Soft Pastel Art Workshop with Faber-Castell

By Dewi Sulistiawaty - November 15, 2019


Jika mendengar atau membaca kata menggambar, pikiran saya auto ingat sama Najwa. Yup, anak saya yang satu ini suka banget menggambar. Kesukaannya menggambar sudah sudah ada sejak kecil. Saat Najwa berusia sekitar 20 bulan, ia sudah mulai bisa corat coret di kertas, dan coretannya itu mulai ada rupanya :D


Saya masih ingat banget gambar pertama atau coretan pertamanya yang sudah ada bentuknya. Bentuk gambarnya sederhana saja, berupa tiba buah lingkaran atau bulatan kecil. Dua bulatan letaknya berdekatan, sedangkan yang satunya terpisah. Ketika saya tanyakan pada Najwa itu gambar apa, katanya gambar “nyam-nyam bobok” (alias payudara) untuk dua bulatan yang berdekatan, dan gambar jamban untuk bulatan yang satu lagi, haha….

Saya langsung ngakak pas Najwa ngasih tahu. Memang saat itu dia lagi saya sapih dan belajar toilet training. Jadi mungkin kepikiran sama Najwa kali ya, trus dituangkannya dalam bentuk gambar XD

Awalnya kupikir kesukaannya menggambar dan corat coret adalah hal biasa, seperti yang sering terjadi pada anak-anak lainnya. Namun ternyata seiring bertambahnya usianya, gambaran Najwa kian terasah. Teknik dan kemampuannya menggambar diperolehnya secara otodidak. Oya, Najwa pernah memenangkan beberapa kompetisi menggambar juga.

Nah, makanya ketika saya mendapatkan undangan berupa workshop menggambar, pikiran saya langsung tertuju pada Najwa :D Saya sendiri pencinta seni, namun sepertinya untuk seni menggambar, saya cukup menjadi pemerhati saja deh, gak ada bakat sama sekali XD

Namun karena sayang anak (haha), dan berharap bisa mendapatkan materi menarik untuk dibagi pada Najwa, saya kemudian ikut dalam kegiatan Soft Pastels Art Workshop yang diselenggarakan oleh Faber-Castell. Kegiatan ini dilaksanakan tak jauh dari outlet Faber-Castell Plaza Senayan pada hari Sabtu, 9 November 2019.


Saya kenal produk Faber-Castell sudah lama banget. Tambah ke sini, makin banya saja produk yang dikeluarkan oleh Faber-Castell, termasuk yang akan digunakan pada workshop ini. Yup, Faber-Castell memperkenalkan lagi produk terbarunya, yaitu Soft Pastels.

Soft Pastels Art Workshop
Saya tak menyangka, ternyata usia perusahaan Faber-Castell sudah sangat tua, yaitu 258 tahun. Sudah sepuh banget ya. Yang saya ingat dulu saat SD, kalau mau ujian mesti pakai pensil 2B Faber-Castell. Menurut Mba Hani, MC yang memandu acara workshop waktu itu, pensil warna Faber-Castell tak hanya tersedia untuk anak-anak saja, namun juga ada pensil warna untuk orang dewasa. Jadi selain yang regular, Faber-Castell juga punya produk yang premium.

“Faber Castell punya slogan, yaitu Teman Sepanjang Usia. Kita punya produk mulai dari anak-anak yang belum sekolah, sampai yang dewasa. Fokus kita hari ini pada pensil warna. Pensil warna Faber Castell terdiri dari dua jenis, yaitu yang kemasannya berwarna merah dan hijau. Namun kebanyakan orang lebih familiar dengan pensil warna dengan kemasan warna merah. Untuk orang dewasa, dianjurkan pakai yang warna biru dan hijau,” jelas Mba Hani.

Selanjutnya Mba Hani menjelaskan apa yang membedakan kualitas Faber-Castell dengan produk lainnya. Yang pertama dari segi pigmen, Faber-Castell punya formula yang tahan terhadap cahaya-lightfastness, lembut dan nyaman digunaka, serta isi pensilnya lebih besar, sehingga pensilnya jauh lebih kuat dan tak mudah patah.

