Motors mengusung tema ‘Think Business, Think Tata Motors’, yang mewakili kapabilitas produk Tata Motors di segmen kendaraan niaga yang memposisikan diri sebagai mitra bisnis yang andal, baik di masa baik maupun buruk. Mau lihat langsung Tata Ultra dan Tata Nexon XT, atau produk Tata Motors lainnya? Datang saja ke ICE BSD, Tangerang di booth 3F, Hall 3A di GIIAS ke-24 tahun 2016.

Moko (Mobil Toko), teman bisnis yang gaya
Produk lain Tata Motors yang hadir di GIIAS 2016
Test dirve di booth Tata Motors

Foto : Pribadi

52 komentar:

  1. jadi pengen usaha liat kemaren itu... apa ya enaknya usahanyaaaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haha kok sama ya mba. Dirimu kan pinter masak, usaha makanan aja mbaa :D

      Hapus
    2. Mba yang beli kendaraannya, saya makanannya yaa.... Wkwkwk 😂

      Hapus
  2. liat desain Tata ini unik banget ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba, keren kalo istilah saya mah :D

      Hapus
  3. Mokonya menarik. Pas banget untuk jualan makanan di Jakarta.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah, banyak yang tertarik sama Moko nih mba :)

      Hapus
  4. Memang lebih enak punya Mobil Toko, jadi lebih gampang buat pindahannya atau kalo mau ikut pameranpun tinggal pindahin aja nyetir sendiri juga boleh :)

    BalasHapus
  5. Saya mupeng yang model MoKo, mendadak pengen buka usaha,tapi belum tahu mau usaha apa ��

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sepertinya banyaj yang mupeng sama Moko ya :D

      Hapus
  6. Wah naksir ya Tata, buat travelling ke daerah2 medan berat cucok kyknya hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Berarti suka sama Si Xenon XT ya mbaa :)

      Hapus
  7. wah kerena banget ya, mantap dah

    BalasHapus
  8. MOKO! Pencuri perhatian semua orang. harganya murah, tp udah lengkap. Jd tinggal jualan aja! :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa, banyak yang naksir sama si Moko nih Mas :D

      Hapus
  9. awalnya sih agak ragu dengan layanan purna jualnya,.. ternyata keren juga tata motors melakukan training 1000 mekanik hanya untuk meningkatkan pelayanan,.. salam hangat

    BalasHapus
  10. Itu Tata Ultra keren amat, belakangnya bs dibuka dari berbagai sisi, ya ... :o

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mas Timo, jadi mudah untuk menata dan mengeluar masukan barang.

      Hapus
  11. Gagah ya itu yg Xenon. Kayaknya cocok buat di medan terjal :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyes mba, saya naksir sama si Xenon XT :D

      Hapus
  12. Tata Motors memang bener2 keren uy, aku pengen beli Xenon XT D-Cab 4×4. Doain ya Mbk Dew hehe

    BalasHapus
  13. Mbak Dewi, aku terkesan banget pada tongkrongan Tata Ultra ini. Gagah dan kokoh :)

    BalasHapus
  14. Tata ultra ini speknya maksimal banget ya, harganya gmn?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba. Harganya tanya ke dealernya mbaa... hihi :D

      Hapus
  15. Tata Xenon aku mauuuuu
    Kapan2 join usaha food truck yuk Uni pakai ini :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kyaa.. Kok sama teh, saya juga naksir sama Xenon XT. Hayuk, mari kita bicara bisnis teh :D

      Hapus
  16. boljug ya tata motors dengan andalan2 ultra, xenon dan ace nya. bisa usaha foodtruck nih!

    BalasHapus
  17. Ace EX2 sama Xenon paling mencuri perhatian ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Moko itu mbaa...lumayan bikin mupeng yang liat :D

      Hapus
  18. Berpikir Bisnis Berpikir Tata
    terbukti dengan Mokonya yang kereeen

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah, ini salah satu penggemarnya Moko nih :D

      Hapus
  19. xenon itu klo dibuat food truck trus di cat warna pink gitu lucu x ya hehe, tp jualan apa ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihi.. Pink! Makanan atau pakaian kali ya mba :)

      Hapus
  20. Dari dulu udh punya cita2 pngn usaha keliling pake mobil ^_^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya nih, teh Reni kan pinter ngerajut ya. Moga tercapai ya teh cita-citanyaa :)

      Hapus
  21. Aku naksir Xenon XT yang warna merah Uni. Kokoh dan macho gitu...bisa bawa barang hingga 1 Ton

    BalasHapus
  22. Keren ya! katanya bisa di costum juga ya mba?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Banget mba. Iya, bisa dicustom, mantap kan yah! :)

      Hapus
  23. bisa uat jualan ya mobilnya. asyik banget tuh toko berjalan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, bisa banget. Beliin satu dong, hihi

      Hapus
  24. Waah cakeeep, aku suka mobil tokonya itu mbak, dah kebayang pengen jualan apa pake mobil itu hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, mba salah satu dari sekian banyak temen yang naksir sama Moko :D

      Hapus