Ini Keunggulan Baca Berita di Aplikasi IDN Apps

By Dewi Sulistiawaty - Juni 12, 2023

 

Keunggulan baca berita di IDN Apps

Membaca itu ibarat menambang. Semakin dalam kita membaca, maka akan semakin banyak pula hal berharga yang akan kita dapatkan. Sebuah kalimat klise yang mungkin sering kita dengar, namun memang benar adanya. Lalu apakah membaca itu berlaku untuk membaca buku saja? Buku-buku yang hanya berisikan ilmu pengetahuan?

Ternyata bukan hanya dari buku saja, karena banyak lho media yang bisa kita jadikan sebagai sumber bacaan. Apalagi di era digital ini, membaca tak hanya bisa dilakukan pada media cetak saja, seperti buku, majalah, koran, dan lain sebagainya, namun juga bisa dilakukan secara digital atau online. Masing-masingnya tentu saja memiliki kekurangan dan kelebihannya tersendiri. Intinya, membaca itu tujuannya untuk menambah wawasan kita agar jadi lebih luas lagi, dan semakin banyak yang bisa kita ketahui.

Fyi, untuk menambah pengetahuan dan wawasan kita, tidak hanya didapatkan dari buku-buku pelajaran di sekolah saja, namun juga bisa diperoleh dari berbagai media lainnya, sehingga kita dapat menemukan hal-hal yang baru, mengetahui peristiwa apa yang sedang terjadi di sekitar kita, bahkan dapat menjadi inspirasi dan mendorong kreativitas kita.   

Berdasarkan hasil survei yang dilakukan Reuters Institute bersama dengan Universitas Oxford tahun 2022, 88% masyarakat Indonesia menjadikan media online sebagai sumber utama bacaannya. Ini berarti membaca secara digital lebih banyak diminati, apalagi bagi kaum generasi muda, karena dianggap lebih mudah dan praktis.

Makanya tak heran, jika beberapa tahun belakangan ini muncul banyak media online, yang menawarkan berbagai informasi terkini dan menarik untuk dibaca. Berita yang disajikannya pun diulas dari berbagai aspek, mulai dari informasi seputar dunia politik, ekonomi, bisnis, sosial budaya, gaya hidup, olahraga, kesehatan, teknologi, entertainment, dan banyak lagi yang lainnya.

Salah satu media online yang bisa dijadikan referensi buat bacaan sehari-hari adalah IDN Media. Loh, dari sekian banyak media online yang ada di Indonesia, mengapa mesti IDN Media? Karena menurut saya, IDN Media ini sangat menarik, unik, dan berbeda dari kebanyakan media online lainnya. IDN Media memiliki beragam produk, diantaranya IDN Times, POPBELA, POPMAMA, Duniaku, Yummy, IDN Event, dan lain sebagainya, yang masing-masingnya menyasar pada tema tertentu.

Selain itu, IDN Media juga menawarkan banyak pilihan topik bacaan, lho! Kalau saya hitung-hitung, ada 23 topik bacaan. Belum lagi fitur-fitur lainnya, yang dijamin akan membuat kita makin nyaman membaca dan mencari informasi di IDN Media. Namun sebelum saya uraikan apa saja hal menarik yang ada di IDN Media, sebaiknya kita kenalan dulu yuk dengan media online satu ini. Ibarat kata pepatah, “Tak kenal, maka tak sayang”. Jika sudah sayang, tentu kecintaan membaca itu akan muncul sendiri tanpa harus dipaksa.

Keunggulan baca berita di IDN Apps
Website Live Streaming IDN Media dan Aplikasi IDN Apps 

Yuk, Kenalan dengan IDN Media

IDN Media hadir 9 tahun yang lalu, atau tepatnya tanggal 8 Juni 2014 di Kota Surabaya. Winston Utomo dan William Utomo, merupakan dua orang kakak beradik yang berada dibalik berdirinya media ini. Sebenarnya ide untuk mendirikan perusahaan media sudah muncul dibenak sang kakak, Winston, saat ia masih bekerja di Singapura.

Kala itu, saat pulang bekerja, bertempat di kamar apartemennya yang berukuran 2 x 3 meter, Winston iseng menulis sebuah artikel, dan menerbitkannya keesokan harinya di situs miliknya, Indonesiantimes. Siapa sangka jika kemudian artikel tersebut malah viral, dan tersebar ke berbagai media sosial dalam kurun waktu sehari saja.

Kejadian ini membuat Winston semakin semangat untuk mengembangkan situsnya, dan menjadikannya sebagai peluang untuk mendirikan perusahaan media yang menyasar pada kaum milenial, sesuai dengan ambisinya sejak dulu. Untuk mewujudkan keinginannya tersebut, dan agar lebih fokus lagi dalam mengembangkan usahanya, Winston memutuskan untuk berhenti dari pekerjaannya, dan pulang ke kampung halamannya di Surabaya.