Kegiatan menggambar katanya dapat digunakan sebagai salah satu cara untuk merilis stres. Nah, pada workshop tersebut saya diajak untuk merilis stres, dengan cara menggambar dan mencoba menggunakan produk terbaru Faber-Castell, yaitu Soft Pastels. Mengapa Soft Pastels? Selain ingin memperkenalkan produk terbaru Faber-Castell, produk baru ini juga mudah dan nyaman digunakan untuk menggambar.


Pertama melihat produk Soft Pastels ini saya pikir sejenis crayon gitu. Ternyata setelah diraba dan mencoba menggunakannya, teksturnya lebih mirip seperti kapur. Saat workshop mau di mulai, saya sudah pesimis saja akan bisa menghasilkan gambar yang bagus dan menarik. Syukurlah, ternyata menggambarnya mengikuti instruksi dari Mba Yayu Afliyani Rahayu, Creative Team Faber-Castell XD

Nah, yang beda dengan workshop menggambar kali ini adalah dari teknik menggambarnya. Batangan-batangan Soft Pastels nya ternyata tidak digunakan seperti crayon atau pensil biasa gitu, namun mesti dikerik dan ditampung pada selembar kertas. Yup, dikerik ya.


Batangan Soft Pastels yang dikerik, sesuai dengan warna yang mau kita pakai untuk menggambar. Misalnya mau menggambar rumput, kerik sedikit saja batangan Soft Pastels warna hijau. Lalu aplikasikan serbuk warna hasil kerikan tersebut pada kertas gambar khusus, menggunakan jari, atau bisa juga menggunakan cotton bud. Namun menurut saya sepertinya warnanya lebih rata kalau menggunakan jari deh (atau saya yang kurang mahir menggunakan cotton bud ya, hihi).

Enaknya, Faber-Castell menyediakan produk Soft Pastels dalam bentuk starter kit. Jadi di dalam paket yang ukuran mini sudah terdapat Soft Pastels set 24, Perfection Eraser Pencil with Brush, Kneadable Eraser/ Knetgummi Art Eraser, Eraser Combi with Refill, Stencil, dan Pastel Art Paper. Jadi sudah lengkap semua di dalamnya. Paling untuk warna Soft Pastels nya saja yang perlu ditambah koleksinya, serta kalau habis kertasnya, ya beli lagi saja :D


Saya kemudian mengikuti tiap langkah dan trik mewarnai menggunakan Soft Pastels dari Mba Yayu. Misalnya saat menggradasi warna, menggambar benda-benda berwarna putih menggunakan eraser, serta cara merapikan warna-warna yang terlanjur diaplikasikan.

Singkat cerita, workshop pun selesai, dan saya sangat takjub dengan hasil gambar saya. Kok bisa jadi cakep begitu (menurut saya ya :D). Masalahnya saya gak ada bakat menggambar. Namun saat saya menggambar menggunakan Soft Pastels dari Faber Castell, ternyata saya bisa juga ya, hihi…. Warna yang dihasilkannya benar-benar soft.

Sesampai di rumah, benar juga dugaan saya. Saat Najwa tahu apa yang saya bawa pulang, dia langsung saja menanyakan bagaimana cara menggunakannya. Najwa juga sempat kaget melihat hasil karya saya, karena dia tahu saya gak begitu mahir dalam menggambar, haha. Ini yang dinamakan pensil warna yang bisa bikin yang gak bisa menggambar, jadi mahir menggambar. Semua berkat Soft Pastels dari Faber-Castell :)

  • Share:

You Might Also Like

2 comments

  1. Cara menggunakan pastelnya unik ya mba, tapi sensasinya juga nggak kalah unik. Bisa mengatur ketebalan warna dari tekanan jari๐Ÿ˜„

    BalasHapus
  2. kereeeen uni, jadi inget dulu pernah ikut ke pabriknya plus pulang bawa oleh2 pensil warna hehehe

    BalasHapus