ASUS Zenbook S 13 OLED (UX5304), Laptop Paling Tipis dan Paling Ringan di Dunia

By Dewi Sulistiawaty - Juni 03, 2023

 

ASUS Zenbook S 13 OLED (UX5304), Laptop Paling Tipis dan Paling Ringan di Dunia


“Haduuuh, kalau tiap hari bawa laptop ini, bisa rontok juga nih bahu,” gumamku sambil beresin tas.  


Sudah beberapa hari ini aku terpaksa harus membawa laptop kemana-mana untuk kebutuhan pekerjaan. Sebenarnya ada laptop satu lagi, yang ukurannya lebih kecil, namun spesifikasinya tidak cukup untuk mendukung pekerjaan yang harus kukerjakan. Laptop kecil tersebut memang spesifikasinya standar saja, dan sengaja kubeli hanya untuk kebutuhan mengetik dan browsing saja.

Biasanya aku bawa laptop kecil itu jika harus kerja mobile. Namun kali ini karena ada pekerjaan yang cukup berat untuk dikerjakan menggunakan laptop kecil tersebut, maka aku pun harus membawa laptop yang gede, yang spesifikasinya juga cukup gede. Namun masalahnya, laptop yang ukurannya 15 inci ini tuh beratnya gede pula, yang bisa bikin bahuku menjerit minta ampun jika ditaruh dipundak dalam waktu yang cukup lama. Laptop ini memang nggak praktis buat dibawa kerja mobile.

Seiring dengan semakin longgarnya kebijakan pembatasan mobilitas, aku memang semakin sering wara wiri di luar rumah untuk berkegiatan. Walaupun sibuk beraktivitas di luar rumah, aku ingin bisa tetap produktif, dengan menyicil beberapa tugas atau pekerjaan yang bisa dikerjakan di sela waktu luang selama berada di luar rumah. Kondisi ini membuat aku berpikir untuk bisa memiliki laptop yang ringkas dengan spesifikasi tinggi, yang bisa menunjang aktivitasku sehari-hari.

ASUS Zenbook S 13 OLED (UX5304), Laptop PALING tipis DAN PALING ringan DI DUNIA

Zenbook S 13 OLED (UX5304) Paling tipis dan ringan di dunia

ASUS Zenbook S 13 OLED (UX5304), Laptop OLED Paling Tipis dan Paling Ringan di Dunia

Pada hari Selasa, 30 Mei 2023 kemarin, aku pun berkenalan dengan laptop OLED tertipis dan teringan di dunia. Yup, ASUS meluncurkan laptop seri Zenbook terbarunya, yang diberi nama Zenbook S 13 OLED (UX5304). Acaranya sendiri diselenggarakan di Park Hyatt, Jakarta. Saat aku coba mengangkat laptop yang ada di meja display, laptop ini memang sangat ringan. Saking ringannya, aku berasa lagi megang buku tulis isi 60 lembar. Ciuss!

Tak hanya ringan, laptop ini juga tipis. Bahkan ketebalannya bisa menyamai tebalnya henpon. Jujurly, aku sempat mikir, kalau laptop setipis dan seringan ini, pasti spesifikasi dan fitur-fitur yang dimilikinya yang standar saja. Soalnya “otak awamku” ini gak bisa bayangin, gimana caranya masang berbagai elemen atau spare part di bodi setipis itu. Belum lagi ketika diangkat, laptopnya sangat ringan. Seperti tak ada “jeroannya”. Jadi awalnya aku nggak terlalu berekspektasi tinggi untuk spesifikasi dari laptop keluaran terbaru dari ASUS ini.

