Superqurban Rumah Zakat, Membuka Akses Pangan Bagi Masyarakat

By Dewi Sulistiawaty - Juni 06, 2023

 

Manfaat Superqurban Rumah Zakat

"Saranghae, Oppa!"

Cuma itu saja kalimat dalam bahasa Korea yang saya ketahui, hehe. Beda dengan Oppa Song Joong-ki eh maksudnya Koh Dennis Lim (soalnya wajahnya mirip banget dengan artis Korea tersebut :D), yang nampak lancar berbahasa Korea, Thailand, dan Mandarin, saat mengisi acara Konferensi Pers Program Qurban Rumah Zakat 2023 di Hotel Sofyan, Menteng, Jakarta pada hari Senin, 5 Juni 2023.

Walaupun sebenarnya dalam acara tersebut Koh Dennis tidak sepenuhnya menggunakan bahasa Korea ya. Kalau tidak salah saat itu Koh Dennis mengucapkan kata “masisseo”, yang berarti enak. Kata ini beliau tujukan untuk mengungkapkan rasa dari daging qurban yang telah diolah oleh Rumah Zakat menjadi kornet, rendang, serta varian terbarunya kari sapi. Oiya fyi, Koh Dennis Lim merupakan Duta Qurban dari Rumah Zakat.  

Rumah Zakat sengaja menggandeng Koh Dennis dan mengangkat beliau menjadi Duta Qurban Rumah Zakat, dengan tujuan dapat memberikan edukasi pada masyarakat terkait manfaat Superqurban, mengingat Koh Dennis juga merupakan seorang da’i muda dan influencer yang aktif berdakwah di media sosial, dan bahkan belakangan ini beliau cukup viral karena dibilang mirip dengan Song Joong-ki, dan juga Nicky Tirta :D.

Konferensi pers Superqurban Rumah Zakat
Konferensi Pers Program Qurban Rumah Zakat 2023 di Hotel Sofyan (5/6/23)

Selain Koh Dennis, hadir juga dalam acara tersebut CEO Rumah Zakat, yakni Bapak Irvan Nugraha. Di awal pemaparannya, Bapak Irvan menyampaikan bahwa tema yang diusung Rumah Zakat pada Idul Adha tahun 2023 ini adalah “Manfaat Qurban Anda #BergerakNyata untuk Indonesia. Tema ini berangkat dari potensi ibadah umat muslim Indonesia, yang dapat memberikan kontribusi kebaikan, baik dalam memaksimalkan asupan gizi di masyarakat, maupun berkontribusi pada saat terjadinya krisis atau rawan pangan, serta membantu masyarakat yang sedang tertimpa musibah bencana.

“Salah satu potensi yang luar biasa ini adalah melalui ibadah qurban. Dan tentunya kami ingin menghadirkan lebih banyak lagi manfaat-manfaat yang dapat diberikan oleh pequrban. Inilah yang kita ambil dari tema kali ini, bahwa qurban anda bermanfaat, dan Manfaat Qurban Anda, Bergerak Nyata untuk Indonesia,” ujar Bapak Irvan.

CEO Rumah Zakat Superqurban
CEO Rumah Zakat, Bapak Irvan

Seperti yang diketahui bahwa hingga saat ini krisis pangan masih menjadi ancaman. Tak hanya di Indonesia, namun juga di dunia. Terdapat sekitar 345 juta orang di dunia yang terancam mengalami kelaparan. Sementara indeks ketahanan pangan Indonesia tahun ini masih berada di bawah indeks rata-rata global (62,2), yaitu 60,2. Angka ini bahkan lebih rendah dibandingkan rata-rata Asia Pasifik yang indeksnya 63,4.

Ini tentu saja menjadi tantangan bagi semua pihak, bagaimana agar permasalahan ini dapat teratasi. Diperlukan kerjasama dari semua pemangku kepentingan agar dapat bersinergi membangun sistem pangan yang kuat, yang dapat bertahan di tengah naiknya permintaan pangan, keterbatasan lahan, dan iklim yang memanas. Nabi Yusuf as pernah menyampaikan mengenai 4 prinsip yang bisa diterapkan pada saat terjadi krisis pangan.

4 Prinsip Pokok Ketahanan Pangan Nabi Yusuf as

1.   Optimalisasi Produk Pangan

Mengoptimalkan seluruh potensi lahan untuk melakukan usaha pertanian, yang dapat menghasilkan produk berupa bahan pangan pokok.

