Teknologi Impian Masa Depan yang Menakjubkan

By Dewi Sulistiawaty - Juni 26, 2021

Uji coba jaringan 5G Smartfren

Jika ngomongin soal teknologi, sepertinya saya masih suka merasa takjub, tak percaya kalau ternyata sesuatu yang selama ini saya pikir mustahil, nyatanya benar-benar bisa ada. Ini mungkin sama ya, seperti orang dulu yang mikirnya nggak mungkinlah kita bisa ke bulan. Mau ke sana pakai apa, wong terbang saja kita nggak bisa (ketika pesawat masih belum ada).

Kalau contoh lain di masa saya, saya bisa merasakan gimana peralihan teknologi dari telepon kabel hingga akhirnya tercipta sebuah smartphone. Dari yang ukuran ponselnya segede batu bata, hingga sekarang bisa imut dan tipis, bahkan bisa dilipat layarnya. Dari yang layarnya kecil dan cuma ada 1 tone warna, serta nggak ada gambarnya, hingga yang layarnya memenuhi permukaan smartphone dengan dukungan jutaan warna.

Mana pernah saya kepikiran kalau sekarang ada smartphone dengan layar sentuh, lalu kita bisa melakukan video call, sampai video conference lagi, sesuatu yang mustahil menurut saya dulu. Namun kenyataannya perkembangan teknologi selalu bisa menyajikan hal-hal yang berhasil bikin saja takjub.

Oleh sebab itu saya suka menonton sajian informasi tentang teknologi terbaru di salah satu tayangan atau program televisi swasta. Saya menemukan program ini secara tak sengaja. Waktu itu saya yang mesti begadang untuk menyelesaikan pekerjaan, memilih ditemani televisi, biar nggak terlalu sepi (((ihiiyy…yang kesepian, haha))). Ketika lagi rehat, saya akan menonton televisi, karena saya sendiri sebenarnya jarang menonton televisi.

Saat itulah saya melihat tayangan tentang beberapa teknologi canggih yang sedang dikembangkan di dunia. Salah satu teknologi yang sampai saat ini nggak pernah saya lupa adalah sebuah cat yang dapat melindungi produk yang dilapisinya dari berbagai benturan. Saat itu, saya lihat si cat dioleskan menutupi seluruh permukaan telur. Lalu telur tersebut dijatuhkan dan dilemparkan. Ajaib, si telur gak pecah dong, malah seperti memantul gitu telurnya.

Cat tersebut katanya dapat digunakan untuk melapisi permukaan kendaraan. Sehingga dengan begitu kendaraan dapat terlindungi dari berbagai benturan, dan meminimalisir timbulnya kerusakan serta melindungi pengendaranya jika terjadi kecelakaan. Saya sempat terperangah menontonnya lho! Ini benar-benar keren!

Sejak itu saya jadi rajin menonton tayangan tersebut. Teknologi-teknologi yang disuguhinya benar-benar mampu menghipnotis saya. Sebegitu hebatnya manusia, sampai bisa menciptakan teknologi sekeren itu.

Teknologi lain yang saya saksikan di tayangan tersebut adalah kendaraan terbang. Ini kan hanya ada di cerita-cerita komik, kartun dan film fantasi gitu yaa. Namun ternyata apa yang ada di komik dan imajinasi tersebut, dicoba untuk direalisasikan oleh manusia-manusia jenius ini. Nggak ada yang nggak mungkin kalau kamu berusaha. Begitulah kata orang bijak.

Belum lagi teknologi robot nih. Makin ke sini robot yang diciptakan makin mirip saja dengan manusia, baik secara skin, perilaku, sifat, dan juga kemampuannya. Robot humanoid yang dikembangkan sekarang bahkan bisa menjawab berbagai pertanyaan yang diajukan padanya. Pengembangan teknologi robot ini tentu saja ditujukan untuk membantu dan memudahkan kehidupan manusia. Hebat hebat hebat!