Namun ketika akhirnya laptop ASUS Zenbook S 13 OLED (UX5304) ini diperkenalkan di stage, aku harus menelan ludah dan mengenyahkan pikiran pendekku terhadap laptop ini. Spesifikasi dan fitur-fitur yang ditanamkan pada Zenbook S 13 OLED ini terbilang tinggi, bahkan sangat jauh dari yang kubayangkan. Astagah! Itu gimana caranya ya, di bodi setipis dan seringan itu bisa diberikan spesifikasi setinggi itu. Walah oke oke, di era teknologi ini apa sih yang nggak bisa ya. Pasti untuk proses pembuatannya menggunakan teknik canggih dan termutakhir. Berikut penjelasan lengkap mengenai Laptop OLED Paling Tipis dan Paling Ringan di Dunia tersebut.

Di awal acara, Ibu Davina Larissa selaku Country Marketing Manager ASUS Indonesia mengatakan bahwa berbagai inovasi dan teknologi yang diusung ASUS, telah membuat produk-produk ASUS jadi lebih unggul dibandingkan produk lainnya. Menurut beliau ada 6 kategori yang menjadi fokus utama dalam Zenbook S 13 OLED (UX5304), yaitu:

1.  Display

Untuk layarnya, ASUS menggunakan teknologi ASUS Lumina OLED, layar laptop generasi terbaru, dengan kualitas visual yang tampil lebih akurat, lebih adaptif, dan lebih andal, serta dengan sertifikasi perawatan mata dan pencegahan burn-in ASUS OLED Care.

2.  Design

Dari sisi design, ASUS mengedepankan design laptop yang tipis dan ringan. Tak hanya itu, ASUS juga mengedepankan penggunaan teknik produksi yang canggih dan ramah lingkungan.

3.  Experience

Berbagai fitur dihadirkan ASUS untuk meningkatkan produktivitas dan pengalaman bagi penggunanya. Salah duanya dengan menghadirkan fiitur touchpad ASUS ErgoSense dan kamera IR FHD berbasis teknologi AI noise-canceling.

4.  Protection

Untuk melindungi laptop dari serangan berbagai virus, ASUS Zenbook S 13 OLED dilengkapi dengan fitur ASUS Anti-Microbial, serta didukung juga dengan fitur Eye Care, yang dapat mengurangi spektrum cahaya biru, yang berbahaya bagi kesehatan mata. Fitur ini sudah bersertifkasi TÜV Rheinland untuk low-blue light dan anti-flicker.

5.  Performance

Selama ini ASUS selalu berkomitmen untuk memberikan teknologi terbaik dan terdepan agar produknya memiliki performa yang berkualitas. Untuk itu, pada laptop Zenbook S 13 OLED, ASUS menanamkan prosesor paling canggih, yaitu 13th Gen Intel® Core™ i7-1355U, dengan konfigurasi 10 core dan 12 thread. Didukung prosesor canggih dengan core dan thread sebanyak itu, tentu saja laptop ini mampu bekerja lebih cepat dan gesit.

6.  Durability

Begitupun dari sisi ketahanannya. ASUS Zenbook S 13 OLED ini telah lolos uji ketahanan dan bersertifikasi US military-grade standard.

Peluncuran  ASUS Zenbook S 13 OLED (UX5304)
Ibu Davina jelaskan inovasi terbaru ASUS Zenbook S 13 OLED (UX5304)

“Tahun 2023 ini kami menghadirkan Zenbook terbaru, yang menjadi laptop OLED paling tipis dan paling ringan di dunia. Tak hanya fitur-fitur premium yang disematkan pada laptop ini, yang paling spesial adalah material eco-friendly yang digunakan pada hampir keseluruhan bagian laptopnya, yang menjadikannya sebagai laptop paling ramah lingkungan,” ungkap Bu Davina.

