Sambut Ramadan dengan Aktivitas Seru di Ruang Keluarga

By Dewi Sulistiawaty - April 12, 2022

Tidak terasa Ramadan sudah tiba. Alhamdulillah, masih bisa diberikan kesempatan untuk menjalankan ibadah wajib yang menjadi bagian dari rukun Islam di tahun ini. Tahun ini merupakan tahun ketiga kita menjalankan ibadah puasa Ramadan di masa pandemi. Syukurlah, angka kasus Covid-19 terus menurun. Semoga kondisi semakin membaik lagi kedepannya. Aamin. 

Itu salah satu doa saya di bulan Ramadan yang penuh berkah ini. Katanya, doa orang yang berpuasa itu diijabah, Aamiin. Untuk itu, kita pun gak boleh menyia-nyiakan bulan yang penuh rahmat ini. Yuk, kita sambut Ramadan dengan aktivitas seru di ruang keluarga, sambil memaksimalkan ibadah bersama keluarga di rumah. Banyak aktivitas Ramadan yang bisa kita jalankan sesuai hobi dan passion.

Aktivitas Seru di Ruang Keluarga Selama Ramadan

Beragam kegiatan positif dapat kita lakukan di rumah selama Ramadan untuk mengisi waktu selain beribadah. Untuk urusan mencari pahala, pasti teman-teman juga mengutamakannya ya. Keluarga kecil kami biasa melakukan banyak aktivitas di ruang keluarga yang sekaligus berfungsi sebagai ruang tamu. 

Di ruang keluarga inilah saya menemani putri semata wayang untuk belajar, membaca, menonton TV atau sekadar mengobrol saja. Di bulan Ramadan ini banyak kok aktivitas yang bisa dilakukan bersama keluarga, khususnya anak-anak di rumah supaya tidak bosan sambil menunggu waktu berbuka puasa di sore hari. Berikut ini beberapa rencana kegiatan yang akan kami lakukan di ruang keluarga pada bulan Ramadan ini.

 

Ikut Webinar Kajian Online

Ikut Webinar Kajian Online

Menuntut ilmu itu gak hanya bisa dilakukan secara offline, di era teknologi ini kita bisa tetap memperoleh ilmu secara online. Kita pun bisa mengikuti kajian online lewat zoom atau aplikasi lainnya.

Pemanfaatan internet dalam mencari ilmu pastinya banyak untungnya. Dari kajian tersebut kita bisa selalu diingatkan untuk melakukan kebaikan, karena biasanya di dalamnya terdapat nasihat-nasihat yang baik.

Dengan mengikuti kajian keagamaan online, kita juga bisa merasakan ketenangan jiwa apalagi ceramah yang dibawakan oleh ustadz atau ustadzah ini dapat menjadi penyejuk hati bagi para pendengarnya. Sambil mendengarkan kajian, saya pun bisa mempererat hubungan dengan anak.

 

Buat Hampers Lebaran

Buat Hampers Lebaran

Selain memperbanyak ibadah, bulan Ramadan juga identik dengan kegiatan persiapan menyambut lebaran atau Idul Fitri. Salah satu kegiatan yang biasa dilakukan adalah menyiapkan hampers lebaran untuk orang-orang terdekat misalnya.

Dengan membuat hampers seperti ini kita bisa melatih kesabaran dan meningkatkan kreativitas juga lho, apalagi jika dilakukan bersama keluarga, pasti banyak ide-ide menarik yang bisa didapatkan dari mereka. Lebih seru lagi kalau sambil mendengarkan murotal atau lagu-lagu khas Ramadan.

Persembahan hampers ini akan memberikan manfaat, baik untuk pengirim maupun penerima. Buat penerima akan merasa bahagia karena ada perhatian, sedangkan untuk pengirim sebagai salah satu bentuk rasa syukur dan sekaligus mempererat tali silaturrahmi.

 

Ubah Suasana Ruang Keluarga

Ubah Suasana Ruang Keluarga dengan furniture PEXIO

Untuk menyambut hari Idul Fitri, banyak juga orang yang mengubah suasana ruang keluarganya selama Ramadan. Dengan tampilan baru, akan membuat suasana rumah menjadi lebih fresh dan semangat menjalani hari, serta siap menyambut lebaran nantinya. Meskipun belum bisa menerima banyak tamu, namun pastinya akan ada keluarga dekat atau teman yang datang berkunjung.

