Rekomendasi Rice Cooker Tahan Lama, Antibasi, dan Termurah Tahun 2024

By Dewi Sulistiawaty - Mei 24, 2024

rekomendasi rice cooker tahan lama anti basi dan termurah 2024

Bagi orang Indonesia, atau masyarakat Asia Tenggara pada umumnya, mengkonsumsi nasi sepertinya sudah menjadi sebuah kebutuhan pokok. Bagi orang Indonesia, terutama yang berada di wilayah bagian barat, sampai mengibaratkan jika belum makan nasi sama saja dengan belum makan.

Apa yang menjadi alasan hingga nasi menjadi makanan pokok masyarakat kita? Mengapa tidak roti seperti masyarakat Eropa? Hal ini tidak lepas dari pengaruh pedagang Cina yang datang dan menyebarkan budayanya di nusantara, serta kondisi geografis wilayah kita yang juga cocok ditanami padi.

Sebagai sumber karbohidrat utama, alat dan cara yang digunakan saat mengolah beras hingga menjadi nasi pun mengalami transformasi dari masa ke masa. Dari yang awalnya menggunakan alat dan diolah dengan cara yang tradisional, hingga akhirnya sekarang menggunakan produk penanak nasi digital yang lebih mudah dan praktis.


Mengenal Peralatan Penanak Nasi dari Masa ke Masa

Sebelum mengenal peralatan masak yang terbuat dari logam, masyarakat Indonesia memasak dengan peralatan yang terbuat dari bambu dan tembikar. Sebagai negara yang memiliki banyak bambu, tanaman satu ini sering dimanfaatkan untuk pembuatan berbagai macam produk, termasuk alat penanak nasi.

masak nasi bambu

Jika di daerah Sumatera, nasi dimasak dengan cara dimasukkan ke dalam tabung bambu yang telah dilapisi daun pisang muda, lalu dipanggang di atas kayu bakar, maka di daerah Jawa dan beberapa daerah lainnya, nasi dimasak dengan cara dikukus menggunakan kukusan bambu.

Walaupun menghasilkan nasi dengan aroma khas dan cita rasa yang menggugah selera, namun memasak dengan metode ini sudah mulai ditinggalkan, karena dianggap kurang praktis. Proses memasak yang cukup lama, asap hitam yang dihasilkan dari proses pembakaran, api yang harus dijaga agar tetap menyala selama proses memasak, tungku yang hitam legam setelah digunakan, belum lagi persediaan tanaman bambu yang terus berkurang seiring berjalannya waktu.

Masak nasi dandang

Metode memasak nasi menggunakan bambu mulai ditinggalkan sejak masyarakat mulai mengenal dandang, alat penanak nasi yang terbuat dari logam. Memasak nasi dengan dandang dianggap lebih praktis dan lebih cepat ketimbang menggunakan bambu. Nasi dimasak dengan cara dikukus di atas tungku api. Awalnya untuk penyaring beras, masyarakat masih menggunakan kukusan bambu, namun seiring waktu, kukusan bambu diganti dengan penyaring yang terbuat dari logam.

Masak nasi dengan periuk

Setelah dandang, hadirlah periuk. Masyarakat sering menyebutnya periuk nasi, karena terbuat dari material besi yang lebih tebal. Meski ukurannya lebih kecil dari dandang, namun periuk nasi memiliki ukuran yang beragam, mulai dari yang kecil hingga yang besar untuk kapasitas satu keluarga. Cara memasaknya pun berbeda dan dianggap lebih praktis, karena tak perlu dikukus atau diganti air di bawahnya. Nasi cukup dimasak dengan api kecil, dan dijaga agar nasinya jangan sampai hangus. Tentunya inilah yang menjadi kekurangan memasak nasi dengan periuk, karena jika lupa atau telat diangkat, nasi bisa jadi kerak, dan bahkan hangus.


Beralih ke Rice Cooker yang lebih Praktis

praktis masak nasi dengan rice cooker

Seriring dengan perkembangan teknologi, peralatan memasak nasi pun ikut bertranformasi menjadi lebih canggih dengan hadirnya penanak nasi elektrik atau rice cooker. Alat ini pertama kali ditemukan di Jepang pada abad ke-20. Dengan memasak nasi menggunakan rice cooker, tak perlu khawatir lagi nasi akan hangus.

Kehadiran rice cooker membuat proses memasak nasi menjadi lebih mudah dan praktis. Kita cukup mencuci beras, memasukkannya ke dalam wadah rice cooker, dan menekan tombol memasak. Selagi menunggu nasi matang, kita pun bisa mengerjakan pekerjaan lainnya, karena jika nasi sudah matang, maka secara otomatis rice cooker akan beralih ke mode menghangatkan.

Saat kita ingin makan, nasi akan selalu tersaji hangat di rice cooker, tanpa perlu harus repot menghangatkan nasi dulu. Tak cukup sampai disitu, kecanggihan alat penanak nasi elektrik ini pun terus mengalami perkembangan, dari yang awal pengoperasiannya masih menggunakan tombol hingga berubah menjadi digital. Kini pun rice cooker tak hanya digunakan sebagai penanak nasi saja, namun juga bisa untuk memasak berbagai makanan lainnya, seperti bubur, sup, kue, dan lain sebagainya.

      

Sekai Rice Cooker, Penanak Nasi Termurah, Tahan Lama, dan Antibasi 48 Jam

Sekai Rice Cooker tahan lama antibasi 48 jam termurah

Salah satu alat penanak nasi elektronik yang dapat menjadi pilihan, dan banyak direkomendasikan adalah Sekai Rice Cooker. Mengapa rice cooker Sekai? Karena brand yang dikenal sebagai penyedia peralatan elektronik rumah tangga ini memiliki pengalaman berpuluh-puluh tahun, tepatnya sejak 1990, dalam menghadirkan berbagai produk yang inovatif dan berkualitas.

