4 Fungsi Asuransi Jiwa Murni yang Harus Diketahui

By Dewi Sulistiawaty - Mei 25, 2024

 fungsi asuransi jiwa murni

Untuk mempersiapkan diri itu tidak harus menunggu tua untuk meninggal dunia dulu. Pasalnya tidak ada yang tahu kapan maut datang menjemput, bisa saja besok atau beberapa hari lagi, atau bahkan mendadak hari ini sudah berhadapan dengan kematian. Menyiasati hal tersebut penting sekali untuk menyiapkan bekal jauh-jauh hari, di antaranya dengan menggunakan asuransi jiwa murni, produk yang paling pas untuk menjamin perlindungan bagi keluarga, ketika tertanggung meninggal dunia suatu saat nanti.

 

Mengenai Asuransi Kematian Murni

Jika dilihat dari segi jangka waktu perlindungannya, sebenarnya produk asuransi jiwa ini tersedia dalam berbagai pilihan. Ada asuransi kematian seumur hidup, dan ada juga asuransi kematian berjangka. Jika dilihat dari sisi manfaat yang diberikannya, produk asuransi murni memang fokus sebagai proteksi. Selain itu, ada juga asuransi jiwa dwiguna, yang dibekali dengan manfaat tabungan, serta asuransi unit link yang menawarkan manfaat investasi.


Lalu mengapa rata-rata masyarakat lebih memilih untuk menggunakan asuransi murni, jika dibandingkan dengan produk asuransi kematian unit link maupun dwiguna? Sebenarnya hal ini bukannya tanpa alasan. Ini karena asuransi murni menawarkan banyak keunggulan, di antaranya adalah:

1. Nilai manfaat lebih besar, karena fokus digunakan sebagai proteksi saja. Manfaatnya tidak terpecah-pecah untuk hal lain layaknya tabungan maupun investasi. Maka secara nilai pertanggungjawaban yang diberikan kepada nasabah asuransi juga relatif jauh lebih besar, dibandingkan dengan membeli produk asuransi jiwa lainnya.

2.  Relatif lebih aman, jika dibandingkan dengan asuransi jiwa unit link. Meskipun ada manfaat keuntungan yang didapatkan, namun disertai dengan risiko kerugian jika seandainya investasi tidak berjalan dengan baik. Hal ini berbeda dengan produk asuransi murni yang sudah jelas jauh lebih aman dipakai.

 

Fungsi Asuransi Jiwa Murni

Asuransi jiwa murni bisa digunakan untuk berbagai macam hal. Berikut beberapa kegunaan asuransi jiwa murni yang patut diketahui.


1.      Persiapan warisan

Tentunya banyak yang sudah tahu, bahwa asuransi jiwa, khususnya asuransi jiwa murni, banyak dijadikan sebagai persiapan warisan orang tua kepada buah hati atau anak-anaknya. Hal ini sebenarnya juga bukan tanpa alasan, melainkan karena nilai manfaat pertanggungjawaban yang diberikannya sangatlah besar. Wajar saja jika seandainya dijadikan sebagai persiapan warisan kepada buah hati di masa depan nanti.


2.     Membayar utang

Ketika kamu memiliki utang dalam jumlah besar, khususnya adalah utang jangka panjang, maka tidak ada jaminan nantinya utang tersebut sudah lunas ketika meninggal dunia. Sebagai salah satu upaya untuk menyiasatinya, adalah dengan menggunakan asuransi jiwa. Jadi, dengan nilai pertanggungjawaban yang relatif besar, bukan hal yang mustahil untuk menggunakannya untuk melunasi atau membayar utang tersebut.


3.     Biaya pendidikan anak

Punya buah hati yang masih dalam usia sekolah, pastinya akan menjadi kekhawatiran tersendiri bagi para orang tua, jika sewaktu-waktu meninggal dunia di saat si kecil masih belum bisa mandiri. Karena ini akan berdampak pada masa depan anak. Itulah mengapa asuransi juga bisa berperan sebagai dana untuk menjamin pendidikan buah hati di masa depan, sehingga kelak masa depan si kecil sudah terencanakan dengan baik, tanpa perlu lagi khawatir lagi akan biaya.


4.    Biaya kebutuhan sehari-hari

Uang asuransi yang dipersiapkan sebagai warisan ini kenyataannya memang dapat dipakai sebagai biaya untuk memenuhi kebutuhan hidup keluarga yang ditinggalkan. Apalagi jika seandainya dalam rumah tangga hanya ada satu orang yang berperan sebagai tulang punggung atau pencari nafkah. Tentu akan menjadi pukulan besar jika seandainya sosok ini meninggal dunia. Karena bisa berdampak terhadap kelangsungan hidup anggota keluarga yang lainnya. Apalagi jika bicara mengenai biaya dan kebutuhan hidup yang mahal. Kehadiran asuransi ini bisa jadi pilihan terbaiknya.

 

Asuransi jiwa murni ini solusi bagi kamu yang ingin fokus mempersiapkan proteksi untuk keluarga di masa depan. Namun jika seandainya punya uang lebih dan menginginkan manfaat yang lebih banyak lagi, kamu juga bisa mempertimbangkan produk asuransi dwiguna atau unit link sebagai pilihan. Selagi masih produktif bekerja dan menghasilkan uang, maka tidak ada salahnya untuk mulai membeli asuransi jiwa. Sekarang ini pembelian bisa jauh lebih mudah dengan hadirnya produk asuransi digital, seperti I Love Life.








  • Share:

You Might Also Like

0 comments