Jika dulu saya sudah merasa keren nonton film menggunakan kacamata 3D, maka sekarang ada teknologi berupa kacamata Virtual Reality, yang membuat saya merasa berada di dalam film yang saya tonton. Bahkan kacamata VR pun kemudian bisa digunakan untuk bermain game. Kacamata VR terbaru (yang lagi tren di masanya), memberikan pengalaman baru bagi penggunanya, sehingga pemainnya bisa merasakan seperti benar “nyebur” di dalam game tersebut. Bahkan ke sini-sini teknologi VR ini gak hanya digunakan untuk nonton dan main game saja, namun juga bisa digunakan untuk berbagai aplikasi media sosial, serta dibawa kemana saja tanpa perlu terhubung dengan komputer.

Kalau kamu pernah nonton film Iron Man, pasti tahu kan dengan kemampuan superhero satu ini. Yap, dia bisa terbang dengan baju besinya tersebut. Dan taraaa. teknologi ini pun tercipta. Saya pernah lihat di televisi bagaimana uji coba terhadap pakaian besi yang bisa terbang ini. Walaupun kemampuannya masih terbatas, namun saya yakin nanti kemampuannya akan di-upgrade, sehingga bisa sangat mirip dengan yang Iron Man miliki, dan bahkan mungkin saja lebih.

Gimana dengan teknologi flyboard yang bikin pemakainya dapat terbang di atas air. Teknologi ini bahkan sudah bisa dinikmati di Indonesia. Bagi pecinta olahraga air, pasti pengen banget bisa merasakan teknologi flyboard. Flyboard ini dirancang dengan tenaga penggerak yang membuat papan flyboard dapat melayang di udara dengan bantuan semburan air. Kalau nggak salah, teknologi ini juga terinspirasi dari cerita-cerita fantasi lho!

Trial jaringan 5G Smartfren

Akses internet lewat cahaya. Kamu pernah dengar tentang teknologi satu ini? Biasanya kan wifi yang digunakan mengantarkan koneksi internet lewat gelombang radio ya. Nah, saya mendengar ada teknologi yang bisa mengantarkan koneksi internet melalui gelombang cahaya. Namanya LiFi atau Light Fidelity. Katanya LiFi ini punya koneksi internet yang lebih cepat.

Ngomong-ngomong soal koneksi internet yang cepat, saya jadi ingat dengan teknologi jaringan 5G yang saat ini lagi banyak diperbincangkan. Dibandingkan jaringan 4G dan 4.5G tentu seharusnya jaringan 5G ini harus mempunyai kemampuan lebih dong ya, khususnya dari segi kecepatan.

Jauh sebelum ada jaringan 4G, saya dulu pernah membaca tentang teknologi jaringan internet masa depan yang bisa digunakan untuk menampilkan komunikasi hologram. Kalau nggak salah jaringan 5G ini deh. Hmm, bisa nggak ya? Berikut beberapa keunggulan teknologi jaringan 5G yang saya ketahui.

1. Koneksi internet yang lebih cepat

Seperti yang saya bilang sebelumnya, dengan adanya jaringan 5G, yang merupakan generasi di atas jaringan 4G, tentu semua ingin kalau jaringan ini memiliki koneksi internet yang lebih cepat dari sebelumnya. Bagi saya yang hidupnya bergantung pada internet, bisa punya koneksi yang cepat, benar-benar sangat diharapkan karena dapat membantu memudahkan hidup dan juga pekerjaan saya.

2. Lebih cepat dan efisien

Dengan koneksi cepat yang dimilikinya, tentu saja jaringan 5G dapat membuat semua pekerjaan dan aktivitas juga selesai dengan lebih cepat. Misalnya nih, biasanya saya butuh waktu 3 menit untuk upload video, maka dengan menggunakan jaringan 5G, bisa dilakukan dalam waktu 1 menit. Nah, jika semua aktivitas selesai dengan cepat, tentu akan menghemat waktu dan juga biaya ya.

