Cerita Tentang Saya, Liburan, dan Internet

By Dewi Sulistiawaty - Februari 02, 2023

 Modem Telkomsel Orbit Star N2

Kali ini saya ingin curhat mengenai liburan saya tahun lalu. Lebih tepatnya saat mudik ke kampung halaman saya di Kota Padang Tercinta ❤️. Saya dan keluarga pulkam karena adek saya akan menggelar pernikahan di sana. Karena ini merupakan acara besar, jadi saya dan keluarga besar sudah jauh-jauh hari mempersiapkan segala sesuatunya, termasuk jadwal kami agar tidak ada yang bentrok.

Susah memang untuk mempertemukan jadwal 9 orang saudara yang sudah berpencar ke berbagai daerah. Belum lagi kebanyakan dari kami sudah berkeluarga. Jangankan keluarga besar saya, menentukan jadwal liburan bagi saya dan keluarga kecil saya saja begitu syulit. Di saat anak saya ada jadwal kosong eh pak suami yang nggak bisa. Di saat suami bisa, malah saya atau anak saya yang nggak bisa. Jadi bisa dibayangkan gimana sulit dan alotnya diskusi kami saat menentukan hari pernikahan adek saya, karena semuanya sangat berharap bisa hadir.

Tapi seperti orang bijak bilang, yang namanya manusia hanya bisa merencanakan, putusan akhirnya tetaplah Tuhan yang menentukan. Ketika kami sudah menyepakati satu tanggal dimana hampir semuanya menyanggupi untuk hadir, walaupun bakal mepet banget dengan hari H nya, namun kenyataannya berkata lain. Jadwalnya sendiri sudah direncanakan sekitar 7 atau 8 bulan sebelumnya. Beberapa dari kami mencoba untuk memperkirakan kapan sekiranya ada waktu yang lowong, terutama saya dan beberapa saudara saya yang memiliki anak yang sedang bersekolah. Walaupun sudah memiliki kalender pendidikan, namun tak jarang nantinya jadwalnya bisa berubah. Apalagi anak saya saat itu dalam situasi baru lulus sekolah, yang berarti saya mesti bersiap-siap untuk mencari sekolah lanjutan.

Walaupun sudah diinfokan sebelumnya bahwa anak saya akan melaksanakan wisuda usai Ujian Sekolah, namun jadwal pastinya masih belum ditentukan. Nah, tanggal pastinya baru diberitahukan sekitar sebulan sebelum acara wisuda tersebut akan dilaksanakan. Waktunya ternyata juga berbarengan dengan jadwal pendaftaran PPDB, serta tak begitu jauh dari hari H pernikahan adek saya. Padahal saya sudah pesan tiket pesawat juga. Untungnya untuk tiketnya masih bisa resecheduled. Namun udah kebayang gimana singkatnya liburan saya di kampung halaman nanti. Duh! Padahal udah ngebayangin bisa hadir ke acara pernikahan adek sambil menikmati liburan di sana. Kangen euy, karena sudah lama banget nggak pulkam akibat pandemi.

Saya pun menginformasikan perihal ini kepada keluarga besar, sekaligus memberitahukan bahwa saya nggak bisa berlama-lama di sana, karena usai acara pernikahan, anak saya akan melaksanakan wisuda sekolah. Beberapa dari saudara saya ada yang kecewa, karena kami memang sudah planning akan jalan-jalan ke beberapa tempat wisata di sana, menikmati berbagai kuliner khas Padang, dan menginap di rumah saudara saya yang tinggal di Kabupaten Solok Selatan. Semuanya buyar dan berantakan karena jadwal yang tiba-tiba berubah dan nggak sesuai dengan perkiraan kami.

Pikiran saya benar-benar kacau saat itu, sebel karena rencana yang sudah saya susun baik-baik, tiba-tiba jadi berantakan. Saya mesti menyusun ulang rencana yang baru. Ketika semua jadwal sudah dipastikan tidak akan ada yang berubah lagi, maka saya pun menjadwal ulang pemesanan tiket pesawat. Sambil menyelesaikan beberapa pekerjaan, saya juga mengurus printilan untuk wisuda anak saya, dokumen-dokumen yang diperlukan untuk ikut PPDB, beberapa keperluan untuk pernikahan adek saya, serta persiapan yang akan dibawa untuk pulkam nanti.

Puyeng? Banget! Namun yang paling bikin deg-degan adalah saat pendaftaran PPDB. Gimana nggak, persaingannya ketat banget. Enaknya pendaftaran PPDB secara online adalah sistemnya yang lebih transparan, kita nggak perlu repot-repot ke sekolah membawa berbagai dokumen, serta mesti antri yang menghabiskan tenaga dan waktu. Belum lagi jajannya jika antrinya kelamaan, wkwkwk....

Yang nggak enaknya kalau pendaftaran PPDB online itu adalah jika internet atau perangkat pendukungnya bermasalah. Bisa panik banget kalau sampai itu terjadi. Deg-degan apakah pendaftaran kita sudah ter-submit atau belum. Perangkat yang tiba-tiba nge-hang, atau internet yang lemotnya minta ampun. Rasanya pengen gigit hape atau laptopnya kalau sampai hal itu terjadi. Alhamdulilahnya itu tidak sampai terjadi pada saya kemarin. Deg-degannya malah karena nama anak saya yang terpental dari sekolah yang sudah didaftarkan.