2.   Prinsip Manajemen Logistik Pangan

Masalah pangan sepenuhnya dikendalikan langsung oleh pemerintah, dengan memperbanyak cadangan pangan saat produksi berlimpah, dan mendistribusikannya secara selektif saat ketersediaan pangan masyarakat mulai berkurang.

3.   Prinsip Mitigasi Bencana Kerawanan Pangan

Melakukan antisipasi terhadap kemnungkinan terjadinya bencana kelaparan/ kondisi rawan pangan yang disebabkan perubahan drastic kondisi alam dan lingkungan.

4.   Prinsip Deteksi Dini dan Prediksi Anomali Iklim dan Cuaca

Melakukan analisis terhadap kemungkinan terjadinya perubahan iklim dan cuaca ekstrim, dengan mempelajari fenomena alam, seperti tingkat curah hujan, kelembaban udara, arah dan kecepatan angin, penguapan air permukaan, serta intensitas sinar matahari yang diterima oleh bumi.

Menurut Bapak Irvan, salah satu yang menjadi tolak ukur dari permasalahan krisis pangan di Indonesia adalah karena adanya keterbatasan akses masyarakat terhadap pangan. Kondisi ini kemudian menggerakkan Rumah Zakat untuk mengoptimalkan qurban, sebagai salah satu solusi yang dapat membuka akses masyarakat terhadap pangan menjadi lebih mudah, yaitu melalui program Superqurban. Langkah ini terinspirasi dari prinsip yang diajarkan oleh Nabi Yusuf as dalam menjaga ketahanan pangan negara.

Fyi, Superqurban merupakan program optimalisasi kurban, dengan mengolah dan mengemas daging kurban menjadi cadangan pangan dari protein hewani. Melalui program Superqurban, Rumah Zakat mengolah daging qurban menjadi kornet, rendang, dan varian terbaru adalah kari. Dengan pengolahan ini, daging qurban dapat bertahan lebih lama, serta manfaat qurban menjadi lebih besar, dan pendistribusiannya pun lebih luas sepanjang tahun.

“Rumah Zakat juga punya program Ternak Berdaya, yang diharapkan dapat membantu masyarakat untuk meningkatkan penghasilannya. Hewan ternaknya kita serap, lalu kita gunakan dalam program qurban Rumah Zakat,” jelas Bapak Irvan.

Lalu bagaimana proses yang dilakukan Rumah Zakat dalam mengelola ibadah qurban para pequrban? Menurut Bapak Irvan, untuk proses Superqurban, semua sudah sesuai dengan syariah, dan dengan memperhatikan protokol kesehatan. Mulai dari pemilihan hewan qurban, yang tentunya dari hewan pilihan, penyembelihan hewan qurban sesuai syariah dan protokol kesehatan, produksi kornet, rendang, dan kari secara higienis, serta pendistribusiannya hingga ke pelosok Indonesia hingga dunia.

Menurut Bapak Irvan, Superqurban akan dialokasikan ke daerah-daerah bencana, daerah rawan pangan, desa yang minim qurban, wilayah 3T, serta kepada penerima manfaat yang benar-benar berhak untuk menerima daging qurban. Fyi, saat ini ada dua program qurban yang diluncurkan Rumah Zakat, yakni Superqurban dan Desaku Berqurban. Desaku Berqurban adalah program qurban yang didistribusikan ke desa minim pequrban, sehingga masyarakat desa bisa merasakan kebahagiaan di hari raya qurban.

Di tahun 2022, Rumah Zakat bersama mitra dan juga para pequrban (sekitar13.850 orang yang telah berpartisipasi dalam program qurban), telah membantu lebih dari 200.000 penerima manfaat, yang tersebar di 33 provinsi dan 4 negara. Sebanyak 253.132 paket Superqurban telah di didistribusikan ke wilayah 3T, desa yang minim pequrban, daerah rawan pangan, dan daerah bencana.

