KoinWorks NEO, Mudahkan Pelaku Usaha untuk Mengembangkan Bisnis

By Dewi Sulistiawaty - April 25, 2022

Bisnis di masa pandemi

Kurang lebih sudah 2 tahun ini kita hidup berdampingan dengan Virus Corona. Gelombang demi gelombang yang datang kita hadapi bersama. Syukurlah sekarang kasus penderita Covid-19 di Indonesia mulai mengalami penurunan. Saat ini status pandemi sedang proses transisi menjadi endemi. Pemerintah sudah mulai melonggarkan beberapa peraturan, dan kehidupan di masyarakat pun nampaknya kembali seperti semula, walau belum sepenuhnya sama seperti dulu.

Sebagaimana yang kita semua tahu, yang paling besar terdampak oleh pandemi ini adalah para pelaku usaha. Tak sedikit dari pelaku usaha ini yang kemudian gulung tikar. Padahal kontribusinya terhadap perekonomian nasional sangat besar. Apalagi jumlah pelaku usaha di Indonesia terbilang tidak sedikit. Makanya tak heran kalau pandemi ini sangat berdampak juga pada perekonomian nasional. Dengan diturunkannya level status pandemi dan pelonggaran aturan,  membuat roda perekonomian kembali berputar.

Sebagian besar pelaku usaha yang terdampak karena pandemi mulai bangkit dan berusaha menghidupkan kembali usahanya. Ada yang mulai mengembangkan usahanya dari nol, dan ada pula yang sebelumnya omzetnya mengalami penurunan, berusaha untuk meningkatkan kembali omzet penjualannya. Namun tak sedikit pula yang masih kebingungan untuk mengembangkan usahanya karena terbentur dengan modal.

Akibat adanya keterbatasan akses terhadap layanan keuangan, ada pelaku usaha yang mencoba mendapatkan modal dari jasa pinjaman online, karena diganggap paling praktis dan cepat, dengan persyaratan yang sangat mudah. Namun karena tidak memeriksa kelegalan jasa pinjol tersebut, usaha tersebut malah berakhir dengan utang yang nilainya sangat mencekik leher. Untuk itu, bagi pelaku usaha yang ingin mendapatkan modal untuk usaha, sebaiknya mengecek dulu kelegalan dari jasa pinjaman online yang akan digunakan. Berikut cara mengecek kelegalan jasa pinjaman online.    

1.  Cek melalui website OJK di ojk.go.id, atau bisa langsung cek di link bit.ly/daftarfintechlendingOJK

2. Cek melalui WhatsApp OJK di nomor 081 157 157 157

3. Cek melalui kontak OJK di nomor telepon 157

4. Cek melalui email OJK di konsumen@ojk.go.id    

Mengapa harus mengecek kelegalan jasa pinjol di Otoritas Jasa Keuangan (OJK)? Karena OJK merupakan lembaga negara yang bertugas mengawasi seluruh kegiatan di sektor jasa keuangan yang ada di Indonesia. OJK tidak akan memberikan izin usaha jika perusahaan tersebut tidak dapat memenuhi syarat dan standar yang harus dipenuhi oleh setiap perusahaan jasa keuangan. Ini tentu saja bertujuan untuk menjamin keamanan pendana dan juga peminjam jasa keuangan tersebut. Jadi no tipu-tipu, semua transparan dan diawasi oleh OJK.

  

Pinjaman Modal di KoinWorks

KoinWorks merupakan sebuah perusahaan yang menjadi pionir fintech peer-to-peer lending di Indonesia, dan sudah terdaftar dan mendapatkan izin dan OJK. Berdiri pada tahun 2016 dan berkantor pusat di Jakarta, dengan holding di Singapura dan cabang kantor di Yogyakarta, New Delhi, dan Ho Chi Minh City. KoinWorks menjadi penjembatan atau menghubungkan antara pendana dan peminjam lewat sebuah platform berbasis internet/ platform online. Sebagai perusahaan Super Financial App pertama di Indonesia, KoinWorks sudah merangkul lebih dari 1.500.000 pengguna aktif.

KoinWorks yang juga menjadi anggota dari Asosiasi Fintech Pendanaan bersama Indonesia (AFPI) ini didirikan dengan tujuan untuk mendukung berbagai lapisan masyarakat Indonesia agar bisa mencapai tujuan finansialnya. KoinsWorks dapat menjadi solusi bagi masyarakat untuk berbagai kebutuhan keuangan, dengan kemudahan akses yang diberikan KoinWorks dalam satu aplikasi. Selain itu KoinWorks juga mendukung misi pemerintah dengan memastikan berbagai lapisan masyarakat di Indonesia mendapatkan akses ke inklusi keuangan.