Nah, yang jadi pikiran saya kemudian adalah gimana caranya mendaftar PPDB saat saya sedang berada di kampung nanti, mengingat jadwal pendaftaran PPDB berlangsung hingga hari H pernikahan adek saya. Jadi ada kemungkinan saya harus mendaftar PPDB jalur selanjutnya jika anak saya belum lulus di jalur sebelumnya. Terakhir saya pulkam, saya cukup kesulitan dengan jaringan internet di sana. Walaupun berada di tengah kota, namun entah mengapa beberapa jaringan internet tidak terjangkau hingga ke dalam kamar. Jadi saya mesti ke ruang tamu dulu untuk mendapatkan akses internet. Bahaya kan kalau saya nggak bisa mendaftar PPDB untuk anak saya. Soalnya kesempatan ini nggak akan bisa diulang lagi.

Kegelisahan ini saya sampaikan kepada saudara saya yang tinggal di Padang. Alhamdulillah, kata adek saya di sana sudah tidak ada masalah dengan jaringan internet. Ternyata beberapa bulan sebelumnya adek saya sudah menggunakan modem Telkomsel Orbit di rumah. Pantesan belakangan ini tiap video call jaringannya lancar terus, karena biasanya jaringan internetnya suka bermasalah dan dia tiba-tiba menghilang dari video conference, hihi....

Modem murah telkomsel orbit star N2
Modem WiFi Telkomsel Orbit

Setelah mendengar itu, saya bisa sedikit bernapas lega. Di rumah, saya juga menggunakan modem Telkomsel Orbit. Alhamdulillah, selama ini tak ada masalah dengan jaringan internet di rumah. Semua pekerjaan yang mengandalkan internet bisa berjalan dengan baik, termasuk saat pendaftaran PPDB anak saya kemarin. Btw mengenai Telkomsel Orbit, ternyata saat ini Telkomsel telah mengeluarkan seri terbaru untuk modem Telkomsel Orbitnya, yaitu Orbit Star N2.

 

Fitur dan Spesifikasi Telkomsel Orbit Star N2

Modem Telkomsel Orbit Star N2
Modem WiFi Telkomsel Orbit Star N2

Modem merupakan salah satu pilihan perangkat pendukung internet bagi mereka yang menyukai segala sesuatu yang praktis, fleksibel, dan nggak ribet. Selain pemasangannya yang mudah, dan nggak memerlukan teknisi, modem juga bisa dipindah-pindahkan letaknya ke berbagai area yang ada di dalam rumah, serta pemilik modem nggak perlu melakukan kontrak berlangganan. Biaya internetnya pun bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

Mengapa saya memilih modem Telkomsel Orbit? Tentunya karena berbagai fitur yang menjadi keunggulan dari modem ini. Begitupun dengan Telkomsel Orbit Star N2 dengan kelebihannya tersendiri. Salah satunya adalah karena harganya yang cukup affordable alias ramah di kantong untuk ukuran modem sekelasnya. Fyi, kita cukup merogoh kocek Rp589.000,- saja untuk bisa memiliki modem Orbit Star N2 ini. Walaupun harganya terbilang murah, namun fitur dan spesifikasi yang disematkan pada modem ini nggak murahan. Berikut fitur dan spesifikasi modem WiFi Telkomsel Orbit Star N2.

1.     Kecepatan rata-rata hingga 15Mbps.

2.   Dapat mengganti password WiFi melalui aplikasi.

3.   Dapat mengecek pemakaian paket data secara berkala.

4.   Dapat melihat estimasi pemakaian paket data per hari dan per bulan.

5.   Dilengkapi dengan Website Filtering, Whitelist, dan Blacklist untuk akses internet yang aman bagi keluarga.

Fitur dan spesifikasi modem Telkomsel Orbit Star N2

Oiya, keuntungan lain yang bisa diperoleh yaitu saat pembelian Orbit Star N2 ini pembeli akan diberikan bonus berupa paket data sebesar 150GB dengan rincian 25GB/ 30 hari selama 6 bulan pertama. Bonus ini sudah terpasang pada SIM Card Telkomsel berukuran nano, yang sudah terdapat pada paket penjualan unitnya. Tak hanya itu, setiap pembelian modem Orbit Star N2 selama periode launching hingga 14 Februari 2023, maka pembeli akan mendapatkan hadiah langsung berupa Smartlamp Philips, sebuah produk lampu berbasis IoT (Internet of Things) yang dapat terhubung ke internet melalui modem Orbit Star N2. Namun promo hadiah langsung ini hanya berlaku untuk pembelian di Grapari dan e-commerce saja.

Bagi yang ingin membeli modem Orbit Star N2, produknya bisa dibeli langsung ke outlet Grapari terdekat, mitra Telkomsel, atau di outlet-outlet IT langganan ya. Atau bagi yang ingin membeli secara online, produknya bisa dipesan melalui official marketplace MyOrbit yang ada di Tokopedia, Shopee, Blibli, JD.ID, Lazada, Akulaku, Bukalapak, maupun di TikTok Shop MyOrbit.

Gimana jika modemnya bermasalah? Untuk masalah ini pembeli bisa menghubungi Customer Service Telkomsel Orbit via WhatsApp di nomor 08111 776 706, atau bisa juga via e-mail, atau DM ke Instagram @myorbit. Hingga saat ini sudah tersedia sebanyak 30 titik service center Telkomsel Orbit yang tersebar di seluruh Indonesia.

Oiya, selama di kampung kemarin, alhamdulillah saya tidak mengalami kendala jaringan internet saat melakukan pendaftaran PPDB, walaupun kemudian nama anak saya terpental dari sekolah yang dituju. Namun saya masih bersyukur, karena di detik-detik terakhir pendaftaran, anak saya masih bisa masuk ke sekolah negeri lewat jalur PPDB. Saat ini benar-benar perjuangan untuk mendaftar ke sekolah negeri. Untungnya untuk mengakses internet nggak terlalu syulit, karena ada Telkomsel Orbit 😊  






  • Share:

You Might Also Like

0 comments