3. Hemat baterai ponsel

Apa hubungannya jaringan 5G dengan baterai ponsel? Ada beberapa hal yang menyebabkan baterai ponsel cepat habis. Salah satunya adalah penggunaan jaringan internet yang terlalu sering. Nah, kabarnya dengan jaringan 5G, ponsel kita nggak perlu bekerja terlalu keras untuk mencari sinyal, karena jangkauan jaringannya yang lebih luas. Sehingga secara tidak langsung ini berpengaruh pada daya tahan baterai ponsel kita, yang jadi lebih hemat.

4. Kontrol perangkat dari jarak jauh

Seperti yang diinfokan di atas, kalau jaringan 5G ini jangkauannya lebih luas kan ya. Maka dengan jangkauan yang dimilikinya, kita bisa melakukan kontrol jarak jauh menggunakan perangkat, seperti komputer, laptop, tablet, maupun smartphone. Misalnya untuk mengontrol CCTV. Saat kita keluar rumah, kita bisa memanfaatkan jaringan 5G dan melakukan pemantauan CCTV dari perangkat yang kita gunakan.

5. Komunikasi antar kendaraan

Kabar-kabarnya nih, jaringan 5G ini bisa digunakan untuk koneksi antar sesama kendaraan. Jadi jaringan 5G ini akan disematkan di kendaraannya. Misalnya saat saya lagi jalan (konvoi) bareng saudara ke kampung halaman. Dengan adanya jaringan 5G ini, saya bisa komunikasi dengan kendaraan adek saya. Saya bisa dengan mudah melacak posisi kendaraan adek saya, jika kami tiba-tiba terpisah di jalan.

Sebenarnya masih ada beberapa keunggulan lain yang dimiliki jaringan 5G. Namun saya cukup menuliskan beberapa ini saja ya, untuk diketahui saja bagaimana nanti jaringan 5G ini benar-benar dapat membantu kehidupan kita menjadi lebih baik dan lebih produktif lagi.

Di Indonesia sendiri belum banyak provider telekomunikasi yang menyediakan layanan jaringan 5G. Sabar yaa, karena beberapa hari yang lalu saya melihat kalau Smartfren sudah melakukan trial jaringan 5G nya. Trial sudah dilakukan sebanyak 2 kali. Untuk tahap pertama, Smartfren melakukan trial jaringan 5G di pusat produksi minyak Marunda Reffinery di Marunda, Jawa Barat. Saat itu kecepatan Smartfren 5G bisa tembus hingga 8,7 Gbps. Rencananya jaringan 5G ini akan digunakan untuk pengendalian jalur logistik pengiriman barang, serta aplikasi pemeliharaan peralatan produksi di restricted area dengan teknik VR dan drone.

Trial Smartfren 5G

Sedangkan pada tahap kedua, Smartfren bersama dengan Kominfo, melakukan trial jaringan 5G di Galeri Smartfren Sabang di Jakarta. Dari trial Smartfren 5G tahap kedua ini diperoleh hasil kecepatan koneksi 5G nya hingga lebih dari 1,85 Gbps. Trial ditujukan untuk melihat kinerja dan kemampuan Smartfren 5G di berbagai perangkat, seperti pada modem WiFi (MiFi), video 360, VR dan VR Game, serta perangkat AR.

Duh, nggak sabar ya untuk bisa segera “mencicipi” teknologi 5G ini. Namun begitu, untuk bisa menikmati jaringan 5G ini mesti didukung dengan perangkat yang sudah menyematkan fitur 5G di dalamnya ya. Tenaang, di pasaran sudah tersedia kok beberapa perangkat, seperti smartphone android yang sudah mendukung jaringan 5G.

Saya kalau sudah ngobrolin soal teknologi bisa panjang kali lebar deh. Soalnya buanyaak banget teknologi canggih nan super duper keren yang bisa diceritakan. Mulai dari teknologi zaman baheula hingga teknologi masa depan yang rasanya mustahil untuk diciptakan. Untuk saat ini saya lagi penasaran tentang teknologi perjalanan lintas waktu. Mungkinkah atau mustahilkah? 

  • Share:

You Might Also Like

0 comments