Spesifikasi dan Fitur unggulan ASUS Zenbook S 13 OLED (UX5304)

Spesifikasi dan fitur ASUS Zenbook S 13 OLED (UX5304)
 Ibu Clemency (tengah) menjelaskan fitur-fitur dan spesifikasi ASUS Zenbook S 13 OLED (UX5304)

Selanjutnya penjelasan lengkap mengenai spesifikasi, serta fitur-fitur yang menjadi keunggulan dari laptop ASUS Zenbook S 13 OLED ini dipaparkan oleh Ibu Clemency Devanie dan Bapak Daniel Naftali selaku PC Consumer Notebook Product Manager ASUS Indonesia. Ibu Clemency mengatakan bahwa inovasi akan laptop yang tipis, ringan, mudah dibawa kemana-mana, dengan performa yang bagus, menjadi impian semua orang, terutama bagi pekerja profesional, atau pekerja kantoran, maupun yang bekerja secara mobile. Mengapa? Berikut penjelasannya.     

Laptop OLED 13,3 inci Paling Tipis dan Ringan

ASUS Zenbook S 13 OLED (UX5304) paling tipis dan ringan di dunia

Laptop ASUS Zenbook S 13 OLED hadir dengan desain bodi paling tipis, yaitu 1 cm, dan bobot paling ringan, yaitu 1 kg. Tak hanya tipis dan ringan, laptop ultra-portable ini juga punya ukuran yang pas menurut saya, yaitu 13,3 inci. Jadi dibilang gede nggak, kecil pun nggak.

By the way, tau nggak, apa yang dilakukan Tim ASUS sehingga bisa membuat laptop jadi setipis dan seringan itu? Ternyata ASUS menggunakan kamera IR FHD yang berukuran lebih kecil, yang langsung ditanamkan ke bagian layarnya menggunakan teknik CNC. Ini seperti pemasangan kamera pada beberapa jenis henpon ya. Selain kamera, Tim ASUS juga menggunakan panel OLED yang lebih ramping, sehingga layar laptopnya jadi lebih tipis 30%.

Untuk memangkas bobotnya agar lebih ringan, ASUS menggunakan material magnesium-aluminium pada bagian penutup keyboard, penutup kaca yang sangat tipis pada touchpad ErgoSense, papan sirkuit dengan lapisan lebih sedikit, serta kerapatan kabel yang lebih tinggi, sehingga bobotnya menjadi lebih ringan dan tidak memakan banyak ruang. Selain itu, motherboard-nya dirancang secara presisi, sehingga dapat menampung dua kipas yang sangat tipis, yang membuat ukuran Zenbook S 13 OLED (UX5304) 25% lebih tipis, dan tentu saja membuatnya jadi lebih ringan.

ASUS Zenbook S 13 OLED (UX5304) material

Komponen-komponen ASUS Zenbook S 13 OLED (UX5304)

Dari segi desainnya, Zenbook S 13 OLED ini sesuai banget dengan laptop yang aku inginkan, yang tipis, ringan, serta ukurannya yang gak kecil dan juga nggak gede, sehingga bisa muat dalam tas yang biasa kubawa. Laptopnya juga dapat dibuka atau diputar hingga 180 derajat. Oiya, pada punya henpon kan ya? Nah bayangkan, ketebalan laptop ini hampir sama dengan henpon lho!

Konektivitas dan Fitur Lengkap

Walaupun tipis, siapa sangka ternyata laptop ini masih menyediakan space untuk port input output, diantaranya 1 port HDMI, 1 port USB Type-A, 2 port Thunderbolt ™ 4 support, dan 1 port 3.5mm combo audio jack. Sedangkan untuk dukungan jaringan dan komunikasi, laptop Zenbook S 13 OLED menyediakan Wi-Fi 6E, serta Bluetooth® 5.3 Wireless Card. Jadi nggak perlu khawatir untuk masalah konektivitas. Pengguna bisa langsung transfer data atau koneksi ke perangkat lain menggunakan port yang sudah tersedia pada laptop ini.

Selain fitur di atas, untuk meningkatkan kenyamanan pengguna dalam hal audiovisual, pada Zenbook S 13 OLED dilengkapi dengan teknologi Dolby Atmos®, Smart Amplifier untuk audio yang bebas distorsi, dan ASUS Audio Booster, yang membuat kualitas audio menjadi lebih bagus, dengan suara yang lebih kencang, bersih, dan jernih.  