Pendiri IDN Media Winston dan William Utomo
Winston Utomo bersama sang adik, William, mendirikan perusahaan media digital, IDN Times (IDN Media)
(Sumber foto: IDN Times)

Di Surabaya, bersama dengan adiknya, William Utomo, Winston akhirnya resmi mendirikan sebuah perusahaan media digital yang diberinya nama idntimes. Kala itu idntimes.com menyuguhkan berbagai informasi yang sedang trend, yang relevan dengan kehidupan para kaum milenial.

Seiring dengan berjalannya waktu, perusahaan ini terus berkembang dengan pesat, lalu melebarkan sayapnya hingga membuka kantor juga di Jakarta. Tumbuh menjadi perusahaan media digital terbesar, di bawah naungan IDN Media, sekarang perusahaan ini sudah memiliki berbagai produk, diantaranya IDN Times, POPBELA, POPMAMA, Yummy, IDN TV, IDN Creative, IDN Event, IDN Creator Network, GGWP, dan Duniaku.

IDN Media dalam IDN Apps

Bagaimana jika berbagai produk IDN Media ini ditempatkan dalam satu aplikasi?  Nah, tepat pada tanggal 18 Juni 2020, IDN Media resmi meluncurkan IDN App nya. Kehadirannya makin mempermudah kita untuk mencari dan mendapat informasi yang kita inginkan. Kita nggak perlu repot lagi membuka website satu persatu. Dengan IDN Apps, kita tinggal klik saja produk media atau topik yang kita inginkan. Lalu kita akan langsung terhubung ke portal yang kita ingin tuju tersebut. IDN Apps ini bisa diunduh secara gratis, baik oleh pengguna Android melalui Google Play, maupun pengguna iOS Apps Store.

Website IDN App dan Aplikasi IDN Apps
Website Live Streaming dan IDN Apps

Sebagaimana gaya generasi milenial, yang menyukai sesuatu yang simpel dan to the point, tampilan aplikasi ini pun nampak simpel dengan background putih bersih, yang membuat kita jadi lebih fokus pada konten-kontennya. Berbagai fiturnya pun diletakkan di tempat yang langsung terlihat. Aplikasinya benar-benar intuitif dan sangat friendly bagi penggunanya. Menurut saya, berikut beberapa keunggulan IDN Apps dibandingkan aplikasi media baca berita lainnya.   

Ini lho Keunggulan IDN Apps!

1. Artikel Berkualitas dan Selalu Update

Saya merupakan orang yang paling malas membaca berita atau informasi yang kurang bermutu, seperti berita hoaks, isi berita yang tidak informatif, kalimat yang bertele-tele dan kurang nyaman dibaca, banyak typo, dan hal lainnya yang biasa membuat saya tak tertarik untuk berkunjung kembali ke website tersebut.

Ini yang sampai sekarang belum (dan semoga nggak) saya temukan saat baca berita di IDN Media maupun di IDN Apps. Berita-berita yang disajikannya pun informatif dan selalu berita terbaru yang dapat menambah wawasan saya terhadap peristiwa yang terjadi di sekitar kita. Baca berita di IDN Apps jadi lebih nyaman dan menyenangkan.    

2. Tanpa Iklan

Pernah mengalami saat sedang baca atau nonton video streaming, lantas ada iklan yang harus ditonton? Padahal kita lagi fokus dan serius membaca, tapi tiba-tiba saja dihadang oleh berbagai iklan. Jika kita tak ingin ada iklannya, maka disarankan untuk beralih ke mode premium alias berbayar. Ini menurut saya cukup mengganggu. Syukurnya, di IDN Apps kita bisa bebas baca berita apa saja, tanpa harus diganggu oleh iklan-iklan ini.   

3. Beragam Pilihan Topik

Keunggulan baca berita di IDN Apps
Beragam topik bisa ditemukan di IDN Apps

Ini yang paling saya suka baca berita di IDN Apps, karena media digital ini menyajikan berita terlengkap, dengan beragam suguhan topik, yang bisa kita pilih sesuai dengan keinginan atau minat. Seperti yang tadi saya sebutkan di atas, ada 23 jenis topik yang bisa dipilih dan dibaca di IDN Apps. Mulai dari berita hari ini dari berita Indonesia hingga berita mancanegara yang lagi jadi perbincangan hangat. Dijamin kita bakal ‘kenyang’ dengan berbagai informasi yang disuguhkannya.

 4.   Fitur IDN Live

IDN Live merupakan fitur terbaru di IDN Apps. Ini karena IDN Media bergerak secara dinamis mengikuti perkembangan zaman, dimana saat ini masyarakat, terutama generasi milenial dan Z sedang gemar-gemarnya menggelar aktivitas secara live streaming. Nah, IDN Apps ini juga bisa menjadi aplikasi live streaming, dengan hadirnya fitur IDN Live.   ini dapat menjadi wadah bagi para content creator muda untuk menyalurkan eksistensi dan juga kreativitas mereka di dunia digital.