Ide menghias rumah ini bisa disesuaikan dengan kreativitas dan budget yang dimiliki. Jika ada dana lebih, kita bisa mengganti living room furniture dengan gaya yang kita sukai.

Kalau saya inginnya mengganti kursi di ruang keluarga dengan sofa bed, karena sangat cocok untuk kami yang suka menghabiskan waktu di ruangan ini. Pakai sofa bed yang empuk akan terasa lebih nyaman saat digunakan untuk beristirahat dan rebahan di ruang keluarga. Waktu berkumpul dengan keluarga pun akan menjadi lebih hangat.

Selain sofa bed, sepertinya saya juga sedang butuh coffee table nih. Apalagi kami suka sekali minum kopi. Di meja kecil ini, saya juga bisa menyimpan camilan kesukaan anak yang bisa dinikmati selepas sholat tarawih di malam hari.

Teman-teman juga bisa lho, mengubah suasana ruang keluarga dengan mengganti atau menambahkan pernak pernik furniture pada ruangan, supaya sesuai dengan gaya yang diinginkan. Kalau saya suka ruangan nuansa hitam putih, mungkin teman-teman suka dengan gaya vintage atau futuristik, semua bisa diwujudkan. 

Untuk ide living room furniture, kita bisa melihat inspirasinya pada laman PEXIO yang juga menyediakan beragam furniture untuk melengkapi kebutuhan rumah. Saya sendiri tertarik dengan Sofa bed Alice keluaran PEXIO. Desainnya simpel elegan, bergaya ala Japanese Scandinavian, sangat cocok dengan ruang keluarga kami yang mungil. 

Multifungsi Furniture sofa bed Alice PEXIO
Desain sofa bed Alice PEXIO yang multifungsi

Selain style dan ukurannya yang cocok dengan ruang keluarga kami, yang membuat saya naksir dengan Sofa bed Alice ini adalah desainnya yang multifungsi. Sofanya bisa ditarik menjadi tempat tidur, dan dikembalikan lagi menjadi sofa. Selain itu, Sofa bed Alice ini juga memiliki ruang-ruang untuk tempat penyimpanan barang, lho! 

Fyi, PEXIO merupakan perusahaan furniture yang berdiri sejak tahun 2018. Awalnya PEXIO hanya sebagai pemasok furniture khusus untuk kantor saja. Hingga akhirnya saat ini memproduksi furniture untuk rumah juga. Gak hanya menyediakan furniture saja, PEXIO juga punya jasa desain interior lho. Jadi buat kalian yang bingung mau mendesain ruangan bisa menggunakan jasanya.

Desain Furniture sofa bed Alice PEXIO
Sofa bed Alice PEXIO bergaya Japanese Scandanavian

Nah, untuk ide furniture di ruang keluarga selain sofa dan coffee table, PEXIO juga menyediakan produk storage Bench, Movable Shelf, dan Drawer. Kalau dilihat-lihat, semua desain produk living room furniture dari PEXIO ini bergaya modern, elegan, dan berkualitas premium. 

Setelah melihat berbagai furniture persembahan dari PEXIO, saya pun jadi punya ide untuk menghias ruang keluarga supaya bisa tampil lebih cantik lagi. Pada coffee table, bisa juga saya tambahkan tanaman air hias supaya ruangan besar terasa lebih segar dan ada perpaduan warna hijau di antara warna hitam putih yang mendominasi.

Meskipun sudah ada sofa bed, sepertinya saya juga ingin menambahkan karpet dan bantal-bantal kursi yang menarik. Di karpet ini nanti bisa digunakan juga untuk melakukan berbagai kegiatan, seperti membaca buku atau rebahan sambil mendengarkan musik kesukaan keluarga.

Dengan mendesain ruang keluarga, maka akan menumbuhkan hubungan emosional bersama keluarga, dan banyak aktivitas seru yang bisa dilakukan di ruang ini untuk menyambut Ramadan dan Idul Fitri 😊


  • Share:

You Might Also Like

0 comments