Modern dan Powerful

ASUS Zenbook S 13 OLED (UX5304) desain modern

ASUS Zenbook S 13 OLED (UX5304) tampil dengan desain modern dan performa yang powerful

Tampil dengan desain yang modern, bodi yang tipis dan ringan, ternyata tak membuat laptop Zenbook S 13 OLED harus mengorbankan performanya. Ini terbukti dengan ditanamkannya prosesor paling canggih keluaran Intel, yaitu prosesor generasi ke-13, Intel® Core™ i7-1355U, dengan konfigurasi 10 core dan 12 thread.

Saking canggihnya, prosesor ini bahkan sudah dilengkapi dengan chip grafis Intel® Iris Xe untuk kebutuhan komputasi grafis hingga main game casual, serta fitur Intel® Quick Sync untuk proses encoding dan decoding video yang lebih cepat. Bahkan laptop ini telah tervalidasi Intel EVO, yaitu laptop yang dijamin mampu menghadirkan pengalaman penggunaan terbaik, mulai dari bekerja, belajar, menikmati sajian hiburan, hingga berkarya dan menciptakan konten kreatif. Percaya sih, fitur-fitur ini tentu saja membuat performa Zenbook S 13 OLED menjadi lebih powerful untuk berbagai aktivitas.

Prosesor canggih tanpa memori yang cukup, sama saja nol. Makanya untuk mendukung kinerja prosesornya, pada laptop OLED ini dipasang memori dengan kapasitas 16GB LPDDR5, serta storage 1TB PCle 4.0 SSD. Waduh waduuh ini gilasiii, spesifikasinya sudah tinggi semua. Bisa dibayangin, semua kerjaan bakal berjalan dengan cepat, walaupun untuk multitasking sekalipun.  

Kualitas Layar Terbaik

Teknologi ASUS Lumina OLED

Layar dengan ukuran 13,3 inci (rasio 16:10) pada Zenbook S 13 OLED, sudah menggunakan teknologi ASUS Lumina OLED, dengan resolusi 2.8K (2880 x 1800). Bahkan waktu responnya terbilang cepat, yaitu 0,2 ms, lho! Selain itu, apa sih yang menjadi keunggulan dari layar Lumina OLED? Pertama, layar OLED memiliki 100% gamut warna DCI-P3 yang terbaik di kelasnya. Kedua, meminimalisir radiasi cahaya biru yang berbahaya bagi kesehatan mata hingga 70%. Ketiga, tingkat kejernihan layar sangat tinggi, yaitu 120 Hz/ 0,2 ms. Keempat, tampilan gambar yang lebih jelas dengan level kecerahan berapapun. Serta yang kelima, memiliki 1.000.000 : 1 high contrast ratio.  

Tak hanya sudah tervalidasi Pantone® 1, layar Lumina OLED juga telah tersertifikasi VESA DisplayHDR™ True Black, dan akurasi warna Delta E <1. Layar ASUS Lumina OLED ini benar-benar menawarkan warna yang lebih akurat, layanan adaptif, dan kualitas yang andal buat kenyamanan penggunanya.

Ramah Lingkungan

ASUS Zenbook S 13 OLED (UX5304) ramah lingkungan

Hampir semua material Zenbook S 13 OLED terbuat dari bahan daur ulang. Mulai dari bahan dan proses pembuatan, perakitan, penggunaan, proses daur ulang pada akhir masa pakai, hingga siklus hidup laptopnya pun telah dirancang agar tidak meninggalkan jejak karbon lebih banyak. Bodinya yang terbuat dari bahan plasma-ceramic aluminium, diproses melalui teknik eksklusif, yang hanya memerlukan air murni dan listrik, tanpa menggunakan senyawa organik, asam kuat, maupun logam berat, sehingga membuat bodi laptop ini menjadi lebih tahan terhadap korosi, memiliki durabilitas lebih baik, masa pakai yang panjang, dan tentu saja dapat meminimalkan dampak kerusakan terhadap lingkungan.