 

KoinWorks NEO untuk Pelaku Usaha

Baru-baru ini KoinWorks memperkenalkan KoinWorks NEO yang diperuntukkan khusus bagi para pelaku usaha. Inovasi terbaru ini dirancang khusus untuk mempermudah para UMKM dan pelaku usaha atau start up di Indonesia, termasuk di dalamnya para freelancer, influencer, dan content creator dalam mengembangkan bisnisnya. Produk KoinWorks NEO ini hadir mengingat bahwa saat ini baru sekitar 39% dari pelaku UMKM yang menggunakan product digital financing.

KoinWorks NEO untuk pelaku usaha
KoinWorks NEO Launch

KoinWorks secara resmi meluncurkan KoinWorks NEO ini pada hari Selasa, 12 April 2022 secara hybrid (online dan offline). Hadir pada acara tersebut Benedicto Haryono selaku CEO dan Co-Founder KoinWorks, Grace Hong selaku Chief Marketing Officer KoinWorks, Aditya Chintawar selaku Chief Product Officer KoinWorks, Jonathan Bryan selaku Chief Marketing Officer KoinWorks, Hendra HeHe selaku Seniman dan Freelancer, serta Christian Sugiono selaku Aktor dan Pelaku Usaha.

Dalam acara tersebut Bapak Benedicto menjelaskan bahwa sewaktu KoinWorks didirikan, mereka memiliki misi untuk memberikan akses inklusi keuangan bagi para pelaku UMKM, sehingga dapat membantu merealisasikan mimpi mereka, dan memberikan kemajuan pada para pelaku UMKM di Indonesia. Sudah banyak pelaku UMKM yang sukses dan maju bersama KoinWorks. Bahkan ada UMKM yang dulunya penjualannya ratusan juta per bulan, sekarang bisa mecapai omzet miliaran rupiah per hari.

“Kami ingin UMKM itu terus sukses dan bertumbuh, serta kami juga dapat memberikan akses keuangan dan menyingkir mitos bahwa akses keuangan hanya untuk kelas-kelas tertentu saja di negara kita ini. Dengan hadirnya produk layanan KoinWorks NEO ini kami percaya bahwa para pelaku UMKM bisa mendapatkan financial management cost yang lebih mudah, simpel dan lebih pintar, sehingga waktu yang mereka gunakan bisa menjadi lebih efisien. Waktunya bisa diluangkan untuk hal lain yang lebih signifikan, seperti rekrutmen, inovasi produk, marketing, brand launching, bahkan spending waktu untuk keluarga mereka,” ujar Bapak Benedicto.

KoinWorks NEO akan membantu setiap jenis pelaku usaha di Indonesia untuk mengembangkan bisnisnya, mengatur finansial, hingga berbagai kebutuhan lainnya, mulai dari belanja segala keperluan produksi dan bisnis dari berbagai negara, bayar tiket online untuk perjalanan bisnis, bayar digital ads, bayar internet kantor, bayar tagihan vendor, bayar gaji karyawan, serta mengajukan modal usaha yang bisa langsung cair dalam sekejap, dan cukup dilakukan dalam satu genggaman. #StartTheNEOLife

 

Fitur-Fitur KoinWorks NEO

1. NEO Card

F NEO Card untuk bisnis transaksi online maupun offline kapanpun, di dalam dan luar negeri.

F Top-up saldo dari berbagai bank.

F Bisa membuat hingga 5 kartu sesuai kebutuhan, cuma perlu 1 menit.

F Limit tinggi hingga 100 juta per kartu.

F Tanpa biaya admin.

2. Payment Link

F Membuat link pembayaran dan invoice dalam 1 menit, lalu membagikan linknya lewat WhatsApp, SMS, atau email. Jadi tidak perlu lagi membagikan nomor rekening saat menerima pembayaran.

F Menerima pembayaran dari kartu kredit, kartu debit, transfer bank, e-wallet, dan lainnya.

F Membuat pengingat bagi pembayaran yang belum lunas.

F Tanpa biaya admin.

3. Send Money

F Mengirim uang ke bank manapun dan kapanpun.

F Limit tinggi per transaksi, hingga 250 juta.

F Mengunduh dan membagikan bukti pengiriman.

F Memonitor status transaksi.

F Membuat transaksi terjadwal.

F Tanpa biaya admin.

4. Financial Overview

F Memonitor pemasukan dan pengeluaran bisnis bulanan.

F Melacak pembayaran yang belum lunas, dan membuat pengingat.

F Mengatur arus kas berdasarkan kategori sesuai kebutuhan.

F Tanpa biaya admin.