Bahkan di IDN Live ini, para streamer bisa mendapatkan apresiasi dari penonton yang menyukai aktivitasnya, dengan memberikan virtual gift, yang nantinya dapat ditukarkan oleh streamer menjadi rupiah. Nah, jadi makin termotivasi kan untuk ikutan live streaming di aplikasi live streaming IDN. Oiya, bagi yang lebih suka live streaming melalui laptop atau perangkat PC, bisa juga kok live streaming dari website live streaming IDN. Coba saja.  

 5.   Fitur Quiz

Tepat di samping kanan fitur IDN Live, terdapat fitur Quiz. Dalam fitur ini, kita bisa ikut bermain berbagai macam quiz, seperti tebak member XODIAC hanya dari matanya, mengetahui kepribadian aslimu dari bentuk telinga, mengungkap kelebihanmu yang tersembunyi lewat warna lipstick favorit, dan banyak lagi. Tentu saja quiz ini bertujuan untuk menghibur dan bersenang-senang. Beberapanya mungkin bisa juga dijadikan sebagai penambah wawasan dan pengetahuan kita.

 6.   Fitur Night Mode

Fitur mode gelap, terdengar sepele ya. Namun bagi orang yang menyukai kenyamanan saat membaca, fitur ini sangat berarti. Membaca saat kondisi gelap, minim cahaya, dengan sinar terang yang terpancar dari layar ponsel pintar kita, tentu akan membuat mata tak nyaman, dan bahkan cepat lelah. Dengan tersedianya fitur Night Mode di IDN Apps, memberikan pengalaman menggunakan aplikasi baca berita yang nyaman dan menyenangkan menurut saya.

 7.   Fitur Tulis Artikel

Kamu hobi menulis dan berbagi opini? Di IDN Apps kita bisa menuliskan semua hal, selama itu tidak bertentangan dengan peraturan menulis artikel dan beropini yang diterapkan oleh IDN Media. Nah, untuk menjamin kualitas tulisan yang akan ditayangkan di IDN Apps, semua arrtikel harus melalui proses moderasi, dan dilakukan pengecekan oleh tim editor redaksi IDN Media. Jika artikel tersebut lolos, maka barulah artikel diperbolehkan tayang.

 8.   Dapatkan Cuan dari Berbagai Aktivitas

Siapa sangka menulis artikel dan berbagi opini di IDN Apps bisa menghasilkan cuan. Ibaratnya sambil menyelam minum air. Jadi, selain bisa menyalurkan hobi dan bakat menulis atau sekedar menyampaikan opini, di IDN Apps ini kita juga bisa mendapatkan cuan. Setiap artikel kita yang berhasil ditayangkan, maka kita akan mendapatkan poin dari IDN. Nanti poin-poin ini bisa ditukarkan dengan rupiah. Wah, menarik ya!

Gimana kalau saya nggak hobi menulis? Tenaang. Kita masih bisa kok mendapatkan poin dengan mengikuti program referral. Jadi nanti kita cukup membagikan kode referral yang kita miliki kepada saudara maupun teman. Misalnya, kode referral saya dew.6wb4blk. Maka saya tinggal share melalui tautan undangan yang sudah tersedia di IDN Apps. Mudah kan!  Setiap teman yang berhasil kita ajak, maka kita akan memperoleh poin. Nah, poin-poin ini nanti bisa ditukar menjadi rupiah.

Itu baru 8 keunggulan IDN App yang bisa saya bagikan. Masih ada beberapa keunggulan lainnya, yang bisa kamu temukan jika kamu telah memiliki IDN Apps di ponsel pintarmu. Coba deh oprak oprek sendiri. Dijamin akan bikin kamu nyaman untuk berlama-lama baca berita dan informasi di aplikasi yang memang sengaja berfokus pada kaum milenial dan gen Z ini.

Pasti ada yang bertanya-tanya kan? Mengapa IDN Media fokus menyasar para generasi milenial dan z. Begitulah kalau sebuah perusahaan didirikan oleh orang hebat, yang berpikir jauh ke depan. Sang Founder ternyata mempunyai keinginan untuk menjadikan medianya sebagai media yang dapat memberikan dampak positif bagi generasi muda Indonesia. Sehingga diharapkan para generasi muda ini dapat mendemokrasikan informasi bagi seluruh masyarakat Indonesia di 2045 mendatang.

Visi dan misi yang mulia ya. Tak heran jika media ini bisa maju dan berkembang sejauh ini, serta disenangi oleh kaum milenial. Bagi kamu generasi milenial dan generasi Z, yuk tambah wawasanmu lewat IDN Apps. Update juga informasi lainnya lewat akun media sosial IDN Apps di Instagram @idn_app, dan TikTok @idn.app

  • Share:

You Might Also Like

0 comments