“Mohon doanya tahun 2023 ini kami menargetkan minimalnya 15.000 pequrban yang ikut berpartisipasi melalui program Rumah Zakat. Mudah-mudahan dari partisipasi tersebut, kita bisa membantu lebih dari 300.000 penerima manfaat, sehingga mereka dapat merasakan daging qurban ini. Insya Allah, mudah-mudahan kita bisa distribusikan di provinsi-provinsi yang ada di Indonesia melalui jejaring kantor Rumah Zakat, relawan, maupun mitra penyaluran Rumah Zakat.  Kita pun insya Allah bisa berkontribusi bersama dengan pemerintah untuk membantu saudara-saudara kita di negara-negara lain,” lanjut Bapak Irvan.

Beliaupun mengajak semua pihak, baik pemerintah, dunia usaha, lembaga dan komunitas masyarakat, masjid, majelis taklim, sekolah, serta semua mitra lainnya, agar menjadikan qurban sebagai bentuk kolaborasi qurban untuk ketahanan pangan di Indonesia.

Superqurban Rumah Zakat, Manfaatnya Lebih Besar  

Ibadah qurban tentunya akan terasa lebih bermakna dan bermanfaat jika daging qurbannya bisa sampai ke tangan penerima manfaat dalam kondisi yang baik. Itulah salah satu alasan mengapa Koh Dennis tertarik untuk berqurban di Rumah Zakat, karena melalui program Superqurban, dimana daging qurban diolah menjadi kornet, rendang, dan kari sapi, maka daging qurban bisa bertahan lebih lama, dan bisa didistribusikan hingga ke daerah-daerah pelosok.  

Koh Dennis Duta Qurban Superqurban Rumah Zakat
Koh Dennis, Duta Qurban Rumah Zakat 

“Dengan akhirnya daging qurbannya diolah menjadi makanan yang lebih awet, lebih manfaat, lebih tersebar, menjangkau ke daerah yang sulit terjangkau, dapat mengatasi keterbatasan sebelumnya. Sayang kan jika daging segar dibawa jauh kemana-mana, lalu sampai di sana sudah tak layak lagi. Dengan Superqurban, kebermanfaatannya lebih tersebar,” ucap Koh Dennis.

Selanjutnya Koh Dennis mengungkapkan bahwa selama ini orang-orang yang mampu berqurban biasanya terdapat di daerah perkotaan. Keterbatasan daya tahan daging yang tidak lama, menyebabkan penyalurannya pasti masih di sekitaran kota saja, dimana mereka tentunya sudah biasa makan daging. Sedangkan mereka yang jauh dan berada dipelosok daerah, yang belum tentu bisa makan daging setahun sekali, tidak terjangkau. Dengan adanya program Superqurban tentunya mereka bisa tersentuh.

“Trus ada program Desaku Berqurban, dimana di situ nggak hanya penyalurannya yang inovatif, namun juga memberdayakan para peternak di daerah. Hingga kemudian mereka bisa punya penghasilan, punya amal sholeh lebih, dengan ikut mengembangkan hewan ternak. Dipotongnya juga di sana, di daerah terpencilnya, dokumentasinya jelas, lengkap, dan transparan. Jadi program-program Rumah Zakat ini menfasilitasi banget. Masya Allah,” jelas Koh Dennis lagi.

Sebagai persiapan menyambut Hari Raya Idul Adha, Koh Dennis menganjurkan agar setiap umat muslim memulainya dengan niat untuk berqurban. Karena niat sekalipun sudah mendapat ganjaran pahala dari Allah SWT. Selanjutnya buktikan niat tersebut dengan ikhtiar. Dengan ikut program Superqurban Rumah Zakat akan jadi pilihan yang paling tepat agar distribusi daging qurban bisa sampai kepada mereka yang lebih membutuhkan.

Cara mudah berqurban Superqurban Rumah Zakat
Cara mudah berqurban di Rumah Zakat

Bagi yang ingin ikut berpartisipasi dalam program Superqurban, caranya sangat mudah, karena bisa dilakukan secara online melalui situs resmi Rumah Zakat di rumahzakat.org/superqurban. Di website tersebut tersedia beberapa jenis pilihan qurbannya. Pequrban tinggal ‘klik’ pilihan yang diinginkan, lalu mengisi data-data yang diminta. Semudah itu sekarang untuk ikut berqurban, karena bisa dilakukan dimanapun dan kapanpun. Semoga niat dan ikhtiar kita dalam menunaikan ibadah qurban diterima oleh Allah SWT. Aamiin ya Rabbal ‘alamiin.

Manfaat besar Superqurban Rumah Zakat

  • Share:

You Might Also Like

0 comments