Berbagai inovasi yang dihadirkan Sekai untuk produk rice cooker nya ini tentu saja dapat membantu memudahkan pekerjaan rumah tangga. Bahkan dapat membantu memasak nasi lebih sehat dengan inovasi terbarunya, yakni rice cooker low sugar.

Selain itu, Sekai juga menghadirkan produk rice cooker termurah, namun tidak murahan, karena penanak nasi keluaran brand Sekai ini diklaim mampu membuat nasi yang dimasak lebih tahan lama, antibasi hingga 48 jam, dan bahkan free service seumur hidup kecuali biaya penggantian sparepart. Berikut penjelasan mengenai 2 produk Sekai Rice Cooker tersebut.


Sekai Rice Cooker CMW 515

Sekai rice cooker CMW 515

Sekai Rice Cooker CMW 515 hadir dengan desain yang mewah dan modern, dalam 2 pilihan warna, yaitu hitam dan putih bercorak. Tak hanya berfungsi sebagai penanak nasi, rice cooker ini juga berfungsi sebagai pengukus dan penghangat makanan.

Sekai Rice Cooker CMW 515 memiliki kapasitas memasak 1,8 liter dan kapasitas untuk menghangatkan hingga 5 liter. Tentu saja rice cooker ini menjadi andalan untuk memasak nasi untuk keluarga. Apalagi nasi yang dimasak selalu hangat, terjaga kualitasnya, fresh, dan tahan lama, bahkan antibasi hingga 48 jam . Ini karena rice cooker CMW 515 dilengkapi dengan Thermostat dan Thermofuse, serta fitur 3D Heating Element, dengan Panci Nanotech, sudah Food Grade, dan dilengkapi juga dengan Magic Cap yang membuat nasi lebih pulen

Untuk urusan listrik, Sekai Rice Cooker CMW 515 hanya memakan daya 395 Watt saat proses memasak. Ini tentunya dapat menghemat penggunaan listrik. Tak hanya itu, Sekai Rice Cooker CMW 515 ini juga ramah di kantong. Cukup dengan harga Rp244.500,- (harga promo, dari harga awal Rp511.000), kita sudah bisa memiliki Sekai Rice Cooker CMW 515 tersebut. Bahkan yang lebih menariknya lagi, selain mendapatkan masa garansi produk selama 1 tahun, pembeli juga mendapatkan free service seumur hidup (kecuali biaya penggantian spare part).  


Sekai Rice Cooker CMW 520

Sekai rice cooker CMW 520

Sedangkan Sekai Rice Cooker CMW 520 hadir dengan desain yang tak kalah elegan dan modern dalam balutan stainless body yang mewah. Rice Cooker seri ini hadir dalam 2 pilihan warna, yaitu Rose Gold dan Bronze. Sama seperti CMW 515, Sekai Rice Cooker CMW 520 juga memiliki fungsi 3 in 1, yaitu sebagai penanak nasi, pengukus, dan penghangat makanan.

Sekai Rice Cooker CMW 520 juga memiliki kapasitas memasak 1,8 liter dan kapasitas untuk menghangatkan hingga 5 liter. Nasi yang dimasak dengan Rice Cooker CMW 520 selalu hangat, terjaga kualitasnya, fresh, dan tahan lama, serta antibasi hingga 48 jam. Karena rice cooker CMW 520 juga dilengkapi dengan fitur Thermostat dan Thermofuse, serta 3D Heating Element yang membuat nasi matang sempurna dan hangat lebih lama, lengkap dengan Panci Honeycomb, untuk pendistribusian panas yang lebih merata.

Pancinya juga terbuat dari bahan aluminium berkualitas, antilengket dan tidak mudah tergores, sudah Food Grade, serta dilengkapi juga dengan Magic Cap untuk membuat nasi lebih pulen, dan Top Lid untuk menjaga agar uap air tidak turun ke nasi

Sekai Rice Cooker CMW 520 juga lebih hemat daya, yakni hanya 395 Watt saat proses memasak, yang tentunya dapat menghemat penggunaan listrik, dan cocok dioperasikan untuk semua kalangan. Tak hanya itu, Sekai Rice Cooker CMW 520 ini juga termasuk rice cooker termurah dan ramah di kantong.

Saat ini, Sekai Rice Cooker CMW 520 sedang promo dari harga awal Rp574.000,- menjadi Rp237.100,- saja. Sama seperti CMW 515, untuk Rice Cooker CMW 520 ini juga diberikan masa garansi produk selama 1 tahun, serta free service seumur hidup (kecuali biaya penggantian spare part).  

 

Dengan segala keunggulan dan juga keuntungan yang bisa diperoleh dari Sekai Rice Cooker ini, maka tak heran jika penanak nasi elektronik tersebut menjadi pilihan, dan banyak direkomendasikan. Nah, bagi yang tertarik dan ingin membeli produk #Ricecookerantibasi48Jam ini, bisa langsung meluncur ke sini yaa https://bit.ly/3V7PEkj.

Itulah cerita singkat mengenai penanak nasi dari masa ke masa, serta rekomendasi produk Rice Cooker Tahan Lama, Antibasi, dan Termurah Tahun 2024. Semoga ini bisa menjadi referensi dan membantumu dalam menemukan produk rice cooker termurah namun berkualitas ya.  


  • Share:

You Might Also Like

0 comments