 

Cara Daftar KoinWorks NEO

Cara daftar KoinWorks NEO

1. Download aplikasi KoinWorks di Google Play (Android) atau App Store (iOS).

2. Buka aplikasi KoinWorks dan daftar akun bisnis di KoinWorks.

3. Ketuk ikon emas NEO untuk aktivasi KoinWorks NEO.

4. Klik “Buka Akun NEO”

5. Daftar di KoinWorks NEO dengan memasukkan nama perusahaan, mengisi data KTP, serta data diri lainnya.

6. Baca dan pahami syarat dan ketentuannya.

6. KoinWorks NEO sudah siap digunakan.

 

KoinWorks NEO Inspire

Saat ini KoinWorks juga mengadakan sebuah kompetisi, yaitu KoinWorks NEO Inspire a Story-Pitch Competition. Hadiahnya nggak tanggung-tanggung dengan total hadiah hingga 2 miliar rupiah. Tak hanya itu, pemenang juga memiliki kesempatan untuk memperkenalkan bisnisnya lebih luas lagi.

Sesuai namanya, penyelenggaraan KoinWorks NEO Inspire Competition ini bertujuan untuk menginspirasi para pelaku UMKM dan pelaku usaha lainnya untuk mengembangkan bisnisnya dengan KoinWorks NEO, serta untuk menantang kreativitas para pelaku usaha. Dengan kompetisi ini KoinWorks ingin memberikan penghargaan dan perhatian pada para pelaku usaha yang telah bertahan selama pandemi dan berhasil bertransisi ke ranah digital.

Semua pelaku usaha baik offline maupun online bisa mengikuti kompetisi ini, baik itu pengusaha wanita maupun pria, pengusaha kecil maupun menengah, usaha produk dan atau jasa, content creator, influencer, freelancer, hingga pengajar pun diperbolehkan ikut. Cukup dengan cara menceritakan perjalanan bisnis, mulai dari bagaimana memulai usaha, menghadapi pandemi, dan rencana untuk usaha di masa depan, yang dapat menjadi inspirasi bagi pelaku usaha lainnya.

KoinWorks NEO Inspire Competition

 

Keuntungan Ikut KoinWorks NEO Inspire

1. Berkesempatan untuk memperluas jangkauan pasar.

2. Berkesempatan mendapat pelatihan dari mentor yang ahli di bidangnya yang berguna untuk mempertajam wawasan bisnis.

3.  Berkesempatan untuk memperluas networking dengan peserta lainnya. Kesempatan ini bisa dimanfaatkan untuk bisa saling berkolaborasi dengan peserta lain yang berasal dari berbagai bidang, sehingga usaha dapat berkembang lebih besar lagi.

4. Berkesempatan memenangkan hadiah dengan total miliaran rupiah, yang bisa digunakan sebagai modal usaha atau memperluas lahan bisnis dan terus berinovasi untuk mengembangkan usaha.

 

Cara Mengikuti Kompetisi KoinWorks NEO Inspire

1. Sudah terdaftar di KoinWorks Business dan mengaktivasi KoinWorks NEO.

2. Isi form pendaftaran di koinworks.com/neo/neoinspire, lalu klik “Daftar”.

3. Tunggu email konfirmasi dari tim KoinWorks (3 hari setelah melakukan pendaftaran).

4.  Peserta dengan data yang lengkap akan meneria email konfirmasi yang berisi tautan ke panduan tata cara dan ketentuan dalam membuat video singkat tentang bisnismu. Gunakan fitur Payment Link dan NEO Card untuk berbelanja online sebagai syarat lanjut ke tahap selanjutnya.

5. Untuk setiap kategori akan dipilih 20 peserta dengan cerita bisnis yang inspiratif, dan lanjut mengikuti bootcamp untuk memperoleh pelatihan dari mentor.

6. Setelah mendapatkan pembekalan di bootcamp, peserta lanjut ke Pitching Day. Di sini peserta diminta untuk mempresentasikan cerita bisnisnya di depan para juri.

7.  Terakhir adalah Awarding Night, dimana ini menjadi tahap final dari Kompetisi KoinWorks NEO Inspire. Nama-nama pemenang akan diumumkan pada Awarding Night  yang rencananya dijadwalkan pada tgl 29 Mei 2022.

 

Nah, tunggu apalagi! Bagi pelaku usaha, ini merupakan kesempatan emas untuk mendapatkan semua benefit tersebut, khususnya untuk mengembangkan usaha lebih luas lagi. #UntungnyaGampang

Pendaftaran kompetisi KoinWorks #NEOInspire terbagi dalam 4 batch, yaitu:

- Batch 1 F 12-18 April 2022

- Batch 2 F 19-25 April 2022

- Batch 3 F 26 April-2 Mei 2022

- Batch 4 F 3-9 Mei 2022

Bagi kamu yang tertarik dan bersemangat untuk mendapatkan modal dan mengembang usahamu, kamu mesti ikut kompetisi ini. Langsung saja daftar kompetisi KoinWorks NEO Inspire di sini ya F DAFTAR NEO INSPIRE



  • Share:

You Might Also Like

0 comments