Tak cukup sampai di situ, sebagai bentuk dukungan lainnya terhadap lingkungan, ASUS Zenbook S 13 OLED hadir sebagai laptop zero carbon emission, dengan efisiensi energi yang sangat tinggi, bahkan telah melampaui standar dari ENERGY STAR® sebesar 43%. Semua upaya ini menjadikan ASUS Zenbook S 13 OLED sebagai laptop yang paling ramah lingkungan. Tak heran jika Zenbook seri terbaru ini mendapatkan sertifikat EPEAT® Gold.

Baterai Tahan Lama

Laptop Zenbook S 13 OLED bisa disebut kecil-kecil cabe rawit, karena meskipun punya bodi yang tipis, namun dari segi baterai, laptop dengan kapasitas baterai 63 WHrs ini mampu bertahan hingga 14 jam untuk streaming video, dan tentu saja akan bertahan lebih lama lagi jika digunakan untuk pemakaian normal dan dalam kondisi standby.

Kemampuan baterai ini tentunya sangat mendukung berbagai aktivitas yang dilakukan secara mobile. Bahkan laptop ini pun dilengkapi dengan fitur fast charging. Dengan fitur ini, pengisian daya akan menjadi lebih cepat. Hanya dibutuhkan waktu sekitar 49 menit, untuk mengisi daya baterai hingga 70%.  

Harga ASUS Zenbook S 13 OLED (UX5304)

Harga ASUS Zenbook S 13 OLED (UX5304)

Hayoo, ada yang bisa menebak, berapa kira-kira harga laptop OLED paling tipis dan paling ringan di dunia ini? Aku sendiri awalnya menduga harganya di bawah 10 juta, karena kupikir spesifikasi yang dimilikinya hanya yang standar. Namun setelah mengetahui semua spesifikasi, termasuk berbagai fitur canggih yang dimilikinya, aku pun langsung mengubah tebakanku menjadi sekitar 24 hingga 27 juta rupiah.

Dan tebakanku ternyata tak meleset terlalu jauh. Laptop ASUS Zenbook S 13 OLED (UX5304) dibandrol dengan harga Rp23.999.000,-, dengan garansi berlaku global selama 2 tahun, plus 1 tahun ASUS VIP Perfect Warranty. Harga ini sangat pantas dengan segala keunggulan yang dimilikinya. Menurutku laptop ini juga bisa menjadi investasi bagi pekerja profesional, maupun para content creator untuk menunjang berbagai aktivitas dan pekerjaan yang membutuhkan laptop dengan performa yang mumpuni, namun mudah dan praktis untuk diajak kerja mobile, atau dibawa kemana-mana.

Jangan ditanya gimana mupengnya aku pada laptop OLED satu ini. Semua spek yang dimilikinya adalah apa yang selama ini aku cari. Rasa ingin memilikinya sangat sangaat tinggi. Namun mengingat harganya yang juga cukup tinggi, aku mesti menabung dulu, atau memelas pada bapaknya anak-anak, agar kado ulang tahun bulan depan dibeliin laptop ini aja, wkwkwk XD. Oiya, buat kamu yang juga ingin memiliki laptop ASUS Zenbook S 13 OLED (UX5304) ini, kamu bisa membelinya secara online melalui ASUS Online Store dan juga Blibli.com yaa. Nanti bagi kamu yang melakukan pre-order akan mendapatkan ASUS Marshmallow Mouse (MD100). Yuklah! buruan dibeli, sebelum kehabisan.

Spesifikasi ASUS Zenbook S 13 OLED (UX5304)



  • Share:

You Might Also Like

0 comments